Yuk, Kunjungi 10 Curug di Sentul yang Memanjakan Mata Ini!

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 2 Juni 2021

Bogor adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Dengan curah hujan yang tinggi, Bogor dijuluki sebagai Kota Hujan. Selain itu, kota yang terletak di sebelah selatan Jakarta ini juga kerap dikenal sebagai Kota Seribu Curug. Hal ini karena Bogor menawarkan banyak keindahan alam lewat curug-curugnya.

Nah, di Sentul ada curug-curug dengan keindahan alamnya bersembunyi. Berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, kawasan Sentul ini berada di atas ketinggian 215-500 meter.

Dengan begitu, tidak heran jika banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang memilih berlibur dan melepas penat di Sentul, Bogor. Berikut adalah daftar curug-curug yang ada di Sentul, dijamin pemandangannya akan memanjakan mata. Apa saja? Simak di bawah ini!

1. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Nama Curug atau Air Terjun Bidadari sudah tidak asing bagi warga Bogor dan sekitarnya. Diberi nama Curug Bidadari karena cerita warga sekitar yang mengatakan sering muncul pelangi di air terjun ini. Pelangi tersebut dipercaya sebagai jembatan bagi para bidadari untuk mandi.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 40 – 75 meter dengan lebar 7 meter. Kesegaran air dan asrinya pemandangan sekitar membuat kamu akan betah berada di Curug Bidadari. Selain bermain air, kamu bisa berfoto ria dengan latar belakang pepohonan yang sejuk. Asri banget!

  • Alamat : Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp30.000 – Rp50.000

2. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung

Untuk menghilangkan penat kamu juga bisa berkunjung ke Curug Leuwi Cibaliung. Hal ini karena Curug Leuwi Cibaliung menawarkan panorama alam yang sangat indah. Dengan bongkahan batu-batu besar yang tersusun jadi salah satu keindahan yang kamu dapatkan di Curug Leuwi Cibaliung.

Air di Curug Leuwi Cibaliung pun tenang dan berwarna biru. Tidak heran jika banyak pengunjung  yang datang ke Curug Leuwi Cibaliung hanya ingin merasakan ketenangan. Wah, jadi penasaran ya dengan Curug Leuwi Cibaliung ini.

  • Alamat : Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp15.000 – Rp40.000

3. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

* sumber: www.genpi.co

Tidak jauh dari Curug Leuwi Cibaliung ada Curug Leuwi Hejo yang terkenal sampai keluar Kota Bogor. Curug Leuwi Hejo mempunyai arti kolam air yang airnya berwarna hijau. Dari namanya saja sudah memancarkan keindahan alamnya.

Ya,  ketika mengunjungi Curug Leuwi Hejo kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang asri. Tidak heran jika Leuwi Hejo salah satu curug yang sering didatangi para wisatawan. Apakah kamu salah satunya?

  • Alamat : Jalan Cibadak, Sukamakmur, Sentul, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp25.000

4. Curug Barong

Curug Barong

Curug Barong juga salah satu tempat air terjun yang berada di Sentul. Jika ingin berkunjung ke Cuug Barong kamu harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkiran. Tentu semua akan dibayar tuntas dengan pemadangan yang kamu dapat di Curug Barong ini.

Airnya yang hijau kebiru-biruan dan pohon-pohon  yang menyelimuti akan jadi panorama yang kamu rasakan. Terlebih lagi di Curug Barong ada fasilitas berkemah, jadi kamu bisa bermalam sambil menikmati suasana yang asri.

  • Alamat : Jalang Pabuaran, Sukamakmur, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp15.000

5. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk pun tidak kalah populer dari tempat wisata yang ada di Sentul. Diapit oleh bebatuan yang tingginya mencapai 10 meter jadi salah satu ciri khas Curug Leuwi Lieuk. Selain itu airnya yang jenih berwarna biru kehijauan memberikan kesan eksotis bagi Curug Leuwi Lieuk.

Suara burung berkicau dan gemericik air yang turun dari lereng akan menambah keasrian di Curug Leuwi Lieuk ini. Kamu juga bisa menyelam dan menikmati keindahan batu-batu di bawah air terjun Leuwi Lieuk ini. Berani coba?

  • Alamat : Jalan Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Kab, Bogor
  • Jam buka : 06.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp15.000

6. Curug Bojong Koneng

Curug Bojong Koneng

* sumber: elvanmind.blogspot.com

Curug Bojong Koneng atau Curug Handap ini mempunyai ketinggian mencapai 50 meter. Curug ini jadi salah satu kekayaan alam yang berada di kawasan Sentul. Air terjun, perbukitan, hingga persawahan akan membuatmu terkesan ketika mengunjungi Curug Bojong Koneng.

Masih asli keindahan alamnya, karena adanya curug lain di atas Curug Bojong Koneng. Curug tersebut bernama Curug Luhur. Untuk mengunjungi curug ini kamua hanya cukup berjalan kaki saja. Jadi penasaran deh!

  • Alamat : Kawasan Sentul, Jalan Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp25.000 – Rp40.000

7. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana

* sumber: www.dianjuarsa.com

Untuk kamu pencinta cliff jumping, maka cocok berkunjung ke Curug Kencana. Hal ini karena di Curug Kencana ada tebing-tebing tinggi yang bisa dijadikan para pengunjung untuk cliff jumping. Apalagi dengan ketinggian air terjun sekitar 7 meter akan memberikan pengalaman baru kamu untuk cliff jumping.

Namun jika tidak suka ingin menantang adrenali kamu bisa saja bermain di sekitar telaga air Curug Kencana. Pastinya dengan keindahan alam yang memukau, stress dan penat hilang seketika di Curug Kencana ini.

  • Alamat : Karang Tengah, Babakan Madang, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp25.000

8. Curug Kalimata

Curug Kalimata

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=kdNyMC4Gacw

Masih berada di sekitar kawasan Sentul, Kecamatan Babakan, ada Curug Kalimata dengan segala keindahan alamnya. Curug ini pun tidak kalah populernya dengan air terjun lainnya yang berada di kawasan Sentul.

Untuk akses menuju ke Curug Kalimata kamu harus jalan kaki sekitar 20 menit dari Leuwi Asih. Namun pastinya kelelahan kamu akan diganti dengan panorama asri yang disuguhkan di Curug Kalimata ini. Persawahan juga air terjun yang jernih akan memanjakan matamu.

  • Alamat : Jalan Raya Gn. Pancar No.70 Kp. Blok Dukuh, Kec, Babakan Madang, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp15.000

9. Curug Love

Curug Love

* sumber: juls-story.blogspot.com

Dilihat dari namanya saja kamu pasti tahu jika Curug Love ini bentuknya seperti cinta. Selain bentuknya yang unik, Curug Love juga dihiasi dengan batu-batu yang eksotis.

Menawarkan panorama yang indah air curug yang biru jernih, pesona dari Curug Love akan menghilangkan penatmu. Sangat cocok dijadikan tempat liburan di akhir pekan. Yuk, langsung kunjungi Curug Love!

  • Alamat : Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp10.000

10. Curug Hordeng

Curug Hordeng

* sumber: pontas.id

Terakhir ada air terjun yang namanya unik, yakni Curug Hordeng. Dalam bahasa Sunda, ‘hordeng’ artinya tirai, jika dilihat dari kejauhan air terjun ini akan berbentuk seperti tirai. Itulah kenapa air terjun ini diberi nama Curug Hordeng.

Untuk yang penasaran dengan Curug Hordeng kamu harus menempuh jalan kaki selama 40 menit dari gerbang masuk. Namun ketika sudah sampai di Curug Hordeng, lelah dan penat akan hilang karena digantikan dengan pemadangan alam yang super indah.

  • Alamat : Jalan Gunungwangu, Cibadak, Sukamakmur, Kab. Bogor
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket : Rp20.000

Itulah tadi curug-curug yang ada di kawasan sekitar Sentul. Kira-kira kamu ingin berkunjung ke curug yang nomor berapa? Tulis jawaban kamu di kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram