Curug Tilu Leuwi Opat, Tiga Air Terjun dalam Satu Lokasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan, ada banyak air terjun yang bisa ditemui di Bandung. Salah satunya adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Sudah pernah dengar atau datang ke tempat ini? Curug Tilu Leuwi Opat merupakan air terjun alami yang terletak di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Tilu Leuwi Opat dalam bahasa Sunda memiliki arti tiga air terjun dan empat sungai. Ketiga air terjun tersebut adalah Curug Cilaki, Curug Citulang, dan Curug Aseupan. Kemudian ketiga sungai dikenal dengan nama Leuwi Bagong, Leuwi Kacapi, Leuwi Gentong, dan Leuwi Baeud. Tak hanya itu, di kawasan wisata ini juga terdapat dua goa yang dikenal dengan nama Goa Toke dan Goa Lalay.

Saat berkunjung ke sini, pengunjung takkan dibuat bosan. Karena mulai dari tempat parkir, pengunjung harus hiking untuk bisa sampai ke ketiga air terjun. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai air terjun utama adalah sekitar 1 hingga 1.5 jam perjalanan. Buat kamu yang ingin berlibur ke Curug Tilu Leuwi Opat, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Wahana dan Spot Menarik

Wahana dan Spot Menarik

* sumber: www.infobdg.com

Bermain di air terjun jadi hal menyenangkan untuk mengisi hari libur dan waktu senggang. Tak jarang wisatawan berlibur ke air terjun untuk sekadar menenangkan pikiran dan menikmati udara sejuk khas pegunungan. Terletak di kaki Gunung Burangrang, inilah wahana dan spot menarik yang bisa kamu nikmati di Curug Tilu Leuwi Opat.

1. Body Rafting

Body Rafting

* sumber: www.curugtiluleuwiopat.com

Aktivitas seru dan menguji adrenalin yang bisa dilakukan di Curug Tilu Leuwi Opat adalah body rafting. Menyusuri sungai yang mengalir sepanjang kawasan wisata menggunakan ban atau perahu karet akan sangat menyenangkan. Aktivitas ini akan dipandu dengan petugas yang sudah professional, serta dilengkapi peralatan yang lengkap dan memadai.

2. Bermain Rakit

Bermain Rakit

* sumber: jurnalindonesiabaru.com

Ingin menikmati keindahan air terjun dengan cara yang berbeda? Kamu bisa menyewa rakit dan berlayar di sekitar air terjun. Naik rakit di air terjun ini terbilang aman karena aliran airnya tenang dan tidak terlalu deras.

3. Berenang

Berenang

* sumber: jejakpiknik.com

Belum lengkap jika bermain ke air terjun tanpa berenang. Cara menikmati kesegaran air terjun ini hampir selalu dilakukan wisatawan. Dinginnya air, sejuknya udara, dan suara aliran air sangat menenangkan. Karena itulah air terjun masih menjadi tempat refreshing yang banyak disukai wisatawan.

4. Curug Cilaki

Curug Cilaki

* sumber: reaksiberaksi.wordpress.com

Curug Tilu Leuwi Opat terdiri dari tiga air tejun di lokasi yang berbeda-beda dalam satu kawasan. Salah satu dari tiga rangkaian air terjun tersebut adalah Curug Cilaki. Air terjun yang terbilang pendek ini mengalirkan air yang bersih dan jernih.

5. Curug Aseupan

Curug Aseupan

* sumber: www.idntimes.com

Kedua ada Curug Aseupan. Diantara yang lainnya, curug ini terbilang paling tinggi. Selain itu,air terjun ini memiliki kolam alami yang terbilang kecil. Menikmati air terjun ini bisa dilakukan dari jembatan bambu yang melintang di atas aliran sungai.

6. Curug Citulang

Curug Citulang

* sumber: www.wisataidn.com

Terakhir ada Curug Citulang. Air terjun yang satu ini cukup tinggi dan aliran airnya tidak terlalu deras. Jika persediaan logistikmu seperti air sudah habis, maka kamu bisa mengambil air yang mengalir di curug ini. Tak perlu khawatir, karena aliran airnya jernih dan alami dari lereng Gunung Burangrang.

Fasilitas

Fasilitas

* sumber: wisatalova.com

Curug Tilu Leuwi Opat sudah hampir 15 tahun dijadikan sebagai tempat wisata. Di sini sudah disediakan berbagai fasilitas yang berguna bagi setiap pengunjung yang datang. Fasilitas yang ada di Curug Tilu Leuwi Opat diantaranya :

1. Kamar Bilas dan Toilet

Selesai bermain air dan berenang di Curug Tilu Leuwi Opat, kamu bisa langsung membilas badan di kamar bilas yang ada dekat air terjun. Selain itu, ada juga kamar bilas dan toilet di dekat area parkir. Jadi kamu bisa membersihkan tubuh setelah lelah hiking dan berenang.

2. Warung

Jika tidak membawa persediaan makanan, Curug Tilu Leuwi Opat sudah menyediakan warung yang terletak di dekat area parkir tempat wisata. Jajanan yang dibeli boleh dibawa ke kawasan air terjun, tetapi harus tetap menjaga kebersihan, ya!

3. Sumber Air Minum

Lelah sehabis hiking dan persediaan minummu sudah habis, tak perlu khawatir karena kamu bisa mengambil air yang berasal dari pegunungan alami. Sumber air minum ini ada di beberapa titik, salah satunya di Curug Citulang.

4. Lahan Parkir

Curug Tilu Leuwi Opat menyediakan lahan parkir yang cukup untuk motor dan beberapa mobil. Lahan parkir di kawasan wisata ini tidak terlalu banyak. Meski begitu, kamu tetap bisa membawa kendaraan pribadi, dan jika tidak cukup bisa menitipkan kendaraan di kawasan wisata Ciwangun Indah Camp.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Berwisata ke air terjun sering menjadi pilihan karena biaya yang murah dan mampu membuat pikiran lebih fresh. Begitu pun ketika wisata ke air terjun ini. Berikut informasi tentang harga tiket masuk dan jam operasional dari Curug Tilu Leuwi Opat.

  • Tiket Masuk : Rp.10.000
  • Jam Operasional : 24 jam

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: www.jejakumurku.com

  • Alamat : Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat’

Curug Tilu Leuwi Opat masih satu kawasan dengan Ciwangun Indah Camp atau Outbound Ciwangun. Alir yang mengalir di kawasan CIC merupakan aliran dari Curug Tilu Leuwi Opat. Jika kamu baru saja wisata ke CIC, tidak ada salahnya untuk mampir ke air terjun ini. Berikut rute yang bisa dilakukan untuk menuju ke Curug Tilu Leuwi Opat.

  • Dari Cimahi

Pengunjung yang datang dari arah Cimahi atau Padalarang, rute yang bisa ditempuh adalah via Cihanjuang, Jalan Kolonel Masturi, dan masuk ke kawasan Ciwangun Indah Camp. Bisa juga dari Alun-Alun Cimahi langsung mengarah ke Jalan Kolonel Masturi, kemudian masuk ke Ciwangun Indah Camp.

  • Dari Bandung

Akses dari Bandung, bisa melewati Ledeng, Jalan Sersan Bajuri, Parongpong, Jalan Kolonel Masturi, kemudian masuk ke kawasan wisata Ciwangun Indah Camp.

  • Dari Lembang

Akses dari Lembang atau Subang, bisa melewati Jalan Raya Lembang, Jalan Kolonel Masturi, kemudian masuk ke wisata Ciwangun Indah Camp.

Penginapan Sekitar Curug Tilu Leuwi Opat

Di sekitar Curug Tilu Leuwi Opat banyak ditemukan penginapan berupa villa yang nyaman dengan harga bervariasi. Berikut ini penginapan yang bisa dipilih ketika liburan ke Curug Tilu.

1. Villa Flojo

Kompleks Villa Istana Bunga, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0812-2487-8343

2. Villa Ciwangun

Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0857-9819-2662

3. Villa Merah Lembang

Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0856-6033-139

4. Villa Sikas

Jl. Mawar, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0857-9819-2662

5. Villa Air Natural Resort

Kompleks Villa Istana Bunga, Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0851-0077-0668

Sekian informasi tentang wisata Curug Tilu Leuwi Opat. Kabupaten Bandung Barat memang menyimpan banyak destinasi wisata baik yang sudah dikenal hingga yang masih tersembunyi. Air terjun ini bisa jadi pilihan untuk rekreasi, terlebih jika kamu baru saja wisata ke Ciwangun Indah Camp. Yuk, refreshing di Curug Tilu Leuwi Opat!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *