7 Curug di Sukabumi dengan Pemandangan Cantik yang Memukau

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah sebelumnya membahas tentang pantai dan kolam renang, kali ini Keluyuran akan mengulas tentang 7 curug di Sukabumi yang punya pemandangan super cantik dan memanjakan mata. Ya, liburan dengan menghabiskan waktu di kawasan air terjun memang selalu menjadi aktivitas favorit kebanyakan orang. Apakah kamu salah satunya?

Nah, semua curug yang masuk dalam daftar rekomendasi Keluyuran kali ini adalah curug yang tergolong populer di kalangan wisatawan karena memiliki view yang cantik dan bikin betah berlama-lama di sana. Curug apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Curug Bibijilan

curug di sukabumi curug bibijilan

Salah satu curug atau air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Sukabumi adalah Curug Bibijilan. Di sini, kamu dan para pengunjung lainnya akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Curug Bibijilan yang berbentuk undakan ini juga pas untuk dijadikan tempat berenang bila airnya tidak sedang naik seperti saat musim penghujan tiba. Lokasi curug yang tak jauh dari jalan raya membuat orang-orang berdatangan kemari untuk sekadar beristirahat bahkan berfoto selfie dengan latar belakang limpahan air yang mengalir deras.

Pemandangan alam sekitar curug ini juga tidak kalah indah. Ada hutan pinus yang bisa dijadikan tempat beristirahat dan sudah pasti berswafoto bareng. Buat kamu yang suka camping, Curug Bibijilan ini adalah tempat yang pas banget. For your information, kamu akan dikenakan biaya masuk Rp. 6.000,- saja saat hendak memasuki kawasan ini. So, tertarik untuk mengunjungi Curug Bibijilan ini?

  • Alamat: Purabaya, Cimerang, Purabaya, Sukabumi
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 6.000,- per orang

2. Curug Awang

curug awang curug di sukabumi

Sukabumi juga punya curug yang tak jarang disebut sebagai air terjun Niagara mini. Ya, ada Curug Awang yang merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh. Air terjun ini punya pemandangan yang nggak kalah bikin betah kala melihatnya. Airnya berwarna kehijauan, sangat cantik ketika dipandang.

Air terjunnya sendiri mengalir dari tebing dengan ketinggian 40 meter dan akan semakin indah tampilannya saat musim penghujan tiba. Curug Awang juga nyaman untuk digunakan berenang, terlebih bila musim penghujannya belum datang. Di sini, kamu juga bisa berswafoto dan sekadar bersantai sembari melepas penat.

Sayang, jalan untuk menuju ke lokasi Curug Awang ini masih berbatu dan berlumpur. Jadi, meski bisa dilalui dengan kendaraan beroda empat, jalannya masih terbilang berbahaya untuk dilewati. Kamu bisa saja kelelahan sebelum sampai di curug itu sendiri. Tapi tenang, rasa lelah kamu selama di perjalanan akan terbayar dengan indahnya pemandangan Curug Awang.

  • Alamat: Cibenda, Ciemas, Sukabumi
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB

3. Curug Cikanteh

curug cikanteh curug di sukabumi

Selain Curug Awang, Curug Cikanteh yang juga masih bagian dari Geopark Ciletuh ini juga wajib untuk kamu sambangi. Pemandangannya nggak kalah cantik dari curug-curug lainnya, lho. Apalagi saat debit airnya sedang naik di musim penghujan.

Tapi, kalau kamu datang kemari di saat tersebut, sebaiknya hati-hati dan jangan sampai memaksakan diri untuk berenang, ya. Nah, saat musim penghujan belum tiba, debit air di curug sedang turun, sehingga kamu bisa berenang dengan aman dan  nyaman.

Sayang, curug ini kurang cocok untuk dijadikan tempat berkemah alias camping. Tapi, kalau kamu cuma ingin sekadar melepas penat sehabis jalan-jalan di Sukabumi, Curug Cikanteh ini cocok banget, deh!

Oh ya, untuk menuju ke curug ini, akses jalannya lumayan ekstrim. Kamu harus melewati hutan dan sungai. Tapi semua lelah yang kamu rasakan pasti hilang seketika saat menginjakkan kaki di kawasan curug dengan ketinggian lebih dari 50 meter ini berada.

  • Alamat: Ciwaru, Ciemas, Sukabumi
  • Jam Operasional: Buka 24 jam

4. Curug Cibeureum

curug di sukabumi curug cibeureum

Meski namanya Curug Cibeureum, bukan berarti airnya berwarna merah (beureum artinya merah dalam bahasa Indonesia). Air di curug ini justru sangat jernih dan mengalir dengan derasnya. Curug Cibeureum yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini wajib buat kamu datangi, terlebih bila kamu hobi berwisata ke air terjun alias curug yang punya pemandangan super ciamik.

Untuk bisa sampai di curug ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer jauhnya dari pos pembelian tiket. Cukup jauh, memang. Dan kamu yang nggak suka atau jarang menempuh perjalanan jauh sangat amat mungkin merasakan lelah yang luar biasa.

Tapi tentu saja, rasa lelahnya bisa terobati dengan pemandangan Curug Cibeureum yang indah dan udara di kawasan hutan dan curug yang masih sejuk. For your info, kamu bisa beristirahat sejenak di Telaga Biru kalau merasa lelah saat di tengah-tengah perjalanan.

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan Curug Cibeureum, kamu akan dikenakan tarif di bawah Rp. 20.000,- per orangnya. Mau mencoba berkunjung kemari?

  • Alamat: Perbawati, Sukabumi, Cimacan, Kec. Cipanas, Sukabumi
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-15.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp. 20.000,- per orang

5. Curug Cimarinjung

curug cimarinjung

Curug Cimarinjung yang ada di Ciemas, Sukabumi juga adalah salah satu curug yang populer dan sering dikunjungi oleh para pelancong yang ingin menikmati keindahan pemandangannya. Sayang, curug dengan ketinggian melebihi 40 meter ini punya debit air yang tinggi, sehingga kurang aman untuk digunakan berenang.

Berbeda dengan curug lainnya yang ada di Sukabumi, akses jalan menuju air terjun ini terbilang mudah. Jadi, kamu nggak bakal merasa kecapekan saat menempuh perjalanan menuju curug. Kamu juga hanya perlu membayar seikhlasnya untuk bisa memasuki Curug Cimarinjung.

Plus, kamu nggak perlu takut kelaparan karena ada warung yang bisa ditemukan di sini. Fasilitas umum seperti toilet pun tersedia. Nah, kalau kamu liburan ke Sukabumi, jangan lupa kunjungi Curug Cimarinjung, ya! Dijamin, kamu nggak bakal nyesel berkunjung ke sini.

  • Alamat: Ciemas, Sukabumi
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 60.000.- per orang (Anak), Rp. 70.000,- per orang (Dewasa)

6. Curug Sodong

curug sodong

Selain Curug Cikanteh dan Cimarinjung, Curug Sodong juga amat tersohor di kalangan wisatawan lokal. Curug yang juga dijuluki dengan nama curug kembar karena punya dua air terjun yang mengalir deras ini pas untuk dijadikan destinasi wisata bareng keluarga saat berkunjung ke Sukabumi.

Di curug Sodong, kamu bisa bersantai hingga berswafoto ria sepuasnya dengan background pemandangan khas air terjun yang indah. Nah, adakah di antara kamu yang belum pernah mengunjungi Curug yang juga masuk dalam bagian Geopark Ciletuh ini?

  • Alamat: Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi
  • Jam Operasional: Buka 24 jam

7. Curug Cikaso

Curug Cikaso

* sumber: www.hargatiketmasuk.info

Kalau ke Sukabumi, kurang afdhal rasanya bila tidak mengunjungi air terjun alias Curug Cikaso. Curug ini menjadi favorit banyak wisatawan karena pemandangannya yang luar biasa indah, lho. Untuk bisa mencapai lokasi curug, kamu bisa berjalan kaki selama kurang dari 20 menit saja dari area parkir.

Sayang, di curug yang cantik ini, pengunjung tidak diperkenankan berenang. Jadi, kalau datang kemari untuk bersantai atau sekadar berfoto, boleh-boleh saja.

  • Alamat: Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi

Nah, itulah ketujuh curug di Sukabumi yang punya pemandangan super duper indah dan tentunya sangat wajib untuk dikunjungi. Dari ketujuh curug yang masuk dalam daftar, adakah yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya?

Kalau kamu punya pengalaman jalan-jalan ke curug yang ada di Sukabumi atau punya rekomendasi curug lainnya yang harus dikunjungi, silakan langsung sampaikan melalui kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *