Sapa Mentari Pagi di Sunrise Point Cukul Pangalengan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menikmati matahari terbit di atas ketinggian, ditemani dengan pemandangan indah di sekitar adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan ketika sedang berlibur ke suatu tempat. Begitu pula ketika memilih Bandung sebagai destinasi wisata.

Ada banyak tempat yang menyajikan panorama matahari terbit, salah satunya adalah Sunrise Point Cukul yang terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sunrise Point Cukul terbilang masih baru dikenal di dunia pariwisata Bandung Raya.

Sekitar tahun 2015 tempat ini menjadi hits di kalangan anak muda Bandung, khususnya yang hobi traveling. Tempat wisata yang terletak di Perkebunan Teh Cukul ini dikenal dengan golden sunrise-nya.

Letaknya di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut dan lokasi yang sangat jauh dari pusat kota Bandung, membuat udara dan hawa di Perkebunan Teh ini sangat segar dan tidak terlalu banyak terkontaminasi oleh polusi.

Ketika liburan ke Bandung, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Sunrise Point Cukul untuk menikmati Bandung dengan suasana baru. Simak ulasan selengkapnya berikut ini yuk!

Spot Populer

Spot Populer

* sumber: tourbandung.id

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Sunrise Point Cukul Pangalengan. Tempat yang dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di kawasan Bandung Selatan ini menawarkan beberapa spot populer. Berikut ini ulasannya.

1. Spot Sunrise

Spot Sunrise

* sumber: www.tourbandung.com

Bermain ke Sunrise Point Cukul, sudah pasti harus memilik spot sunrise. Terdapat beberapa spot untuk menyaksikan matahari terbit. Pemandangan dari atas sini, kamu akan melihat perkebunan teh yang terhampar luas, serta perbukitan yang menyambung dari Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Garut.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada waktu pagi hari sebelum matahari terbit. Namun karena jaraknya sangat jauh dari pusat kota Bandung, disarankan berangkat sebelum waktu subuh. Terlebih jika kamu berencana datang ketika libur di akhir pekan. Sama halnya dengan tempat wisata lain, Pada akhir pekan tempat ini cenderung ramai.

2. Kebun Teh

Kebun Teh

Jalan-jalan ke Pangalengan, khususnya Sunrise Point Cukul, sudah pasti kebun teh menjadi salah satu spot yang menarik yang sayang jika dilewatkan. Menurut penulis, perkebunan teh di Pangalengan merupakan yang terbaik di kawasan Bandung Raya.

Perkebunan yang terhampar luas mulai dari Cukul hingga Malabar, dan pemandangan yang masih asri. Wisata di Pangalengan terbilang belum setenar dan seramai Lembang ataupun Ciwidey. Jadi jika ingin menikmati hijaunya kebun teh, sambil belajar mengenai tanaman teh, kamu bisa berkunjung ke Pangalengan.

3. Camping

Camping

Jika berangkat di waktu pagi sebelum subuh terasa berat, kamu bisa mencoba camping dengan suasana yang berbeda. Jika biasanya camping di puncak gunung, di sini kamu bisa camping dengan pemandangan perkebunan teh yang sangat asri. Sunrise Point Cukul Pangalengan menyediakan lahan camping yang direkomendasikan untuk dicoba.

4. Hammocking

Hammocking

* sumber: www.wisatamantap.com

Menikmati pemandangan matahari terbit sambil berayun dari hammock akan memberikan pengalaman yang berbeda. Ini merupakan salah satu spot sunrise yang menarik dan banyak dicari wisatawan. Jika ingin menikmati spot ini, kamu bisa datang lebih pagi agar tidak keduluan oleh pengunjung lain.

5. Situ Cukul

Situ Cukul

* sumber: www.gravity-adventure.com

Ada satu spot yang tak kalah menarik dari Sunrise Point Cukul, yaitu Situ Cukul, atau Danau Cukul. Danau ini tidak terlalu luas, tetapi terbilang sangat alami karena belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Biasanya pengunjung cenderung ke Sunrise Point Cukul tanpa melirik ke Situ Cukul, padahal tempat ini sangat indah dan memesona.

Fasilitas

Fasilitas

* sumber: wedangkopiprambanan.com

Selain spot yang menarik untuk disinggahi, Sunrise Point Cukul Pangalengan juga dilengkapi dengan fasilitas yang akan memanjakan pengunjung yang datang. Inilah fasilitas yang akan didapatkan ketika kamu mengunjungi Sunrise Point Cukul.

1. Gardu Pandang

Fasilitas yang satu ini disediakan oleh pengelola wisata untuk menarik minat pengunjung. Apalagi saat ini adalah masa dimana media sosial sedang digencarkan menjadi salah satu ajang promosi. Dengan adanya gardu pandang ini, diharapkan akan menarik perhatian wisatawan dari dalam maupun luar Bandung.

Terdapat lebih dari satu gardu pandang. Mulai dari rumah pohon, spot “I Love U”, hammock, hingga replika perahu yang terbuat dari bambu. Gardu pandang ini tak hanya menjadi tempat selfie saja, melainkan menjadi spot untuk melihat sunrise dengan cara yang unik.

2. Gazebo

Sunrise Point Cukul juga menyediakan gazebo atau saung untuk istirahat. Duduk santai di sini, kamu tetap bisa menikmati pemandangan perkebunan teh dari ketinggian. Gazebo yang di sediakan ada beberapa dan bisa menampung lebih dari 10 orang.

3. Café

Berangkat pagi hari ke Sunrise Point Cukul mungkin takkan sempat untuk sarapan. Di Sunrise Point Cukul, sudah dilengkapi dengan café yang bisa mengisi perut kosongmu di pagi hari setelah menikmati pemandangan matahari terbit.

4. Lahan Parkir

Sunrise Point Cukul menyediakan lahan parkir yang tidak terlalu luas dan hanya menampung motor. Jika kamu membawa mobil, disarankan menitipkan kendaraan di rumah warga atau villa terdekat. Lebih baik jika kamu datang menggunakan motor karena bisa lebih mudah mendapatkan area parkir yang aman.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

* sumber: www.wallpaperflare.com

Menikmati pesona matahari terbit dari puncak Sunrise Point Cukul tak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Berikut ini informasi tiket masuk, jam operasional, serta kontak pengelola wisata.

  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Parkir : Rp3.000
  • Jam Operasional : 24 jam
  • Kontak : 0859-7477-9204

Alamat dan Akses Transportasi

  • Alamat : Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Akses menuju Pangalengan terbilang mudah meski jaraknya sangat jauh dari pusat kota Bandung. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melintas di jalur Jalan Cukul, juga pada waktu pagi sebelum subuh sangat jarang angkutan umum di Bandung.

Rute yang bisa dilalui dari Bandung kota, baik via tol maupun jalan nasional adalah adalah Jalan Raya Buah Batu, Jalan Raya Bojongsoang, Jalan Raya Banjaran, Jalan Raya Pangalengan, Jalan Situ Cileunca, Jalan Cukul, dan sampai di Sunrise Point Cukul. Jika datang dari arah Garut, rute yang dilalui adalah Jalan Cisewu – Sukarame, Jalan Caringin, Jalan, Talegong, dan Jalan Cukul.

Penginapan di Sekitar Sunrise Point Cukul

Berkunjung ke Bandung Selatan, akan lebih menyenangkan jika menginap di villa dan menikmati dinginnya udara di Pangalengan. Berikut ini penginapan yang bisa dipilih di sekitar Sunrise Point Cukul Pangalengan.  

1. Penginapan Mega

Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0812-2445-3697

2. Bumi Ceu Nyai Umar

Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0853-1537-0999

3. Villa Mutiara Pangalengan

Warnasari, Pangalenga, Kabupaten Bandung

Kontak : 0857-9819-2662

Itulah informasi tentang Sunrise Point Cukul yang perlu kamu ketahui. Jalan-jalan ke Bandung, ada juga lho tempat yang maish asri dan jauh dari perkotaan. Tempat ini bisa jadi pilihan untuk refreshing. Sudah siap menikmati sunrise di Perkebunan Teh Cukul? Yuk, ke Pangalengan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Kalau main ke liburan ke bandung itu paling suka main ke alam nya soalnya alamnya pada bagus-bagus sih,,, dan tiket masuknya juga pada umumnya murah-murah jadi saya seneng betul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *