8 Danau Cantik di Kalimantan Timur yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalimantan Timur merupakan provinsi di ujung timur Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur sempat dinobatkan sebagai provinsi terluas kedua setelah Papua, sebelum akhirnya sebagian wilayah Kalimantan Timur dimekarkan menjadi Provinsi Kalimantan Utara. Provinsi Kalimantan Timur memiliki destinasi wisata yang sangat menarik dan banyak belum terekspos.

Salah satu destinasi wisata yang sudah banyak dikenal orang adalah Kepulauan Derawan dengan pesona alam bawah laut dimana pengunjung bisa melihat whale shark. Pulau ini berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Utara.

Selain Pulau Derawan, Kalimantan Timur juga memiliki danau yang sangat cantik. Berikut ini ulasan 8 danau di Kalimantan Timur yang bisa kamu kunjungi.

1. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru merupakan danau buatan yang terletak di Kota Balikpapan. Meski bukan merupakan danau alami, air danau ini memantulkan objek bagaikan kaca. Air Danau Cermin Lamaru berwarna hijau yang jernih. Danau ini semula merupakan bekas urukan tanah proyek sehingga membentuk cekungan.

Danau Cermin Lamaru sebenarnya belum diresmikan sebagai objek wisata. Namun tetap dibuka untuk umum, jadi tak jarang masyarakat Kota Balikpapan datang ke sini ketika hari libur. Danau Cermin Lamaru memiliki kadar asam sangat tinggi yang berasal dari kandungan batubara, sehingga airnya tidak cocok untuk diminum.

  • Alamat : Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0813-5196-1122

2. Danau Melintang

Danau Melintang

Danau Melintang merupakan salah satu danau yang berada di aliran Sungai Mahakam, sungai terbesar di Kalimantan Timur. Danau seluas 11.000 hektare ini terdapat beberapa desa terapung, salah satunya adalah Desa Melintang.

Hal unik dari Danau Melintang adalah danau ini menjadi salah satu tempat pengembang biakan ikan air tawar. Di sini juga dikenal sebagai habitat dari ikan pesut. Namun sayangnya jumlah ikan pesut semakin sedikit akibat pendangkalan danau. Danau ini berseebelahan dengan Danau Semayang yang dipisahkan oleh sebuah desa.

  • Alamat : Melintang, Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Danau Jempang

Danau Jempang

Tak hanya Danau Melintang, ada pula Danau Jempang yang merupakan aliran dari Sungai Mahakam. Danau ini terletak di Kabupaten Kutai Barat dan memiliki luas 15.000 hektare dengan kedalaman 7 hingga 8 meter. Danau Jempang menjadi salah satu danau terbesar di aliran Sungai Mahakam.

Danau Jempang memiliki fenomena alam yang unik. Salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur ini akan mengering setiap 5 tahun sekali. Saat sedang mengering, danau ini tampak seperti gurun pasir karena tidak ada air setetes pun. Danau Jempang dapat diakses menggunakan perahu tradisional melewati Sungai Mahakam.

  • Alamat : Tanjung Isuy, Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Danau Kakaban

Danau Kakaban

Danau Kakaban merupakan salah satu danau yang unik di Kalimantan Timur dan disebut sebagai danau prasejarah. Danau ini berada di tengah Pulau Kakaban dimana air danau tersebut merupakan air laut yang terperangkap dan tidak bisa keluar, hingga menjadi sebuah danau yang dikenal dengan Danau Kakaban.

Danau Kakaban merupakan satu-satunya danau di tengah laut di Indonesia. Uniknya, saat berenang di danau ini kamu akan melihat ubur-ubur. Di pinggir Danau Kakaban terdapat hutan bakau, dimana terdapat ular laut, teripang, kepiting, dan masih banyak lagi jenis hewan laut yang bisa ditemukan.

  • Alamat : Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
  • Operasional : 06.00 – 16.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp20.000/orang

5. Danau Tulung Ni’Lenggo

Danau Tulung Ni’Lenggo

Danau Tulung Ni’ Lenggo merupakan salah satu danau cantik di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini disebut juga dengan Telaga Biru, dimana sebelumnya telaga ini hanya dijadikan sebagai tempat untuk memancing. Lalu pada tahun 2017 Danau Tulung Ni’ Lenggo mulai dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Danau Tulung Ni’ Lenggo kini menjadi salah satu wisata yang ramai dikunjungi di Kabupaten Berau. Danau ini memiliki pemandangan indah dengan air danau berwarna hijau kebiruan yang jernih sebening kaca. Di tengah-tengah danau terdapat gazebo untuk pengunjung beristirahat sambil menikmati pesona Danau Tulung Ni’ Lenggo.

  • Alamat : Tembudan, Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam

6. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Danau yang satu ini, pasti sudah tidak asing didengar. Danau Labuan Cermin menjadi salah satu destinasi wista unggulan di Kalimantan Timur. Danau ini terletak 272 km dari pusat Kabupaten Berau, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 7 jam dengan perjalanan darat. Danau Labuan Cermin juga dapat diakses melalui perairan dengan menyewa kapal motor.

Danau Labuan Cermin memiliki air berwarna biru yang sangat jernih, hingga dapat melihat ke dasarnya. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati karena danau ini memiliki kedalaman 4 – 5 meter. Dikelilingi dengan pepohonan rimbun nan teduh, Danau Labuan Cermin sangat menenangkan.

  • Alamat : Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WITA
  • Tiket masuk : Gratis

7. Danau Semayang

Danau Semayang

* sumber: indonesiatraveler.id

Danau Semayang merupakan danau di aliran Sungai Mahakam yang memiliki luas 13.000 hektare. Danau Semayang bersebelahan dengan Danau Melintang. Danau ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat menarik. Selain itu, di tepi danau ini juga dihuni oleh penduduk desa.

Danau Semayang menjadi salah satu lingkungan lahan basah terbesar di Kalimantan. Sumber daya air yang sangat melimpah, berguna bagi masyarakat sekitar. Danau Semayang juga disebut sebagai daerah yang menyimpan kekayaan plasma nutfah dan wilayah ekologis yang berpotensi untuk bergagai kegiatan.

  • Alamat : Melintang, Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp2.000/orang

8. Danau Aco

Danau Aco

* sumber: limakaki.com

Danau Aco merupakan salah satu danau yang menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kutai Barat. Danau seluas 4 hektare ini berjarak 20 km dari pusat kota, dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Danau Aco menjadi habitat bagi berbagai ikan. Diantaranya ada ikan nila, ikan kakap, ikan lele, ikan haruan, dan keong mas.

Danau Aco berada di atas bukit dan tak jauh dari pemukiman warga. Danau Aco menyediakan beragam fasilitas untuk wisata air yang menyenangkan. Diantaranya perahu karet dan sepeda air. Di sini kamu bisa menikmati keindahan danau dengan leluasa. Di pinggir danau disediakan gazebo untuk beristirahat dan bersantai.

  • Alamat : Linggang Melapeh, Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

Itulah ulasan danau di Kalimantan Timur yang bisa kamu kunjungi. Ternyata, ada banyak sekali hal menarik yang bisa dieksplor dari provinsi di timur Pulau Kalimantan ini. Jika berencana liburan ke Kalimantan Timur, pastikan 8 danau di atas masuk ke dalam daftar destinasimu ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *