Keluyuran / Makassar / 5 Danau Terbesar dan Terpopuler di Provinsi Sulawesi Selatan

5 Danau Terbesar dan Terpopuler di Provinsi Sulawesi Selatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2019

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi yang terletak di kaki pulau Sulawesi dengan luas total sekitar 45764,53 km persegi. Ibu kotanya yang bernama Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan merupakan pusat perekonomian di Indonesia bagian tengah.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Sulawesi Selatan juga dianugerahi keindahan alam yang sangat memukau dan menakjubkan. Di sana terdapat banyak sungai, danau, pegunungan, dan lanskap alam lainnya yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Tidak hanya karena alamnya saja, tapi Sulawesi Selatan juga terkenal karena keindahan budayanya. Suku Toraja misalnya, budaya mereka sudah sangat terkenal di seantero Indonesia dan dunia.

Nah, kali ini Keluyuran akan membahas sejumlah danau besar yang terletak di Sulawesi Selatan. Danau-danau di bawah ini menawarkan keindahan dan kekayaan hayati yang sangat tinggi. Jika Anda seorang pecinta alam dan berencana untuk menjelajahi alam Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk memasukkan danau-danau berikut di atas daftar perjalanan Anda.

1. Danau Towuti

Danau Towuti

* sumber: id.wikipedia.org

Danau Towuti adalah salah satu di antara danau purba dunia yang masih ada hingga saat ini. Danau seluas 561 km persegi ini terbentuk dari patahan akibat aktivitas tektonik yang terjadi pada masa Pleosen, sekitar 1-4 juta tahun yang lalu. Danau Towuti terletak di bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan, dekat dengan perbatasan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Danau dengan kedalaman maksimal ini 203 meter memiliki beberapa pulau di tengahnya, termasuk Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar. Alamnya yang sangat indah dan menakjubkan membuat danau air tawar terbesar kedua di Indonesia menjadi tujuan wisata yang populer di Sulawesi Selatan.

Hal lain yang membuat Danau Towuti sangat spesial adalah ekosistem dan keragaman hayatinya yang sangat endemis. Di sana hidup berbagai macam hewan dan tumbuhan yang tidak terdapat di tempat lainnya di dunia. Jadi, selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa sekaligus menyaksikan makhluk-makhluk yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

  • Alamat: Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan

2. Danau Tempe

Danau Tempe

* sumber: id.m.wikipedia.org

Selain menjadi nama sebuah makanan khas Indonesia, tempe juga merupakan nama sebuah tempat di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, yaitu Kecamatan Tempe. Nah, di kawasan tersebut terdapat sebuah danau yang cukup luas, yakni Danau Tempe.

Meskipun berukuran cukup luas, yaitu sekitar 350 km persegi, Danau Tempe memiliki kedalaman yang cukup rendah, yakni maksimal 5 meter. Selain itu, pasokan air dari Sungai Bila dan anak sungainya Bulu Cenrana juga menyebabkan pendangkalan pada Danau Tempe akibat tingginya erosi di bagian hulu.

Selain menawarkan keindahan alam, Danau Tempe juga menawarkan keindahan budaya masyarakat sekitarnya. Setiap tahunnya selalu diadakan Festival Danau Tempe yang dimeriahkan oleh berbagai kegiatan dan hiburan, seperti lomba perahu tradisional, lomba perahu hias, lomba permainan rakyat (lomba layang-layang tradisional, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

3. Danau Matano

Danau Matano

* sumber: id.wikipedia.org

Danau Matano adalah danau yang berdekatan dengan Danau Towuti dan Danau Mahalona. Danau ini terkenal di dunia internasional karena memiliki kedalaman yang sangat dalam, yakni mencapai 590 meter! Oleh karena itu, Danau Matano mendapatkan peringkat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan terdalam kedelapan di dunia.

Seperti Danau Towuti, Danau Matano yang luas permukaannya sekitar 164 km persegi ini menawarkan ekosistem dan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dan endemis. Sehingga, kawasan Danau Matano beserta Danau Mahalona dan Towuti dijadikan kawasan konservasi Taman Wisata Alam yang harus dijaga kelestariannya.

Danau Matano memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Selain berfungsi sebagai objek pariwisata, Danau Matano juga berfungsi sebagai sumber air minum, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sarana transportasi, hingga objek penelitian ilmiah. Jika Anda sedang bertandang ke Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk berkunjung dan menjelajahi keindahan danau ini.

  • Alamat: Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan

4. Danau Mahalona

Danau Mahalona

* sumber: foto.tempo.co

Danau Mahalona adalah danau kecil yang terletak di antara Danau Towuti dan Danau Matano. Danau ini memiliki luas sekitar 24,4 km persegi dengan kedalaman 60 meter. Alam yang indah dan asri menjadikan Danau Mahalona sebagai destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi.

Selain menjelajahi permukaan danau dengan rakit atau perahu, pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan menarik lainnya. Beberapa di antaranya adalah melihat kehidupan masyarakat di sekitar danau dan menyaksikan mata air Bora-bora yang dingin dan jernih, serta mengeluarkan gelembung udara dari dasarnya.

Meskipun ukurannya lebih kecil dibanding tetangganya, Danau Mahalona juga menyimpan kekayaan hayati yang cukup banyak. Di dalamnya hidup berbagai jenis ikan yang beberapa di antaranya mungkin bersifat endemis. Karena letaknya berdekatan satu sama lain, Anda bisa menjelajahi Danau Mahalona, Danau Towuti, dan Danau Matano sekaligus dalam satu hari.

  • Alamat: Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan

5. Danau Sidenreng

Danau Sidenreng

* sumber: id.wikipedia.org

Nah, Danau Sidenreng ini berdekatan dengan Danau Tempe. Sekilas, danau ini seperti bagian dari Danau Tempe. Namun jika Anda melihat lebih detail di peta, Anda akan menemukan pembatas tipis di antara kedua danau yang di atasnya berdiri Jalan Belawa-Wette.

Danau dengan luas permukaan hampir 30 km persegi juga merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sidrap. Festival Danau Sidenreng dibuka setiap tahun untuk menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah. Sejumlah kegiatan dan lomba juga diadakan agar pengunjung merasa betah dan terhibur.

  • Alamat: Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan

Nah, itulah beberapa danau di Sulawesi Selatan yang perlu diketahui. Karena danau memiliki banyak manfaat untuk banyak makhluk hidup termasuk manusia, maka dari itu kita berkewajiban untuk menjaganya sebaik mungkin.

Danau merupakan sumber air minum, sumber pengairan, dan secara keseluruhan merupakan sumber kehidupan dan ekonomi bagi penduduk sekitarnya.

Sulawesi Selatan tidak hanya tentang danau saja, tetapi juga tentang pegunungan yang sangat indah megah, hutan yang sangat kaya, pantai yang sangat spektakuler, budaya yang sangat menakjubkan, dan penduduk yang gagah berani. Sebagai informasi, Sulawesi Selatan adalah rumah bagi banyak pelaut-pelaut paling tangguh di dunia!

Selain bahasan di atas, Keluyuran juga telah membahas banyak hal lain tentang Sulawesi Selatan dan pulau Sulawesi pada umumnya, seperti tentang makanan khas Sulawesi Selatan, pandai paling indah di Makassar, dan lain sebagainya.

Sebelum liburan ke luar negeri, ada baiknya untuk menjelajahi keindahan negeri sendiri. Jangan karena gengsi, uang Anda lari ke luar negeri sementara wisata dalam negeri terabaikan. Ingat, setiap rupiah yang Anda keluarkan di sebuah objek wisata dalam negeri, secara tidak langsung Anda telah membantu menggerakan perekonomian lokal!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *