10 Curug di Garut yang Memukau untuk Para Petualang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 April 2020

Garut selain terkenal dengan pemandian air panas serta wisata gunungnya, juga dikenal memiliki banyak curug atau air terjun. Untuk kamu yang senang berpetualang dan bermain air, curug-curug di Kota Garut mungkin bisa jadi pilihan kamu. Berikut ini beberapa ulasan dari curug-curug yang ada di Kota Garut. Simak sampai habis ya!

1. Curug Sanghyang Taraje – Pamulihan

Curug Sanghyang Taraje

* sumber: yukemana.id

Ada mitos yang dikenal  masyarakat berkenaan dengan Curug Sanghyang Taraje, yaitu mitos bahwa Sanghyang Taraje merupakan tangga yang digunakan oleh para dewa untuk menuju kayangan. Curug ini berlokasi diketinggian sekitar 660 mdpl dan tinggi dari curugnya sendiri sekitar 82 meter.

Curug Sanghyang Taraje  berada di perbatasan dua desa, yaitu Desa Pekenjeng dan Desa Jatiwangi, dan curug ini berada di aliran Sungai Cibatu. Jika kamu ingin berkunjung kamu tidak perlu khawatir karena curug ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas dasar.

  • Alamat: Ds. Pakenjeng, Jatiwangi, Kec. Pamulihan, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp6.000 (biasanya naik saat weekend)

2. Curug Jagapati – Cisompet

Curug Jagapati

* sumber: www.senengpiknik.com

Curug Jagapati jika kita mengartikan namanya adalah menjaga nyawa, dan curug ini memang menjaga kehidupan dari alam sekitarnya. Curug ini mengairi sawah-sawah warga selain itu juga dengan teknologi mikrohdiro merubah tenaga air ini menjadi listrik yang bermanfaat bagi warga.

Curug ini memiliki  pesonanya tersendiri dengan bentuknya seperti pundan berundak, yang terdiri dari tiga undakan. Air dari curug ini masih terbilang bersih dan jernih, sehingga dapat memberikan kesegaran bagi orang yang berenang di kolam yang terdapat di dasar curug Jagapati ini.

  • Alamat: Ds. Neglasari, Kec. Cisompet, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Gratis

3. Curug Nyogong – Cihurip

Curug Nyogong

Nyogong sendiri artinya adalah menikung, kamu bisa melihat dari jatuhnya air yang sedikit agak berbelok dari arus utamanya. Curug ini memiliki air yang cukup bersih dan jernih, dan tinggi curugnyanya pun cukup rendah dengan aliran airnya yang melebar serta memiliki debit yang besar.

Curug ini belum dikelola sehingga akses menuju curug pun lumayan sulit serta tidak banyak fasilitas terdapat di curug ini. Jika kamu ingin mengunjungi curug ini sebaiknya kamu lakukan disaat musim kemarau, dan jangan lupa untuk membawa bekal karena tak ada fasilitas yang lengkap disini.

  • Alamat: Ds. Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Gratis

4. Curug Orok – Cikajang

Curug Orok

Ada mitos yang berkembang dimasyarakat tentang asal usul nama dari curug ini. Dahulu dikatakan bahwa ada seorang wanita yang membuang bayinya di curug ini, sehingga curug ini dinamai curug orok oleh warga setempat. Walaupun memiliki mitos yang menyedihkan tetapi curug ini indah sekali.

Curug ini sudah dikelola dengan baik, sudah terdapat beberapa fasilitas dasar di curug ini. Hawa di curug ini cukup dingin, air dari curug ini masih sangat jernih. Alam disekitar pun masih asri dengan pohon pinus dan tumbuhan liar lainnya, dan juga masih terdapat monyet yang menghuni di sana.

  • Alamat: Ds. Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 20.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

5. Curug Rahong – Cisewu

Curug Rahong

Curug Rahong sesungguhnya terdiri atas tiga tingkatan, dengan tinggi curug sekitar 10 meter. Aliran curug ini terbelah menjadi dua dikarenakan pada tengah aliran curug terdapat batu yang membagi aliran airnya. Airnya masih terbilang bersih dengan debit air yang cukup besar.

Keindahan dari curug ini membuat orang tergoda untuk berenang, tetapi disarankan untuk berhati-hati karena sebenarnya kolam yang tenang tersebut cukup dalam, sehingga dapat menyebabkan orang celaka. Tetapi kamu dapat memilih spot yang cukup aman untuk bermain air.

  • Alamat: Ds. Sukajaya, Kec. Cisewu, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

6. Curug Cibadak – Cihurip

Curug Cibadak

* sumber: www.piknikdong.com%20

Menikmati Curug Cibadak sudah padat kamu nikmati sejak dari jalan karena letaknya yang tidak jauh dari jalan desa. Curug ini memiliki ketinggian lebih dari 100 m. Pemandangan asri  yang hijau dari persawahan dan perkebunanan disekitaran curug menambah pesona dari Curug Cibadak ini.

Waktu yang tepat kalian mengunjungi curug ini adalah disaat musim kemarau, karena selama musim hujan debit airnya cukup besar. Air dari curug ini terbilang cukup bersih dan jernih di kedua musim hujan dan kemarau, sayangnya  kamu tidak dapat berenang karena kolamnya dangkal.

  • Alamat: Ds. Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • HTM: Rp10.000

7. Curug Ciharus – Leles

Curug Ciharus

* sumber: garuthome.blogspot.com

Curug kecil yang menjulang ini belum banyak diketahui orang karena letaknya yang tersembunyi , dengan mata air yang mengalir dari Gunung Gede. Tinggi dari curug ini diperkirakan sekitar 100 m, dan akses menuju curug ini terbilang cukup jelek sehingga diperlukan fisik yang cukup sehat.

Belum adanya pengelola resmi dari curug ini, sehingga kamu harus membawa perbekalan sendiri. Selama perjalan kamu menuju curug akan disuguhi pemandangan dari pertanian dan perkebunan. Tetapi kamu harus waspada jalan menuju curug juga ditumbuhi dengan semak belukar.

  • Alamat: Ds. Dano, Kec. Leles, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • HTM: Rp5.000 (Parkir Rp2.000)

8. Curug Cisarua - Cilawu

Curug Cisarua

* sumber: www.idntimes.com

Curug Cisarua memiliki ketinggian sekitar 50 meter, saat ini curug ini telah diresmikan oleh Pemerintah kabupaten Garut sebagai satu destinasi wisata. Curug ini memiliki penampakan dari bebatuan besar yang seperti jaman purba, serta berundak, dan berada di ketinggian 1.400 mdpl.

Jarak curug ini dari pusat kota juga tidak jauh, sekitar 45 menit jika kamu menggunakan kendaraan pribadi. Selanjutnya perjalanan kamu harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 2 km. Sudah ada beberapa fasilitas dasar seperti WC dan kamar mandi untuk berganti pakaian jika kamu kebasahan.

  • Alamat: Ds. Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • HTM: Rp6.000

9. Curug Citiis – Tarogong Kaler

Curug Citiis

Curug ini berlokasi sekitar 15 km dari pusat Kota Garut, curugnya sendiri menjadi batas antara dua gunung yaitu Gunung Guntur dan Gunung Gede. Aliran air dari curug ini berasal dari Gunung Guntur yang memliki dua buah mata air yaitu mata air panas dan mata air dingin.

Mata air panas dari Gunung Guntur merupakan air yang mengalir ke Curug Citiis, sedangkan mata air yang panas mengalir ke daerah Cipanas. Curug ini dinamakan tiis atau dingin karena airnya benar-benar dingin, dan menurut mitos tempat ini dahulu tempat bertemunya raja-raja Bumi Pasundan.

  • Alamat:Ds. Pasawahan, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

10. Curug Cimandi Racun – Leles

Curug Cimandi Racun

* sumber: curugdigarut.blogspot.com

Curug Cimandi Racun airnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Curug ini berlokasi pada ketinggian 1.045 mdpl, dan tinggi curugnya sendiri sekitar 25 meter. Walau namanya Cimandi Racun tetapi air dari curug ini bersih dan dipergunakan oleh masyarakat Sekitar.

Terdapat legenda pada asal muasal nama Curug Cimandi Racun ini. Cimandi racun merupakan tempat dimana seorang putri raja diracun entah oleh siapa di saat putri cantik jelita ini sedang disayembarakan dan diperebutkan oleh para jawara yang petarungannya berhasil imbang.

  • Alamat: Ds. Jangkurang, Kec. Leles, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • HTM: Gratis

Kalau kamu ingin berkunjung ke Curug-curug itu, pastikan tubuh kamu dalam keadaan prima, karena banyak jalan menuju curug itu lumayan sulit. Pastikan untuk mengecek tarif masuknya, karena sewaktu-waktu dapat berubah, walaupun tidak jauh dari harga yang tertera sekarang. Selamat menikmati indahnya Curug yang ada di Kota Garut.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram