Cara Sewa Sepeda Boseh Buat Keliling Kota Bandung

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 4 Juni 2021

Berbicara tentang wisata Kota Bandung memang tidak ada habisnya. Kamu dapat menemukan banyak tempat wisata yang berdiri di sini. Mulai dari objek wisata alam sampai tempat rekreasi keluarga pun tersedia.

Untuk wisata kota, misalnya, kamu bisa mencoba menaiki Bandung Tour on Bus alias Bandros. Selain menaiki Bandros, kamu pun dapat berkeliling kota Bandung dengan menggunakan sepeda, lho.

Tenang, kamu tidak perlu ribet bawa sepeda sendiri dari rumah karena di kota Bandung ada layanan bike sharing atau penyewaan sepeda bernama Boseh.

Nah, pada pembahasan kali ini, Keluyuran akan membagikan informasi tentang cara sewa sepeda boseh buat keliling kota Bandung, mulai dari cara daftar sepeda Boseh dan juga informasi menarik lainnya tentang layanan ini. Penasaran, kan? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Tentang Boseh

Cara Sewa Sepeda Boseh Buat Keliling Kota Bandung 1

Boseh adalah layanan bike sharing yang sudah ada di Kota Bandung sejak beberapa tahun silam. Layanan ini disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung, untuk digunakan oleh masyarakat luas, tak terkecuali wisatawan.

Nama Boseh merupakan singkatan dari Bike on the Street Everybody Happy. Dalam Bahasa Sunda, kata boseh berarti mengayuh. Dan kata ini kerap digunakan saat menggunakan sepeda.

Boseh tak hanya dapat digunakan untuk wisata kota. Kamu yang ingin bersepeda ke sekolah atau ke tempat kerja pun diperkenankan untuk menyewa sepeda berwarna biru ini. 

Sejak awal berdiri hingga kini, boseh memiliki tiga booth utama, yaitu di kawasan Alun-alun Bandung, Loop Station (Jalan Diponegoro) dan Taman Cibeunying. Sementara untuk stasiun sepedanya, sudah ada lebih dari 20 stasiun yang seluruhnya tersebar di banyak lokasi di Kota Bandung.

Cara Daftar Sepeda Boseh

cara sewa sepeda boseh daftar

Sebelum menyewa sepeda Boseh, kamu harus mendaftar sebagai member terlebih dulu. Cara daftarnya mudah, kok. Berikut pembahasan lengkap tentang cara daftar menjadi member bike sharing Boseh:

  • Siapkan Persyaratan Pendaftaran

Sebelum mendaftar, sebaiknya siapkan persyaratan pendaftaran. Persyaratan tersebut berupa kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan uang tunai sebesar Rp50.000. 

Uang tunai ini nantinya akan dibagi untuk biaya pencetakan kartu sebesar Rp30.000 dan sisanya untuk mengisi saldo kartu member yang kamu gunakan.

  • Kunjungi Booth Boseh

Selanjutnya, kamu tinggal kunjungi salah satu booth Boseh yang tersebar di beberapa titik yang sudah disebutkan sebelumnya, yakni di Alun-alun Kota Bandung, Loop Station dan Taman Cibeunying.

  • Ambil Kartu

Langkah terakhir, kamu tinggal berikan persyaratannya ke petugas di booth Boseh. Nantinya, mereka akan memproses pendaftaranmu. Kamu tinggal menunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah, kamu bisa langsung ambil kartu membernya. Nantinya, kamu pun akan diberi PIN untuk login

Cara Sewa Sepeda Boseh

cara sewa sepeda boseh pinnjam

Buat kamu yang sudah paham tentang cara daftarnya, sekarang kami akan membahas cara sewa sepeda Boseh di stasiun layanan bike sharing ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Step 1: Pertama, silakan kunjungi stasiun Boseh terdekat. Stasiun layanan bike sharing Boseh tersebar di beberapa titik di Kota Bandung. Ada di kawasan Alun-alun, Jalan Riau, Jalan Diponegoro, Taman Pramuka dan masih banyak lagi.
  • Step 2: Sesampainya di stasiun, silakan menuju mesin penyewaan. Setelahnya, tekan salah satu tombol di mesin penyewaan, lalu tempelkan kartu member di mesin tersebut.
  • Step 3: Jika sudah, silakan masukkan empat digit PIN kartu member Boseh kamu.
  • Step 4: Kemudian, pilih menu peminjaman sepeda, atau silakan tekan angka satu.
  • Step 5: Silakan pilih nomor sepeda yang ingin kamu pinjam. Kamu bisa memasukkan nomor docking sepeda, dari mulai nomor satu sampai dengan nomor dua belas.
  • Step 6: Setelah selesai, silakan tempelkan lagi kartu member kamu di mesin penyewaan sepeda. Jika sudah, kamu hanya tinggal ambil sepedanya. Cukup tekan tombol yang ada pada docking untuk membuka kunci sepeda. Selanjutnya, kamu tinggal tarik unit sepedanya.

Cara Mengembalikan Sepeda Boseh

cara sewa sepeda boseh kembalikan

Kalau sudah selesai menggunakan sepedanya, jangan lupa untuk dikembalikan ke stasiunnya, ya. Nah, setelah tadi kami membahas tentang cara penyewaannya, sekarang saatnya bagi kami untuk membagikan info tentang cara mengembalikan sepeda Boseh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Step 1: Silakan kunjungi stasiun sepeda Boseh terdekat. Pastikan saldo kartu kamu masih cukup. 
  • Step 2: Silakan taruh sepeda di dock hingga tak bisa lepas. Kamu bisa menaruh sepedanya sesuai nomor, jika kamu mengembalikannya di tempat yang sama. Namun, jika kamu mengembalikannya di tempat yang berbeda, kamu dapat menaruh sepedanya di dock dengan nomor mana saja.
  • Step 3: Next, tekan tombol dan tempelkan kartu di mesin penyewaan. Sebelumnya, pastikan mesinnya dalam keadaan menyala, ya. Jika sudah, masukkan empat digit PIN kartu.
  • Step 4: Setelahnya, silakan pilih menu pengembalian sepeda atau tekan angka dua. Kemudian, masukkan nomor docking sepedanya. Kalau kamu lupa nomornya, silakan ketikkan nomor ‘00’ di mesin penyewaan.
  • Step 5: Setelah selesai, tap kartu di mesin penyewaan untuk memotong saldo. Kemudian, tap satu kali lagi sampai transaksi berhasil, dan sisa saldo tampil di layar mesin.

Alamat Booth, Tarif & Jam Operasional Boseh

Cara Sewa Sepeda Boseh Buat Keliling Kota Bandung 2

Berikut informasi tentang alamat booth, tarif serta jam operasional dari layanan bike sharing Boseh:

  • Tarif Boseh: Rp1.000 di satu jam pertama, Rp2.000 di jam berikutnya
  • Jam Operasional Booth: Setiap hari, mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB
  • Alamat Booth Boseh Cibeunying: Jl. Tm. Cibeunying Sel. No.47, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 

Informasi Menarik Lainnya Tentang Boseh

Cara Sewa Sepeda Boseh Buat Keliling Kota Bandung 3

Layanan Bike on the Street Everybody Happy alias Boseh ini ternyata punya banyak sekali peminat. Per-bulan Juni tahun 2020, pendaftar baru dari layanan Boseh sudah mencapai angka 1000 orang, sementara untuk penyewaannya sudah mencapai angka 2000 lebih. Angka tersebut terbilang cukup fantastis, bukan?

Oh iya, sekadar info, untuk kamu yang ingin meminjam sepeda Boseh, ada jam peminjaman yang berlaku, ya. Jam peminjamannya dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. 

Sementara untuk waktu pengembaliannya, menurut penuturan pihak Boseh, kamu bebas mengembalikannya di jam berapa pun. Tetapi, bila unit sepeda tidak kunjung kembali selama satu kali 24 jam, maka pihak Boseh akan menghubungi kamu melalui kontak dan data yang sudah terdaftar.

Seperti yang sudah kita ketahui, kita bisa mengisi saldo kartu member Boseh sejak pertama kali mendaftar. Lalu, bagaimana jika saldonya habis? Nah, kalau kamu kehabisan saldo, kamu nggak perlu khawatir, ya.

Kamu bisa langsung kunjungi booth Boseh di tiga titik yang sudah disebutkan sebelumnya untuk mengisi saldo kartu. Gampang banget, kan. Oh iya, kalau kamu punya pertanyaan tentang Boseh, silakan hubungi pihak pengelola melalui akun Instagramnya di @boseh.bike.

Sampai di sini pembahasan dari kami tentang cara sewa sepeda Boseh beserta langkah-langkah pendaftaran dan pengembaliannya. Jika kamu punya pengalaman seru selama menggunakan sepeda Boseh, yuk bagikan ceritamu pada pembaca Keluyuran lainnya melalui kolom komentar di bawah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram