Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja

Ditulis oleh Dian Rahmawati - Diperbaharui 9 Juli 2021

Trans Jogja merupakan salah satu alternatif transportasi kota atau bus dalam kota yang berukuran sedang, dengan 34 tempat duduk dan berfasilitas AC. Trans Jogja dirancang khusus oleh Departemen Perhubungan Republik Indonesia sebagai salah satu bagian dari program penerapan BRT (Bus Rapid Transit).  

Trans Jogja mulai beroperasi sejak tahun 2008, hingga kini trans Jogja menjadi salah satu transportasi massal yang aman dan nyaman untuk digunakan. Saat ini, trans Jogja memiliki 17 Rute yang mengitari kota Yogyakarta setiap harinya. Untuk jam operasionalnya sendiri, trans Jogja  beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Cara Naik Trans Jogja

Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja 1Sumber: liburmulu.com

Bagi kamu warga pendatang baru, atau para wisatawan mungkin akan kebingungan saat pertama kali naik transportasi ini. tapi jangan khawatir, karena Keluyuran akan memberitahu caranya. mulai dari rute, halte, harga tiket serta cara pembayaran yang wajib kamu ketahui! Yuk langsung saja simak informasi di bawah ini. 

1. Beli Tiket Terlebih Dahulu

Sebelum naik Trans Jogja penumpang wajib membeli tiket terlebih dahulu, terdapat tiga macam tiket yang bisa kamu beli, yaitu tiket sekali jalan (single trip), tiket umum berlangganan, dan tiket pelajar.

  • Tiket Sekali Jalan (Single Trip)

Untuk tiket single trip kamu hanya perlu membayar Rp 3.500 saja, tiket ini  bisa kamu gunakan untuk berkeliling Jogja selama seharian. asalkan tidak berganti halte kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan dan bisa transit dari satu armada ke armada lain. Bentuk dari tiket ini seperti kartu pintar, yang nantinya akan diperiksa secara otomatis pada mesin elektronik yang sudah disediakan di dalam bus.

  • Tiket Berlangganan 
Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja 3Sumber: dedepurnomo393.blogspot.com

Bagi kamu penduduk tetap atau pendatang baru yang ingin berlama-lama di Jogja, ada baiknya kamu memilih tiket berlangganan, karena harganya jauh lebih murah dibandingkan  tiket single trip (sekali jalan), harganya hanya sekitar Rp 2.700 saja. Selain itu, kamu juga bisa melakukan isi ulang dengan nominal mulai dari Rp 15.000, Rp 25.000, Rp 50.000 hingga Rp 10.000.

Tidak ada persyaratan khusus untuk membeli tiket langganan, adapun prosedur yang harus kamu lakukan hanya mengisi data diri di halte khusus yang bertanda (Point of Sales).

Beberapa lokasi POS (Point of Sales) yang bisa kamu kunjungi diantaranya yaitu, Halte Bandara Adisucipto, Halte Terminal Jombor, Halte Laksda Adisucipto Ambarukmo Plaza, Halte Terminal Giwangan, Halte Senopati Taman Pintar, Halte Tentara Pelajar SAMSAT, Halte Jl.Kaliurang Kopma UGM, dan  Halte Sudirman Bethesda.

Sekedar Informasi, jika kamu memiliki Indomaret Card kamu juga bisa menggunakannya sebagai metode pembayaran loh! Nantinya saldo kamu akan berkurang secara otomatis ketika kamu hendak melakukan pembayaran.

  • Tiket Reguler Pelajar 

Sesuai namanya tiket ini dikhususkan untuk pelajar  dan harganya pun lebih murah. Jika kamu ingin membeli tiket pelajar kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 2.000 saja. Pelajar bisa mendaftarkan diri secara kolektif di sekolah, lalu kemudian pihak sekolah akan menghubungi Dinas Perhubungan provinsi DIY dan petugas pun akan datang ke sekolah. 

Sama seperti tiket umum berlangganan, untuk membeli kartu tiket perdana kamu perlu mengeluarkan uang seharga Rp 15.000 dan kamu bisa melakukan pengisian ulang mulai dari Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah), Rp 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah), Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah), dan Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah)

2. Mencari Rute yang di lalui Trans Jogja

Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja 5Sumber: yogyes.com

Setelah membeli tiket, hal yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu rute yang di lalui Trans Jogja, ada beberapa jenis rute yang dilalui Trans Jogja, Rute utamanya yaitu rute 1A dan 1B, adapun jalur yang dilalui rute 1A yaitu Prambanan, Bandara Adisucipto, Ambarukmo Plaza, stasiun tugu, taman pintar dan Malioboro. Selain Rute 1A dan 1B masih banyak lagi beberapa rute yang harus kamu ketahui.  Lokasi Rute-rute tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini 

Adapun rute yang paling banyak peminat yaitu Rute 1A dan Rute 2A. Pasalnya, kedua rute tersebut banyak diburu oleh para wisatawan yang hendak menuju ke kawasan wisata Malioboro. Jika kamu seorang mahasiswa atau mahasiswi UGM, kamu bisa menggunakan Rute 1B ,2A, 2B ,3A ,5A, 5B, dan 11.

Untuk rute lainnya bisa kamu sesuaikan sesuai dengan tujuanmu ya! Kalau kamu masih bingung, kamu bisa menanyakan langsung ke petugas halte atau kondektur bus yang kamu tumpangi.

3. Mengunjungi Halte Tujuan

Tiket sudah dibeli, rute sudah diketahui, langkah selanjutnya kamu hanya perlu menunggu di halte sesuai dengan rute yang kamu tuju. Nah, bagi kamu yang memiliki Indomaret Card atau kartu langganan. kamu bisa menunggu di halte portable yang tidak menyediakan tiket single trip.

Halte Portable adalah sebutan untuk tempat pemberhentian bus tanpa petugas tiket. Portable biasanya hadir dalam bentuk undakan kecil tempat penumpang  menunggu bus. Portable biasanya ada di rute bus searah, dan tidak ada aktivitas transit.

Baca juga: 10 Tempat Terbaik di Jogja untuk Melihat Indahnya Sunrise

4. Melakukan Pembayaran

Setelah bus datang, calon penumpang cukup melambaikan tangan dan untuk pembayaran, bisa dilakukan secara otomatis menggunakan tiket yang berbentuk kartu. Jika kamu menggunakan tiket Reguler atau tiket berlangganan, kamu hanya perlu menempelkan kartu elektronik pada mesin khusus yang sudah disediakan di dalam bus, dan saldo pulsamu akan berkurang sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan.

Namun Jika kamu Menggunakan tiket single trip, kamu hanya perlu memasukkan tiket pada mesin elektronik dan tiket pun akan ditelan secara otomatis. Karena tiket single trip hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Sangat praktis bukan? dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan uang tunai.

5. Trans Jogja Siap Berangkat

Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja 8

Setelah semua langkah-langkah sudah kamu lakukan, kamu hanya perlu memilih tempat duduk sesuai keinginan dan Trans Jogja akan mengantarkan ke tujuan kamu!  Dari langkah-langkah yang sudah keluyuran sebutkan diatas, jika kamu memiliki kendala kamu bisa langsung menghubungi Petugas setempat.  

Bagaimana Jika Kartu Langganan Rusak?

Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja 9Sumber: travelingyuk.com

Bagi penumpang yang tidak dapat menggunakan tiketnya atau rusak, penumpang hanya perlu membawa kartu tersebut ke halte yang bertanda POS/Card Center. Kemudian petugas akan memeriksa tiket penumpang dan melakukan perbaikan. sehingga tiket dapat digunakan kembali oleh penumpang. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi kontak di bawah ini 

  • Card Center Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jl.Babarsari 30 Yogyakarta.  
  • Telp. (0274) 485775 – (0274) 487335 Fax. (0274) 485405

Tips Naik Trans Jogja

Baru ke Jogja? Ini Dia Cara Mudah untuk Naik Trans Jogja 10Sumber: mojok.co

Supaya perjalanan kamu lebih nyaman dan menyenangkan, Keluyuran mempunyai beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum naik Trans Jogja, adapun beberapa tips tersebut diantaranya yaitu:

  • Research Informasi Terlebih dahulu 

Bagi para wisatawan atau penduduk setempat ada baiknya sebelum menggunakan transportasi ini  carilah informasi terlebih dahulu. Dari mulai harga tiket, jam keberangkatan, pembayaran, hingga rute-rute mana saja yang dilalui. Dengan begitu perjalanan kamu akan berjalan lancar dan tidak terganggu. 

  • Jangan Lupa Check and Recheck 

Sebelum berangkat pastikan semua barang bawaan tidak ada yang tertinggal, terutama bagi yang sudah memiliki kartu berlangganan, jangan sampai tertinggal, tentunya kamu tidak ingin  mengeluarkan uang kembali untuk memberi kartu bukan? apalagi jika kartu sebelumnya sudah di isi pulsa. Sekedar informasi untuk membuat kartu langganan tidak ada persyaratan khusus kamu hanya perlu datang ke POS/ Card Center dan mendaftarkan data diri kamu. 

  • Jangan Lupa Cek Jadwal Keberangkatan 

Pada mulanya, Trans Jogja beroperasi setiap hari mulai pukul 05:30 – 21:30 WIB, namun sehubungan dengan adanya penyebaran virus COVID-19 jam operasional trans Jogja tidak lagi sama,  saat ini Trans Jogja beroperasi dari pukul 06:00 WIB - 19:00 WIB kebijakan tersebut dibuat oleh Gubernur DIY guna mengurangi penularan virus COVID 19 

Itu dia beberapa tips dan cara naik trans jogja versi Keluyuran. semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya, tetap berkendara secara tertib dan jangan lupa ikuti protokol kesehatan yang berlaku. Selamat Menikmati Perjalanan!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram