Keluyuran / Tips Wisata di Korea / Cara Naik Subway di Korea Selatan yang Mudah dan Simpel

Cara Naik Subway di Korea Selatan yang Mudah dan Simpel

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2019

Banyak yang berpikir bahwa traveling ala backpacker ke Korea Selatan tidak semudah seperti traveling ke negara-negara ASEAN. Yang menjadi kendala utamanya adalah dari segi bahasa, dimana Korea Selatan memiliki huruf dan pelafalan yang tidak familiar bagi wisatawan Indonesia.

Apalagi kebanyakan warga di sana pun tidak terlalu fasih berbahasa inggris, sehingga tentunya komunikasi akan terbatas dan cukup kesulitan. Nah, apakah kamu pun berfikir demikian?

Meskipun terkendala dari segi bahasa, namun kamu masih dapat dengan mudah menjelajah negeri ini berkat transportasi umumnya yang mampu menjangkau berbagai tempat wisata populer di Korea Selatan. Dan, salah satunya adalah dengan menggunakan kereta bawah tanah yang lebih sering disebut dengan Subway.

Untuk kamu yang sebelumnya sudah tahu cara menggunakan MRT, LRT, Atau BTS seperti di Singapura, Malaysia, atau Thailand, tentunya tidak asing lagi dengan subway di Korea Selatan, karena cara menggunakannya pun kurang lebih hampir sama.

Namun sebelum Keluyuran membahas tentang bagaimana cara menggunakan subway, simak dulu beberapa hal penting yang harus kamu ketahui seputar subway di Korea Selatan berikut ini.

Aplikasi

aplikasi subway korea

* sumber: www.koreadiaries.com

Bagi kamu yang sebelumnya belum pernah menggunakan MRT di negara manapun, ada baiknya kamu mendownload aplikasi yang bisa membantu kamu menemukan rute atau jalur yang harus kamu naiki untuk sampai ke tujuan, apalagi mengingat jalur subway di Korea Selatan bisa dibilang cukup banyak.

Bahkan biasanya aplikasi dilengkapi dengan informasi waktu keberangkatan, interval keberangkatan, hingga tarif yang dikenakan. Beberapa aplikasi gratis di playstore untuk mengetahui rute subway di Korea Selatan diantaranya adalah KakaoMetro, Subway Seoul, atau Seoul Subway.

Atau jika tidak, kamu masih bisa menggunakan bantuan Google Maps. Jadi tidak perlu repot-repot menghafal jalur subway yang cukup “jelimet”, kamu hanya perlu tahu kamu mau kemana dan berangkat dari mana.

Selain informasi yang ditampilkan cukup lengkap, tentunya kamu akan terbantu sekali karena ada pilihan bahasa yang bisa kamu mengerti. Tapi, jika kamu sudah jago membaca hangeul, pastinya tidak masalah ya membaca nama-nama stasiun pemberhentian subway di Korea.

Pada umumnya hampir semua aplikasi subway di Korea Selatan memiliki panduan penggunaan yang sama antara lain:

  1. Pertama buka aplikasi subway pilihanmu
  2. Masukkan nama stasiun keberangkatan. Tidak perlu khawatir salah penulisan karena aplikasi sudah dilengkapi dengan romanisasi sehingga kamu tidak perlu mengetik huruf hangeul melainkan menggunakan huruf biasa saja. Biasanya secara otomatis aplikasi pun akan langsung memunculkan nama stasiun begitu kamu mengetik beberapa huruf.
  3. Selanjutnya masukkan nama stasiun tujuanmu
  4. Kemudian klik ke menu pencarian dan aplikasi akan menunjukkan rute dan jalur mana yang harus kamu tuju beserta informasi waktu tempuh perjalanan, berapa stasiun pemberhentian, beserta tarifnya.

Masih bingung kamu berada dimana dan hendak kemana? Kamu juga bisa mempelajarinya melalui menu maps atau peta yang terdapat di aplikasi. Nah, sebagai gambaran, berikut contoh pencarian di aplikasi untuk rute dari Gyeongbokgung ke Myeong-dong. Informasi dan petunjuknya sudah cukup jelas bukan? Setelah itu, kamu hanya tinggal menuju stasiun dan berangkat ke tujuan.

Aplikasi Subway Korea

 

Cara Membeli Tiket Subway

Untuk menggunakan subway di Korea Selatan, kamu dapat membeli tiket langsung di vending machine secara tunai, maupun dengan menggunakan kartu non tunai serba guna seperti t-money.

  • Membeli Tiket di Vending Machine

vending machine subway korea

* sumber: www.visitkorea.or.id

Cara membeli tiket manual di vending machine terbilang cukup mudah dengan layar touchscreen. Kamu hanya tinggal mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama pilih menu bahasa ke bahasa Inggris, tekan “English”.
  2. Lalu pilih “Destination Selection” dan masukkan stasiun tujuan.
  3. Setelah memilih stasiun tujuan akan muncul pilihan untuk jumlah penumpang. Tarifnya berbeda untuk anak dan dewasa. Kemudian masukkan jumlah tiket yang akan dibeli dan jumlah tarif yang harus dibayarkan akan muncul di layar.
  4. Masukkan sejumlah uang yang diminta pada tempat yang disediakan.
  5. Setelah itu tiket yang berbentuk kartu akan keluar, dan disusul dengan uang kembalian jika ada.

Dalam tiket ini terdapat deposit sebesar 500 won. Jadi jika setelah selesai digunakan, kamu bisa mengembalikan tiket ini ke vending machine untuk merefund depositnya.

  • Menggunakan T-money

T money korsel

T-Money adalah sejenis kartu transportasi sejenis EZ link di Singapura, Octopus di Hongkong, atau Icoca di Jepang yang bisa kamu beli di convenient store dengan harga sekitar 4000 won. Selain untuk transportasi subway, T-money juga dapat digunakan untuk bus dan juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk berbelanja di minimarket di Korea Selatan.

T-Money ini sangat praktis karena dengan memiliki T-money, kamu tidak perlu mengantri di vending machine setiap kali akan menggunakan subway. Cukup di tap dan saldo dalam t-money akan berkurang secara otomatis sesuai tarif. Untuk lebih jelasnya tentang t-money, selengkapnya terangkum dalam artikel Ragam Kartu Transportasi yang Digunakan di Korea Selatan.

Panduan Menggunakan Subway di Korea Selatan

Setelah mengetahui rute dan jalur tujuan, serta bagaimana cara membeli tiket secara manual atau pun t-money, kini saatnya mempraktekkan bagaimana cara menggunakan subway di Korea Selatan ini. Tidak perlu banyak basa-basi lagi, berikut panduan singkatnya.

papan petunjuk

* sumber: incheonote.wordpress.com

1. Pada saat tiba di stasiun keberangkatan, pertama-tama carilah gate masuk untuk kemudian kamu bisa menuju ke tempat menunggu untuk naik subway. Perhatikan tanda yang terdapat pada gate.

Pilihlah gate dengan tanda panah berwarna hijau untuk masuk. Jika bertanda bulat merah, artinya gate tersebut digunakan sebagai pintu keluar. Lalu, tempelkan t-money atau single tiket pada tempat yang disediakan, dan kamu bisa masuk.

2. Setelah masuk, kamu akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkan kamu menuju ke platform subway tujuan kamu. Ingat, di setiap stasiun terkadang kamu akan menemukan banyak papan petunjuk yang mengarahkan ke beberapa platform berbeda.

Namun jangan khawatir karena petunjuk yang diberikan cukup jelas dengan ditandai oleh warna, nomor dan nama stasiun yang dituju, sehingga kamu tidak perlu khawatir tersesat.

3. Setelah tiba di tempat menunggu kereta, biasanya akan ada dua jalur yaitu sebelah kanan dan sebelah kiri dengan arah tujuan yang berlawanan. Pastikan kamu berada di tempat menunggu yang benar.

Karena jika salah, kamu akan menuju arah sebaliknya dan harus memutar untuk kembali ke tujuan sebenarnya. Untuk memastikannya, sekali lagi perhatikan papan petunjuk. Tertera sangat jelas dimana kamu harus menunggu kereta tujuanmu.

4. Tunggulah kereta di batas yang sudah disediakan. Begitu kereta tiba, dahulukan penumpang yang keluar, baru kemudian kamu boleh mulai masuk dan mencari tempat duduk. Jika sedang ramai dan tidak beruntung, mungkin kamu harus berdiri. Oh iya, di kereta juga terdapat kursi prioritas untuk anak kecil, ibu hamil, dan lansia. Jika kamu muda dan sehat, jangan iseng duduk di situ, ya!

5. Kereta akan berhenti di setiap stasiun yang dilalui. Perhatikan di stasiun mana kamu akan berhenti agar tidak terlewat. Akan ada pemberitahuan setiap kereta akan berhenti dan pintu sebelah mana yang akan terbuka sebagai exit.

6. Jika kamu tidak harus pindah jalur kereta maka kamu hanya tinggal keluar dari kereta dan kembali ikuti petunjuk menuju gate keluar. Namun jika kamu harus transfer ke jalur lain, maka setelah turun dari jalur pertama, ikutilah petunjuk menuju jalur yang dituju seperti cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

7. Setelah tiba di stasiun tujuan, segeralah menuju gate keluar dan men-tap kembali t-money atau tiketmu ke tempat yang disediakan. Ingat! Pilih gate dengan tanda panah hijau. Setelah itu kartu t-moneymu akan berkurang saldonya secara otomatis, sedangkan untuk single tiketmu bisa segera kamu refund depositnya.

8. Setelah keluar dari gate, temukan pintu keluar dari stasiun. Setiap stasiun memiliki beberapa opsi pintu keluar yang tembus ke tempat yang berbeda. Agar kamu tidak jalan terlalu jauh ke tempat tujuan, sebaiknya cari informasi yang akurat di exit berapakah yang terdekat dengan tempat yang kamu tuju.

Uniknya, jarak dari gate menuju pintu keluar stasiun memang perlu ditempuh cukup jauh. Namun meskipun begitu, kamu bisa sekalian melihat-lihat atau bahkan jajan dan belanja karena banyak toko-toko kecil mulai dari makanan, kosmetik, suvenir, hingga pakaian di sepanjang stasiun bawah tanah ini. Lumayan ya supaya tidak terlalu bosan jalan kaki.

Nah itulah cara mudah menggunakan subway di Korea Selatan. Tidak serumit yang dibayangkan, bukan? Bagi kamu yang awalnya ragu untuk backpacker sendirian atau bersama teman seharusnya sudah berani menjelajah Korea Selatan secara mandiri. Selamat mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Korea Selatan, dan jangan lupa membawa oleh-oleh khas negeri Ginseng, ya! Happy vacation!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *