10 Dessert Khas Swedia dengan Kue-Kuenya yang Lezat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 November 2021

Sebagai salah satu dari negara Skandinavia, Swedia dikenal memiliki musim dingin yang panjang, dingin dengan banyak salju. Namun berkat berbagai dessert khas Swedia berupa roti, kue kering, dan kue basahnya yang lezat yang biasa dinikmati sebagai bagian dari tradisi orang Swedia yang dinamakan fika.

Tradisi ini pada dasarnya adalah saat orang-orang Swedia meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dan menikmati minuman panas dan makanan ringan. Mereka bertemu dua kali sehari di kafe atau rumah teman pada pukul 10 pagi dan 3 sore untuk menikmati secangkir kopi dan roti. Berikut ini beberapa dessert khas Swedia yang biasa dinikmati saat fika.

Baca juga: 10 Makanan Khas Scandinavian yang Lezat juga Sehat

1. Kladdkaka

Kladdkaka

Kue cokelat kaya rasa yang dikenal sebagai kladdkaka ini merupakan salah satu dessert khas Swedia yang paling populer. Kreasi makanan penutup Swedia klasik ini dibuat menggunakan beberapa bahan, di antaranya telur, mentega, kakao (atau cokelat), tepung, dan gula yang dicampur menjadi adonan untuk menjadi dessert padat dan lezat.

Selama dipanggang, bagian tengah kue harus selalu tetap lembab, sementara lapisan luar berubah jadi lapisan tipis yang renyah. Biasanya kue ini ditaburi dengan lapisan gula bubuk yang lembut karena kue ini sangat padat.

Umumnya kue ini dihidangkan dengan sesendok es krim atau krim kocok. Kue ini merupakan dessert khas Swedia yang banyak digemari dan banyak disantap selama fika, yaitu rehat kopi tradisional Swedia.

2. Tujuh Jenis Kue

Tujuh Jenis Kue

Swedia sudah dikenal dengan tradisi fika dan memanggang makanan penutupnya semenjak abad ke-19. Menurut sebuah surat kabar Swedia-Inggris di Amerika Serikat, Nordstjernan, pada masa itulah ibu rumah tangga di Swedia mulai menyelenggarakan pesta kopi, yang di saat itu mereka sering diharapkan untuk menghidangkan setidaknya tujuh jenis kue yang berbeda agar tidak dianggap pelit.

Terdapat banyak kompetisi sehingga para wanita akan dengan hati-hati menjaga resep mereka. Kue-kue tersebut sangat populer sehingga dikatakan tiap orang Swedia bisa dengan mudah mengidentifikasinya.

Tujuh kue yang popular tersebut menurut Nordstjernan adalah drömmar (kue kelapa dan mentega), dammsugare (kue berlapis cokelat dan marzipan), hallongrottor (kue dengan selai raspberry atau lingonberry), havreflarn (kue gandum bundar) kryddkakor (kue rempah yang memiliki pala, jahe, kayu manis dan cengkeh), kolasnittar (kue rasa karamel) dan finska pinnar (kue vanilla dan almond).

3. Prinsesstårta

Prinsesstårta

Tak lengkap sebuah perayaan tanpa kue. Di Swedia, ada kue populer yang kerap kali dijumpai di acara pesta ulang tahun, yaitu kue putri atau prinsesstårta. Kue terlalu indah untuk disantap yang terdiri dari lapisan sponge cake, custard vanilla serta selai raspberry, dan krim kocok yang menghasilkan bentuk kubah kue.

Di akhir, kue tersebut ditutup menggunakan lapisan marzipan hijau muda dan umumnya diberi marzipan rose merah muda di atasnya. Kue ini tampak seperti gaun pesta putri, tetapi bukan karena itu kue ini mendapatkan sebutan kue putri.

Resep ini asalnya dari rumah tangga kerajaan Swedia seperti yang tertulis dalam buku masak milik Jenny kerström yang dibuat 1948. Dia adalah instruktur putri Pangeran Carl, Putri Swedia Margaretha, Martha dan Astrid.

4. Äggost

Äggost

Äggost adalah kebanggaan dan kegembiraan wilayah Bohuslän. Arti nama sajian ini yaitu keju telur, yang dinikmati orang-orang pada acara-acara khusus serta selama liburan seperti Paskah, Natal, dan Pertengahan Musim Panas. Biasanya camilan lezat ini dibuat dengan mencampurkan susu asam, susu, telur, dan gula, yang dipanaskan sampai mengental.

Pertama-tama, campuran yang mengental tersebut dituangkan ke dalam cetakan kayu khusus yang memiliki ukiran yang indah dan rumit serta lubang kecil di bagian bawah. Umumnya hidangan krim ini dihidangkan dingin bersama dengan ikan haring yang diawetkan.

Namun sekarang hidangan ini lebih sering dinikmati sebagai dessert, disertai dengan buah beri segar, selai maupun krim kocok dan ditambah gula atau bubuk kayu manis. Di berbagai bagian wilayah Bohuslän, kue ini manisnya berbeda-beda, mulai dari sangat manis atau semi-manis di selatan sampai tanpa gula sama sekali di utara.

5. Saffranspuddingar

Saffranspuddingar

Saffranspuddingar merupakan puding berbahan dasar beras dengan tekstur dan rasa yang enak. Konsistensi puding ini ringan, hampir mirip seperti mousse. Selain itu, puding ini memiliki tekstur kacang dari almond cincang, yang kontras sekali dengan kismis yang berair.

Kepopuleran puding safron dimulai di Pulau Gotland pada abad ke-14. Akhirnya puding ini menyebar ke daratan Swedia. Puding safron ini dihidangkan sepanjang tahun, tapi sangat populer selama Natal. Untuk menemani puding safron adalah selai yang terbuat dari buah dewberry yang tumbuh liar di Gotland.

Dewberry merupakan kerabat dekat dari blackberry tapi jauh lebih jarang walaupun tumbuhan ini bisa ditemui di beberapa daerah di Eropa dan Kanada. Kalau tidak menemukan selai dewberry, jangan khawatir, puding ini masih bisa disajikan dengan selai raspberry berkualitas baik.

6. Mandelmusslor

Mandelmusslor

Mandelmusslor merupakan kue tradisional yang asalnya dari Swedia. Dessert khas Swedia ini dibuat menggunakan campuran tepung terigu, mentega, gula, telur, dan kacang almond. Bahan-bahan tadi kemudian dibuat jadi adonan yang halus, kemudian adonan tersebut ditekan ke dalam cetakan tart bergalur yang terbuat dari logam.

Kue-kue tersebut lalu dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan dan sesudah dingin, diberi kombinasi beri, yogurt, dan gula, ataupun campuran selai buah dan krim kocok di atasnya. Umumnya kue mandelmusslor dibuat selama musim Natal di Swedia.

7. Semla

Semla

Roti krim Swedia yang populer, semla, adalah dessert khas Swedia tradisional yang dibuat dengan roti gandum polos kemudian diberi rasa sedikit dengan kapulaga, lalu dipotong jadi dua. Untuk isian rotinya diberi dengan lapisan pasta almond juga krim kocok rasa vanilla yang lezat dalam jumlah banyak.

Sesudah diberi krim kocok di bagian atasnya roti ini dan ditaburi sedikit dengan lapisan gula bubuk maka roti ini sudah siap disantap. Makanan penutup Swedia kuno ini pada awalnya diciptakan dan disantap pada Fat Tuesday, yaitu hari terakhir indulgensi sebelum Prapaskah.

Sekarang roti ini menjadi salah satu makanan Swedia favorit dan dinikmati selama Natal sepanjang masa Prapaskah. Saat itu roti ini bisa dijumpai di banyak toko roti di seluruh Swedia. Menurut tradisi disarankan untuk menyantap bagian atasnya terlebih dahulu yang digunakan sebagai alat untuk menyendok krim kocok yang lezat.

Akan tetapi, menurut tradisi Swedia tertua, cara menyiapkan adalah dengan merendam seluruh roti dalam sepiring susu hangat, yang dikenal dengan sebutan hetvägg.

8. Budapestbakelse

Budapestbakelse

Meskipun namanya budapestbakelse, makanan manis ini asalnya bukan dari ibu kota Hongaria, melainkan Swedia. Kerap disebut dengan sebutan Budapest roll, dessert yang lezat ini berisi kue yang dibuat dari meringue krim dan hazelnut panggang, lalu diisi dengan krim kocok serta irisan jeruk mandarin.

Kemudian kue tersebut digulung dan atasnya ditambahkan topping cokelat hitam leleh, gula icing, serta bubuk cokelat hitam. Ingvar Strid adalah koki pastry Swedia yang pertama kali memperkenalkan makanan penutup nikmat ini ke Swedia.

Makanan penutup ini memiliki variasi yang populer Finlandia yang menggunakan pisang dan raspberry dan bukan jeruk mandarin. Budapestbakelendag merupakan hari perayaan budapestbakelse yang dirayakan Di Swedia tiap tanggal 1 Mei.

9. Våfflor

Våfflor

Saat membahas wafel, sebagian orang mungkin akan langsung teringat dengan Belgia sebagai produsen wafel yang terbaik. Sebenarnya Swedia juga mempunyai versinya sendiri yang populer sebagai menu sarapan pagi.

Våfflor merupakan wafel Swedia yang populer sekali dan dinikmati semenjak awal 1600-an. Dahulu bentuknya masih kotak. Sekarang hati merupakan bentuk umum untuk wafel ini dan dihidangkan bersama krim kocok, selai buah, dan es krim. Våfflor jauh lebih tipis dibandingkan wafel Belgia karena dibuat tanpa menggunakan ragi dan teksturnya mirip dengan pancake.

Terdapat dua jenis wafel yang terkenal di Swedia, yaitu wafel renyah dan wafel telur. Di Swedia terdapat Hari Wafel yang dirayakan tiap tanggal 25 Maret.

10. Kanelbullar

Kanelbullar

Kanelbullar adalah roti kayu manis Swedia yang biasanya jadi bintang dalam tradisi fika. Di Swedia, tradisi selalu dilengkapi dengan roti kayu manis ini. Cara melipat adonan roti ini bermacam-macam tapi resepnya selalu sama.

Saking populernya camilan manis ini sehingga terdapat Hari Roti Kayu Manis yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 4 Oktober. Roti kayu manis ini resepnya termasuk kapulaga bubuk di dalam adonan serta di atasnya diberi gula Mutiara.

10 Dessert khas Swedia ini tentunya akan sangat menyenangkan bagi para penyuka makanan manis. Jenisnya bermacam-macam mulai dari cake sampai pancake. Makanan ini selalu menemani orang Swedia saat fika.

Mungkin kamu tertarik untuk mencicipi dessert khas Swedia ini tapi terlalu jauh untuk bepergian ke negeri tersebut. Jangan khawatir, kamu selalu bisa mencoba membuatnya sendiri dengan mengintip resepnya di internet. Selamat berkreasi!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram