Keluyuran / Tips Liburan / Cara Packing Baju di Koper yang Efisien Agar Muat Banyak

Cara Packing Baju di Koper yang Efisien Agar Muat Banyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Salah satu persiapan penting saat travelling adalah packing baju di koper. Apalagi, jika kamu hendak piknik jauh selama berhari-hari. Packing baju ke koper sendiri jangan sembarangan dilakukan. Hal ini dilakukan agar baju yang kamu packing bisa masuk koper atau tidak kusut saat hendak dimasukkan. Ada sejumlah cara khusus untuk melakukan packing baju ke koper yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Siapkan Baju

Siapkan baju-baju yang hendak dibawa

*

Cara pertama yang harus dilakukan tentu saja menyiapkan baju-baju yang akan kamu bawa. Siapkanlah baju-baju yang sekiranya akan kamu pakai saat piknik nanti. Kumpulkanlah terlebih dulu semua baju tersebut di atas kasur atau lantai kamarmu. Tentukan pula pakaian mana saja yang akan pertama kali kamu pakai nanti, dan kapan pakaian yang bakal kamu pakai di saat terakhir. Setelah itu, kamu harus melakukan langkah selanjutnya yang ada di bawah ini!

2. Bawa Pakaian yang Paling Tebal

Bawalah Pakaian yang Paling Tebal atau Berat

* sumber: travelswithtalek.com

Cara satu ini dilakukan jika kamu piknik ke negara beriklim sangat dingin. Adapun pakaian tebal atau berat yang bisa kamu bawa adalah jaket kulit, jaket wol, sweater, dan celana jin. Walaupun harus membawa pakaian tebal, namun semua pakaian tebal yang kamu bawa jangan dimasukkan semua. Pakailah sebagian di antaranya saat hendak berangkat nanti. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi cuaca dingin yang boleh jadi menimpamu saat tiba di luar negeri nanti.

Memakai sebagian pakaian tebal juga akan membuat kopermu sedikit ringan. Adapun cara memakai pakaian tebalmu bisa kamu lakukan dengan cara double. Maksudnya, kamu harus memakai pakaian tebalmu secara rangkap. Misalnya, kamu memakai sweater di bagian dalam, dan bagian luarnya kamu rangkap dengan jaket tebal.

3. Gulung Semua Pakaian

Gulunglah Semua Pakaian yang Hendak Kamu bawa

* sumber: brightside.me

Setelah kamu kumpulkan semua bajumu, maka kamu harus menggulung semua baju-baju tersebut. Menggulung baju bisa membuatmu lebih mudah memasukkan semua baju-bajumu. Kalau kamu akan membawa baju dalam jumlah banyak, cara ini sangatlah tepat dilakukan.

Menggulung pakaian bisa membuat kopermu memuat pakaian lebih banyak. Dengan begitu, kamu pun bisa memasukkan semua bajumu yang banyak tanpa harus membuat kopermu penuh. Ada beberapa teknik menggulung pakaian yang bisa kamu praktikkan. Beberapa teknik tersebut adalah:

  • Gulung Standar

Ini adalah teknik menggulung pakaian yang standar dan terhitung mudah dilakukan. Caranya, luruskan terlebih dulu pakaian atau baju yang hendak kamu bawa. Setelah itu, gulung pakaianmu itu mulai dari bawah pakaian hingga ke atas.

Setelah digulung, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam koper. Kalau memungkinkan, kamu bisa menekuk gulungan tersebut sesuai dengan ruang kosong pada kopermu.

  • Teknik Menggulung a la Militer

Dibanding teknik sebelumnya, teknik ini lumayan agak rumit. Selain itu, teknik ini hanya cocok pakaian kaos saja. Caranya, lipatlah dahulu bagian lengan kaosmu ke bagian depan kaos. Lipatlah bagian bawah kaosmu ke area belakang kaosmu. Sisi bahu kaosmu kemudian lipat ke bagian kaos. Setelah usai, kamu baru boleh menggulung pakaian kaosmu itu.

4. Simpan Baju Sesuai Waktu Pemakaian

Simpan Bajumu ke Koper Sesuai dengan Waktu Pemakaian Bajumu Nanti

* sumber: www.provoke-online.com

Pada cara yang pertama, sudah dijelaskan kalau kamu sebaiknya menentukan kapan pakaianmu akan dipakai. Maksudnya, kamu harus menentukan mana pakaian yang bakal dipakai pertama kali dan mana yang bakal dipakai terakhir.

Bila kamu sudah melakukan cara di atas, maka kamu mesti melakukan cara satu ini. Saat memasukkan pakaian, masukkanlah terlebih dulu pakaian yang bakal kamu pakai di saat terakhir. Setelah itu, barulah masukkan pakaian yang bakal kamu pakai pertama kali saat kamu piknik nanti. Cara ini dilakukan agar kamu lebih mudah mengambil pakaian/bajumu saat piknik nanti.

5. Gunakan Metode “Piramida”

* sumber: brightside.me

Metode ini dipakai bila nanti kamu hendak membawa barang-barang lain, misalnya sepatu, kosmetik, atau aksesoris lainnya. Metode ini dilakukan dengan memasukkan terlebih dulu sepatu yang akan kamu bawa nanti. Pastikan sepatumu ditaruh di bagian paling bawah kopermu.

Setelah sepatu, taruh pula celana jin atau pakaianmu yang mudah kusut. Letakkanlah jin atau pakaianmu itu dengan cara memanjang, dan meletakkannya di pinggiran koper. Jin atau pakaianmu itu nantinya bakal menjadi pembungkus barang-barang lainnya yang akan kamu masukkan ke koper.

Masukkan semua baju-bajumu yang telah kamu gulung di atas sepatu yang telah kamu masukkan. Setelah itu, masukkan pula kosmetik atau aksesoris yang bakal kamu bawa nanti. Terakhir, bungkuslah barang-barang tersebut dengan jin atau pakaian mudah kusut yang telah kamu pasang sebelumnya. Cara ini sangat memudahkanmu untuk menyimpan baju dan barang-barang lainnya secara aman.

6. Gunakan Kantong Kedap Udara

Gunakanlah Kantong Kedap Udara untuk Beberapa Pakaianmu

* sumber: brightside.me

Untuk beberapa pakaian tertentu, kamu bisa membungkusnya dengan kantong kedap udara. Kantong tersebut dapat ‘mengerutkan’ baju-bajumu, terutama baju berukuran besar, tebal, atau agak banyak jumlahnya.

Adapun pakaian yang bisa kamu masukkan ke kantong kedap udara adalah jaket dan pakaian anak-anak. Selain untuk pakaian yang hendak dibawa, kantong kedap udara bisa kamu pakai untuk fungsi lain. Adapun fungsi tersebut adalah untuk menampung pakaian-pakaian kotor sisa piknikmu nanti.

7. Manfaatkan Tas Kecil

Gunakanlah Beberapa Tas Kecil untuk Membantumu Mem-Packing Bajumu

* sumber: www.provoke-online.com

Cara ini dilakukan jika kamu masih ingin membawa pakaian dalam jumlah banyak. Atau, jika kamu ingin memisahkan antara baju dengan barang-barang bawaanmu yang lain. Adapun cara ini dilakukan dengan menyediakan beberapa tas kecil sesuai dengan kebutuhanmu.

Dalam setiap tas kecilnya, kamu bisa mengisinya dengan satu jenis barang tertentu. Misalnya, satu tas kecil kamu isi dengan kaus dalam dan tas kecil lainnya kamu isi dengan pakaian lengan panjang, polo atau sweater.

8. Jangan Menyisakan Ruang Kosong

Jangan Biarkan Kopermu Menyisakan Ruang Kosong

* sumber: brightside.me

Seringkali, koper yang kita pakai menyisakan ruang kosong. Padahal, kita sudah mengisinya dengan pakaian-pakaian yang kita perlukan. Bila kamu mengalami kondisi ini, maka sebaiknya jangan biarkan kopermu menyisakan ruang kosong. Ruang kosong dalam koper dapat berpotensi menimbulkan benturan benda-benda di dalam kopermu. Apalagi, jika kopermu berisi barang selain pakaian yang rentan pecah.

Adapun untuk mengisi ruang kosong di kopermu, kamu bisa mengisinya dengan kertas. Caranya, bentuklah kertas itu menjadi gumpalan, dan simpanlah ke dalam ruang kosong pada kopermu.

Itulah cara melakukan packing baju di koper secara efisien untuk yang hendak melakukan perjalanan yang jauh. Apakah kamu sudah melakukan semua cara tadi? Atau punya cara sendiri yang lebih efektif? Bagikan dengan kami dan pembaca lainnya di kolom komentar, ya.

Tapi, kalau kamu ingin pergi sebagai backpacker dan hanya membawa ransel saja, maka kamu juga butuh teknik yang bagus untuk packing di ransel. Bagaimana caranya? Bisa cek artikel 9 Cara Packing di Ransel ini, ya. Semoga membantu dan selamat liburan!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar