8 Rekomendasi Curug di Sumedang yang Indah dan Menantang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Lokasi curugnya berada jauh di dalam hutan sehingga harus ditempuh dengan berjalan kaki, tidak ada kendaraan yang dapat masuk. Sulitnya medan memuat curug ini belum terlalu banyak dikunjungi.

7. Curug Buud

  • Alamat: Ds. Sukatani, Kec. Tanjung Medar, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00
  • HTM: Rp5.000

Curug yang satu ini memiliki bentuk yang unik, yaitu curugnya yang melebar, dengan ketinggian yang hanya sekitar 5 meter saja, tetapi luasnya sekitar 35 meter.

Bentuk curugnya yang unik ini sehingga memuatnya dijuluki sebagai Mini Niagara dari Sumedang. Alirannya yang melebar akan terlihat menarik saat musim penghujan karena debit airnya yang cukup besar.

Sayangnya, karena airnya berwarna kecoklatan sehingga pengunjung tidak dapat berendam ataupun bermain air di curug ini. Tetapi air curug ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan pertanian. Di sini pengunjung dapat berswafoto dengan latar curugnya yang indah seperti Niagara.

8. Curug Jatma

Curug JatmaSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Sukajadi, Kec. Wado, Kab. Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Gratis

Curug Jatma mungkin curug yang belum terlalu dikenal namanya. Letaknya berada di antara perbatasan dua buah desa, yaitu Desa Cilengkrang dan Desa Sukajadi.

Perjalanan menuju curugnya menjadi petualangan tersendiri karena curugnya masih perawan dan belum banyak terjamah orang. Pengunjung harus melewati hutan dengan jalan yang licin, apabila dikunjungi di musim penghujan.

Curug Jatma ini berdekatan dengan curug lainnya yang bernama Curug Cilengkrang. Kedua curug ini belum dikelola oleh siapa pun sehingga membuat akses menuju kedua curug itu cukup menguras tenaga.

Ketinggian curug ini diperkirakan sekitar 70 meter dan terdapat bongkahan batu besar di sekelilingnya yang dipercaya sebagai bongkahan dari letusan Gunung Galunggung di tahun 1982.

Nah, curug-curug dengan air jenih ini pastinya menarik untuk kamu kunjungi. Perjalanannya yang cukup menantang menjadi petualangan tersendiri, tetapi indahnya curug-curug tersebut membuat semua lelahnya perjalanan akan terpuaskan.

Apalagi beberapa curugnya memiliki air yang jernih dan sejuk sehingga asyik untuk dijadikan tempat bermain air.

Perjalanan menuju setiap curug menyuguhkan pemandangan yang juga indah dan penuh tantangan. Ada beberapa yang belum terjamah sehingga perjalanan menuju ke curugnya menjadi lebih menarik bagi sebagian orang yang senang dengan petualangan.


Bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba berlibur ke curug-curug ini? Curug mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram