Yuk, Coba Wisata Kuda Ala Koboi di De Ranch Lembang!

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Kawasan Lembang terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik. Di sini berdiri banyak tempat wisata unik dengan segala daya tarik yang dimiliki. Salah satu di antaranya adalah De Ranch Lembang.

Seperti yang kita tahu, De Ranch adalah tempat wisata yang mengusung konsep wisata a la koboi. Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang De Ranch Lembang, spesial buat kamu.

Wahana dan Spot Menarik

de ranch lembang 14

Ada beberapa wahana dan spot menarik yang bisa kamu kunjungi di tempat wisata yang berdiri di tahun 2007 lalu ini. Apa sajakah itu? Berikut pembahasan selengkapnya:

1. Tunggang Kuda

de ranch 6

Mau merasakan sensasi menjadi koboi? Tenang, kamu nggak perlu jauh-jauh datang ke luar negeri, kok. Cukup dengan mengunjungi De Ranch Lembang dan membayar tarif sebesar Rp50.000 saja, kamu sudah bisa mencoba menunggangi kuda a la koboi. Sebelum menunggang kuda, kamu akan diminta mengenakan kostum  koboi dulu.

Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun dapat mencoba wahana tunggang kuda ini. Tenang, kamu nggak perlu takut kenapa-kenapa, ya. Selama perjalanan, kamu akan ditemani oleh pemandu.

Selain bisa mencoba wahana tunggang kuda, kabarnya di De Ranch ini kamu pun bisa mengikuti pelajaran berkuda. Dan untuk kamu yang cinta banget dengan segala hal yang berhubungan dengan berkuda, kamu dapat bergabung dengan komunitas pencinta kuda di De Ranch. Namanya De Ranch Saddle Club. Keren, ya.

2. Naik Delman

Yuk, Coba Wisata Kuda Ala Koboi di De Ranch Lembang! 1

Dulu, alat transportasi berupa delman sangat populer di Lembang. Namun kini, banyak masyarakat lokal yang beralih ke alat transportasi modern seperti mobil dan motor, sehingga penggunaan delman sebagai alat transportasi mulai ditinggalkan.

Meski begitu, kamu masih bisa mencoba sensasi naik delman di De Ranch Lembang. Ya, di sini ada beberapa unit delman yang bisa kamu naiki. Tarifnya Rp35.000 sampai dengan Rp40.000 untuk tiga orang penumpang. Sangat terjangkau, bukan?

3. Rumah Kepompong

de ranch lembang 8

Selanjutnya, ada spot bernama Rumah Kepompong. Di tempat ini, banyak sekali koleksi kupu-kupu yang telah diawetkan. Sebagian besar dari kupu-kupu yang ada di Rumah Kepompong ini bahkan sudah tergolong kupu-kupu yang langka. Ada lebih dari sepuluh jenis kupu-kupu dengan sayap-sayap yang cantik yang dapat kamu temui di sini.

Oh iya, selama di Rumah Kepompong ini, biasanya kamu akan ditemani pemandu yang akan menerangkan segala hal tentang kupu-kupu. 

Menurut penuturan sang pemandu, pengunjung Rumah Kepompong ini beragam. Ada wisatawan asing, anak sekolah hingga pengusaha batik dari berbagai daerah di Indonesia yang datang untuk mencari inspirasi motif batik dari koleksi kupu-kupu yang ada di sini.

Sekadar info, kamu bisa mengunjungi Rumah Kepompong tanpa membayar biaya tiket masuk alias gratis. Bagaimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke spot menarik yang ada di De Ranch Lembang ini?

4. Pelepasan Domba dan Kelinci

de ranch lembang 9

Buat kamu yang nggak ingin naik kuda, di sini ada pelepasan domba dan juga kelinci yang dapat kamu kunjungi. Kamu bisa langsung berinteraksi dengan para domba dan kelinci yang ada di sini, atau hanya menyaksikan kelucuan mereka dari balik pagar.

Sekadar info, pelepasan domba dan kelinci ini nggak cuma bisa dikunjungi oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Jadi, kalau kamu datang ke De Ranch bareng anak atau keponakan, kamu bisa ajak mereka untuk mengunjungi pelepasan domba dan kelinci.

5. Wahana dan Spot Menarik Lainnya

Yuk, Coba Wisata Kuda Ala Koboi di De Ranch Lembang! 2

Di De Ranch Lembang, kamu dan keluarga juga dapat mencoba wahana dan spot menarik lain, lho. Salah satu di antaranya adalah wahana air bernama Fun Boat. Wahana ini adalah sejenis sepeda air yang bisa digunakan oleh dua orang penumpang.

Selain Fun Boat, di sini ada pula wahana flying fox yang ramah untuk dicoba oleh anak-anak. Kalau kamu mau menjadi pemburu emas, di sini ada wahana The Gold Hunter yang bisa dicoba.

Kamu juga bisa ajak si kecil untuk bermain di playground bernama Little Ranch, atau ajak mereka untuk menaiki kereta unik yang terbuat dari barrel, yakni Barrel Train.

Informasi Harga Tiket dan Jam Operasional

Yuk, Coba Wisata Kuda Ala Koboi di De Ranch Lembang! 3

Nah, setelah membahas tentang wahana dan spot menarik yang ada di De Ranch, kami akan membagikan informasi seputar harga tiket dan jam operasional dari tempat wisata ini. Berikut daftarnya:

  • Harga Tiket Masuk: Rp26.000 per orang (Mulai dari 2 tahun ke atas)
  • Jam Operasional: Hari Selasa s.d Minggu, pukul 09.00 s.d 17.00 WIB, Hari Senin tutup

Fasilitas De Ranch Lembang

Yuk, Coba Wisata Kuda Ala Koboi di De Ranch Lembang! 4

Tak hanya wahana dan spot menarik, serta harga tiket saja, kami pun akan membahas tentang fasilitas dari De Ranch. Berikut ulasannya:

1. Spot Foto

Nggak lengkap rasanya jika kita pergi ke tempat wisata tanpa berfoto, bukan? Meski nggak ada tempat foto khusus, ada beberapa spot yang biasa digunakan untuk berfoto di De Ranch. Salah satunya adalah spot di tengah-tengah rumput yang diapit oleh jajaran pohon cemara yang menjulang tinggi.

Kamu pun bisa minta teman atau keluarga ketika sedang menunggang kuda. Kalau berkunjung ke De Ranch, jangan lupa charge HP biar baterainya penuh, sehingga kamu bisa foto-foto sepuasnya.

Selain berfoto buat feed Instagram, di De Ranch, kamu juga bisa foto pre-wedding, lho. Silakan hubungi nomor kontak yang tersedia untuk informasi mengenai tarif fotonya.

2. Pasar Tanaman dan Toko Oleh-oleh

Setiap tempat wisata pasti memiliki toko oleh-oleh atau souvenir. Tak terkecuali dengan De Ranch Lembang. Di sini, ada toko oleh-oleh yang menjual aneka buah tangan khas De Ranch, sampai pasar yang menjual aneka jenis tanaman.

Di sini, ada pula Tack Shop, yaitu tempat membeli peralatan penunjang kebutuhan berkuda. Kalau kamu hobi berkuda, Tack Shop ini bisa kamu kunjungi.

3. Tempat Makan

Selama di sini, kamu nggak perlu takut perutmu lapar, ya. Tenang, di De Ranch ada food court dengan banyak tenant yang menawarkan aneka makanan, mulai dari yang berat sampai yang ringan.

Ada aneka soto, sate sampai rujak yang enak. So, kalau kamu ke sini, nggak perlu takut akan kesulitan untuk mencari makanan.

Informasi Alamat dan Akses Transportasi De Ranch Lembang

Yuk, Coba Wisata Kuda Ala Koboi di De Ranch Lembang! 5

Berikut informasi tentang alamat atau lokasi, akses transportsi, serta nomor kontak dari tempat wisata a la koboi, De Ranch Lembang:

  • Alamat Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Nomor Kontak: (022) 2785865

Dan berikut rute atau akses transportasi ke De Ranch Lembang dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi:

  • Kendaraan Umum

Jika kamu hendak menuju De Ranch Lembang dari Stasiun Bandung, naiklah angkutan kota Stasiun Hall Lembang sampai ke Terminal Lembang. Setelahnya, kamu bisa berjalan sekitar 700 meter ke De Ranch.

  • Kendaraan Pribadi

Jika kamu hendak berangkat ke De Ranch dengan menggunakan kendaraan pribadi, ambillah rute Jalan Setiabudi menuju Lembang, melalui Jalan Wangunsari. Jalan ini tergolong masih sepi sehingga kamu bisa sampai ke De Ranch lebih cepat lagi.

Hotel di Sekitar De Ranch Lembang

de ranch lembang 2

Inilah daftar hotel dan tempat menginap yang berlokasi tak jauh dari tempat wisata a la koboi, De Ranch Lembang: 

1. Sandalwood Boutique Hotel

  • Alamat: Jl. Seskoau No.1, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Kontak: (022) 2786104

2. Maribaya Family Guest House

  • Alamat: JL Raya Maribaya, No. 28, Lembang, Kab, Lembang, Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Kontak: (0622) 22785492

3. Yehezkiel Hotel

  • Alamat: Jl. Maribaya No.11b, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Sampai di sini pembahasan dari kami tentang De Ranch Lembang. Jika kamu memiliki pengalaman seru selama berwisata ke kawasan Lembang, khususnya De Ranch, silakan bagikan ceritamu dengan pembaca Keluyuran lainnya melalui kolom komentar di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram