10 Kuliner Cilok Enak di Bandung yang Bikin Nagih

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Juli 2020

Cilok kuah lagi naik daun banget, nih! Posisi seblak sekarang agak tergeser karena kenikmatan cilok lagi diincar banget sama orang-orang. Tapi, bukan cuma cilok kuah doang, loh, yang lagi happening. Ya, semua jenis cilok sedang digemari saat ini.

Karena itulah Keluyuran berinisiatif memberi tahu kamu di mana tempat cilok enak di Bandung. Ada macam-macam jenis cilok di sini, mulai dari cilok biasa yang pakai saus kacang, cilok isi keju, cilok bakar, cilok pelangi, dan masih banyak lagi. Langsung saja dicatat dan diburu, yuk, cilok-ciloknya!

1. Baso Aci Ganteng

baso aci ganteng

Siapa, sih yang nggak suka sama baso aci? Kuliner cilok yang satu ini sedang digemari banyak orang, nih. Tidak heran, banyak kedai baso aci yang mulai berdiri. Salah satunya adalah Baso Aci Ganteng yang merupakan salah satu pelopor kuliner baso aci dengan kuah pedas gurih yang bikin nagih.

Di Baso Aci Ganteng, ada beberapa pilihan menu yang bisa kamu pilih. Mulai dari baso aci ganteng aja yang terdiri dari 10 buah baso aci, 2 cuankie, 2 cuankie tahu dan sukro cikur, sampai baso aci ganteng maksimal yang berisikan 7 baso aci, daging tetelan, 2 cuankie, 2 cuankie tahu, 2 ceker ayam dan sukro cikur.

Kalau belum cukup, kamu bisa tambah isian ekstra dengan membayar Rp 1.500 sampai dengan Rp 7.000 per pieces-nya. Kalau ingin makan ramai-ramai di rumah, kamu juga bisa pesan paket keluarga yang dibanderol dengan harga Rp 70.000 per bungkus.

Lokasi kedai Baso Aci Ganteng ada di Jalan Japati, Kota Bandung. Satu gerainya lagi berada di Jalan L.L.R.E Martadinata No. 61, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Japati, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 16.00-00.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 15.000 s/d Rp 27.000 per porsi

2. Baso Aci Mas Jay

baso aci mas jay

Kuliner cilok berupa baso aci lainnya bisa kamu nikmati di Baso Aci Mas Jay. Ada pilihan tiga porsi baso aci, yakni porsi komplit yang terdiri dari baso aci, kuah dan 1 jenis topping, kemudian ada porsi spesial dengan 2 jenis topping dan porsi jawara dengan pilihan 3 jenis topping yang berbeda.

Selain bisa atur level sendiri, di sini kamu bisa menentukan pilihan isian baso acinya. Ada baso aci ayam, jando dan cireng goyeng. Nah, kuahnya pun beragam. Kamu tentu bisa pilih sesuai selera juga. Ada kuah Nusantara yang merupakan kuah bening original. Lalu, ada kuah Merapi alias kuah rempah kuning dan juga kuah Membara atau kuah rempah merah dengan citarasa rempah yang kentara.

Pilihan topping-nya juga beragam. Ada cuankie lidah, siomay kering, selendang maya, pangsit, ceker hingga sukro cikur. Kamu bisa menambah ekstra topping dengan merogoh kocek Rp 3.000 untuk satu item.

Baso Aci Mas Jay nggak cuma menyajikan hidangan baso aci, lho. Ada sajian lain seperti baso goyeng bumbu bojot, cireng goyeng wedus Merbabu sampai cireng banjur dengan kuah rempah yang enak.

Kamu yang ingin mencicipi lezatnya baso aci di rumah bareng anggota keluarga dan juga orang tercinta, bisa langsung pesan baso aci instan Family Pack (5 porsi). Nah, gimana, tertarik untuk mencoba lezat dan hangatnya baso aci punya Mas Jay?

  • Alamat: Jl. Pahlawan No.43, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0811-2121-505
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 16.000 s/d Rp 25.000 per porsi/gelas

3. Mochilok Mochi Ice Cream

Mochilok Mochi Ice Cream

* sumber: www.instagram.com

Kalau ngebahas cilok enak di Bandung pasti ingatnya Mochilok, dong. Jadi, Mochilok adalah pelopornya mochi ice cream dan cilok modern di Indonesia, loh! Dulu itu belum ada yang jual mochi isi es krim yang sampai fenomenal seperti Mochilok. Terus, belum ada juga penjual cilok yang ciloknya dibakar terus pakai saus mayones.

Nah, di Mochilok ini sejak dulu awal buka, ciloknya sudah unik. Ciloknya itu di tusuk pakai tusukan sate, dibakar, terus sausnya pakai saus sambal dan mayones. Beda banget sama cilok biasanya.

Kalau sekarang, sih, menunya sudah lebih bervariasi. Ada cilok bakar mozzarella, cilok bakar goang, cilok bakar BBQ, poplok (Popcorn Cilok), cilok kuah, dan masih banyak lagi.

Markas Mochilok Mochi Ice Cream terletak di Jalan Sekeloa no. 31, Dipatiukur, Bandung. Nomor telepon (022)2518144, (022)82520671, dan 08176063990. Kamu bisa juga order melalui aplikasi chatting LINE di @nxl9981i (pakai @). Kepoin terus akun Instagram Mochilok untuk informasi seru seperti menu baru dan diskon di @mochilok_id.

  • Alamat: Jl. Sekeloa No. 31, Dipatiukur, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2518144, (022) 82520671, 0817-606-3990
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 1.500 s/d Rp 20.000 per porsi/gelas

4. Rumah Cilok dan Baso

rumah cilok dan baso

Warga Bandung, khususnya yang tinggal di sekitar Jalan Dr. Setiabudi pasti nggak asing sama Cilok Goreng Setiabudi. Ya, kuliner cilok yang enak ini jadi favorit banyak orang, karena rasanya nggak kalah enak dari cilok yang dikukus.

Nah, kamu bisa menikmati seporsi cilok goreng yang enak ini di Rumah Cilok dan Baso Setiabudi. Satu tusuk ciloknya dibanderol dengan harga Rp 1.500 saja. Kamu bisa memilih bumbu dan mencicipinya dengan sambal kacang.

Nggak cuma jualan cilok, Rumah Cilok dan Baso ini juga menjajakan makanan enak lain berupa batagor, mie baso, mie yamin sampai paket nasi ayam dan paru, lengkap dengan tahu serta tempe. Tertarik untuk mencoba? Datang langsung ke Rumah Cilok dan Baso di Jalan Dr. Setiabudi, No. 108, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.108, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2518144, (022) 82520671, 0817-606-3990
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 1.500 s/d Rp 18.000 per porsi/gelas

5. Waroeng Seblak & Cilok Goang Ala Mandez

Waroeng Seblak & Cilok Goang Ala Mandez

* sumber: www.google.co.id

Seblak dan cilok sama-sama jajanan pinggir jalan yang paling diminati saat ini. Bagaimana kalau ada satu tempat yang menyediakan keduanya, terus dua-duanya tidak zonk alias enak banget? Ada, kok, tempat seperti ini. Namanya adalah Waroeng Seblak & Cilok Goang Ala Mandez.

Teras rumah yang disulap jadi warung ini menjual aneka seblak dan cilok goang. Untuk ciloknya ada dua macam, yaitu Cilok Goang dan Cilok Goang Special. Penasaran sama yang spesial? Datang saja ke Jalan Udara Supadio no. 64, Husein Sastranegara, Cicendo.

  • Alamat: Jl. Komodor Udara Supadio Husein Sastranegara No.64, Husen Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40174
  • Nomor Telepon: 0813-2284-5387
  • Jam Operasional: Senin-Minggu, 10.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 10.000 s/d Rp 25.000 per porsi

6. Cilok Denok "CLDK"

Cilok Denok

* sumber: www.instagram.com

Satu lagi cilok enak di Bandung yang berkonsep kekinian dan modern. Adalah Cilok Denok alias "CLDK". Tempatnya beda dengan tempat cilok lainnya yang kebanyakan berbentuk kaki lima. Tempat @cilokdenokcldk ini bersih banget ala kafe, pegawai dan ownernya ramah, dan yang terpenting, ciloknya enak banget!

Menu-menu cilok di CLDK ada Cilok Goang, Cilok Rujak, Cilok Kacang, Cilok Kuah, Tahu Cilok, Cilok Isi Telur Ayam, Cilok Isi Cincang Gajih, dan Cilok Original (polos). Dan, semua ini ada versi bungkusan frozen-nya, jadi bisa dibawa sebagai oleh-oleh juga.

  • Alamat: Jl. Sari VIII, Babakan Sari, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0822-1414-5580
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 9.000 s/d Rp 15.000 per porsi

7. Cilok Laswi Sari Rasa

Cilok Laswi Sari Rasa

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Ada cilok enak di Bandung yang terkenal banget di Google (banyak yang nyari di mbah gugel), yaitu Cilok Sari Rasa. Tapi, tempat ini lebih dikenal sebagai Cilok Laswi. Ya, kedai sederhana yang menjajakkan cilok ini ada di Jalan Laswi no. 51. Patokannya, dari perlintasan kereta api ke arah Gatot Subroto, kamu tinggal maju sekitar 100 meter lagi.

Uniknya Cilok Sari Rasa, tuh, gerobaknya gede mirip seperti gerobak bakso. Terus, ada tempat duduk panjang yang dibuat dari kayu. Jadinya persis seperti kedai bakso, ya? Tidak macam-macam seperti cilok kekinian lainnya, di sini ciloknya cuma ada satu macam dalam satu ukuran saja.

Satu porsi Cilok Laswi berisi 10 cilok hanya dihargai Rp 6 ribu. Murah banget, ya? Huhu. Ukuran ciloknya pas, tidak terlalu besar tapi tidak kecil juga. Terus ada isinya yaitu remah daging sapi. Makan cilok enaknya siang-siang pas jam istirahat makan siang, kan. Tapi, Cilok Laswi ini anti mainstream. Mereka bukanya sore sampai malam, yaitu dari jam 4 sore - 9 malam.

  • Alamat: Jl. Laswi No.51, Samoja, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0852-2289-4192
  • Jam Operasional: Setiap hari, 16.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 6.000 per porsi

8. Batagor & Cilok Goang Ceu Yayah

10 Kuliner Cilok Enak di Bandung yang Bikin Nagih 5

Kuliner cilok enak lainnya bisa kamu coba di Cilok Goang Ceu Yayah. Ya, kedai ini menyajikan hidangan cilok goang, cilok dengan kuah pedas nan menggugah selera. Selain cilok, kedai Cilok Goang Ceu Yayah juga menyediakan batagor yang tidak kalah enak. Harganya pun cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 10 ribuan per porsinya.

  • Alamat: Jl. Karawitan No.87, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0852-2289-4192
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 10.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 10.000 per porsi

9. Cilok Cepot

cilok cepot

Kamu yang suka cilok sekaligus senang menyantap kuliner dengan citarasa pedas sudah pasti akan ketagihan sama cilok yang satu ini. Yup, ada Cilok Cepot. Cilok ini disajikan dengan sambal yang pedas, agak asam dan gurih. Sekali cicip bisa bikin ketagihan, deh!

Di cilok cepot, kamu bisa pilih cilok dengan isian jando atau ayam. Oh ya, cilok cepot ini bumbunya pakai daun jeruk, lho. Jadi wanginya khas banget. Mau mencoba? Datang langsung saja ke Cilok Cepot Factory di Jalan Cemara C, Blok C, No. C3, Gedebage, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Cemara C Blok C No.C3, Rancabolang, Kec. Gedebage, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0813-2302-3033
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 07.00-19.00 WIB

10. Cilok Goang Samawa

Cilok Goang Samawa yang berlokasi di Jalan Taman Cibeunying Utara pun wajib kamu coba. Cilok di sini disajikan dengan kuah yang segar dan enak tentunya. Kamu bisa kenyang seketika karena porsi ciloknya cukup banyak. Harganya juga murah banget, mulai dari Rp  10 ribuan. Hayo, kamu tertarik untuk mencoba?

  • Alamat: Jl. Taman Cibeunying Utara No. 24, Riau, Kota Bandung
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 10.000 per porsi

Itu dia 10 tempat cilok enak di Bandung yang bikin nagih dan ngangenin versi Keluyuran. Menurut kamu yang sudah mencoba, manakah cilok yang paling enak? Atau kamu tahu tempat recommended lainnya? Kasih tahu kami, dong, di kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram