Keluyuran / Majalengka / Inilah 7 Curug di Majalengka dengan Pemandangan yang Indah

Inilah 7 Curug di Majalengka dengan Pemandangan yang Indah

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Setelah kemarin membahas mengenai objek wisata keluarga berupa kolam renang, kini saatnya bagi Keluyuran untuk berbagi informasi tentang objek wisata air terjun atau curug di Majalengka yang punya pemandangan indah yang bisa bikin kamu terpana saat melihatnya.

Penasaran, kan, curug mana sajakah yang masuk dalam daftar rekomendasi kami kali ini? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahuinya!

1. Curug Cipeuteuy

curug cipeuteuy curug di majalengka

Curug Cipeuteuy adalah salah satu objek wisata curug di Majalengka yang terbilang populer. Pemandangan di curug maupun sekitar curug Cipeuteuy sangatlah cantik. Udara di kawasan ini pun masih sangat sejuk.

Curug Cipeuteuy sangat ramai dipadati oleh wisatawan, baik dari dalam atau pun dari luar Kabupaten Majalengka. Harga tiket masuk ke curug ini pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 10.000,- per orangnya.

Sedangkan di hari libur atau akhir pekan, tarif masuknya menjadi Rp. 15.000,- per orang. Sayang, akses menuju curug tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat, sehingga jika ingin menuju ke lokasi, kamu harus menggunakan jasa kendaraan milik warga atau bahkan berjalan kaki.

Oh ya, selain bisa berendam atau berenang di curug, kamu juga bisa berfoto ria, lho. Ya, ada banyak sekali spot foto yang bisa kamu pakai di curug Cipeuteuy ini. Hayo, kamu tertarik untuk berkunjung kemari?

  • Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka
  • Nomor Telepon: 0838-2445-0069
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,-

2. Curug Muara Jaya

curug di majalengka curug muara jaya

Curug Muara Jaya terletak di Kampung Apuy, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Curug ini pun banyak dikunjungi wisatawan, terlebih karena aksesnya cukup mudah. Dari tempat parkir, para pengunjung hanya perlu menaiki tangga untuk sampai ke lokasi curug atau air terjunnya.

Memang, waktu yang ditempuh selama sepuluh menit dan bisa jadi melelahkan bagi sebagian orang. Namun tentu, semua rasa lelah akan buyar setelah sampai di tempat tujuan. Curug Muara Jaya menawarkan pemandangan indah sebagaimana objek wisata air terjun lainnya.

Curugnya tak terlalu tinggi, namun airnya tetap mengalir deras dan tentunya masih bisa memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Untuk bisa masuk ke lokasi curug Muara Jaya, kamu dan pengunjung lainnya yang sudah dewasa akan dikenakan biaya masuk Rp. 15.000,-.

Sementara untuk pengunjung yang masih anak-anak hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- per orang. Kamu juga bisa melakukan camping di sekitar lokasi curug Muara Jaya, lho. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

  • Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp. 15.000,- per orang

3. Curug Sempong

curug di majalengka curug sempong

Salah satu objek wisata air terjun alias curug ter-hits yang ada di Majalengka adalah curug Sempong. Kalau ke sini, tak lengkap rasanya bila tidak berfoto di dinding tebing dengan warna yang unik seperti terlihat pada gambar di atas.

Curug Sempong sendiri termasuk curug yang masih alami. Akses jalan menuju curug masih terbilang sulit, tak bisa dilalui kendaraan besar seperti minibus atau bus. Kalau kamu datang dengan membawa kendaraan pribadi berupa sepeda motor atau minibus, kamu bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang tersedia.

Setelahnya, kamu harus melanjutkan perjalanan selama kurang lebih lima belas hingga dua puluh menit dengan berjalan kaki. Untuk pengunjung perempuan, sebaiknya gunakanlah sepatu yang sesuai karena jalannya lumayan terjal dan curam.

Nah, untuk bisa menikmati pemandangan indah atau berfoto di area curug Sempong, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000,- saja per orangnya. Murah banget, kan?

  • Alamat: Cisempong, Sidamukti, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,- per orang

4. Curug Tonjong

curug di majalengka curug tonjong

Selanjutnya, ada curug Tonjong. Curug yang satu ini juga punya view yang aduhai, nih. Cantik banget! Makannya, tak sedikit wisatawan lokal maupun dari luar Kabupaten Majalengka yang rela berbondong-bondong datang ke curug yang satu ini.

Air di curugnya masih bersih dan jernih, udaranya pun super segar. Kamu yang memang ingin melepas penat dan berlibur benar-benar akan terpuaskan bila datang kemari. Jika kamu ingin berenang, kamu boleh melakukan aktivitas tersebut di area yang aman.

Oh ya, kamu yang hobi berfoto pun bisa asyik jeprat-jepret ria di area curug ini. Tapi ingat, tetap hati-hati, ya! For your info, jalanan menuju curug ini cukup terjal, jadi kamu harus selalu waspada. Harga tiket masuk ke curug Tonjong terbilang murah, yakni hanya Rp. 10.000,- per orang. Curug Tonjong berlokasi di desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

  • Alamat: Teja, Rajagaluh, Kabupaten Majalengka
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp. 10.000,- per orang

5. Curug Ibun Pelangi

curug di majalengka curug ibun pelangi

Curug Ibun Pelangi yang ada di Kecamatan Argapura juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Curug ini terbilang unik karena pemandangan alamnya serupa dengan Green Canyon.

Di curug Ibun Pelangi, kamu bisa berfoto ria, atau sekadar menikmati pemandangan alam sekitarnya yang sangat cantik. Kamu bisa foto-foto dengan bias pelangi yang indah di sini. Hanya saja, bias pelanginya muncul di waktu yang terbatas.

Akses menuju curug hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Sementara kendaraan roda empat harus diparkir di area lahan milik warga karena belum ada area parkir khusus. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan curug Ibun Pelangi atau embun pelangi ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 10.000,- saja.

  • Alamat: Sukadana, Argapura, Kabupaten Majalengka
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000.- per orang

6. Curug Cilutung

curug cilutung majalengka

Objek wisata Curug Cilutung pun menjadi destinasi wisata air terjun favorit di Kabupaten Majalengka. Airnya masih jernih dan mengalir dengan sangat deras dan pemandangan yang ditawarkan bakal bikin kamu kangen dan ingin berkunjung kesana untuk yang kesekian kalinya.

Akses masuk ke lokasi curug Cilutung pun tidak terlalu sulit, bahkan kendaraan roda empat pun bisa masuk. Kamu dapat melakukan banyak aktivitas di curug ini, yakni bersantai, piknik, berfoto di spot foto yang tersedia atau bahkan sekadar bercengkerama dengan orang-orang tercinta.

For your info, tidak ada tarif khusus yang ditetapkan untuk bisa masuk ke kawasan curug Cilutung. Kamu tertarik untuk menghabiskan liburan di sini?

  • Alamat: Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka

7. Curug Sawer

CURUG SAWER MAJALENGKA

Curug Sawer juga wajib kamu kunjungi kala sedang berwisata di Kabupaten Majalengka. Pemandangan yang ditawarkan di area ini tidak kalah cantik dan memukau dari curug-curug lainnya yang ada di kota angin, lho.

Sayangnya, jalan akses menuju curug Sawer masih terbilang sulit. Cukup terjal dan berbatu. Jadi, kamu harus hati-hati dan waspada. Kamu tidak usah khawatir dengan rasa lelah yang melanda, karena sesampainya di curug, semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah yang ada di depan mata.

  • Alamat: Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka
  • Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Nah, itulah ketujuh objek wisata air terjun alias curug di Majalengka dengan pemandangan indah nan cantik tiada tara. Kalau kamu punya rekomendasi objek wisata serupa di Majalengka yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar.

Jangan lupa cek artikel Keluyuran tentang 10 oleh-oleh khas Majalengka, biar kamu nggak bingung mau belanja apa saat berada di sana, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar