Yuk, Cobain “Cuanki M.E”, Cuanki Favorit Orang Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika kamu merupakan orang Bandung dan sekitarnya, pernah main ke Bandung, atau pernah nonton sinetron di tv yang bertemakan kampung orang Sunda, kamu pasti tahu yang namanya cuanki.

Kudapan ini biasanya dapat kamu temukan di pinggir jalan. Atau, mungkin ada juga pedagang cuanki juga ngider di sekitar perumahan kamu. Ciri khas cuanki adalah bunyi “tok.. tok..” dari kayu yang dipukul oleh mamang-nya saat sedang ngider.

Memang, cuanki identik dengan mamang penjualnya yang jalan kaki sambil memikul dagangannya, sebagaimana makna sebenarnya dari “cuanki” yang berupa singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Tapi, sekarang ini sudah banyak juga cuanki yang dijual menggunakan gerobak kecil atau pun gerobak besar. Dan, cuanki juga tidak selalu ngider, ada juga kok yang stay di satu tempat, salah satunya adalah Cuanki M.E.

Sejarah Cuanki M.E

Sejarah Cuanki M.E

Cuanki M.E merupakan singkatan dari Cuanki Mang Entis. Cuanki ini sudah cukup banyak di kenal di Bandung, apalagi bagi siswa dan alumni SMA Angkasa Bandung, karena Cuanki M.E pertama kali berjualan di sana. Cuanki M.E menjadi favorit banyak orang di Bandung, khususnya kawula muda, karena selain enak harganya murah meriah.

Sekarang Cuanki M.E ada dua cabang. Tempat yang pertama tentunya ada di SMA Angkasa Bandung. Tempat yang kedua ada di Jalan Dr. Rajiman, Pasir Kaliki, Bandung. Cuanki M.E bersatu dengan beberapa warung makan lainnya, jadi mungkin kamu nggak terlalu memerhatikan tempatnya. Jadi, Keluyuran kasih tahu patokannya tepat berada di depan Sekolah Kristen Paulus.

Menu di Cuanki M.E

Menu di Cuanki M.E

Itu dia menu di Cuanki M.E. Ada menu reguler, yaitu Baso Cuanki. Mie Goreng Original dan Mie Rebus merupakan cuanki + mie favorit orang Indonesia, yaitu Indomie.

Nah, kalau Mie Goreng ala M.E, ini menu spesial yang nggak bisa kamu temukan di cuanki manapun. Mie goreng ini diberi saos khusus yang rasanya pedas. Kalau kamu bumbuin mie gorengnya sendiri pakai saos yang ada di meja, rasanya nggak akan sama dengan Mie Goreng ala M.E. Recommended banget, deh, pokoknya Mie Goreng ala M.E ini.

Cuanki M.E

Di Cuanki M.E, cuankinya sudah dijual perporsi, tapi kalau kamu mau tambah, harga satuannya kira-kira cuma 1.000 – 5.000 saja, kok. Kuah Cuanki M.E beda dari cuanki yang biasa ngider dengan bakul, ya. Di sini kuahnya harum banget, terus, rasa dan gurihnya pas. Sama seperti cuanki pada umunya, di Cuanki M.E ada tahu, siomay, bakso dan mie.

Yang membuat Cuanki M.E berbeda adalah adanya tahu dan siomay kering yang bisa kamu makan langsung, dicocol ke saos, atau dicelup ke kuah cuanki kamu.

Sensasi tahu dan siomay kering yang dibanjur kuah tentunya berbeda dengan tahu dan siomay yang sudah direbus, ada kriuk-kriuk-nya. Nah, ini salah satu cara menikmati siomay dan tahu kering Cuanki M.E, dicocol ke campuran saos, kecap dan sambel! Rasanya? Nagih!

Cuanki M.E

Dan, yang paling aduhai lagi, di Cuanki M.E disediakan daun seledri dan bawang goreng di setiap mejanya. Jangan kira bawang gorengnya biasa, ya. Bawang goreng Cuanki M.E tuh b-e-d-a, bentuknya lebih mirip serbuk tapi masih ada chunk-nya yang bisa kamu gigit. Enak banget, deh.

Karena disediakan di meja, kamu bisa taburin daun seledri dan bawang gorengnya sepuas kamu. Jangan lupa tambahin bumbu lainnya seperti saos, kecap, merica, cuka dan sambel yang pedesnya mantep itu ke dalam mangkok kamu.

Cuanki M.E

Dijamin puas, deh, makan di Cuanki M.E. Apalagi kalau makannya pas jam makan siang, dijamin kamu bakal ngerasa kenyang plus seger. Buat kamu yang kelaparan pada malam hari, datang saja ke Cuanki M.E, karena tempat ini buka dari jam 1 siang sampai jam 11 malam.

Khusus untuk Persib Day, kamu bisa makan sambil nobar (nonton bareng) juga, loh, di sini! Walaupun tempatnya di pinggir jalan, tempatnya enak, kok, buat nongkrong.

Pesanan Kami

Keluyuran sering banget main ke Cuanki M.E. Di sana banyak sekali menunya, jadi setiap kali datang, kami mencoba menu yang berbeda.

Mie Goreng ala M.E

Nah, penampakan di atas merupakan Mie Goreng ala M.E. Kelihatan menggiurkan banget, ya, mie-nya?

Yuk, Cobain

Kalau ini, Baso Cuanki. Udah dikasih bakso besar, bakso kecil, dua siomay dan dua tahu. Yum!

Yuk, Cobain

Kalau yang ini, Mie Goreng Original. Beda banget, kan, sama Mie Goreng ala M.E? Kalau kamu yang nggak kuat makan pedas, lebih baik kamu pesan Mie Goreng Original saja. Dua-duanya sama-sama enak dan bikin nagih, kok!

minuman cuanki m.e

Jangan lupa pesan minumannya juga, ya! Selain jus jeruk, ada teh manis, teh tarik, kopi, milo dan masih banyak lagi.

Harga

Bisa kamu lihat di daftar menu di atas, kalau harga di Cuanki M.E nggak ada yang lebih dari 20 ribu! Harga yang paling mahal cuma Rp 16 ribu saja dan itu tuh untuk Mie Goreng ala M.E yang super komplit dan enak banget.

Tempat

tempat cuanki m.e

Tempat Cuanki M.E yang di Jalan Dr. Rajiman lebih besar dan luas tentunya daripada cabang yang di SMA Angkasa. Dan orang-orang lebih leluasa untuk berkunjung ke Jalan Dr. Rajiman tentunya, karena berada di pinggir jalan. Kalau yang cabang SMA Angkasa kan berada di lingkungan sekolah.

tempat cuanki m.e

Penampakan Cuanki M.E dari seberang, bisa dilihat kalau kamu mau parkir motor langsung saja di depan warungnya. Parkir mobil juga bisa, kok, di sekitaran Cuanki M.E. Kamu tidak perlu khawatir, karena ada bapak juru parkir yang akan membantu memarkirkan dan menjaga kendaraan kamu.

Alamat

  • SMA Angkasa Bandung, Jalan Lettu Subagio No. 22 Kel., Husein Sastranegara, Bandung.
  • Jalan Dr. Rajiman (depan Sekolah Kristen Paulus), Pasir Kaliki, Bandung. (Buka Senin – Sabtu, jam 12 siang – 11 malam. Bulan puasa tetap buka dari jam 4 sore sampai malam).

Jadi, mau balik lagi nggak ke Martabak Mertua? Jawaban KeluyuranMAU!

Apakah kamu pernah makan di Cuanki M.E, baik itu yang di SMA Angkasa atau pun yang di Jalan Dr. Rajiman? Bagaimana pendapat kamu tentang Cuanki M.E? Bagikan pengalaman kamu makan di Cuanki M.E di kolom komentar di bawah, ya. Atau jika ingin tahu tempat makan cuanki lainnya di Bandung? Baca di sini dan di sini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *