Cara Pesan Tiket Pesawat Secara Online Dan Offline

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dewasa ini, tiket pesawat tidak hanya bisa dibeli di bandara saja. Anda bisa membelinya secara online atau melalui agen perjalanan tour dan travel. Jadi, jika jarak antara tempat tinggal Anda dengan bandara cukup jauh, maka Anda bisa membeli tiket di rumah maupun di agen perjalanan terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Selain melalui online, tiket pesawat juga bisa dibeli di minimarket. Berbagai cara pesan tiket pesawat yang mudah ini tentu saja memudahkan calon penumpang pesawat. Bahkan, di beberapa situs pemesanan tiket pesawat online Anda bisa memilih sendiri jadwal keberangkatan, maskapai penerbangan, dan harga yang cocok dengan budget Anda.

Pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membagikan beberapa cara pesan tiket pesawat yang mudah, cepat, dan praktis. Jadi, Anda tidak perlu lagi capek-capek mengantri di loket maskapai penerbangan yang ada di bandara ketika hendak membeli tiket pesawat.

Melalui Situs Maskapai Penerbangan

Kini, hampir sebagian besar maskapai penerbangan memiliki situs resmi yang juga melayani pembelian tiket. Beberapa contoh maskapai penerbangan di Indonesia yang melayani penjualan tiket pesawat melalui situs resminya antara lain adalah Air Asia, Citilink, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan beberapa maskapai penerbangan lain yang melayani rute dalam dan luar negeri.

Sebagai contoh, Keluyuran akan memberikan informasi mengenai cara pesan tiket pesawat di salah satu situs maskapai penerbangan Indonesia, yakni Citilink:

cara pesan tiket pesawat online

  1. Pilih bandara asal dan tujuan. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal keberangkatan serta jenis penerbangan (satu arah atau kembali). Kemudian masukkan jumlah penumpang berdasarkan kategori usia, yakni dewasa, anak-anak, atau bayi. Pilih mata uang Rupiah (IDR), selanjutnya klik tombol “Cari Penerbangan”
  2. Pilih penerbangan berdasarkan waktu yang Anda inginkan. Selanjutnya, pilih tarif tiket yang sesuai dengan budget Klik tombol “Lanjutkan” untuk memproses pembelian tiket pesawat Anda
  3. Isi data pribadi Anda di halaman Passenger Info. Pada umumnya, Citilink menawarkan bagasi gratis maksimal 20 kilogram untuk penerbangan domestik dan internasional. Jika Anda merasa perlu menambah bagasi, Anda bisa menambah kapasitas bagasi Anda di halaman ini. Lali klik tombol “Lanjutkan”
  4. Anda akan dibawa ke halaman persetujuan asuransi. Bila Anda setuju untuk menggunakan asuransi, centang di kotak yang tersedia untuk mendapatkan perlindungan saat perjalanan dan tekan tombol “Lanjutkan”
  5. Selanjutnya, Anda bisa memilih kursi di pesawat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk memilih kursi ini Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan letak kursinya. Jika Anda tidak ingin memilih kursi, klik tombol “Tidak Pilih Seat”
  6. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, setiap maskapai penerbangan menyediakan metode pembayaran yang berbeda-beda. Di Citilink, metode pembayaran yang disediakan adalah kartu debit, kartu kredit, voucher, ATM, dll (seperti kantor pos, Alfamart, Indomaret, Carrefour, Seven Eleven, dll
  7. Klik tombol “Lanjutkan”, lalu tunggu beberapa saat maka informasi pemesanan tiket Anda akan diproses. Cetak bukti pemesanan tersebut untuk membayar sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih

Cara Pesan Tiket Pesawat Lewat Traveloka

tiket traveloka

Beberapa tahun terakhir ini, salah satu situs booking tiket pesawat dan hotel terbesar di Indonesia, yakni Traveloka sedang sangat populer. Situs ini menawarkan harga yang jujur dan transparan tanpa biaya tambahan apapun.

Di Traveloka Anda bisa memilih sendiri maskapai penerbangan yang Anda inginkan, harga tiket yang paling murah, dan waktu penerbangan yang sesuai dengan jadwal pribadi Anda. Berikut adalah cara pesan tiket pesawat lewat Traveloka:

  1. Buka browser Anda dan kunjungi situs traveloka.com
  2. Masuk ke bagian Tiket Pesawat dan pilih tujuan penerbangan Anda (kota asal dan kota tujuan), waktu penerbangan, dan jumlah penumpang. Kemudian, klik tombol “Cari Tiket”
  3. Tunggu beberapa saat, Traveloka akan mencari penerbangan yang sesuai dengan data yang Anda masukkan sebelumnya
  4. Pilih penerbangan yang paling sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol “Pesan Sekarang!”
  5. Isi data pemesan yang dapat dihubungi. Pastikan data sudah terisi dengan benar dan klik tombol “Lanjutkan”
  6. Isi data penumpang secara lengkap, lalu klik tombol “Lanjut ke Pemesanan”
  7. Traveloka akan memproses data Anda dalam waktu maksimal 5 menit, lalu lanjutkan dengan menekan tombol “Lanjut ke Pembayaran”
  8. Pilih metode pembayaran yang tersedia, lalu klik tombol “Bayar”
  9. Segera lunasi pembayaran Anda untuk menghindari pembatalan tiket pesawat tersebut

Cara Pesan Tiket Pesawat Lewat Agen Perjalanan

tiket pesawat

Solusi lain untuk memesan tiket pesawat tanpa perlu antri di loket maskapai penerbangan yang ada di bandara adalah melalui agen perjalanan tour dan travel. Cara pesan tiket pesawat melalui agen perjalanan ini sebenarnya sudah lebih dulu populer sebelum ada situs maskapai penerbangan dan situs pemesanan tiket online seperti Traveloka.

Sampai saat ini pemesanan tiket pesawat lewat agen perjalanan memang masih diminati, tetapi sebagian besar calon penumpang menggunakan jasa agen perjalanan ini untuk memesan tiket penerbangan internasional. Pasalnya, pemesanan tiket penerbangan domestik bisa dilakukan melalui situs resmi maskpai penerbangan atau situs booking sejenis Traveloka.

Berikut ini adalah cara untuk memesan tiket pesawat melalui agen perjalanan tour dan travel:

  1. Hubungi atau kunjungi agen perjalanan terdekat
  2. Minta operator untuk mencarikan jadwal penerbangan dengan maskapai yang Anda inginkan atau dengan harga yang termurah
  3. Apabila Anda setuju, maka Anda bisa melakukan pembayaran secara tunai atau transfer langsung ke rekening bank milik agen perjalanan tersebut
  4. Operator akan memberikan tiket pesawat (itenerary ticket) dalam bentuk fisik atau dikirimkan melalui email

Saat ini, tiket pesawat dalam bentuk fisik tidak terlalu populer. Karena Anda bisa check-in di bandara dan mendapatkan boarding pass hanya dengan menyebutkan kode booking tiket saja. Jadi, sebenarnya Anda tidak perlu mencetak itinerary tiket pesawat dalam bentuk fisik.

Selain Traveloka, ada beberapa situs booking tiket pesawat lain yang cukup populer di Indonesia. Sebagian besar situs pemesanan tiket pesawat online ini umumnya menawarkan harga tiket yang miring.

Akan tetapi, Anda harus selektif dalam memilih situs yang benar-benar memberi harga yang jujur. Karena beberapa situs memberikan biaya tambahan tersembunyi yang akan ditagihkan pada saat akhir pembayaran.

Perlu Anda ketahui sangat penting untuk memesan tiket pesawat di situs yang terpercaya. Hindari memesan tiket pesawat selain di situs booking ternama atau situs resmi dari maskapai penerbangan itu sendiri untuk menghindari penipuan.

Selain itu, pilih cara pesan tiket pesawat yang paling nyaman bagi Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda memesan tiket di agen perjalanan, usahakan untuk memilih agen perjalanan yang terpercaya. Kunjungi langsung agen perjalanan tersebut agar Anda mengetahui alamat nyata dari agen perjalanan tempat Anda memesan tiket pesawat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

    1. Semoga bermanfaat! Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *