11 Dessert Khas Bulgaria yang Membuat Penikmatnya Ketagihan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Januari 2022

Dessert khas Bulgaria memiliki banyak ragamnya, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Selain itu, makanan negara ini juga mendapatkan pengaruh dari telah Turki, Yunani, Jerman dan Austria. Keragaman negara-negara ini mencerminkan kelompok etnis serta tradisi kuliner yang berbeda-beda yang ikut mempengaruhi makanan penutup negara Bulgaria.

Seperti negeri-negara tetangganya, dessert khas Bulgaria juga menggunakan phyllo pastry, kacang-kacangan, juga rempah seperti kayu manis. Di Bulgaria, makanan penutup yang sering disajikan di restoran adalah pancake atau crepes. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan topping manis atau diberi krim kocok juga madu. Mau tahu apalagi jenis dessert dari Bulgaria? Cek daftar berikut ini.

Baca juga: 10 Dessert Khas Swedia dengan Kue-Kuenya yang Lezat

1. Funiiki S Krem

Funiiki S KremSumber: youtube.com

Di Polandia hidangan penutup ini disebut sebagai rurki atau rurki z kremem. Dessert khas Bulgaria ini berupa makanan manis sejenis krim gulung yang dibuat dari adonan pastry tipis yang umumnya diisi dengan krim kue kering atau krim kocok. Karena bentuknya, dessert ini sering disebut sebagai dessert torpedo.

Selain di Polandia, kue ini juga bisa ditemui di negara-negara lainnya. Asal usul hidangan penutup ini sering dihubungkan dengan Turki dan Bulgaria. Di Turki dessert ini disebut dengan torpil tatlısı dan dan di Bulgaria disebut funiiki s krem.

Makanan manis ini memiliki banyak varian mulai dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, tekstur, penampilan, dan rasa dari roti gulung serta jenis krim yang digunakan untuk isian.

Di Polandia, biasanya rurki yang panjang dan renyah ini bentuknya seperti wafer tabung yang diisi dengan krim kocok yang kental dengan rasa yang manis.

Di negara tersebut rurki merupakan street food yang populer. Di negara lain, krim gulung ini bentuknya mirip dengan roti gulung yang lembut dan buttery dengan tekstur berlapis dan umumnya diisi dengan krim pastry atau krim custard.

2. Banitza

Banitza

Ketika menikmati pagi dengan secangkir kopi di Bulgaria, jangan lupa makanan pendampingnya, seperti banitza. Dessert khas Bulgaria ini adalah kue yang diisi dengan apel dan kenari. Kue dengan rasa yang lezat ini merupakan hidangan kue yang paling umum disantap di negara ini dan bisa ditemukan di berbagai tempat.

Kamu bisa menemukan kue ini di tempat seperti pompa bensin sampai kedai kopi dan toko roti dengan isinya yang bermacam-macam, seperti labu dan gula, bawang bombay, keju, jamur, kubis, atau bayam. Ada juga jenis banitza yang dibuat dari susu dan dihidangkan sebagai makanan penutup.

Camilan enak ini dibuat dengan cara menumpuk lapisan phyllo pastry, yang dalam bahasa Bulgaria disebut fini kori, dengan mentega serta keju tradisional Bulgaria dan telur. Sesudah adonan jadi dan dipanggang sampai matang, barulah dikonsumsi sebagai sarapan. Kue ini cocok dengan boza, yaitu minuman dari gandum yang difermentasi.

3. Torta Garash

Torta Garash

Kue yang menggoda selera ini merupakan salah satu dessert khas Bulgaria paling populer. Makanan manis ini terdiri dari lima lapis kue spons kenari yang halus yang dilapisi dengan dark chocolate. Kemudian semua lapisan kue ditutup dengan lapisan icing cokelat atau krim ganache. Di atasnya diberi hiasan berupa kenari, irisan almond, kelapa kering, atau hiasan cokelat.

Penemu kue ini adalah Kosta Garash, seorang pembuat manisan Austro-Hongaria yang membuatnya pada tahun 1885. Ketika itu dia bekerja di sebuah hotel mewah yang berada di kota Ruse. Hotel itu merupakan tempat pertama kali dia menyajikan kue tersebut.

Kemudian dia pergi ke Sofia dan segera membuat kue tersebut yang akhirnya menjadi dessert khas Bulgaria yang populer. Sekarang ini kue tersebut banyak ditemukan di menu toko-toko kue dan restoran di seluruh negeri.

4. Kurabiiki

KurabiikiSumber: youtube.com

Kurabiiki merupakan varian versi Bulgaria untuk qurabiya, yaitu kue Timur Tengah yang populer. Di Bulgaria, kue manis yang dibuat dari mentega, kuning telur, madu, tepung dan gula ini sangat populer di saat musim liburan.

Kue ini biasanya dibentuk jadi bola, sebelum dipanggang dicelupkan terlebih dulu ke dalam gula kasar. Ketika sudah matang, warnanya menjadi kecokelatan dan bisa dikonsumsi sekaligus atau disimpan sebagian lagi dalam toples dan kaleng yang ditutup dengan rapat. Ini untuk memastikan agar kurabiiki tetap renyah serta segar dalam waktu yang lama.

5. Tikvenik

Tikvenik

Tikvenik merupakan kue tradisional Bulgaria yang dibuat dari lembaran tipis adonan yang kemudian diberi isi dengan kenari yang digiling kasar, parutan labu, gula serta kayu manis. Makanan penutup yang berisi labu ini merupakan versi manis dari banitza, dessert Bulgaria lainnya.

Setelah dipanggang dan matang, tikvenik kemudian diiris dan biasanya diberikan taburan gula bubuk. Tikvenik sering dihubungkan dengan musim dingin dan umumnya dihidangkan pada Malam Natal.

Namun kue ini juga bisa dinikmati sepanjang tahun, baik sebagai menu sarapan lezat maupun makanan penutup. Disarankan untuk menyantap tikvenik dengan ditemani segelas minuman yogurt.

6. Medenki

Kue Bulgaria yang populer ini disebut medenki. Bahan yang digunakan untuk membuat dessert khas Bulgaria ini di antaranya tepung, tepung gandum, minyak sayur, telur, ekstrak vanilla, madu dan kayu manis. Setelah dipanggang dan matang, sering kali medenki dilapisi dengan cokelat (hitam atau putih) serta gula.

Jika berkunjung ke Bulgaria selama waktu Natal, kemungkinan besar kamu akan mencoba dessert khas Bulgaria yang lezat ini. Kue ini bisa dinikmati dengan teh dan kopi dan untuk si kecil, kue ini bisa disantap dengan ditemani secangkir susu.

7. Kozunak

Kozunak merupakan roti Paskah khas Bulgaria. Roti ini dihidangkan saat Natal dan juga acara-acara khusus lain. Ada juru masak yang mengepang roti ini saat membuatnya, ada juga yang mengepang rotinya kemudian memasukkannya ke dalam cetakan berbentuk bulat sehingga bentuk akhirnya seperti cetakannya, bulat.

Dalam ritual keagamaan di Eropa Timur, roti merupakan bagian yang penting. Kozunak yang selalu hadir di meja makan pada hari Paskah adalah contoh utama dari pentingnya roti dalam upacara keagamaan mereka.

Kozunak merupakan roti yang dibuat dari adonan beragi yang rasanya sedikit manis dan ditambah dengan kismis. Beberapa versi dari roti ini ada yang menambahkan topping irisan almond, tapi itu murni versi daerah dan pilihan bukan keharusan.

8. Marudnik

Marudnik

Marudnik adalah dessert khas Bulgaria yang menjadi spesialisasi wilayah Pegunungan Rhodope. Kue ini penampilannya mirip dengan pancake dan dibuat dari tepung, mentega, soda kue, telur, garam, dan yogurt, bahan pokok di Bulgaria. Marudnik umumnya dipanggang di atas tikla, yaitu batu datar yang panas.

Biasanya marudnik dinikmati sebagai hidangan terakhir sesudah makan besar dan sering sekali dihidangkan dengan buah beri liar yang diawetkan. Marudnik cara membuatnya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu.

9. Oshav

Oshav

Di Bulgaria umumnya oshav dibuat untuk acara Malam Natal. Dessert khas Bulgaria ini merupakan hidangan sederhana yang dibuat dari buah kering, seperti apel, plum, dan pir. Buah-buahan tersebut kemudian direbus.

Sebelum merebusnya, buah-buahan kering harus dicuci terlebih dulu, barulah sesudahnya dimasukkan ke dalam panci yang diisi dengan air, lalu direbus sampai lunak.

Ketika buah-buahan sudah lunak, ditambahkan gula atau madu juga rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh untuk meningkatkan rasa. Oshav baiknya disajikan dingin.

10. Donat Kazanlak

Donat Kazanlak merupakan hidangan khas dari kota Kazanlak yang berada di Bulgaria. Kota ini dikenal juga sebagai Kota mawar. Donat ini dibuat dari tepung, telur, yogurt, ragi, susu, gula, garam, dan perasa vanilla.

Jika adonan selesai, kemudian digoreng di dalam minyak panas. Biasanya donat Kazanlak ditaburi gula halus atau ditaburi selai, madu, atau sirup. Namun donat ini bisa juga dikonsumsi tanpa diberi topping apapun.

11. Kifla

KiflaSumber: youtube.com

Kifla merupakan roti gulung berbentuk bulan sabit yang diisi dengan isian berupa cokelat, selai jeruk, atau isian lainnya. Walaupun bentuknya terlihat seperti croissant, roti ini memiliki struktur dan kepadatan yang berbeda.

Kifli teksturnya lembut, enak dan hanya akan meleleh di mulut saat dimakan. Roti ini merupakan contoh luar biasa dari dessert Bulgaria yang enak.

Itulah 11 dessert khas Bulgaria yang tak kalah nikmatnya dibandingkan makanan penutup dari negara-negara Eropa lainnya. Makanan penutup ini terdiri dari beragam makanan, mulai dari roti hingga rebusan buah kering.

Mungkin beberapa dari dessert khas Bulgaria ini tidak asing di negara kita, seperti funiiki s krem dan donat Kazanlak atau medenki walau rasanya mungkin sedikit berbeda. Jadi, dessert yang mana yang membuatmu tertarik untuk mencicipinya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram