10 Curug di Bogor dengan Pemandangan yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu memerlukan suasana yang menyegarkan pada saat liburan? Tempat wisata di Bogor ini bisa jadi andalan kamu untuk melepas penat. Kamu dapat menyegarkan diri di air terjun yang jernih  menyegarkan. Selain itu kamu dapat berswafoto dengan keindahan air terjun yang berwarna kehijauan atau kebiruan.

Kali ini Keluyuran sudah merangkum beberapa wisata air terjun di Bogor dengan kejernihan airnya yang menggoda. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Curug Cikuluwung 1 – Pamijahan

Curug Cikuluwung 1 - Pamijahan

* sumber: www.superadventure.co.id%20%20

Curug Cikuluwung baru dibuka untuk umum pada tahun 2018, curug ini menjadi sangat hits karena keindahan alamnya, dan kejernihan airnya yang berwarna hijau tosca. Curug ini berada di sebuah lembah yang  penuh dengan fomasi bebatuan yang mengagumkan.

Jika kamu tertarik menuju ke Curug Cikuluwung, kamu harus menyiapkan sandal gunung, karena jalan menuju ke curugnya cukup sulit dan licin. Bagi kamu yang tidak pandai berenang, pengelola juga menyediakan baju pelampung dan ban yang dapat kamu sewa.

Waktu yang tepat untuk kamu datang ke curug ini adalah di pagi hari, karena pada saat itu tidak telalu banyak pengunjung dan antriannya tidak membludak. Kamu akan merasakan alam yang dipenuhi pepohonan dan kicauan burung ini seperti tempat milik pribadi disaat kamu datang pagi hari.

  • Alamat: Kp. Suka Asih, Ds, Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 15.00 WIB (  Jam 11.00 – 13.00 Tutup istirahat)
  • HTM: Rp20.000
  • Parkir: Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000

2. Leuwi Hejo – Sukamakmur

Leuwi Hejo – Sukamakmur

Curug Leuwi Hejo adalah curug yang tersembunyi diantara rimbunnya pepohonan, yang menambah kesan asri dan alami. Satu hal yang menjadi daya tariknya adalah airnya yang jernih berwarna hijau tosca, yang seolah mengajak kita untuk berenang di kolamnya yang menyegarkan.

Curug ini telah dikelola dengan baik, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas penunjang dan kebersihannya yang terjaga dengan baik. Selain karena adanya mitos yang penjaga dari tempat ini yaitu Mbah Barong, dan Aki jawa, sehingga orang-orang tidak berbuat yang merusak di curug ini.

  • Alamat: Ds. Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.30 WIB
  • HTM: Rp20.000

3. Curug Leuwi Lieuk – Sukamakmur

Curug Leuwi Lieuk – Sukamakmur

* sumber: www.senengpiknik.com%20%20

Curug Leuwi Lieuk adalah curug yang akan banyak menguras tenaga untuk kamu kunjungi. Tetapi semuanya akan terbayar dengan keindahan dari Curug Leuwi Lieuk yang memiliki air yang jernih berwarna hijau tosca. Curug ini cukup dalam di sarankan untuk orang yang pandai berenang.

Kamu perlu ekstra hati-hati untuk menuju ke curug ini, karena trek menuju kesana cukup curam dan licin, diperlukan kehati-hatian saat melangkahkan kaki. Jika kamu termasuk orang yang senang dengan tantangan, kamu bisa meloncat dari tebing yang tingginya 5 sampai 7 meter.

  • Alamat: Kp. Cibeureum Jl. Gunung Wangun RT 04 RW 05, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp. 15.000
  • Parkir: Motor Rp5.000. Mobil Rp10.000

4. Curug Cibulao – Megamendung

Curug Cibulao – Megamendung

* sumber: heikaku.com

Nama asli dari curug ini sebenarnya adalah Curug Hulu, tetapi lebih dikenal dengan nama Curug Cibulao dikarenakan warna airnya yang kebiruan dan jernih. Dasar telaganya dapat kamu lihat karena airnya yang jernih.  Selain itu kamu juga dapat berswafoto di dalam airnya yang bening.

Curug ini memiliki dua telaga yang memiliki kedalaman yang berbeda. Yang satu berkedalaman 8 meter dan satunya lagi dalamnya 5 meter. Jika kamu tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, pengelola menyediakan pelampung yang dapat kamu sewa dengan harga Rp10.000.

  • Alamat: Puncak, Kec. Megamendung, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp. 12.000
  • Parkir: Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000

5. Curug Naga – Megamendung

Curug Naga – Megamendung

* sumber: www.jejakpiknik.com

Curug Naga merupakan Curug yang dikelola oleh Perhutani KBM (Kesatuan Bisnis Mandiri) dan juga oleh warga sekitar curug. body rafting adalah aktivitas yang dapat kamu lakukan di curug ini. Aktivitas ini memang ditujukan untuk kamu yang senang berpetualang.

Selain body rafting, Curug Naga juga menawarkan kegiatan kegiatan yang lebih menantang dengan terjun dari atas tebing an menceburkan diri ke dalam kolam. Suhu dari air dari kolam cukup dingin, jadi kamu perlu untuk berjaga-jaga agar tidak sampai kedinginan hingga menggigil.

  • Alamat: Ds. Citamiang, Kec. Megamendung, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp75.000 – Rp375.000 (tergantung paket yang diambil)

6. Curug Balong Endah – Pamijahan

Curug Balong Endah – Pamijahan

* sumber: www.qupas.id%20%20

Curug Balong Endah berlokasi di perbukitan dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun. Curug ini menawarkan hawa yang dingin khas dari perbukitan. Di curug ini terdapat sebuah kolam yang sangar bening, dan memiliki air yang kebiruan dan memiliki kedalaman yang beragam.

Jika kamu menyusuri aliran air curug ini, kamunakan menemukan sungai dengan air yang bening, dan cocok buat kamu yang senang dengan kegiatan underwater photography. Jalan menuju curug bisa kamu lakukan dengan dua cara, pertama mengikuti jalan setapak yang kedua dengan water trekking.

  • Alamat: TN. Gn Halimun-Salak, Ds. Gn Picung, Kec. Pamijahan, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka:  Sabtu – Minggu 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Kamu harus membayar 3 kali karena melewati tiga tempat; TN Gn Halimun Rp10.000, Curug Kondang Rp10.000, Curug Balong Endah Rp7.500

7. Curug Ciampea – Tenjolaya

Curug Ciampea – Tenjolaya

* sumber: ngetripyuk.id%20%20

Curug Ciampea adalah curug yang terkenal dengan sebutan Green Lagoon, hal itu dikarenakan air dari curug ini yang berbing dengan semburat kehijauan. Keindahan airnya yang bening sangat cocok untuk kamu yang senang berswafoto atau dengan kegiatan underwater photography.

Jika ingin pengalaman yang lebih menantang, kamu bisa mencoba melompat dari tebing dan menceburkan ke kolam di bawahnya dan merasakan kesegaran airnya. Kedalaman curug ini memungkinkan kamu untuk melompat dari tebing dengan tetap mengutamakan keselamatan.

  • Alamat: Ds. Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab Bogor, Prov Jawa Barat
  • Jam buka:  07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp20.000

8. Curug Hordeng – Sukamakmur

8. Curug Hordeng – Sukamakmur

Jika kamu mengunjungi Curug Hordeng, maka kamu akan dapat melihat dua curug lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh, yaitu Curug Ciburial dan Curug Kembar. Curug Hordeng adalah sebuah curug yang seperti tirai, curug ini banyak diminati, karena aman digunakan untuk berenang.

Selain Curug Hordeng, ada juga Curug Ciburial yang juga memiliki pesona yang tidak kalah menarik dengan alamnya yang asri dengan bebatuan yang berukuran besar. Selain itu ada juga Curug Kembar yang jaraknya dapat kamu tempuh  dengan berjalan kaki selama 5 menit dari Curug Hordeng.

  • Alamat: Kp. Cibeureun Jl. Gn Wangun, Ds. Cibadak, Kec. Sumakamur, Kab Bogor, Jabar
  • Jam buka:  08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp20.000

9. Curug Cikawah – Pamijahan

Curug Cikawah – Pamijahan

Curug Cikawah sebuah curug yang sangat unik. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter, dan lokasinya berdampingan dengan kawah-kawah yang masih aktif. Jalan menuju kawah ini lumayan ekstrim dan tersembunyi, sehingga kamu memerlukan stamina yang cukup kuat.

Aliran air dari curug ini terbagi dua, aliran air yang sebelah kanan merupakan aliran airnya hangat dan bercampur sulfur merupakan aliran dari curug cikawah, sedangkan aliran pada sebelah kiri airnya jernih dan dingin serta kamu dapat meminumnya.

  • Alamat: Ds. Ciasmara, Kec. pamijahan, Kab Bogor, Prov Jabar
  • HTM: Rp10.000

10. Curug Cibaliung – Babakan Madang

Curug Cibaliung – Babakan Madang

*

Curug Cibaliung adalah curug yang alam sekitarnya masih terjaga, karena belum terlalu banyak orang yang mengunjunginya. Curug ini tidak terlalu tinggi tetapi aliran airnya cukup deras, airnya terlihat jernih dan berwarna hijau tosca. Disekelilingnya kamu akan menemukan batu-batu berukuran besar.

Waktu yang tepat untuk datang ke curug ini adalah di saat musim panas, hal itu dikarenakan jalan menuju curug dimusim menjadi licin. Selain itu, kamu dapat menghindari air bah yang mungkin tiba-tiba datang. Perjalanan ke curug ini diperlukan kondisi fisik yang prima.

  • Alamat: Kp. Wadung Ds. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab Bogor, Prov Jabar
  • HTM: Rp15.000 +( Parkir Rp5.000 & Retribusi Rp5.000)

Jika kamu ingin melihat keindahan curug-curug ini, pastikan kamu  berkunjung di waktu yang tepat, yaitu pada saat musim kemarau. Di musim ini kamu akan dapat melihat aliran air yang jernih.

Penting untuk kamu untuk selalu melihat prakiraan cuaca agar perjalanan kamu jadi tidak sia-sia. Selain itu juga agar kamu dapat menghindari jika tiba-tiba ada air bah datang saat berwisata. Selamat berlibur ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *