10 Dessert Khas Belgia yang Lezat Selain Cokelat

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 4 November 2021

Begitu mendengar negara Belgia yang akan terbayang adalah cokelat karena negara ini terkenal sebagai salah satu penghasil cokelat terbaik di dunia. Negara ini, faktanya setiap tahun menghasilkan 172.000 ton dan memiliki lebih dari 2.000 pembuat cokelat. Namun, bukan hanya cokelat yang menjadi spesialisasi negara ini.

Belgia juga memiliki beberapa makanan penutup paling lezat. Dessert khas Belgia yang susah untuk ditemukan misalnya mattentaart atau coque de dinant yang keras, yang hanya bisa ditemukan di kota-kota Belgia saja. Penasaran dengan dessert dari Belgia, yuk kita intip daftarnya di sini.

Baca juga: Inilah 12 Makanan Khas Belgia yang Rasanya Sangat Lezat

1. Geraardsbergse Mattetaart

Geraardsbergse Mattetaart

Mattentaart, makanan penutup khas Flanders Timur ini merupakan pai puff pastry kecil yang berisi dadih keju rasa almond yang lembut yang disebut dengan mattenbrij. Umumnya pai Flemish yang lezat ini dibuat di kota Geraardsbergen serta desa tetangga Lierde.

Produksi pai ini bergantung sekali pada produk susu daerah Geraardsbergen karena mattentaarts asli dibuat hanya dengan memakai susu segar, mentega serta buttermilk yang berasal dari peternakan lokal.

Walaupun mattentaart asal-usulnya bisa ditelusuri kembali ke Abad Pertengahan, resep tertua pai ini diketahui ditemukan dalam buku Een Notabel Boecxken van Cokeryen. Ini adalah buku masak pertama dalam dalam bahasa Belanda dan ditulis dan diterbitkan oleh Thomas van Der Noot pada tahun 1514.

Belakangan pai ini bahkan digambarkan oleh Pieter Bruegel the Elder, pelukis dan pembuat grafis Flemish Renaissance, dalam lukisannya yang berjudul The Peasant Wedding pada tahun 1567.

Pada tahun 2006, Uni Eropa menyatakan kue ini sebagai produk regional yang dilindungi. Ini artinya kue hanya bisa disebut mattetaart bila diproduksi di Geraardsbergen meskipun mattentaart sekarang sudah terkenal di seluruh Belgia dan luar negeri.

2. Couque de Dinant

Couque de Dinant

Couque de Dinant merupakan dessert khas Belgia yang asalnya dari Dinant di Wallonia. Ini berupa biskuit manis keras yang dibuat hanya menggunakan dua bahan, yaitu tepung terigu dan madu. Berdasarkan legenda, ketika pada tahun 1466 kota itu dikepung, kedua bahan tersebut merupakan satu-satunya bahan yang tersisa.

Konsistensi biskuit yang keras berasal dari adonan yang dimasak di bawah suhu yang tinggi sekali, 300 °C, hingga 15 menit yang membuat madu jadi caramelized. Coque memiliki banyak bentuk seperti orang, hewan, bunga, dan bahkan lanskap. Kue ini juga bisa disimpan dalam waktu yang lama serta digunakan untuk hiasan pohon Natal maupun memperingati acara-acara khusus.

Yang kerennya lagi, biskuit alot ini diberikan oleh warga Dinant kepada anak-anak kecil supaya gusinya lebih kuat. Konon, cara makan yang terbaik yaitu dengan memecahnya jadi potongan kecil dan perlahan melelehkannya di mulut agar rasa madunya bisa terlepas.

3. Wafel Belgia

Wafel Belgia

Wafel merupakan dessert khas Belgia yang sudah banyak dikenal orang. Info yang tidak banyak orang tahu adalah wafel di Belgia memiliki beberapa variasi dan sebenarnya wafel Belgia di Belgia itu tidak ada. Sebaliknya, terdapat varian di tiap regional dan dua yang paling terkenal adalah gaufres de Liège, dikenal juga sebagai gaufres de chasse ataupun wafel berburu serta wafel Brussel.

Wafel Liège merupakan versi terbaru dari kedua varian tadi, tapi banyak yang mengatakan kalau wafel Liège lebih enak. Liège dibuat dari adonan roti brioche yang kemudian dicampur dengan gula mutiara yang berubah caramelized ketika dipanggang. Wafel yang lebih padat, lebih tebal dan lebih manis ini merupakan wafel yang terpopuler di sekitar Belgia.

Berbeda dengan wafel Liège yang tidak rata, wafel Brussel teksturnya lebih ringan, lebih renyah serta mudah dikenali dari bentuknya. Wafel ini memiliki bentuk persegi panjang yang sempurna. Bahan untuk membuat wafel Brussel adalah adonan yang menggunakan putih telur atau ragi dan umumnya dihidangkan polos atau dengan taburan gula manisan.

Kedua wafel ini bisa ditemukan di kios pinggir jalan, restoran serta gauferies atau ruang teh di seluruh Belgia. Selain itu, ada juga juga versi wafel tipis dan renyah yang umumnya berasal dari Flanders barat, yang disebut boterwafel di Flanders atau Galette au Beurre di Wallonia.

4. Mastel

Mastel

Mastel merupakan roti tradisional Belgia yang asalnya dari Ghent. Rotinya mirip dengan bagel dan umumnya dipotong jadi dua, lalu diolesi mentega dan diberi taburan brown sugar atau gula cokelat. Kemudian potongan tadi diletakkan di antara potongan-potongan aluminium foil dan disetrika. Proses penyetrikaan menjadikan gula menjadi karamel serta membuat mastel berbentuk rata.

Dulunya, mastel disetrika menggunakan setrika pakaian asli, tapi saat ini kue ini umumnya dipanaskan dan diratakan menggunakan mesin yang bentuknya mirip dengan panini press. Suguhan manis ini bisa dicicipi selama bulan Agustus pada perayaan Patershol.

5.  Stofe

Stofe

Stofé asalnya dari kota Wavre yang berada di wilayah Wallonian Prancis Belgia. Dessert khas Belgia ini merupakan kue keju manis populer. Keju cottage atau disebut stofé di Walloon dibuat dengan mencampurkan meringue dan almond pahit dan manis kemudian dituangkan di atas alas irisan apel.

Jodoigne, kota tetangga juga mempunyai versi mirip souffle yang dinamakan blanke doréye. Dalam kue ini almond diganti dengan sedikit vanilla dan irisan apel dengan yang dihaluskan. Bagaimanapun cara membuatnya, keju yang digunakan haruslah keju cottage berkualitas karena inilah yang membuat dessert ini memiliki rasa unik.

6. Pannenkoeken

Pannenkoeken

Layaknya negara tetangganya, Belanda, Belgia juga memiliki pancake. Pannenkoeken merupakan dessert khas Belgia, khususnya di Flanders. Pancake ini dibuat menggunakan adonan tepung (atau soba), telur, susu serta garam. Yang membedakan dari pancake Amerika Utara adalah pancake Belgia lebih besar dan lebih tipis tetapi lebih tebal dari crêpes Prancis.

Pannenkoeken bisa disantap manis atau gurih dan ditambah topping seperti keju, bacon, kismis, manisan jahe, irisan apel serta salmon asap. Pancake ini bisa diisi dengan beragam bahan yang diinginkan. Garnish terakhir untuk pancake adalah stroop, sirup sakarin kental, biasanya ditambahkan untuk menciptakan versi makanan penutup.

7. Liers Vlaaike

Liers vlaaike

Kue yang manis dan hangat ini berbentuk kue tart dan merupakan salah satu dessert khas Belgia yang paling terkenal. Liers vlaaike yang lezat ini dibuat secara eksklusif di kota Lier, Flemish. Kue ini terdiri dari crust pâté brisée yang tipis dan diberi isian dengan pure kental yang creamy.

Dasar kue adalah shortbread yang tidak diberi pemanis. Sementara itu isian aromatiknya berupa remah roti kasar, susu, sirup permen, dan tepung. Untuk rasa hangatnya berasal dari campuran rahasia rempah-rempah di antaranya cengkeh, kayu manis, ketumbar dan pala.

Usia resep aslinya diyakini lebih dari 300 tahun, yang membuat liers vlaaike salah satu makanan panggang tertua dari provinsi Antwerpen.

8. Appelflap

Appelflap

Appelflap tidak diragukan lagi merupakan salah satu dessert yang paling populer di Belgia. Ia juga adalah comfort food terbaik. Bahkan, appelflap juga disebut sebagai salah satu makanan yang paling mudah dibuat. Pada dasarnya kepopuleran appelflap atau chausson aux pommes sebanding kepopuleran apple turnover dari Inggris.

Kue ini berupa kue kering yang diberikan isian dengan campuran apel, kayu manis, dan kadang-kadang pasta almond, kismis atau currant, lalu ditaburi gula. Ketika adonan dimasukkan ke dalam oven, apel berubah jadi manis dan lengket. Trik agar bisa menghasilkan appelflap terbaik yaitu dengan memanggangnya menggunakan mentega asli dan untuk isiannya menggunakan apel kuning kehijauan.

Sebagai sentuhan akhirnya bisa ditambahkan sejumput kulit lemon parut serta bubuk rum untuk memberikan rasa ekstra. Kopi panas atau es kopi bisa jadi teman untuk menyantap kue ini.

9. Sneeuwballen

 Sneeuwballen

Sneeuwballen atau bola salju menyala merupakan dessert khas Belgia yang hanya tersedia dari bulan September sampai Maret. Ini merupakan makanan manis tradisional Belgia yang terdiri dari custard vanila yang diberi lapisan dark cokelat Belgia dan ditaburi gula icing.

Walaupun merek Larmuseau masih merahasiakan dan menjaga ketat resepnya, diketahui kalau sneeuwbal yang sempurna akan pecah saat digigit dan akan meleleh di lidah. Ditemukan pada awal abad ke-20, camilan lezat ini penemunya adalah August Larmuseau dari Ghent.

10. La Dame Blanche

La Dame Blanche

La Dame Blanche merupakan sentuhan Belgia untuk hot fudge sundae. Dessert khas Belgia ini dihidangkan dalam gelas dan berupa es krim vanilla yang diberi topping krim kocok segar, ceri, serta saus hangat spesial au chocolat yang dibuat dari krim kental, cokelat pahit serta mentega.

Sentuhan khusus untuk La Dame Blanche biasanya bir pencuci mulut seperti Cherish Raspberry Lambic. Nama dessert yang sama dengan nama opera Prancis terkenal hasil karya penulis Skotlandia Sir Walter Scott ini biasanya ditemukan di sebagian besar restoran Belgia. Pendamping yang sempurna untuk hidangan penutup klasik ini adalah Cherish Raspberry dan bir Lambic Belgia.

10 dessert khas Belgia ini begitu menggiurkan. Ternyata selain terkenal dengan produk cokelatnya, Belgia juga memiliki makanan penutup yang lezat dan menggugah selera. Penyuka makanan manis pastinya langsung tertarik.

Salah satu dessert khas Belgia juga ada yang cukup unik karena sengaja diberikan pada anak-anak agar mereka memiliki gusi yang bagus. Apakah kamu tahu apa nama makanan penutup itu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram