20 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Hotel

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 1 Juni 2021

Pernah gak sih saat kalian berada di hotel, kalian melihat ada tamu yang doyan sekali melanggar peraturan hotel atau bahkan sengaja melakukannya bikin tamu-tamu yang lain jadi terganggu? Kesal dan jadi risih sendiri ya? Meski demikian, kita tidak boleh langsung judge kalau tamu tersebut memang menyebalkan.

Siapa tahu mereka memang sama sekali tidak mengerti atau bahkan tidak tahu peraturan-peraturan yang ada selama mereka menginap di hotel.

Nah, kali ini Keluyuran mau mengajak teman-teman semua untuk menyimak artikel mengenai apa saja sih yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjadi tamu hotel. Kita akan beri informasinya berurutan dari proses check in dan sesudah di kamar hingga check out ya!

Do’s

Do's & Don'ts_Poster (Copy)

1. Early Check-In

Apabila kalian menginap di sebuah hotel, umumnya jam check-in pasti antara jam 12 atau jam 2 siang. Kalian harus tahu dulu ya kenapa hotel menerapkan jam check-in yang mungkin buat kalian terlalu siang.

Ini karena pihak hotel harus kembali membersihkan kamar yang sudah ditempati oleh tamu sebelumnya sebelum kamu pakai. Biasanya tamu sebelumnya akan melakukan check-out di pukul 12 atau jam 1 sehingga 1 jam selanjutnya dipakai untuk bersih-bersih kamar.

Nah, bagaimana kalau kalian ternyata butuh kamar sebelum jam check-in? Bisa kok! Kalian bisa menghubungi hotel dan menanyakan apakah kamar yang akan kalian bisa ditempati lebih awal. Biasanya kalau memang available, hotel tidak akan mengenakan charge lagi; tapi ada beberapa hotel yang membebankan kalian charge untuk early check-in

2. Proses Check In

Pastikan kalian sudah mempersiapkan dokumen seperti KTP atau bukti booking kalian saat melakukan proses check in. Petugas hotel sudah pasti akan memeriksa data kalian dengan data yang tertera di sistem saat kalian melakukan proses booking. Apabila ada ketidakcocokan; petugas akan menanyakan beberapa hal. Jadi pastikan kalian sudah siapkan semua ya.

Oh iya, kalian bisa juga kok memesan untuk orang lain; dengan catatan saat melakukan proses booking, jangan lupa pilih ‘memesan untuk orang lain’ dan sematkan siapa tamu yang akan menginap. Tamu yang kalian pesankan kamar, nantinya tinggal menyerahkan KTP mereka.

3. Kunci Kamar

Do's & Don'ts_Key Card (Copy)

Saat selesai melakukan proses check-in, kalian akan mendapatkan kunci kamar. Umumnya, bentuk kunci kamar ini berbentuk kartu yang juga memiliki fungsi sebagai power card. Tapi masih ada juga kok yang menggunakan kunci konvensional biasa. Mohon diingat, kunci ini harus kalian jaga jangan sampai hilang. 

Kalau hilang, kamu terancam dikenakan charge yang lumayan besar. Oh iya, kalau kamu mau keluar kamar, jangan lupa bawa kartunya. Karena kalau tertinggal di kamar, kamu jadinya nggak akan bisa masuk ke dalam kamar lagi. 

4. Barang Bawaan

Begitu sampai di kamar, taruh barang bawaan kalian di lantai atau di rak penyimpanan barang ya. Diusahakan tidak menaruh barang bawaan kalian di atas kasur. Selain bisa jadi kotor karena barang bawaan kalian sebelumnya ditaruh di sembarang tempat; kalian pasti akan malas untuk membongkar barang bawaan kalian.

5. Complimentary

Saat sampai di kamar dan beristirahat, kalian bisanya akan menemukan beberapa botol mineral dan bahkan kudapan lengkap di atas meja bar atau di dalam kulkas. Kalian boleh mengambilnya kok dengan catatan seluruh makanan dan minuman tersebut memang komplimentari dari hotel alias bisa diambil secara gratis.

Untuk mengetahui apakan makanan dan minuman tersebut gratis; kalian jangan ragu untuk menanyakannya pada petugas hotel by phone ya! Lebih baik bertanya daripada nanti kalian kusut saat dapat tagihan kamar karena memakan dan minum semua kudapan dan minuman yang ada di bar. Ingat, harga makanan dan minuman di hotel jauh lebih mahal dari luar!

6. Sandal Hotel

Beberapa hotel menyediakan slipper atau sandal hotel. Sandal ini bisa kamu gunakan untuk berkeliling di sekitar hotel dan memastikan kaki kamu tidak kotor dan dingin karena menginjak lantai seharian. Semakin mahal hotel, semakin kece juga sendal hotelnya bahkan untuk di hotel kelas premium, sendal yang disediakan berbahan beludru!

Ingat, jangan memakai sandal ini untuk jalan-jalan ke luar hotel, ya. Karena saat kembali ke hotel, kamu bisa bikin lantai kamar jadi kotor. Belum lagi apabila sandal hotel kamu kelewat tipis, kaki kamu akan merasa tidak nyaman. Itu alasan kenapa sandal hotel lebih baik digunakan di sekeliling hotel saja dan tidak dibawa keluar.

7. Safety Box

Apabila kalian membawa barang-barang berharga dan ingin meninggalkan kamar, kalian bisa menaruh barang-barang tersebut di safety box atau brankas yang biasanya disediakan oleh pihak hotel. Well, sebenarnya ditaruh di meja saja sudah aman mengingat hotel menerapkan sistem keamanan yang cukup tinggi; namun tidak ada salahnya kan untuk jaga-jaga?

8. Memanfaatkan Notification Card

Notification card atau DND (Do Not Disturb) Sign adalah kartu yang berisikan informasi kalau kamu tidak ingin diganggu atau meminta kamar untuk dibersihkan. Cara menggunakannya, cukup gantung di gagang pintu, supaya terlihat oleh petugas hotel. 

Hal ini perlu kamu lakukan karena di beberapa hotel, umumnya di jam 9 sampai jam 1, petugas hotel akan masuk menggunakan master card guna membersihkan kamar. Kamu tidak mau petugas masuk tiba-tiba saat kamu sedang santai bukan?

Untuk hotel-hotel besar, ada pula yang menggunakan semacam saklar yang akan menyala diluar kamar bila kamu ingin menyampaikan informasi tersebut kepada petugas hotel. Jadi perhatikan baik-baik ya notification card atau DND sign-nya

9. Buang Sampah

Do's & Don'ts_Trash (Copy)

Sampah yang kamu buang sudah pasti sangat banyak, dan petugas hotel pun pasti akan membersihkannya. Meski begitu, hindari meninggalkan kamar dengan penuh sampah yang berserakan.

Bungkus makanan, tissue, atau sampah lainnya lebih baik dimasuk ke keranjang sampah atau masukan ke dalam plastik dan taruh di dekat pintu masuk supaya tinggal diangkat oleh petugas hotel.

10. Menggunakan Kamar Mandi

Bila kalian ingin menggunakan kamar mandi, pastikan kalian menutup pintunya ya. Selain supaya tidak kelihatan orang lain yang ada di kamar, ini juga meminimalisir alarm kebakaran berbunyi. Pasalnya, uap air panas yang timbul dari dalam kamar mandi dan tidak sengaja keluar ruangan akan mengaktifkan alarm kebakaran. 

Pastikan juga kalian tidak basah-basahan keluar dari kamar mandi. Umumnya hotel sudah menyediakan alas kaki yang ditaruh di atas penutup kloset atau digantung di pintu kamar mandi. 

Don’ts

Setelah kita melihat apa saja yang boleh dilakukan di dalam hotel; sekarang kita lihat juga apa-apa saja yang tidak boleh kita lakukan di hotel secara sembarangan. Kalian tidak mau kan acara menginap kalian malah menjadi kusut karena ditegur atau bahkan ditendang keluar dari hotel karena bikin huru hara di sana? 

1. Berisik

Do's & Don'ts_Jangan Berisik(Copy)

Meski kalian menginap di hotel berbintang, tetap saja jaga suara kalian supaya tidak terlalu keras. Hotel kan tempat untuk beristirahat; bukan jadi arena adu suara. Belum lagi layout hotel yang dibuat berkoridor, apabila suara kamu bocor; maka suara kamu akan jadi semakin menggema.

2. Menjemur Pakaian Sembarangan

Di beberapa kamar mandi hotel, biasanya disediakan semacam gantungan untuk menjemur pakaian. Kamu bisa menggunakan fasilitas ini untuk menjemur pakaian.

Setelah berenang atau ada pakaian basah, jangan coba-coba untuk menggantungnya di balkon hotel ya! Gunakan jemuran yang sudah disediakan pihak hotel. Biasanya, jemurannya ada di dalam kamar mandi.

3. Mengganti Power Card

Jangan sekali-kali memasukan kartu lain selain ke dalam slot listrik. Ini sering dilakukan beberapa orang yang meninggalkan kamar namun masih ingin mengisi daya di beberapa perangkat elektronik. Kalau kamu mengganti dengan kartu kamu, ada kemungkinan slot listrik konslet dan membahayakan kamu dan seluruh hotel.

4. Perhatikan Pakaian

Jika kamu ingin menggunakan fasilitas yang ada di dalam hotel, seperti kolam renang, gym dan lainnya, pastikan kamu memakai pakaian yang sesuai untuk aktivitas tersebut ya. Akan jadi aneh bukan kalau kamu ke gym tapi pakai pakaian renang atau berenang mengenakan pakaian untuk gym?

5. Merokok

Kamar-kamar di hotel sudah dipisahkan untuk yang merokok dan tidak merokok. Nah, apabila kalian memang perokok; pilih kamar yang smoking room ya. Jangan coba-coba kalian merokok di kamar yang non-smoking room.

Karena, kalian bisa membuat kamar jadi bau dan kena denda sangat besar; ditambah kalian akan mengaktifkan alarm kebakaran akibat asap yang ditimbulkan dari rokok kalian.

6. Utamakan Keselamatan

Meski sekilas kalian merasa hotel itu aman, lebih baik kamu tetap menjaga-jaga akan kemungkinan buruk. Seperti dapat tamu tak diundang, misalnya. Untuk mencegah hal ini, jangan biarkan pintu kalian tak terkunci dengan baik dan benar!

Kamu bisa gunakan lubang intip pintu, atau peephole ketika ada yang mengetuk kamarmu. Atau, kamu bisa kunci pintu menggunakan rantai pengaman agar tak sembarangan orang bisa memasuki kamarmu.

7. Makan di atas Kasur

Biasakan kalau kalian sedang makan, duduk di meja yang sudah tersedia. Ini dilakukan supaya makanan tidak jatuh ke atas kasur dan membuat noda yang tidak bisa hilang. Kalau sudah seperti ini, saat check out; kalian akan dikenakan biaya untuk mengganti sprei, sarung bantal yang kalian bikin kotor. 

8. Mengambil barang non-komplimentari

Sebagai catatan; barang komplimentari itu meliputi air mineral dalam kemasan, peralatan mandi, sandal hotel dan produk lainnya seperti notes dan alat tulis. Selain itu kalian tidak boleh mengambil untuk dibawa pulang!

Apabila kalian tertangkap basah membawa barang-barang non-komplimentari; kalian akan dikenakan biaya yang sangat besar! Lebih baik bertanya terlebih dulu ya apabila ingin membawa barang-barang dari kamar hotelmu.

9. Membereskan kamar sebelum Check Out

Kesannya akan mempermudah para petugas hotel ya kalau kita ikut bantu membereskan kamar? Nyatanya itu salah besar. Kalian bisa membuat para petugas hotel keliru mengira kalian tidak menggunakan kamar tersebut sehingga mereka tidak akan membersihkan secara keseluruhan.

Efeknya? Tamu berikutnya akan komplain bila menemukan ‘sesuatu’ yang kalian tak sengaja tinggalkan di kasur. Jadi lebih baik kalian melepaskan sprei dan sarung bantal, lantas gulung dan ditaruh di lantai.

Begitu juga dengan handuk. Kalian bisa menggulungnya dan menaruhnya juga di lantai. Dengan begini, petugas akan lebih cepat membersihkan kamar bekas kalian pakai sebelumnya.

10. Late Check Out tanpa Informasi

Do's & Don'ts_Late C.O. (Copy)

Setelah jam 11 siang, kalian akan ditelepon dari resepsionis menginformasikan apakah kalian akan melakukan check out atau extend.

Segera beritahu bahwa kalian akan melakukan late check out; bisanya hotel memperbolehkan kalian keluar dari hotel pukul 1 siang paling lama. Jangan pernah bilang akan check out lantas malah diam di kamar lebih dari jam 1. Biaya besar setara dengan menginap sehari akan tertulis dalam tagihan kamar kalian.

Itu dia Do’s and Don'ts yang umum dilakukan ketika kalian menginap di sebuah hotel. Jangan cuma dibaca, tapi dipraktikkan juga ya. Apabila kamu ingin mendapatkan penjelasan yang lebih detail lewat video, bisa cek di video Keluyuran di link ini, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian, apabila kalian ada tips lain mengenai Do’s and Don'ts di hotel, tulis di kolom komentar ya supaya kita sama-sama tahu dan pintar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram