10 Cenote Terkenal di Meksiko dengan Pemandangan Indah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Meksiko merupakan satu negara yang cukup terkenal akan keindahan alamnya yang berupa cenote. Cenote sendiri adalah sebuah lubang alami yang terjadi akibat tertimpa oleh meteor atau juga karena erosi yang terjadi pada batu kapur di dalam tanah. Lubang-lubang itu akhirnya terisi oleh air segar menjadi sebuah kolam. Cenote juga dianggap suci oleh suku Maya.

Dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat melarung persembahan dari hewan hingga manusia, tetapi hal itu sudah tidak dilakukan lagi. Kini cenote ini terkenal karena keindahannya. Berikut ini adalah beberapa cenote yang cukup populer di Meksiko yang dapat kamu kunjungi untuk merasakan kesegaran dari alam.

1. Cenote Dos  Ojos, Tulum

Cenote Dos  Ojos, Tulum
  • Alamat: Cenote Jaguar Rd, Tulum, Quintana Roo, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 17.00
  • HTM: 350 MXN tanpa peralatan, $600 MXN + peralatan

Cenote Dos Ojos berada di daerah antara Tulum dan Playa Del Carmen. Cenote yang satu ini dikatakan cenote terbaik di Semenanjung Yucatan untuk yang senang menyelam. Lubang alami ini sesungguhnya merupakan bagian dari sebuah sistem gua bawah laut yang panjangnya diperkirakan sekitar 61 km dengan kedalaman 188 meter.

Cenote Dos Ojos memiliki arti “dua mata”. Diberi nama Dos ojos karena terlihat seperti dua buah kolam seperti mata yang disambungkan oleh sebuah lorong. Kamu dapat menikmati cenote ini dengan menyelam di airnya yang jernih dan berwarna biru gelap. Sedangkan untuk airnya yang berwarna biru terang kamu dapat menikmatinya dengan berenang atau snorkeling.

2. Cenote Gran, Tulum

Cenote Gran, Tulum
  • Alamat: Quintana Roo 109, 77796 Tulum, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 17.00
  • HTM: 180 MXN, 30 MXN loker, 80 MXN sewa alat snorkeling

Cenote Gran merupakan cenote yang terletak di dekat Tulum. Lubang alami ini terdiri dari cenote yang terbuka dan juga gua yang luas. Cenote yang terbuka dihubungkan oleh jalan kayu yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan hijau. Walau letaknya di dalam hutan, tetapi tempat ini memiliki fasilitas pendukung yang cukup modern.

Grand cenote memiliki dasar kolam yang berpasir  yang terlihat di permukaan karena airnya yang jernih dan berwarna pirus. Di Kolamnya kamu dapat menemukan ikan dan juga penyu. Kamu harus hati-hati agar tidak mengejutkan mereka. Di sekitar tempat ini terdapat hammock untuk bersantai dan juga loker untuk menyimpan barang milikmu.

3. Cenote Azul, Playa del Carmen

Cenote Azul, Playa del Carmen
  • Alamat: Km 1266 Carretera Tulum- Cancun, Riviera Maya, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.30 – 17.00
  • HTM: Dewasa, 120 MXN, Anak-anak 4-8 tahun 80 MXN

Cenote Azul merupakan cenote yang berada di tempat terbuka, kolamnya memiliki air yang amat jernih. Kolam utama di cenote ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian dangkal dan juga bagian yang dalam. Kedua bagian itu dipisahkan dengan sebuah papan yang digunakan sebagai tempat berjalan.

Pada bagian yang dangkal dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga, dengan anak-anak. Kamu dapat bermain air bersama dengan ikan-ikan. Sedangkan pada bagian yang dalam biasanya digunakan untuk meloncat dari tebing yang rendah, dengan bagian kolam memiliki kedalaman sekitar 6 meter, jadi terbilang cukup aman untuk melompat dari tebingnya.

4. Cenote Jardin del Eden, Quintana Roo

Cenote Jardin del Eden, Quintana Roo
  • Alamat: 77734 Quintana Roo, Solidarid, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 17.00
  • HTM: 200 MXN

Cenote Jardin del Eden letaknya berdekatan dengan cenote Azul sehingga kalian dapat mengunjungi keduanya. Nama dari cenote ini diambil dari Taman Eden dalam alkitab. Tempatnya banyak diteduhi pepohonan dengan air yang jernih berwarna toska menjadikan cenote ini tampak seperti seperti Taman Eden yang tersembunyi di dalam hutan.

Di taman Eden ini kamu dapat menikmati kejernihan airnya dengan mencoba loncat dari tebing atau juga dengan ber-snorkeling. Jika kamu ingin menikmati keindahan dari guanya  dan juga pemandangan bawah airnya kamu dapat lakukan dengan menyelam. Tempat ini tidak terlalu banyak orang, jadi cocok untuk orang yang mencari ketenangan.

5. Cenote Carwash, Quintana Roo

Cenote Carwash, Quintana RooSumber: theoutbound.com
  • Alamat: Quintana Roo 109, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 17.00
  • HTM: 50 MXN

Satu lagi cenote yang berada di alam terbuka, yaitu cenote Carwash, tempatnya cukup tenang karena masih sedikit orang yang berkunjung. Alamnya masih asri dengan air yang jernih berwarna toska. Cenotes ini dikatakan cukup dalam, sehingga cocok untuk orang yang senang dengan kegiatan menyelam.

Selain menyelam, kamu juga dapat melakukan kegiatan ber-snorkeling karena tempatnya sebagian besar berada di alam yang lebih terbuka. Tidak banyak fasilitas pendukung di cenote ini, tetapi hal itu tidak mengurangi keistimewaan tempatnya. Sebaliknya, hal tersebut memberi kesan tempatnya masih cantik alami.

6. Cenote Ik Kil, Chicen Itza

 Cenote Ik Kil, Chicen Itza
  • Alamat: Chicen Itza, Yucatan, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 17.00
  • HTM: 80 MXN, Loker 30 MXN, Jaket Pelampung 30 MXN

Jika kamu berkunjung ke situs arkeologi Chicen Itza, maka kamu harus mampir ke cenotes yang satu ini, yaitu Cenote Ik Kil. Cenote ini tampak seperti sebuah lubang berbentuk lingkaran.Tempatnya terlihat masih alami dengan letaknya yang berada di dalam hutan serta tanaman merambat yang akarnya menjuntai.

Pemandangan langit yang terlihat dari dalam cenote memberikan kesan yang luar biasa di saat kamu sedang berenang. Di cenote ini terdapat sebuah tangga yang mengarah ke bagian dalam cenote-nya. Keindahan dan keasrian tempat ini membuatnya banyak dikunjungi, jadi pastikan kamu datang lebih awal pada saat pengunjung tidak begitu ramai.

7. Cenote Calavera, Tulum

  • Alamat: Tulum, Quitana Roo 109, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 16.00
  • HTM: 100 MXN untuk berenang, 200 MXN untuk menyelam

Cenote yang satu ini merupakan cemote yang terbaik untuk kegiatan scuba diving. Tetapi selain kegiatan menyelam, kegiatan loncat tebing dan berenang juga cukup populer. Cenote Calavera dikenal juga dengan nama The Temple of Doom. Tempat ini memiliki tiga lubang untuk masuk ke dalam cenote-nya.

Kamu bisa masuk ke dalam lubangnya dengan melalui tangga pada lubang cenote yang cukup besar. Atau jika ingin sesuatu yang lebih menantang, kamu dapat meloncat ke dalam cenote-nya dari lubang yang lebih kecil. Pemandangan cenote dengan airnya yang jernih berwarna toska akan membuat kamu terpikat untuk merasakan kesegarannya.

8. Cenote Suytun, Valladolid

Cenote Suytun, Valladolid
  • Alamat: Carretera Libre, Valladolid-Cancun 6 KM, Valladolid, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 18.00
  • HTM: 120 MXN

Cenote Suytun, merupakan tempat yang terkenal sebagai tempat yang instagramable. Satu keunikan dari cenote ini adalah cahaya yang masuk ke dalam cenote dari sebuah lubang di atasnya. Cahaya tersebut jatuh sebuah lantai berbentuk lingkaran. Lantai berbentuk lingkaran tersebut dikelilingi oleh air yang jernih berwarna kebiruan.

Selain berfoto kamu juga dapat menikmati tempat ini dengan berenang dan menikmati airnya yang dingin. Tapi kamu memerlukan jaket pelampung jika kamu belum mahir untuk berenang. Untuk foto yang lebih indah, pastikan untuk datang lebih awal agar tidak terjebak antrian panjang untuk berfoto di spot istimewanya.

9. Cenote El Pit, Tulum

Cenote El Pit, Tulum
  • Alamat: Cenote Jaguar Rd, Tulum, Quintana Roo, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00 – 17.00
  • HTM: 350 MXN (El Pit masuk ke dalam kawasan Cenote Do Ojos)

Satu lagi cenote untuk orang yang senang dengan kegiatan bawah air. Cenote El Pit memiliki kedalaman sekitar 40 meter. Orang yang dapat menjelajahi kedalaman cenote ini haruslah orang dengan serifikat Advanced Open water atau juga yang lebih tinggi. Pada bagian permukaan cenote terdapat tangga sebagai tempat untuk masuk ke air dan terdapat struktur batu yang menggantung.

Bagi orang yang ingin menjelajahi cenote dengan menyelam, di sekitar kota tempat cenote ini berada banyak tempat belanja yang menawarkan keperluan untuk menyelam. Hal yang paling menarik dari kegiatan menyelam di El Pit  adalah melihat pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam air dari permukaan cenote.

10. Cenote Cristalino

  • Alamat: Carretera Cancún – Tulum Km 269, Playa del Carmen, Quitana Roo, Meksiko
  • Jam buka: Senin-Minggu, 08.00 – 18.00
  • HTM: 150 MXN

Cenote Cristalino lokasinya dekat dengan Cenote Azul, dan termasuk ke dalam cenotes di alam terbuka. Kolamnya memiliki air yang jernih dengan airnya yang berwarna kehijauan. Satu hal yang asyik dari tempat ini adalah karena tidak terlalu ramai sehingga suasananya lebih tenang.

Cenote ini berada di alam terbuka sehingga tampak seperti kolam renang alami. Kamu dapat menikmati cenote ini dengan berenang atau mencoba melompat dari tebing untuk sensasi yang lebih menantang. Air dari cenote ini cukup dingin sehingga akan terasa segar saat kamu berenang di hari yang cukup panas di Meksiko.

Itulah beberapa cenote yang terkenal di Meksiko. Sesungguhnya Meksiko memiliki lebih banyak lagi cenote. Diperkirakan cenote yang terdapat Meksiko ini sekitar 6 ribuan dengan berbagai tipe. Ada yang di alam terbuka,  di dalam sebuah gua atau juga semi terbuka. Kebanyakan dari cenote ini berada di Semenanjung Yucatan.

Rata-rata memiliki air yang jernih dengan air yang berwarna hijau toska atau juga kebiruan. Cenote terlihat sangat indah saat disinari oleh sinar matahari. Terkadang kamu dapat melihat dasar kolamnya untuk beberapa tempat yang memiliki kolam yang dangkal. Selain itu, tempatnya terlihat sangat eksotis karena berada di dalam hutan. Kira-kira cenote mana yang ingin kamu kunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram