10 Curug di Pangandaran yang Menawan dan Menantang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Berkunjung ke Curug Bojong sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari, karena jika terlalu sore maka pada pengunjung akan terjebak dengan air sungai yang mulai meninggi.

Sampai di Curug Bojong pengunjung akan disuguhi air terjun yang menuruni sebuah batu besar dengan air yang turun tampak tersebar. Pada bagian bawah curug, pengujung dapat berenang dan bermain di kolamnya.

8. Curug Cioray

Curug CioraySumber: instagram.com
  • Alamat: Dsn. Sukasari, Ds. Bangunjaya, Kec. Langkaplancar, Kab. Pangandaran, Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 15.00
  • HTM: Rp 10.000

Curug Cioray merupakan destinasi wisata lam yang masih alami dengan keindahan air terjunnya yang luar biasa. Ketinggian curugnya sekitar 100 meter dan memiliki debit air yang cukup besar dan air yang turun dari tebingnya terlihat spektakuler.

Udara segar yang terasa di dekat air terjunnya membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini untuk menikmatinya.

Selain curugnya yang terlihat spektakuler, air terjunnya seolah membelah batu sehingga tampak seperti ular. Kini akses untuk melihat keindahan curug yang satu ini telah dibangun oleh masyarakat.

Destinasi wisata ini masih membutuhkan penataan kawasan yang lebih baik sehingga daya tarik dari curugnya dapat dikenal luas oleh masyarakat lainnya.

Baca juga: Sebelum Liburan ke Pangandaran, Yuk Simak Tips Ini Dulu!

9. Curug Bilik

  • Alamat: Kp. Mekarsari, Ds. Jayasari, Kec. Langkaplancar, Kab. Pangandaran, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Curug Bilik merupakan curug yang letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya. Letak curug ini persis berada di bawah sebuah jembatan utama yang merupakan perbatasan kedua kabupaten.

Curug yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan juga cantik. Tinggi curugnya sendiri sekitar 10-15 meter dengan lebar sekitar 20 meter.

Curug Bilik memiliki air yang jernih, yang membuat pengunjung akan merasa senang bermain basah-basahan di curug ini. Selain itu letaknya yang berada di pinggir jalan sehingga cukup mudah untuk dijangkau.

Selain dari curugnya yang cantik, pemandangan di sekitar curugnya pun tidak kalah indahnya. Pengunjung dapat menikmati hamparan sawah beserta sungainya.

10. Curug Sanghyang Pangandaran

Curug Sanghyang Pangandaran
  • Alamat: Dsn. Tegalega, Ds, Cigugur, Kec. Cigugur, Kab. Pangandaran, Provinsi Jawa Barat

Curug Sanghyang merupakan tempat untuk orang-orang yang senang dengan kegiatan yang menantang, selain dari pemandangan yang indah di sekitarnya.

Perjalanan menuju curugnya dari tempat parkir harus dilalui dengan berjalan kaki menembus hutan. Tempatnya belum banyak petunjuk arah sehingga pengunjung harus banyak bertanya pada masyarakat setempat.


Jika datang saat musim hujan pengunjung dapat melihat air yang turun dengan debit airnya cukup besar. Sedangkan pada musim kemarau air yang turun kecil, tetapi kolam yang terdapat di bawah curugnya terlihat jernih berwarna toska.

Jika senang dengan kegiatan menantang kamu dapat melakukan cliff jumping di kolam dibawa curug, atau cukup berenang saja bagi yang takut ketinggian.

Itulah beberapa rekomendasi curug di Pangandaran yang dapat kamu kunjungi saat berlibur ke Pangandaran selain berlibur ke pantai.

Ada beberapa tempat yang belum banyak dikunjungi orang sehingga tempatnya menciptakan petualangannya sendiri. Keindahan yang alami yang terdapat menjadikan tempatnya asri dan nyaman untuk asupan udara segar.

Keindahan dari Kabupaten Pangandaran tak hanya sebatas wisata pantai saja. Pangandaran juga memiliki kecantikan alam yang masih belum banyak tergali. Curug-curug ini merupakan tempat alternatif untuk berlibur ke Pangandaran. Tertarik untuk berlibur kemari? Kira-kira curug mana yang ingin kamu kunjungi di Pangandaran.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram