Suka Makanan Manis? Coba 10 Dessert Khas Venezuela Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 November 2021

Ketika berbicara tentang dessert khas Venezuela, orang akan menyaksikan hidangan dengan warna-warna cerah, rasa yang kaya serta ukuran yang mengenyangkan. Makanan penutup yang lezat ini dapat ditemukan di seluruh Venezuela. Dipengaruhi oleh tradisi memasak Afrika, Eropa, dan penduduk asli Amerika, Venezuela mempunyai berbagai hidangan unik.

Dengan iklim negara yang bervariasi memungkinkannya tumbuh beragam pilihan buah-buahan eksotis dan berwarna-warni. Banyak di antara buah-buahan ini menjadi hidangan manis negara ini.

Dessert khas Venezuela tercipta dari teknik Eropa, gairah Latin serta percikan Afrika sehingga menghasilkan hidangan yang indah dan lezat. Berikut ini adalah makanan penutup dari Venezuela.

Baca juga: 10 Makanan Khas Laos, Kelezatan yang Mesti Kamu Coba

1. Torta Bejarana

Torta Bejarana

Torta Bejarana merupakan dessert khas Venezuela yang memiliki sejarah panjang yang asalnya dari Caracas abad ke-18. Kue lezat ini dibuat dari campuran pisang raja harum yang sudah matang dan ditumbuk, mentega, tepung jagung panggang, telur serta rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Biasanya dimasukkan juga bahan lain, di antaranya keju parut. Sementara untuk rasa manisnya asalnya dari gula tebu (panela) atau tetes tebu. Penemu kue yang sederhana tapi padat ini adalah para suster Bejarana karena itulah kue ini bernama torta bejarana namanya. Bahan-bahan kue ini mudah didapat dan gampang dijangkau. Kue ditaburi biji wijen sebelum dipanggang.

2. Dulce de Leche

Dulce de Leche

Dulce de Leche merupakan salah satu dessert khas Venezuela terbaik yang lumayan sulit untuk dijelaskan kepada orang di luar Venezuela karena makanan ini cukup jarang ditemui di luar Amerika Latin. Dessert ini juga disebut “arequipe” yaitu karamel susu yang bisa dioleskan di atas roti, roti bakar, maupun dimakan apa adanya. Makanan ini mungkin bisa dibilang "Nutella Amerika Latin.”

Hidangan manis ini dibuat dari susu kental manis yang dimasak sampai berwarna cokelat dengan tekstur kental juga lengket. Orang Venezuela biasanya menambahkan sedikit jus lemon ke dalam dessert ini untuk memberi lebih banyak rasa, bahkan mereka mencampurnya dengan wafel tipis.

3. Mandoca

Mandoca

Banyak orang yang menyukai makanan yang digoreng khususnya yang berbahan dasar keju. Kalau kamu salah satu penyuka makanan sejenis ini, dessert khas Venezuela yang satu ini cocok untuk kamu cicipi. Mandoca merupakan donat paling populer di Venezuela yang memiliki rasa manis dan asin unik yang saling melengkapi.

Camilan ini merupakan menu sarapan klasik Venezuela yang dibuat dari pisang raja, panela, tepung jagung dan keju. Mandoca juga dinamakan pretzel Zulian yang berhubungan dengan Zulia, sebuah daerah di Venezuela yang mempunyai beragam hidangan. Donat ini unik karena memiliki bentuk yang agak mirip dengan pretzel.

Biasanya mandoca dihidangkan dengan keju queso blanco atau mentega. Ini merupakan pilihan yang sempurna untuk mereka yang berencana untuk berjalan-jalan menjelajahi negara Venezuela sebanyak mungkin. Camilan ini begitu kaya rasa sehingga terasa mengenyangkan. Cukup untuk memberi energi saat jalan-jalan seharian.

4. Quesillo

Quesillo

Quesillo merupakan salah satu dessert khas Venezuela yang sangat luar biasa di negara ini. Makanan ini terlihat mirip dengan flan Meksiko atau Spanyol. Hidangan lembut ini cocok untuk mereka yang gemar dengan makanan penutup karamel yang lembut.

Versi Venezuela bahkan lebih lembut dibandingkan Spanyol dan Meksiko karena masyarakat setempat menambahkan bukan kuning telur tapi seluruh telur. Tekstur dessert ini hampir mirip dengan puding, tapi sedikit lebih keras. Akhirnya, biasanya semuanya diberi saus karamel sehingga terasa benar-benar nikmat.

5. Golfeados

Golfeados

Akhir-akhir ini popularitas roti gulung ini sudah berkembang pesat. Asal dessert khas Venezuela ini dari Caracas, ibu kota Venezuela. Namun makanan ini dengan cepat menjadi terkenal di seluruh negeri. Di dalam roti gulung yang lezat ini, penikmatnya akan menemukan keju, parutan gula tebu mentah, dan adas manis.

Karena banyak disukai oleh orang Venezuela, golfeados mudah sekali dijumpai di hampir semua toko roti di negara ini maupun pedagang kaki lima. Roti ini terasa lezat, kenyal, super lembut dan manis. Golfeados mudah dibedakan dari roti lain dikarenakan bentuknya yang khas. Roti ini nampak seperti spiral dan ukurannya tidak terlalu besar.

6. Majarete

Majarete

Majarete merupakan dessert khas Venezuela yang dibuat dari jagung dan santan. Campuran bahan-bahan ini mempunyai konsistensi seperti krim dan nampak seperti puding jagung. Umumnya, makanan lembut ini dibuat dari jagung segar, tapi biasanya varian modern menggunakan tepung jagung agar teksturnya menjadi lebih lembut.

Makanan ini diberi juga gula merah dan di akhir diberi taburan dengan kayu manis. Bergantung pada daerah dan preferensi pribadi, kadang-kadang cengkeh, kelapa parut, vanila atau susu kental ditambahkan ke hidangan. Asal resepnya dari zaman kolonial di Venezuela. Resep hidangan ini umumnya diturunkan ke anggota keluarga. Tiap keluarga mempunyai resep majarete khas sendiri.

Majarete dianggap sebagai salah satu dessert khas Venezuela paling tradisional yang bisa membangkitkan kenangan akan rumah serta keluarga.

Walaupun asalnya sering dikaitkan ke Venezuela, varian majarete juga dijumpai di Republik Dominika, Kuba, dan Puerto Rico, yang membuatnya menjadi makanan penutup asli Karibia. Biasanya majarete Venezuela dihidangkan dingin dan dibuat secara tradisional selama masa Prapaskah.

7. Galletas de Huevo

Galletas de Huevo

Nama dessert khas Venezuela ini mungkin asing di telinga tapi sebenarnya, dalam resep ini telur tidak terlalu penting. Dinamakan 'kue telur' karena warna kue tersebut. Galletas de Huevo mempunyai tekstur yang lembut sekali dan rasa yang lezat. Makanan ini juga camilan yang murah serta mudah ditemukan.

Siapa pun bisa membuat dessert ini di rumah dan menikmatinya dengan ditemani oleh soda favorit atau dengan kopi. Galletas de Huevo memiliki bentuk yang lebih tebal, lebih besar, dan warna kuning berkat pewarna buatan.

8. Huevos Chimbos

Huevos Chimbos

Huevos chimbos merupakan dessert khas Venezuela yang paling tidak biasa. Bahkan nama makanan penutup ini juga aneh, yang arti harfiahnya adalah "telur berkualitas rendah". Penemuan makanan ini asalnya dari masa kolonial. Persiapan untuk membuatnya cukup sederhana dan hasilnya yaitu adonan yang kenyal dan airy yang dibuat menggunakan kuning telur.

Caranya yaitu dengan mengocok kuning telur dengan baik, lalu dikukus atau dimasak dalam bain-marie. Sesudah itu, adonan tersebut direbus dalam air bersama dengan gula, yang setelah beberapa menit akan jadi sirup. Makanan ini mempunyai penampilan yang indah dan bisa mengesankan siapa pun yang menikmatinya.

9. Bienmesabe

Bienmesabe

Di balik kelezatan bienmesabe ada beberapa cerita yang mengawali sejarahnya cemilan ini. Dessert khas Venezuela ini asalnya dari tahun 1635 dan berasal dari Kepulauan Canary, Andalusia, dan Malaga. Di Spanyol, makanan lembut ini disebut dengan antequera bienmesabe.

Pada waktu itu, hidangan ini dibuat oleh para biarawati dari Biara Clausura de Belén de las Monjas Clarisas di kota asal Arab bernama Antequera, yang saat ini dikenal dengan Provinsi Malaga. Ketika itu, para biarawati membuatnya menggunakan sirup buah, almond, dan pasta angel hair atau capellini.

Bienmesabe datang ke Venezuela berkat para pemukim yang mengajari para budak asli serta orang Afrika yang melayani mereka di haciendas milik mereka. Cara membuat makanan penutup yang lezat ini, mirip sekali dengan yang dibuat di Spanyol.

Bienmesabe Venezuela di masa sekarang muncul ketika biarawati Fransiskan dari El Paraíso, di Caracas, mengganti kacang almond menggunakan ampas kelapa dan air untuk memberi rasa tropis pada kue ini.

Makanan penutup khas Venezuela yang bernama bienmesabe merupakan makanan penutup Venezuela yang lezat; terdiri dari kue kelapa dengan lapisan krim dan meringue. Jika diterjemahkan namanya menjadi "rasanya enak untuk saya." Kue ini mirip dengan kue dengan tres leches karena dihidangkan dingin dan sangat manis dan lembab.

10. Polvorosas

Polvorosas

Kata polvorosas merujuk pada tekstur kue kecil yang begitu lembut ini. Ketika kue ini berada di mulut akan langsung meleleh seperti permen. Itu karena bahan-bahan pembuat kue ini adalah tepung terigu dan mentega maupun lemak babi. Polvorosas ukurannya kecil dan bisa dibeli di toko roti dan dibayar sesuai dengan beratnya, namun harganya murah.

Dessert ini, seperti juga huevos chimbos, asalnya dari masa kolonial saat orang memakannya sebagai makanan ringan dengan kopi atau susu sambil ngobrol dengan teman dan keluarga. Selain itu, dessert yang satu ini juga dikenal sebagai makanan yang luar biasa yang akan mengesankan setiap pecinta kuliner.

Mungkin salah satu makanan yang kurang dikenal di Amerika Selatan adalah dessert khas Venezuela, tapi itu artinya negara ini memiliki banyak kejutan dalam hal makanan. Makanan penutup negara ini banyak memiliki sejarah panjang seperti bienmesabe.

Berada di antara negara-negara Amerika Selatan ini tak heran jika makanannya mirip dengan negara-negara tetangganya. Ngomong-ngomong apakah kamu tertarik dengan bienmesabe?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram