20 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Hotel

Ditulis oleh Gerryaldo

Pernah gak sih saat kalian berada di hotel, kalian melihat ada tamu yang doyan sekali melanggar peraturan hotel atau bahkan sengaja melakukannya bikin tamu-tamu yang lain jadi terganggu? Kesal dan jadi risih sendiri ya? Meski demikian, kita tidak boleh langsung judge kalau tamu tersebut memang menyebalkan.

Siapa tahu mereka memang sama sekali tidak mengerti atau bahkan tidak tahu peraturan-peraturan yang ada selama mereka menginap di hotel.

Nah, kali ini Keluyuran mau mengajak teman-teman semua untuk menyimak artikel mengenai apa saja sih yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjadi tamu hotel. Kita akan beri informasinya berurutan dari proses check in dan sesudah di kamar hingga check out ya!

Do’s

YouTube video

1. Early Check-In

Apabila kalian menginap di sebuah hotel, umumnya jam check-in pasti antara jam 12 atau jam 2 siang. Kalian harus tahu dulu ya kenapa hotel menerapkan jam check-in yang mungkin buat kalian terlalu siang.

Ini karena pihak hotel harus kembali membersihkan kamar yang sudah ditempati oleh tamu sebelumnya sebelum kamu pakai. Biasanya tamu sebelumnya akan melakukan check-out di pukul 12 atau jam 1 sehingga 1 jam selanjutnya dipakai untuk bersih-bersih kamar.

Nah, bagaimana kalau kalian ternyata butuh kamar sebelum jam check-in? Bisa kok! Kalian bisa menghubungi hotel dan menanyakan apakah kamar yang akan kalian bisa ditempati lebih awal. Biasanya kalau memang available, hotel tidak akan mengenakan charge lagi; tapi ada beberapa hotel yang membebankan kalian charge untuk early check-in

2. Proses Check In

Pastikan kalian sudah mempersiapkan dokumen seperti KTP atau bukti booking kalian saat melakukan proses check in. Petugas hotel sudah pasti akan memeriksa data kalian dengan data yang tertera di sistem saat kalian melakukan proses booking. Apabila ada ketidakcocokan; petugas akan menanyakan beberapa hal. Jadi pastikan kalian sudah siapkan semua ya.

Oh iya, kalian bisa juga kok memesan untuk orang lain; dengan catatan saat melakukan proses booking, jangan lupa pilih ‘memesan untuk orang lain’ dan sematkan siapa tamu yang akan menginap. Tamu yang kalian pesankan kamar, nantinya tinggal menyerahkan KTP mereka.

3. Kunci Kamar

Do's & Don'ts_Key Card (Copy)

Saat selesai melakukan proses check-in, kalian akan mendapatkan kunci kamar. Umumnya, bentuk kunci kamar ini berbentuk kartu yang juga memiliki fungsi sebagai power card. Tapi masih ada juga kok yang menggunakan kunci konvensional biasa. Mohon diingat, kunci ini harus kalian jaga jangan sampai hilang. 

Kalau hilang, kamu terancam dikenakan charge yang lumayan besar. Oh iya, kalau kamu mau keluar kamar, jangan lupa bawa kartunya. Karena kalau tertinggal di kamar, kamu jadinya nggak akan bisa masuk ke dalam kamar lagi. 


4. Barang Bawaan

Begitu sampai di kamar, taruh barang bawaan kalian di lantai atau di rak penyimpanan barang ya. Diusahakan tidak menaruh barang bawaan kalian di atas kasur. Selain bisa jadi kotor karena barang bawaan kalian sebelumnya ditaruh di sembarang tempat; kalian pasti akan malas untuk membongkar barang bawaan kalian.

5. Complimentary

Saat sampai di kamar dan beristirahat, kalian bisanya akan menemukan beberapa botol mineral dan bahkan kudapan lengkap di atas meja bar atau di dalam kulkas. Kalian boleh mengambilnya kok dengan catatan seluruh makanan dan minuman tersebut memang komplimentari dari hotel alias bisa diambil secara gratis.

Untuk mengetahui apakan makanan dan minuman tersebut gratis; kalian jangan ragu untuk menanyakannya pada petugas hotel by phone ya! Lebih baik bertanya daripada nanti kalian kusut saat dapat tagihan kamar karena memakan dan minum semua kudapan dan minuman yang ada di bar. Ingat, harga makanan dan minuman di hotel jauh lebih mahal dari luar!

6. Sandal Hotel

Beberapa hotel menyediakan slipper atau sandal hotel. Sandal ini bisa kamu gunakan untuk berkeliling di sekitar hotel dan memastikan kaki kamu tidak kotor dan dingin karena menginjak lantai seharian. Semakin mahal hotel, semakin kece juga sendal hotelnya bahkan untuk di hotel kelas premium, sendal yang disediakan berbahan beludru!

Ingat, jangan memakai sandal ini untuk jalan-jalan ke luar hotel, ya. Karena saat kembali ke hotel, kamu bisa bikin lantai kamar jadi kotor. Belum lagi apabila sandal hotel kamu kelewat tipis, kaki kamu akan merasa tidak nyaman. Itu alasan kenapa sandal hotel lebih baik digunakan di sekeliling hotel saja dan tidak dibawa keluar.

7. Safety Box

Apabila kalian membawa barang-barang berharga dan ingin meninggalkan kamar, kalian bisa menaruh barang-barang tersebut di safety box atau brankas yang biasanya disediakan oleh pihak hotel. Well, sebenarnya ditaruh di meja saja sudah aman mengingat hotel menerapkan sistem keamanan yang cukup tinggi; namun tidak ada salahnya kan untuk jaga-jaga?

8. Memanfaatkan Notification Card

Notification card atau DND (Do Not Disturb) Sign adalah kartu yang berisikan informasi kalau kamu tidak ingin diganggu atau meminta kamar untuk dibersihkan. Cara menggunakannya, cukup gantung di gagang pintu, supaya terlihat oleh petugas hotel. 

Hal ini perlu kamu lakukan karena di beberapa hotel, umumnya di jam 9 sampai jam 1, petugas hotel akan masuk menggunakan master card guna membersihkan kamar. Kamu tidak mau petugas masuk tiba-tiba saat kamu sedang santai bukan?

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram