5 Curug Populer di Karawang yang Menarik untuk Dijelajahi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 8 November 2019

Karawang adalah satu daerah di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat karena berdekatan dengan ibu kota Jakarta. Di sana banyak berdiri pabrik besar yang menjadi sumber pencaharian banyak orang dari berbagai daerah, dan juga tidak lupa berdiri taman kota sebagai ikonnya.

Disebutkan kalau sebagian besar lahan di Karawang merupakan dataran pantai yang luas. Oleh karena itu, suhu udara di sana tergolong tinggi. Namun, di bagian selatannya terdapat sedikit dataran tinggi yang menawarkan banyak spot hijau yang menyegarkan, salah satunya berupa air terjun atau curug dalam bahasa Sunda.

Jika Anda warga Karawang, Anda bisa mengunjungi curug-curug kampung halaman Anda untuk sekedar refreshing di akhir pekan. Berikut adalah beberapa curug di Karawang yang menarik untuk dijelajahi.

1. Curug Cigentis

Curug Cigentis

* sumber: en.wikipedia.org

Salah satu curug di Karawang yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar kota adalah Curug Cigentis. Air terjun ini terletak di kawasan Gunung Sanggabuana yang merupakan salah satu puncak tertinggi di Karawang (sekitar 1.291 meter di atas permukaan laut).

Bisa dibilang kalau Curug Cigentis merupakan surga tersembunyi di Karawang yang sudah sangat padat dengan perindustrian. Karena akses yang mudah serta letak yang tidak terlalu jauh dari ibu kota, Curug Cigentis ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan akhir pekan yang bagus dan menyenangkan.

Curug Cigentis menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan air yang bersih dan jernih. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan di Curug Cigentis adalah berendam di kolamnya yang cukup besar serta di beberapa lokasi di sekitar kolam (mohon perhatikan petunjuk dan patuhi peraturan yang ada).

Beberapa fasilitas sudah tersedia di dalam kawasan curug, termasuk toilet dan kamar ganti. Terdapat pula sejumlah warung yang menjajakan beragam makanan dan minuman.

Akses ke Curug Cigentis sudah bagus, namun bukan hal mudah untuk menggapai tempat yang indah ini. Anda harus siap berkendara di jalanan dengan beberapa tanjakan yang cukup curam. Kendaraan roda dua bisa langsung menuju pos parkir terakhir, sedangkan kendaraan roda empat harus parkir di bawah dan menggunakan ojek untuk menuju ke atas.

  • Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)
  • Telepon: -

2. Curug Bandung

Curug Bandung karawang

* sumber: www.adsradiofm.com

Curug Bandung adalah salah satu air terjun yang paling populer di Karawang. Wisata alam yang indah dan memanjakan mata ini terletak di selatan Karawang yang jaraknya berdekatan dengan Curug Cigentis. Curug Bandung berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Karawang, sehingga perjalanan ke tempat ini akan cukup memakan waktu.

Air di Curug Bandung turun deras melewati tebing yang tidak terlalu miring, dengan kolam dangkal di bagian bawahnya. Debit air Curug Bandung cukup besar meski di musim kemarau dan akan lebih besar lagi saat musim penghujan. Suara air terjunnya yang cukup keras merupakan suara alam yang sangat menyegarkan pendengaran.

Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Bandung adalah mandi secara langsung di bawah air terjun (mohon pilih lokasi yang benar-benar aman) atau di kolamnya yang mampu menampung puluhan pengunjung. Airnya yang berasal dari Gunung Sanggabuana ini disebutkan selalu jernih, bahkan saat musim penghujan.

Karena terletak di kawasan wisata, Anda bisa dengan mudah menemukan sejumlah fasilitas penunjang di sekitar Curug Bandung. Selain itu, akses ke Curug Bandung juga sudah tergolong bagus, sehingga mudah digapai oleh pengunjung dari berbagai kota.

  • Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 - 16:00)
  • Telepon: 0812-9661-2488

3. Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak

* sumber: www.kabarkarawang.net

Curug Cikarapyak adalah air terjun indah lainnya di Karawang yang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang keren ini cocok dijelajahi oleh para pecinta alam yang menyukai tantangan. Hal itu karena perjalanan menuju Curug Cikarapyak cukup berat dan membutuhkan banyak usaha.

Untuk bisa sampai di Curug Cikarapyak, Anda harus menyusuri jalan setapak, sungai berbatu, tebing naik turun, semak belukar hingga hutan. Oleh karena itu, diperlukan fisik dan mental yang kuat agar Anda bisa sukses menaklukan segala rintangan yang ada.

Semua rasa lelah yang Anda rasakan akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan di sepanjang perjalanan dan di kawasan Curug Cikarapyak. Sebagai tempat wisata yang cukup populer, Curug Cikarapyak sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti area parkir kendaraan, mushola, toilet, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Kutamaneuh, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
  • Jam buka: Setiap hari
  • Telepon: -

4. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan

* sumber: yukberwisata.org

Seperti Curug Cikarapyak, Curug Cipanundaan juga hanya cocok dikunjungi oleh mereka yang berjiwa petualang. Medan menuju kawasan curug ini cukup sulit untuk dilalui, sehingga kurang cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak.

Curug Cipanundaan sendiri merupakan air terjun tiga tingkat dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Di bagian bawahnya terdapat kolam kecil yang dangkal yang muat untuk beberapa orang. Selain air yang cukup jernih, Curug Cipanundaan juga menawarkan panorama sekitar yang cukup mengesankan.

Sekali lagi, Anda harus mempersiapkan fisik dan mental yang kuat jika berencana untuk mengunjungi Curug Cipanundaan yang berada di bawah Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Jalan setapak, sungai, dan bibir tebing adalah medan yang harus Anda taklukkan untuk bisa sampai ke Curug Cipanundaan.

  • Alamat: Kutamaneuh, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
  • Jam buka: Setiap hari
  • Telepon: -

5. Curug Cikoleangkak

Curug Cikoleangkak

* sumber: www.pepelingkarawang.org

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Curug Cikoleangkak terletak di lokasi yang berdekatan dengan Curug Cikarapyak dan Curug Curug Cipanundaan. Hal itu karena ketiga curug ini berada di alur sungai yang sama, di mana posisi Curug Cikoleangkak ada di bagian paling atas.

Sama seperti Curug Cikarapyak dan Curug Curug Cipanundaan, medan menuju Curug Cikoleangkak dikabarkan cukup berat. Oleh karena itu, tempat ini hanya cocok dikunjungi oleh para petualang yang menyukai tantangan.

  • Alamat: Kutamaneuh, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
  • Jam buka: Setiap hari
  • Telepon: -

Nah, itulah beberapa curug di Karawang yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Hanya saja, tidak semua curug di atas cocok untuk wisata keluarga. Karena medan yang berat dan akses yang terbatas, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menggapainya.

Semoga kedepannya akses ke semua tempat wisata alam ini terus diperbaiki, sehingga orang-orang bisa lebih mudah mengunjunginya. Semakin banyak jumlah pengunjung, maka perekonomian di tempat wisata tersebut akan semakin berkembang dan maju.

Selain curug-curug di atas, Karawang juga memiliki sejumlah tempat wisata alam lainnya yang menarik untuk dikunjungi, seperti Green Canyon Karawang di Kampung Tonjong Roke, Pantai Tanjung Baru di Cilamaya, Danau Cipule di Desa Walahar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga artikel menarik lain tentang Karawang, seperti makanan khas Karawang dan oleh-oleh khas Karawang yang wajib dibawa pulang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram