10 Curug di Purwokerto dengan Alamnya yang Memukau

Ditulis oleh Siti Hasanah

Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas. Kota ini merupakan pusat pemerintahan serta ekonomi yang banyak menarik minat para wisatawan karena di sini terdapat berbagai macam destinasi wisata, salah satunya curug. Curug di Purwokerto menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara.

Jika tertarik untuk melihat keindahan alam di Purwokerto, simak ulasan 10 curug di Purwokerto berikut ini yuk!

1. Curug Ceheng

Curug Ceheng

* sumber: infowisatabms.blogspot.com

Curug di Purwokerta yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke daerah ini adalah Curug Ceheng. Pesona keindahan panorama alam yang disajikan curug ini yang sangat menakjubkan sehingga membuat mata yang memandangnya tak akan berkedip.

Saat berenang di sekitar curug ini tubuh akan terasa segar karena airnya yang jernih. Para wisatawan akan semakin terhipnotis dengan adanya hiasan cantik berupa tanaman-tanaman paku sehingga mereka senang berlama-lama  bermain air di Curug Ceheng.

Lokasi Curug Ceheng ini berada di tengah hutan dan perkebunan, tepatnya di Desa Gandatapa yang berada di Kecamatan Sumbang, tak jauh dari jalan raya beraspal. Ketinggian curug ini sekitar 600 mdpl, jadi tak mengherankan jika suasana di sekitar curug terasa sejuk.

Wisata alternatif ini banyak digemari oleh anak-anak muda untuk menghabiskan waktu libur mereka. Selain itu, di sini terdapat beberapa gubuk kecil sebagai lapak berjualan makanan yang dibangun oleh warga setempat. Mereka menjajakan pecel, minuman ringan serta beragam aneka jajan lainnya.

  • Alamat : Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas
  • Tiket Masuk : Rp3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

2. Curug Bayan

Curug Bayan

* sumber: zonadieng.com

Salah satu curug di Purwokerto yang sangat diminati dan ramai dikunjungi wisatawan dari semua kalangan dan usia adalah Curug Bayan. Hal tersebut karena harga tiket masuk curug ini yang sangat terjangkau yaitu Rp3000 saja untuk satu orang juga memiliki tempat yang sejuk dan asri juga.

Curug yang mempesona ini sangatlah cocok untuk liburan keluarga karena kedalaman airnya terpisah secara alami. Pengunjung bisa memilih yang sesuai umur dan cukup aman. Curug Bayan juga seru untuk digunakan sebagai tempat berenang, berendam, menyelam, atau juga cliff jumping.

Tersedia beberapa vila dengan gaya klasik yang terletak di pinggiran curug dengan harga yang cukup murah.  Harga untuk menyewa vila dibandrol mulai dari Rp400.000 per kamar. Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin menyelenggarakan acara-acara besar misalnya acara komunitas.

Hanya butuhkan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di curug Bayan. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, motor atau juga mobil. Sementara jika mampir terlebih dahulu di Lokawisata Baturraden, pengunjung hanya perlu menempuh jarak 2 km saja ke arah selatan.

  • Alamat : Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturraden, Kab. Banyumas
  • HTM : Rp3.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00 WIB

3. Curug Carang

Curug Carang

Hampir sama dengan Curug Belot, Curug Carang juga masih belum banyak dijamah orang. Namun keindahan curug ini hampir sama dengan Curug Telu daripada Curug Belot. Ketika tiba di pintu masuk, pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 500 meter. Sebelum sampai, akan ada tebing yang cukup menukik.


Kemudian pengunjung juga harus kembali berjalan menyusuri sugai sekitar 700 meter dan barulah akan sampai di Curug Carang. Meski melelahkan tapi perjalanan ini setimpal dengan keindahan yang akan disaksikan. Bawa perbekalan dari rumah karena jarang ada yang berjualan di sini.

  • Alamat : Kemutug Kidul, Baturraden, Sawah, Kotayasa, Sumbang, Banyumas
  • HTM : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

4. Curug Lawang

Curug Lawang

* sumber: tangkaspamujiecotourism.blogspot.com

Curug di Purwokerto ini memiliki daya tarik sendiri yaitu keberadaan curug ini yang berada di dalam gua. Ketika masuk ke dalamnya, pengunjung seperti memasuki sebuah pintu. Ketinggian curugnya sendiri adalah sekitar 25 meter. Julukan lain untuk curug ini adalah sendang bidadari.

Sendang sendiri artinya adalah kolam yang terletak di pegunungan. Sumber air untuk air terjun ini berasal dari Curug Telu. Terkadang curug ini dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat untuk ritual meditasi karena masyarakat sekitar Sendang Bidadari tak bisa lepas dari animisme dan dinamisme.

Suasana air terjunnya sangat tenang juga nyaman sehingga cocok untuk jadi destinasi ketika melepas penat. Jangan lupakan curug ini,ya!

  • Alamat : Desa Karangsalam, Kec. Baturraden, Banyumas
  • HTM : Rp5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

5. Curug Kembar

Curug Kembar

* sumber: curugpurwokerto.blogspot.com

Satu lagi curug di Purwokerto yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu curug kembar. Curug ini hanya bisa dilihat kembat saat debit air sedang tinggi saja. Maksudnya air terjun yang terbentuk hanya satu jika debit air sedang rendah.

Bisa dikatakan Curug Kembar akan menghilang karena memang kembar berarti sepasang atau lebih dari satu. Namun ketika musim hujan dan debit air tinggi sehingga aliran sungai akan membelah menjadi dua dan terbentuklah Curug Kembar tersebut.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram