9 Destinasi Wisata di Pulau Jeju yang Indah dan Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jika Indonesia memiliki Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang mendunia, Korea Selatan memiliki Pulau Jeju yang ketenarannya sama seperti Pulau Bali. Pulau Jeju dulu dikenal dengan nama Tamna yang artinya “negara pulau”. Di zaman Dinasti Goryeo, nama Tamna berganti menjadi Jeju yang artinya “provinsi besar di seberang lautan”.

Sebelum menjelajahi Pulau Jeju, mari kita gali apa yang menjadi keunikan pulau ini. Pulau Jeju letaknya terpisah dari daratan Korea memiliki bahasa Korea dengan dialek yang khas. Penduduk Pulau Jeju memakai dialek bahasa lokal, yang disebut Jejueo, untuk berkomunikasi. Dialek ini berbeda dengan dialek standar bahasa Korea umumnya.

Selain itu, mereka memiliki haenyo. Haenyo adalah sebutan untuk para perempuan Pulau Jeju yang dari zaman dulu kala terkenal akan kemahirannya menyelam. Mereka biasanya menyelam untuk mencari abalon dan bulu babi laut.

Keindahan Pulau Jeju tak hanya menarik para pasangan yang akan berbulan madu tapi juga sutradara drama Korea. Beberapa drama Korea hits, seperti Dae Jang Geum, Goong, Playful Kiss, Boy Over Flowers, dan Secret Garden, berlokasi syuting di pulau ini.

Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal, Pulau Jeju memiliki banyak tempat-tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi. Ada berbagai jenis wisata di Pulau Jeju, seperti wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Berikut ini 9 destinasi wisata di Pulau Jeju yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Korea Selatan.

1. Seongsan Ilchulbong

Seongsan Ilchulbong

Salah satu destinasi wisata alam favorit yang menjadi incaran para pelancong adalah Seongsan Ilchulbong. Puncak Matahari Terbit adalah julukan untuk tempat ini. Seperti julukannya, Seongsan Ilchulbong terkenal di kalangan pengunjung sebagai spot untuk menyaksikan matahari pagi menyingsing.

Dulunya, Seongsan Ilchulbong berada di dalam laut. Namun, karena erupsi vulkanik bawah laut yang terjadi kira-kira 5.000 tahun yang lalu, akhirnya muncul kawah yang mirip seperti mangkuk. Puncak Seongsan Ilchulbong dikelilingi oleh batu-batu yang tajam.

Pemandangan di sebelah utara dan tenggara Seongsan Ilchulbong adalah jurang yang tajam dan laut lepas, sedangkan sebelah barat laut dihiasi dengan bukit dengan hamparan rumput hijaunya yang menyejukkan mata.

Kamu yang senang wisata alam, jangan sampai melewatkan Seongsan Ilchulbong. Jika ingin melihat pemandangan matahari terbit dengan warna keemasan yang menakjubkan, tak ada tempat sebaik puncak Seongsan Ilchulbong. Tantangannya hanya satu, yaitu deretan tangga yang mengular. Namun lelah itu akan terbayar saat menyaksikan kemilau sinar matahari yang terbit dari ufuk timur.

Karena letak Seongsan Ilchulbong yang berhadapan langsung dengan laut lepas, jangan lupa untuk membawa baju tebal jika tak tahan dengan hembusan angin kencang. Untuk sampai di tempat ini, kamu bisa naik bus nomor 111 atau 112 dari Bandar Udara Jeju. Lama perjalanan sekitar 1.5 – 2 jam. Harga tiket masuk 2,000 Won untuk orang dewasa dan 1,000 Won untuk remaja dan anak-anak.


2. Cheonjiyeon Falls

Cheonjiyeon Falls

Air Terjun Cheonjiyeon adalah salah satu dari tiga air terjun terkenal di Pulau Jeju, selain Air Terjun Cheonjeyeon dan Jeobang. Air Terjun Cheonjiyeon terletak di daerah Seogwipo. Nama Cheonjiyeon memiliki arti “langit yang terhubung dengan bumi”.

Untuk sampai ke Air Terjun Cheonjiyeon, kamu harus berjalan kaki dari pintu masuk menelurusi jalan yang kanan-kirinya ditumbuhi pohon rindang. Di bawah Air Terjun Cheonjiyeon terdapat kolam dengan warna hijau turquoise.

Selain air terjun, banyak pemandangan alam lainnya yang bisa dinikmati sambil berjalan santai, salah satunya adalah sungai yang jernih yang di atasnya terdapat jembatan penyeberangan yang terbuat dari beton dan blok-blok. Banyak orang yang menjadikan jembatan ini sebagai spot selfie atau wefie.

Jika kamu ingin berkunjung ke Air Terjun Cheonjiyeon, kamu bisa naik bus dan taksi. Harga tiket masuknya sama dengan Seongsan Ilchulbong, 2, 000 Won untuk orang dewasa dan 1,000 Won untuk remaja dan anak-anak.

3. Jeongbang Falls

Jeongbang Falls

Selain Cheonjiyeon, salah satu air terjun terkenal di Jeju adalah Jeongbang. Yang unik dari air terjun Jeongbang adalah airnya yang langsung mengalir ke laut. Ketinggian Air Terjun Jeongbang sekitar 23 meter. Air turun dari jurang ke dalam kolam berwarna biru tua yang di bawahnya berisikan pasir kasar berwarna abu-abu.

Air Terjun Jeongbang tidak mengalir tiap musim. Ada masa para pengunjung tak bisa menyaksikan pemandangan air mengalir di Air Terjun Jeongbang. Dengan menuruni tangga, tak kurang dari lima menit dari tempat parkir, kamu bisa langsung sampai di air terjun ini. Harga tiket masuknya 2.000 Won untuk dewasa dan 1.000 Won untuk remaja dan anak-anak.

4. Cheonjeyeon Falls

Cheonjeyeon Falls

Air terjun ketiga yang terkenal di Pulau Jeju adalah Air Terjun Cheonjeyeon. Nama lain untuk Air Terjun Cheonjiyeon adalah “kolam dewa”. Legendanya mirip dengan Jaka Tarub dan tujuh  bidadari. Diceritakan tujuh peri yang bertugas melayani Raja Langit turun dan mandi di air terjun ini.

Ada dua air terjun lagi yang terdapat di area Air Terjun Cheonjeyeon. Untuk sampai ke tiga air terjun tersebut, kamu harus berjalan menyusuri jalan kecil berlapis batu dan tangga-tangga.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram