Cara Pesan Menu di Sushi Tei & Tips Makan Sushi yang Benar

Menyantap sushi mungkin bukanlah kebiasaan bagi sebagian dari kita, sehingga masih banyak yang awam tentang bagaimana tata cara makan sushi. Namun tahukah kamu, makan sushi tidak sesulit yang kita kira. 

Dan pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang cara makan sushi di salah satu restoran sushi terkemuka di Indonesia, yakni Sushi Tei. Selain membahas tentang tips makan sushi, kami pun akan mengulas bagaimana cara pesan menu di Sushi Tei. Berikut ulasan selengkapnya.

Menu Sushi Tei

cara pesan menu di sushi tei 1

Sebelum membahas tentang cara order menu dan juga tips makan sushi, kita bahas menunya terlebih dulu. Sushi Tei sendiri memiliki banyak sekali pilihan menu sushi maupun makanan lainnya.

Di antara menu pilihannya ada empat jenis menu sushi yang paling diminati. Yang pertama, ada sushi roll atau maki. Sushi jenis ini merupakan sushi dengan nasi yang digulung dengan menggunakan nori atau rumput laut kering. Tak hanya menyediakan menu sushi yang otentik, Sushi Tei pun memiliki banyak pilihan menu sushi roll fusion, lho.

Selain sushi roll, ada pula nigiri. Nigiri adalah sushi yang terdiri dari nasi dengan bahan berupa potongan daging yang umumnya merupakan daging mentah. Namun, ada pula nigiri yang dilengkapi dengan potongan daging yang sudah dimasak.

Selanjutnya, ada sashimi. Sashimi adalah sushi yang berupa potongan daging mentah. Biasanya, daging yang digunakan untuk sushi jenis ini adalah salmon atau daging ikan tuna. Jenis sushi populer lainnya adalah gunkan sushi. Gunkan sushi adalah sushi dari telur ikan yang digulung dengan menggunakan nori.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, Sushi Tei juga menyajikan aneka menu lain seperti nasi, salad, tempura, aneka dessert, appetizer, ramen, udon hingga sup. Tak hanya makanan, pilihan minumannya pun lengkap. Ada ocha, jus dan ragam jenis minuman lainnya.

Cara Pesan Menu di Sushi Tei

cara pesan menu di sushi tei 2

Nah, setelah tadi membahas satu-persatu menu populer yang ada di Sushi Tei, sekarang kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara pesan menu di restoran sushi satu ini. Berikut pembahasannya.

  • Step 1: Saat pertama kali datang, biasanya kamu akan disambut oleh greeter. Greeter akan menanyakan berapa orang yang datang bersamamu.
  • Step 2: Greeter biasanya akan meminta kamu untuk melakukan scan barcode. Setelahnya, kamu akan diminta mengisi form berisikan data kamu.
  • Step 3: Jika semua proses sudah selesai, greeter akan mengantarkanmu ke meja.
  • Step 4: Silakan scan barcode yang ada di meja kamu dengan menggunakan handphone untuk memilih menu.
  • Step 5: Pilih menu yang kamu ingin pesan.
  • Step 6: Selesai memilih menu, silakan panggil pramusaji dan sebutkan menu makanan apa saja yang ingin kamu pesan. Selanjutnya, tunggu pesananmu sampai ke meja.

Tips Makan Sushi

cara pesan menu di sushi tei 4

Bagaimana, sekarang sudah tahu, kan tata cara pesan makanan di Sushi Tei beserta ragam jenis menu yang ada di restoran sushi tersebut? Ya, setelah membahas tentang cara pesan menu di Sushi Tei, kami pun akan membagikan informasi tentang tips makan sushi secara umum. Berikut informasi selengkapnya:

  • Pastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

Sebelum mulai menyantap makananmu, pastikan terlebih dulu tangan kamu sudah dalam keadaan bersih, ya. Sebaiknya cuci tanganmu terlebih dahulu sebelum menikmati menu sushi yang dipesan.

  • Pastikan Saus dan Pelengkap Lain Sudah Tersedia

Tak hanya memastikan kebersihan tangan, silakan pastikan juga saus dan aneka pelengkap yang ada di meja kamu. Biasanya, restoran sushi akan menyediakan beberapa pelengkap. Sebut saja seperti wasabi, shoyu, saus dan cabai. Pelengkap inilah yang menambah kenikmatan dari cita rasa sushi yang kamu pesan.

  • Makan Sushi dengan Sumpit

Setelah tangan bersih dan pelengkap serta saus sudah tersaji di meja, saatnya untuk menyantap sushi yang dipesan. Gunakanlah sumpit yang ada di meja kamu untuk mengambil sushi. Kemudian, makanlah sushi dengan satu gigitan. 

Sekadar info, cara ini dianjurkan supaya kamu bisa menikmati cita rasa dari semua bahan yang digunakan untuk membuat sushi yang kamu pesan.

Tetapi, kamu juga boleh menikmati sushi dengan dua gigitan jika sushi yang kamu cicipi berukuran besar. Jika belum terbiasa menggunakan sumpit, kamu dapat menggunakan tanganmu untuk menikmati sushi.

Meski begitu, penggunaan sumpit tetap dianjurkan karena dianggap lebih sopan. Terlebih bila kamu menyantap sashimi, kamu tetap harus memakai sumpit untuk mencicipnya.

  • Hindari Mencelup Seluruh Bagian Sushi ke Sausnya

Makan sushi pakai shoyu memanglah nikmat namun usahakan untuk tidak mencelupkan seluruh bagian sushi ke dalam shoyu, ya. Kalau kamu sedang menikmati nigiri sushi, cukup celupkan sedikit potongan daging ke dalam mangkuk atau wadah dari shoyu-nya.

Jika kamu menikmati sushi roll, cukup celupkan sedikit bagian nori ke dalam shoyu. Jangan sampai sushinya terendam saus, ya. Kamu juga bisa menikmati sushi, terutama sashimi, dengan wasabi. Namun, hindari memakan sushi dengan wasabi yang terlalu banyak jika kamu tidak ingin merasa kepedasan.

Oh iya, usahakan untuk tidak mencampur wasabi ke dalam shoyu, ya. Kenapa? Karena hal tersebut dinilai kurang sopan. Kalau kamu mau makan dengan wasabi, cukup oleskan wasabi secukupnya di sushi yang akan kamu santap.

  • Perhatikan Adab Menggunakan Sumpit

Kalau kamu sedang makan bersama dengan teman atau kolega dengan menggunakan sharing plate, usahakan untuk mengambil sushi dengan ujung sumpit yang tidak terkena mulut, ya.

Jika kamu ingin beristirahat sebentar, hindari menaruh sumpit dengan cara ditusuk ke nasi atau sushi. Ada baiknya untuk menaruh sumpit di tempatnya. Jika tak ada, kamu bisa taruh sumpit di atas mangkuk atau wadah shoyu.

  • Gunakan Acar Jahe untuk Menetralisir

Setelah mencicipi satu sushi, kamu dapat gunakan acar jahe atau gari untuk menetralisir lidah sebelum kamu menyantap sushi lainnya. Namun sebaiknya hindari menaruh jahe di atas sushi, ya. Selain menggunakan acar jahe, kamu juga dapat menjadikan minuman seperti ocha untuk menetralisir lidahmu.

Review Menu Sushi Tei

cara pesan menu di sushi tei 3

Sekadar informasi tambahan, kami mengunjungi salah satu gerai Sushi Tei yang ada di Kota Bandung untuk mencoba menu yang ditawarkan. Kami memesan beberapa menu pilihan, ada sushi biasa dan juga sushi fusion. 

Di antaranya adalah Tamagoyaki, Salmon Sashimi, Salmon Kazan Sushi Tuna Salad Crispy Mentai, Salmon Sushi, Tuna Salad Maki dan Chuka Wakame Gunkan.

Tak hanya itu, kami juga memesan menu lain selain sushi di sini. Ya, kami memesan Chuka idako atau baby octopus, ramen, salad dan nasi. Semua menu yang kami pesan memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

Sampai di sini pembahasan dari Keluyuran tentang cara pesan menu Sushi Tei beserta tips dan pembahasan lainnya tentang sushi. Jika kamu memiliki informasi seputar tips makan sushi yang belum kami bahas di artikel ini, silakan bagikan melalui kolom komentar di bawah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram