keluyuran web banner

Inilah Cara Mudah Menggunakan Laundry Koin Ala Mr. Bean!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 26 Desember 2020

Hai sobat Keluyuran! Pernah gak sih kalian ketemu sama laundry yang menerapkan self-service atau menggunakan koin yang persis banget kayak di film Mr. Bean? Biasanya laundry jenis ini berada di Kawasan kota besar; khususnya di wilayah yang padat dengan para pekerja dan mahasiswa.

Kalau kalian yang sudah jadi pengguna setia laundry koin, ya pasti sudah tahu gimana cara pengoperasiannya. Namun, karena jenis laundry ini masih tergolong sangat jarang; pasti masih banyak juga yang belum tahu caranya. Nah, sekarang Keluyuran bakal bantu kamu supaya tahu gimana cara pakainya. Yuk! Ikuti kita!

Laundry Koin

Laundry Koin (Copy)

Laundry jenis ini mulai dipopulerkan di Indonesia pada tahun 2013 di Jakarta. Begitu muncul, pasar laundry koin mulai bergeliat dan menunjukan perkembangan pesat dengan munculnya banyak macam mesin cuci berbasis koin tersebut. Walhasil, sampai saat ini, bisnis laundry koin jadi menjamur di seluruh Indonesia khususnya di kota besar.

Laundry koin sangat digandrungi oleh para mahasiswa atau para pekerja yang memang tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci dan menjemur atau semacamnya; membuat mereka mencari alternatif lain untuk melakukannya, banyak juga dari kalangan ibu rumah tangga yang menjadi pelanggan karena tidak ingin terlalu capek setelah seharian mengurus rumah.

Kadang juga diminati oleh para pelancong yang backpacker-an di negara tertentu. Maklum, biaya binatu di hotel kan pasti mahal sekali.

Cara Penggunaan

Laundry Koin_How To Use (Copy)

Cara menggunakan mesin cuci di Laundry koin ini tergolong mudah, di depan mesin akan tertempel stiker besar mengenai cara penggunaannya, namun bagi yang tidak bisa menemukan cara pemakaiannya, let’s check this out! Oh iya, laundry koin yang dibahas kali ini yang berada di Indonesia ya, karena beda negara umumnya beda juga cara penggunaannya:

1. Setelah kalian datang ke laundry koin, pisahkan baju kalian yang halus dan pakaian kalian yang memiliki ritsleting; lebih bagus untuk memasukan pakaian halus ke dalam jarring cucian supaya tidak rusak tergesek pakaian yang memiliki resleting.

Apabila tidak punya dan kalian tidak terlalu masalah dengan itu, go for it. Kalian bisa langsung masukan semua pakaian kalian ke dalam mesin cuci. Ingat! Mesin cuci bukan mesin pengering! Karena umumnya mesin cuci dan mesin pengering menjadi satu tempat.

2. Setelah semua pakaian sudah masuk, tutup pintu mesin cuci (biasanya mesin cuci akan terkunci otomatis). Lantas masukan detergen cair dan pewangi. Bisa tidak pakai detergen bubuk? Bisa namun kalian akan kerja dua kali mengingat tumpukan detergen yang terbasuh air biasanya akan tersisa di tray.  Jadi lebih baik pakai yang cair.

3. Masukan koin yang sudah kalian punya. Di Indonesia, biasanya pelanggan akan membayar sesuai berat pakaian yang akan dicuci lantas uang akan ditukar dengan koin atau semacam kartu ‘debit’ laundry.

4. Pilih suhu air yang akan dipakai untuk mencuci, ada air dingin, hangat dan panas. Kalau di Indonesia sih seperti yang dingin juga sudah cukup oke, karena beda suhu air maka beda juga harganya. Setelah memilih, tekan start dan biarkan mesin bekerja selama 30-40 menit kira-kria.

5. Saat cucian selesai, mesin akan membunyikan buzzer atau mengedipkan informasi yang terdapat pada LCD mesin; menandakan cucian sudah bersih dan siap untuk dikeringkan.

6. Keluarkan seluruh pakaian yang sudah bersih dari mesin cuci, pastikan tidak ada pakaian yang tertinggal atau ‘menyangkut’ di dalam mesin. Untuk mengeceknya, kalian bisa putar isi mesin supaya kalian bisa melihat apa ada pakaian yang tertinggal atau tidak.

7. Setelah itu, masukan kembali pakaian yang sudah diangkat dari mesin cuci untuk naik ke mesin pengering. Proses penggunannya hampir sama seperti penggunaan mesin cuci sebelumnya; setelah pakaian masuk, tutup pintu mesin, masukan koin.

8. Mesin pengering akan segera berfungsi setelah kalian memilih temperature panas yang ingin dipakai. Untuk bahan lembut lebih baik menggunakan temperature hangat, sedangakn untuk pakaian berat seperti jaket, celana jins atau yang lainnya menggunakan temperature panas.

9. Tunggu sekitar 20-30 menit, biarkan mesin pengering bekerja. Mesin akan menggulung semua pakaian basah kalian dengan suhu yang sudah dipilih. Pakaian akan kering sempurna!

10. Voila! Pakaian kalian bersih dan sudah kering dan siap dipakai! Eits, jangan lupa disetrika terlebih dulu ya supaya tidak terlalu kusut.

Mohon Diperhatikan

Para pegawai laundry koin akan membantu kalian dalam hal apapun yang berhubungan dengan mesin cuci koin tersebut, jadi jangan sungkan untuk bertanya apalagi kalian yang menjadi pengguna baru. Jangan sekali-sekali punya ide untuk mengoperasikan mesin tersebut tanpa tahu bagaiaman cara pengoperasinnya. Selain bisa merusak baju, mesin juga bisa rusak.

Pakaian yang memiliki unsur karet, lebih jangan dicuci oleh di laundry koin, pertama, pihak laundry koin tidak bertanggung jawab atas pakaian kalian mengingat laundry tersebut umumnya menganut layanan self-service, kedua, pakaian jenis itu akan rusak karena saat proses pengeringan menggunakan temperatur panas yang bisa merusak karet/plastik.

Tidak bisa mencuci sepatu, karpet, tas atau hal lainnya yang mempunyai besi lumayan banyak. Selain bisa merusak mesin, barang-barang tersebut bisa rusak. Sayang kan kalau nekat dan barang-barang kesayangan kita yang jadi korbannya?

Beberapa tempat laundry koin biasanya memiliki pegawai yang akan membantu kalian untuk menyucikan dan mengeringkan pakaian kalian ketika pelanggan ada urgensi sehingga harus meninggalkan cuciannya di sana, beberapa tidak. Mereka akan tetap meminta pelanggan untuk bertanggung jawab pada pakaian sendiri.

Fasilitas Laundry Koin

Laundry Koin_Fasilitas (Copy)

*Source: Bos Pengering

Pemilik laundry koin biasanya menyediakan fasilitas yang mumpuni untuk memanjakan para pelangganya, entah TV dengan layanan tontonan film berbayar, WiFI gratis, atau kantin untuk para pelanggan yang kehausan atau kelaparan mengingat waktu untuk mencuci pakaian di laundry koin bisa hampir 1 jam sendiri.

Namun untuk beberapa tempat laundry koin yang dikelilingi oleh pelanggan mahasiswa, tempatnya akan lebih kecil dan tidak memiliki fasilitas tersebut mengingat biasanya mahasiswa akan meninggalkan cuciannya lantas pergi ke tempat lain sembari menunggu. Nah, gimana kalian pernah ketemu tempat laundry koin yang seperti apa?

Itu tadi cara bagaimana menggunakan mesin cuci di Laundry koin. Super mudah bukan? Selain mudah dan cepat, laundry jenis ini juga ongkos cucinya masih terbilang murah. Mesin biasanya dibagi atas mesin 15kg sampai mesin 25kg.

Kalau ketemu laundry koin dengan muatan mesin sebesar itu, manfaatkan sebaik mungkin ya! Karena meski pakaian kalian hanya 3kg, kalian akan tetap membayar ongkos cuci untuk mesin dengan muatan 15kg (paling rendah). Rugi banget kan kalau tidak dipakai secara maksimal?

Semoga informasi di atas bisa membantu kalian ya! Oh iya, apakah di kota kalian sudah ada tempat laundry jenis koin seperti ini? Kalau ada, komen di kolom komentar di bawah ini ya! Supaya para pembaca Keluyuran tahu informasi lokasinya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram