10 Dessert Khas Belanda yang Bisa Buat Kamu Ketagihan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 November 2021

Selain terkenal akan kejunya, sudah terbukti orang Belanda juga sangat suka makanan manis dan pastry-nya. Banyak dari dessert khas Belanda muncul sebagai produk dari abad kolonial masa lalu yang sudah menanamkan rasa serta bahan Oriental ke negeri ini. Bercampur dengan tradisi Eropa yang kaya akan susu, sekarang Belanda memiliki budaya pembuatan makanan manis terbaik.

Dessert khas Belanda cenderung berisi banyak krim kental yang lezat dan bahan berkalori tinggi lainnya semisal mentega, sirup gula dan kue manis yang kenyal. Dessert klasik ini bisa dijumpai di seluruh Belanda dan sering disantap sebagai camilan atau dihidangkan sebagai dessert sesudah makan malam. Yuk, kita intip dessert khas Belanda yang bisa buat kamu ngiler!

Baca juga: 10 Makanan Khas Belanda Paling Enak dan Menggoda Selera

1. Appelflapen

Appelflapen

Fakta kalau orang Belanda menggemari apel sudah diketahui sejak lama. Kegemarannya akan apel ini menandingi kehebatan mereka dalam membuat kue. Sebagai buktinya semua produk 'apel Belanda' yang terdapat di pasaran. Kedua elemen menghasilan satu dessert yang luar biasa bernama appelflappen.

Hidangan ini merupakan resep favorit saat musim dingin, khususnya ketika perayaan Tahun Baru. Di rumah-rumah akan tercium aroma kayu manis dan apel yang hangat. Appleflappen merupakan dessert yang berbahan adonan beragi dan digoreng sampai sempurna.

Cara membuatnya adalah dengan mencelupkan apel ke dalam adonan yang sudah berbumbu, kemudian digoreng. Appleflappen diberi taburan dengan taburan kayu manis dan gula untuk sentuhan akhirnya.

2. Tompouce

Tompouce

Nama dessert khas Belanda ini diambil nama kurcaci yang tampil dengan nama panggungnya Tom Pouce. Tompounce merupakan puff pastry lezat berbentuk persegi panjang yang seperti sandwich. Dessert ini mirip dengan mille-feuille Prancis atau disebut juga kue Napoleon, tapi isinya berupa custard vanilla dalam jumlah yang sangat banyak.

Tompouce memiliki aturan yang ketat dalam hal ukuran, bentuk serta warna, ditandai dengan lapisan merah muda halus, terkadang putih dan di atasnya diberi glasir. Hanya di hari Koningsdag (Hari Raja), kue ini atasnya boleh diganti jadi oranye tidak merah muda untuk menghormati dari keluarga kerajaan Belanda Orange-Nassau.

Warna kue ini mulai sekitar tahun 1990 diperbolehkan jadi oranye setiap kali Belanda bertanding di turnamen sepak bola internasional yang besar. Isian kue ini selalu memiliki rasa yang manis dan warnanya kuning krim. Di beberapa kesempatan, krim kocok bisa ditambahkan pada tompouce sebagai topping.

Biasanya kue ini dihidangkan dengan teh atau kopi. Karena sangat rapuh, kue ini cenderung sedikit berantakan, bahkan bila dimakan menggunakan garpu.

3. Poffertjes

Poffertjes

Poffertjes adalah dessert khas Belanda yang bisa dijumpai dijual di negara kita. Hidangan Belanda yang lezat ini bisa dijumpai di pasar luar ruangan serta di sudut-sudut jalan saat musim dingin. Poffertjes merupakan pancake kecil dan lembut yang terbuat dari ragi dan tepung soba.

Camilan lezat ini dibuat memakai wajan khusus dengan lekukan yang dangkal pada bagian bawahnya untuk menahan adonan sehingga menghasilkan pancake kecil yang mengembang sempurna. Biasanya poffertjes dihidangkan dengan gula bubuk dan mentega di atasnya.

Terkadang pancake disantap dengan topping manis lainnya, seperti slagroom (whip cream), stroop (sirup), atau aardbeien (stroberi). Di Amsterdam poffertjes bisa dijumpai di banyak festival, khususnya di musim dingin.

4. Vlaai

Vlaai dikenal juga sebagai Limburgse karena dessert khas Belanda ini asalnya dari Provinsi Limburg di Belanda dan Belgia. Selain itu, dikenal juga dengan nama Weertervlaai, yaitu untuk menghormati kota Weert, tempat versi standar untuk vlaai Belanda dibuat saat ini.

Ukuran diameter kue vlaai tradisional (tart) sekitar 30 sentimeter dan terdiri biasanya dari kue dan isian buah, seperti prem, aprikot, ceri atau stroberi. Terkadang mungkin juga diberi campuran berupa mentega dan gula yang dihancurkan, yang disebut "greumellevlaai" dalam bahasa Limburg dan "kruimelvlaai" dalam bahasa Belanda. Selain itu juga bisa diisi nasi serta bubur puding ("rijstevlaai").

Jika dipanggang dengan benar, vlaai akan menghasilakan crust yang kenyal dan biasanya diberi topping dengan butiran besar gula renyah. Kue ini paling sering disantap saat acara-acara yang sangat khusus, misalnya ulang tahun atau pemakaman.

5. Slagroomtaart

Slagroomtaart umumnya dihidangkan saat acara-acara khusus. Dessert khas Belanda ini harus dicoba setidaknya sekali saja. Slagroomtaart merupakan kue berlapis yang berisi buah-buahan dan krim. Fakta lainnya yaitu kue ini mudah untuk dibuat.

Agar sukses dalam membuat slagroomtaart, kuncinya yaitu menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk bagian layer. Bahan ini termasuk pure aprikot, sponge cake yang dipotong jadi tiga, krim kocok buatan sendiri serta buah-buahan favorit. Kue ini kaya rasa, teksturnya lembut serta nikmat.

6. Boterkoek

Boterkoek

Boterkoek atau kue mentega ini kaya akan kalori. Ini sesuatu yang lumrah karena bahan yang digunakannya adalah mentega, tepung, gula kastor, dan telur. Untuk memberikan rasa, adonan ditambahkan kulit lemon, vanila, dan garam. Kue ini padat dan manis, creamy, halus dan mudah hancur.

Bagi penyuka makanan manis, sepotong kecil kue ini sudah cukup untuk membuat mereka senang dan menambah energi. Kue ini biasanya dihidangkan dengan secangkir kopi yang panas. Boterkoek merupakan bukti dari kekayaan produk susu yang terkenal di Belanda. 

7. Stroopwafels

Stroopwafels

Stroopwafel merupakan dessert khas Belanda dengan tekstur kenyal dan rasanya lezat. Kue ini pertama kali dibuat selama abad ke-18 di kota Gouda di Belanda. Faktanya, hingga tahun 1870 produksi stroopwafel hanya dilakukan di Gouda dan di kota ini saja terdapat sekitar 100 toko roti yang menjual camilan ini.

Camilan manis ini berupa kue wafel yang dibuat dari dua lapis adonan tipis yang tengahnya diberi isian dengan sirup lengket. Di hampir tiap toko kelontong serta toko roti di Belanda bisa ditemukan kue ini dijual dalam kemasan plastik. Ada juga bentuknya yang fresh yang di jual di stan jalanan di pasar maupun festival.

Di Amsterdam, wisatawan bisa menemukan stroopwafel yang baru dibuat dijual di pasar jalanan Amsterdam seperti Noordermarkt dan Albert Cuypmarkt. Stroopwafels enak sekali jika dinikmati dengan secangkir kopi atau teh. Kue ini dijual dalam berbagai ukuran, tapi yang paling umum diameternya dapat menutup cangkir minuman panas.

8. Oliebol

Oliebol

Dessert khas Belanda juga Belgia, oliebol, secara harfiah bisa diterjemahkan menjadi bola berminyak. Oliebol dibuat dari bahan berupa tepung terigu, telur, baking powder, ragi, dan susu, kemudian adonan digoreng dalam minyak panas. Bagian luar camilan ini renyah, sementara bagian dalamnya kenyal dan lembut. Ini merupakan comfort food yang terbaik.

Umumnya camilan yang digoreng ini diberi taburan gula bubuk, sedangkan beberapa varian lain diberi isi dengan currant atau kismis yang dimasukkan sebelum adonan digoreng. Sering kali oliebollen dibuat dan dinikmati di berbagai pameran. Makanan ini juga sangat populer saat periode Natal serta Tahun Baru. Oliebollen banyak dijual di stan jalanan di seluruh Belanda dan Belgia di musim dingin.

Camilan manis ini disarankan untuk disajikan dengan secangkir kopi panas dan diberi taburan dengan gula bubuk sebelum disantap.

9. Kerststol

Kerststol

Roti Natal manis tradisional dari Belanda ini dinamakan kerststol. Bentuk roti ini oval, hampir sama dengan paasbrood (roti Paskah). Yang membedakan adalah tambahan gula bubuk di atasnya.

Roti ini bahannya menggunakan ragi dan mengandung beberapa bahan utama lainnya, yaitu buah-buahan kering, sultana, current, gula, susu, kismis, mentega, kulit lemon dan jeruk, air, vanila kayu manis, dan brendi. Varian yang lebih mewahnya memasukkan almond, kenari atau hazelnut cincang, dan bubuk jahe atau jahe parut, apel, ceri kering serta cranberry, kiwi maupun kapulaga.

10. Spekkoek

Spekkoek

Kebanyakan dessert khas Belanda terbaik merupakan makanan yang tertua dan merujuk pada sejarah negara ini yang kaya juga beragam. Spekkoek adalah salah satunya. Makanan manis ini dibuat ketika Belanda berperan dalam perdagangan rempah-rempah.

Kue manis ini merupakan perpaduan antara timur dengan barat. Bentuk kue ini terdiri dari adonan berlapis. Masing-masing lapisan adonan mengandung kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan pala. Kue ini membutuhkan proses yang lama karena tiap lapisan memerlukan perhatian khusus. Saat mencicipinya orang akan tahu mengapa kue ini sudah lama menjadi favorit.

10 Dessert khas Belanda ini membuktikan bahwa negeri kincir angin ini tak hanya terkenal dengan kejunya saja. Negara ini juga merupakan penghasil makanan penutup yang lezat. Dessert-nya juga berhubungan dengan sejarahnya dulu sehingga ada kue yang merupakan perpaduan timur dan barat, seperti spekkoek.

Sepertinya untuk orang Indonesia dessert khas Belanda ini beberapa tidak begitu asing karena sering ditemui dijual di sini, seperti poffertjes, spekkoek atau stroopwafel. Adakah makanan manis lainnya khas Belanda yang ingin kamu coba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram