8 Rekomendasi Curug di Sumedang yang Indah dan Menantang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Berkunjung ke Kabupaten Sumedang tentunya belum lengkap jika tidak mengunjungi pesona wisata alam yang dimilikinya. Satu destinasi wisata yang cukup seru untuk dikunjungi di Sumedang adalah curug atau air terjun.

Sumedang memiliki banyak curug untuk dikunjungi, tetapi hanya beberapa yang telah dikelola dengan baik dan juga mulai dikenal orang. Curug-curug yang ada di Sumedang memiliki medan yang menantang untuk dikunjungi. Tetapi keindahan yang ditawarkannya pun luar biasa menawan dan asri.

Berikut ini beberapa rekomendasi air terjun atau curug yang menarik untuk kamu kunjungi saat bertandang ke Kabupaten Sumedang.

Baca juga: 8 Makanan Khas Sumedang yang Wajib untuk Anda Cicipi

1. Curug Cipongkor

Curug CipongkorSumber: erksfm.id
  • Alamat: Ds. Ciherang, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM:Rp5.000

Curug Cipongkor memiliki panorama yang memikat dengan curugnya yang tinggi dan dinding tebing cadasnya ditumbuhi tanaman hijau yang memberi kesan asri.

Di depan curugnya terhampar areal persawahan yang hijau yang menambah daya tarik dari curugnya. Pada bagian atas curug terdapat areal hutan yang biasa disebut dengan hutan Gunung Tugu.

Masyarakat setempat mempergunakan air terjun ini sebagai sarana untuk mengairi sawah mereka. Areal persawahan ini menjadi akses pengunjung saat ingin mengunjungi Curug Cipongkor, dengan melalui pematang sawahnya.

Akses menuju Curug Cipongkor hanya dapat kamu lalui dengan berjalan kaki, tak ada akses untuk kendaraan, serta masih minim tanda-tanda penunjuk jalannya.

2. Curug Cihonje

Curug CihonjeSumber: instagram.com
  • Alamat: Kp. Margawati, Ds. Cimarga, Kec. Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Daya tarik dari Curug Cihonje adalah air curugnya yang jernih sehingga pengunjung dapat bermain air di kolam yang terdapat di bawah curugnya.

Ketinggian curugnya sendiri sekitar 20 meter, dengan batuan di sekitar curugnya yang memperlihatkan curugnya yang masih alami dan indah. Pengunjung akan semakin nyaman berlibur ke tempat ini dengan airnya yang sejuk dan jernih

Akses ke curug ini hanya dapat di tempuh dengan berjalan kaki, dengan melewati sebuah jalan setapak dari hutan Margawati yang jarak sekitar 1,5 km.

Pengunjung yang berkunjung ke curug ini harus memarkirkan kendaraannya di sekitar pemukiman warga Margamukti. Pengunjung yang ingin menuju curug ini sebaiknya ditemani oleh warga sekitar karena jalannya melewati hutan.


3. Curug Cigorobog

  • Alamat: Jl. Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.30 WIB
  • HTM: Rp5.000

Curug Cigorobog merupakan air terjun yang letaknya berada di kawasan hutan Desa Citengah. Daya tarik curug ini adalah bentuk curugnya yang terdiri dari tiga undakan.

Aliran airnya yang tidak terlalu deras serta airnya amat jernih menjadikan tempatnya asyik digunakan untuk bermain air oleh pengunjung bersama dengan keluarga mereka.

Sejuknya air Curug Cigorobog ini turun dari sebuah tebing berundak dengan ketinggian sekitar 40 meter. Ada sekitar tiga undakan dari curug ini dan curug pada undakan kedua dikatakan memiliki panorama sekitar yang cukup indah.

Tetapi untuk sampai ke undakan ke dua pengujung harus sedikit mendaki terlebih dahulu. Begitu pula jika pengunjung ingin mencapai undakan curug yang ketiga.

Perjalanan menuju curug ini juga menjadi momen yang mengasyikkan karena pemandangan sekitar yang indah dan asri. Pemandangan alam yang silih berganti dari pepohonan hijau serta hamparan hijau dari kebun teh telah menunggu pengunjung yang akan menuju Curug Cigorobog.

4. Curug Ciputrawangi

Curug CiputrawangiSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Narimbang, Kec. Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM:Rp10.000

Curug Ciputrawangi letaknya berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Alam sekitar curug yang ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang menandakan bahwa alam sekitar curug ini masih terjaga dengan baik.

Selain itu masih banyaknya satwa liar yang menghuni kawasan hutan tempat curug ini berada. Curug ini sendiri adalah sumber mata air bagi para satwa liar tersebut.

Satu daya tarik dari curug Ciputrawangi ini adalah airnya yang sejuk dan juga jernih sehingga menarik pengunjung untuk bermain air dan berbasah-basahan di sini.

Fasilitas pendukung curugnya pun sudah tersedia, seperti areal parkir, Kamar mandi, hingga musala. Jangan heran jika sesekali kamu dapat menemukan satwa liar saat bermain di curug ini.

5. Curug Sabuk

Curug SabukSumber: instagram.com
  • Alamat: Dsn. Nangorak, Jl Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

Curug Sabuk memiliki bentuk yang unik karena terdiri dari beberapa air terjun dengan dua curug yang bentuknya besar dengan ketinggian sekitar 60 meter. Air yang turun dari curug ini terbilang sejuk dan juga jernih. Hal inilah yang menjadikan curug ini menarik untuk dikunjungi.

Perjalanan menuju curugnya juga sama menariknya karena pengunjung akan melewati berbagai sajian pemandangan alam nan indah.

Perjalanan menuju curug ini memerlukan fisik yang cukup prima. Ini karena pengunjung akan melewati beragam medan, dari areal persawahan, kebun salak, hutan, menyeberangi sungai, serta jalan yang naik dan menurun.

Lokasi dari curugnya sendiri masuk dalam kawasan Hutan Gunung Kareumbi. Medannya yang cukup sulit membuatnya belum banyak dijamah orang.

6. Curug Ciwalur

  • Alamat:Dsn. Pasir Padang, Ds. Jatinunggal, Kec. Jatinunggal, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Curug Ciwalur merupakan curug yang memerlukan stamina yang fit untuk dikunjungi. Tetapi keindahan dari curug dan alam sekitarnya membuat semua usaha tidak sia-sia.

Curugnya terlihat sangat fenomenal dengan ketinggian sekitar 70 meteran, dengan debit airnya yang cukup deras. Pemandangan asri dari alam sekitar membuat curug ini terlihat masih alami.

Perjalanan menuju curug ini cukup sulit, tentunya pas untuk orang yang senang dengan kegiatan yang lebih menantang dan penuh petualangan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram