Inilah 10 Danau di Papua dengan Panorama yang Memikat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 November 2020

Keindahan alam Papua memang tidak ada duanya, yang indah dari alam Papua bukan hanya Raja Ampat saja. Ada juga keindahan alam Papua yang berupa danau-danaunya yang tidak kalah cantiknya.

Kepikiran untuk berlibur ke Papua? berikut ini adalah ulasan beberapa danau di Papua yang kecantikannya memanjakan mata.

1. Danau Habema

Danau Habema

Danau Habema merupakan sebuah danau yang berada di Kabupaten Jayawijaya, tepatnya berada di Kaki Gunung Trikora. Danau Habema berada di ketinggian 3.225 mdpl, dan danau ini dianggap keramat oleh Suku Dani. Masyarakat menganggap Danau Habema sebagai sumber kehidupan dan kesuburan.

Keindahan alam di sekitar danau juga akan membuat kamu terpesona. Pemandangan dari padang rumput yang hijau, pegunungan dengan saljunya yang putih sebagai latarnya. Selain itu berbagai flora dan fauna endemik dari Papua juga menghiasi keindahan alam di sekitar danau.

Perjalanan menuju keindahan Danau Habema memiliki jalur yang cukup ekstrim. Jalan terjal dan konturnya yang berbukit-bukit membuat kamu harus menempuhnya sekitar 3 jam dari Kota Wamena dengan Mobil. Tetapi perjalananmu akan ditemani oleh udara sejuk dan indahnya pepohonan  hijau.

  • Alamat : Taman Nasional Lorentz, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Prov. Papua
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis (Biaya yang diperlukan adalah dana transport dan guide)

2. Danau Uter

Danau Uter

Danau Uter merupakan sebuah danau yang terkenal karena kejernihan airnya.  Lokasinya yang berada di tengah hutan, membuat terjaga kealamian danaunya. Kebersihan dan kejernihan dari air danau ini karena danaunya dikelilingi oleh hutan-hutan. Danau ini masih asri belum terdampak oleh polusi.

Danau indah ini harus kamu tempuh dengan perjalanan yang cukup berat. Kamu butuh waktu 5 jam jika ditempuh dari Kota Sorong, dan 1 jam jika ditempuh dari Bandara Kambuaya. Lelahnya perjalanan yang kamu tempuh akan terbayar dengan keindahan dari Danau Uter dengan airnya yang jernih.

Danau Uter memiliki air danau yang berwarna biru kehijauan dan bening. Kejernihannya akan membuatmu dapat melihat dasar danau serta ikan yang berenang di dalamnya. Danau ini dikelilingi oleh bukit karst yang ditumbuhi oleh rerumputan yang biasa disebut dengan nama Bomira.

  • Alamat : Kp. Sris, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Prov. Papua Barat
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis

 3. Danau Framu

Danau Framu

Danau yang satu ini juga terletak di tengah hutan yang lebat, danau ini masih bagian dari danau Ayamaru. Framu merupakan danau yang terkenal karena kejernihannya dengan airnya yang berwarna kebiruan. Kebersihan dan kejernihan dari air danaunya membuat kamu dapat melihat dasar danaunya.

Selama perjalanan menuju danau Framu kamu akan melihat banyak pepohonan yang masih lebat menemani. Setelah sampai di Kota Ayamaru, perjalanan harus kamu tempuh dengan berjalan kaki, dengan jarak sekitar 1,5 km. Tiba di danau kamu akan di suguhi pemandangan yang memukau mata.

Air danaunya yang jernih memiliki suhu yang cukup dingin, untuk yang tidak bisa berenang kamu dapat berenang di tepian saja karena kedalaman danaunya bisa mencapai 6 meter. Kerjenihan dari danau ini  merupakan upaya dari masyarakat setempat dengan senantiasa menjaga dan melestarikan danau.

  • Alamat : Kota Ayamaru Kabupaten Maybrat, Prov. Papua Barat
  • Jam buka : 24 Jam
  • Parkir : Mobil Rp50.000, Motor Rp10.000

4. Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai merupakan sebuah danau yang berada di Distrik Paniai Timur. Danau ini terletak pada ketinggian 1.700 mdpl, sehingga udara di sekitar danau ini terasa sejuk.  Danau  ini pertama kali ditemukan oleh seorang pilot bernama Frits Julius Wissel, yang berkebangsaan Belanda.

Wissel sempat mendaratkan pesawatnya untuk melihat keindahan dari Danau Paniai ini. Danau ini cukup luas sekitar 14,500 hektar, dengan pemandangan di sekelilingnya berupa pegunungan yang tinggi. Air danaunya yang berwarna biru tua juga nampak jernih dengan ikan-ikan di dalamnya.

Terdapat dua cara bagi kamu untuk mengunjungi danau ini. Pertama adalah jalur darat yang memiliki jalan yang berkelok-kelok dan juga terjal. Kamu yang memiliki dana lebih dapat menggunakan jalur udara. Kamu dapat naik pesawat penumpang jenis Pesawat Cessna yang dapat mendarat di ketinggian.

  • Alamat : Paniai Timur,  Kabupaten Paniai, Prov. Papua
  • Jam buka : 24 Jam

5. Danau Love / Imfote

Danau Love

* sumber: www.hipwee.com

Danau Imfote atau yang lebih sering disebut dengan Danau Love merupakan sebuah danau yang memiliki bentuk menyerupai bentuk hati. Kamu dapat melihat bentuknya dengan jelas jika kamu melihatnya dari atas bukit. Danau ini terletak di daerah Imfote yang juga menjadi nama dari danau ini.

Danau ini terlihat sangat indah dengan bukit hijau yang mengelilinginya. Keindahan dari danau ini juga, membuatnya dijadikan spot untuk pengambilan foto pre-wedding. Di sekitaran danau tidak terdapat bangunan untuk berteduh, jadi pastikan unutk membawa tabir surya jika datang di hari yang panas.

  • Alamat : Atabar, Kec. Ebungfau,  Kabupaten Jayapura, Prov. Papua
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis

6. Danau Idenberg

Danau Idenberg

Danau Idenberg sering dikatakan sebagai danau misterius, hal itu karena debit air dari danaunya bisa berubah-ubah. Air dari danaunya terkadang tiba-tiba mengering, tetapi terkadang debit airnya melimpah. Perjalanan menuju danau ini pastinya akan membuat kamu terpukau dan terpesona.

Danau ini berada di ketinggian 4.313 mdpl, tepatnya di daerah Tambang Grasberg. Danau ini berada di sebuah ceruk yang di sisi kanan dan kirinya terdapat tebing vertikal yang berwarna keabuan dengan seburat warna putih. Jika kamu mengambil jalur FreePort butuh waktu 2 jam untuk tiba di sana.

  • Alamat : Tambang Grasberg, Distrik  Dogomo, Dumadama, Kabupaten Paniai, Prov. Papua
  • Telepon : 0852 – 8199 – 9800
  • Jam buka : Sabtu, 08.00 – 18.00 WIT

7. Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau yang berada di Kabupaten Jayapura, dan merupakan danau yang sangat terkenal di Provinsi Papua. Luas dari danau ini sekitar 9.360 hektar dengan kedalamannya sekitar 70 meter. Danau ini masuk ke wilayah cagar alam dari Pegunungan Cycloops.

Danau ini kini menjadi satu tempat destinasi wisata yang menarik. Di danau ini biasanya diadakan Festival Danau Sentani setiap setahun sekali. Festival ini tak hanya menyajikan keindahan dari danau Sentani tetapi menjadi ajang bagi warga untuk mengenalkan budaya mereka pada masyarakat luar.

Keindahan dari Danau Sentani ini satu di antaranya adalah gugusan-gugusan pulau yang  berjumlah 22 pulau dengan berbagai ukuran. Selain bertabur pulau-pulau, danau ini juga dihiasi dengan perbukitan hijau nan indah, dan juga danaunya banyak dihuni oleh banyak biota air dari flora dan faunanya.

  • Alamat :Ebungfa, Sentani Kota Jayapura, Prov. Papua
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp10.000

8. Danau Larson

Danau Larson

* sumber: geomagz.geologi.esdm.go.id

Danau Larson merupakan danau yang berada di ketinggian sekitar 4.000 mdpl. Letak dari Danau Larson ini berada di jalur pendakaian menuju Puncak Cartenz. Danau ini biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat para pendaki. Pemandangan danau yang biru terang mampu lepaskan lelah.

Letaknya yang berada di atas pegunungan menjadikannya istimewa, membuat orang terpana oleh keindahan dari alam sekitarnya. Danau Larson ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, tempat danau itu berada seperti dibentengi oleh perbukitan cadas batu yang gagah.

  • Alamat : Pegunungan Jayawijaya, kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua
  • HTM : Bervariasi

9. Danau Anggi Gida dan Anggi Giji

Danau Anggi Gida dan Anggi Giji

Danau Anggi berada di Cagar Alam Pegunungan Arfak, danau ini terdiri dua buah danau besar yang melambangkan laki-laki dan perempuan. Danau Anggi Giji melambangkan laki-laki sedang danau Anggi Gida melambangkan perempuan. Kedua danau ini masih sangat alami dan juga memikat.

Danau ini berada di hamparan hijau rerumputan dan juga perbukitan yang tampak menawan. Tampilan dari Danau Anggi mirip dengan danau Imfote yang berbentuk hati. Kedua danau ini memiliki kontur yang berbeda satu sama lain, tetapi keindahan keduanya tidak perlu kamu sangsikan.

Danau Anggi Gida memiliki tampaln ayng seperti lautan dengan bentangan pasir putihnya. Selain itu danaunya memiliki air yang bergradasi biru tua ke pirus. Sedangkan Danau Anggi Giji memiliki air yang berwarna lebih hitam dan memiliki pasir yang berwarna coklat, dan dasar danaunya adalah lumpur.

  • Alamat :Distrik Anggi Gida, Distrik Anggi Giji, Kab. Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat
  • Jam buka : -

10. Danau Degeli Jagali

Danau Degeli Jagali

Nama danau ini mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, hal itu karena danau ini berada di pedalaman Papua. Danau ini berada di ketinggian 4.300 mdpl, tepatnya berada disebuah lembah dengan samping kiri dan kanannya adalah bukit yang memiliki puncaknya yang runcing.

Masyarakat setempat menjuluki danau ini sebagai danau jahat, hal itu dikarenakan masyarakat percaya bahwa danau ini bisa mencelakakan orang. Orang akan celaka disaat berbuat sesuatu yang tidak pantas, atau merusak alam. Maka sebaiknya  kamu harus tetap menghormati budaya setempat.

Danau yang berada di lembah ini memiliki 4 buah danau dengan air danaunya yang berwarna biru dan juga gradasi dari warna hijau toska. Danau ini memang terlihat cantik, walapun dengan mitos yang membuatmu  merinding, karena diyakini terdapat banyak tengkorak disekitar danau.

  • Alamat : Pegunungan Jayawijaya, kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua
  • Jam buka : -
  • HTM : -

Itulah beberapa keindahan danau di Papua yang musti kamu kunjungi. Kamu tidak akan menyesal saat berkunjung ke sana, karena kamu akan di suguhi bentang alam Papua yang elok dan penuh pesona. Keindahan itu akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi orang yang telah melihatnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram