10 Empal Gentong Enak di Cirebon yang Wajib untuk Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau berbicara seputar Cirebon, apa yang Anda ingat dari kota tersebut? Nasi jamblang? Tahu Gejrot? Sebagian dari Anda mungkin akan mengingat salah satu makanan khas Cirebon yang cukup terkenal di nusantara, yakni empal gentong. Kelezatan empal gentong ini memang sudah populer. Bahkan, banyak wisatawan yang datang ke Cirebon hanya untuk mencoba kenikmatan empal gentong langsung dari daerah asalnya.

Apabila Anda berencana untuk jalan-jalan di sejumlah tempat wisata di Cirebon, jangan lupa untuk turut mencicipi kuliner empal gentongnya. Keluyuran memiliki rekomendasi 10 tempat makan empal gentong enak di Cirebon, nih! Yuk, langsung saja simak daftar selengkapnya berikut ini.

10 Empal Gentong Enak di Cirebon

1. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud Empal Gentong Enak di Cirebon

* sumber: www.pergidulu.com

Saat Anda bertanya mengenai empal gentong enak di Cirebon kepada masyarakat setempat, mereka pasti menjawab Empal Gentong H. Apud. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1994 ini memang terkenal dengan daging empal gentongnya yang sangat empuk yang berpadu dengan bumbu yang sangat mantap.

Seporsi empal gentong di H. Apud hanya dibandrol mulai harga 25 ribuan saja. Selain menyajikan empal gentong, rumah makan milik H. Apud ini juga menyediakan tahu gejrot yang juga merupakan makanan khas di Cirebon. Ada tiga cabang Empal Gentong H. Apud, salah satunya di Jalan Ir. H. Juanda No. 24.

2. Empal Gentong Amarta

Empal Gentong Amarta

Berada tak jauh dari Empal Gentong H. Apud, terdapat salah satu tempat makan empal gentong yang juga tak kalah populer, yaitu Empal Gentong Amarta. Bahkan, legenda wisata kuliner Indonesia, Alm. Bondan Winarno, pernah berkunjung kemari.

Daging empal gentong di sini baru akan dipotong ketika ada pesanan. Jadi, cita rasa dagingnya tetap terjamin. Saking lezatnya, Empal Gentong Amarta ini juga pernah dikunjungi Joko Widodo sebelum Beliau menjadi presiden. Lokasi Empal Gentong Amarta berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 37.

3. Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong Krucuk

* sumber: ksmtour.com

Manjakan lidah Anda dengan kuliner khas Cirebon yang enak, yaitu empal gentong. Namun, jangan asal memilih tempat makan karena tidak semua restoran atau warung makan yang menawarkan menu empal gentong memiliki cita rasa yang enak.

Empal Gentong Krucuk adalah salah satu rekomendasi tempat makan yang menjual empal gentong dengan rasa yang lezat. Daging dan jeroannya bukan sekedar empuk, tapi bumbunya pun meresap sampai ke dalam daging.

Kuah kuning yang ditaburi dengan daun kucai dan bawang merah goreng yang melengkapi potongan dagingnya juga terasa sedap. Kunjungi kedai Empal Gentong Krucuk di Jalan Slamet Riyadi No. 5.

4. Empal Gentong Bu Darma

Empal Gentong Bu Darma

Legenda empal gentong enak di Cirebon yang sampai saat ini masih sangat diburu oleh masyarakat setempat dan wisatawan adalah Empal Gentong Bu Darma. Namun, Anda harus hati-hati karena banyak tempat makan yang menggunakan nama β€œDarma” tetapi yang asli hanya yang berada di Jalan P. Diponegoro 21.

Usut punya usut, rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 80-an. Sampai saat ini cita rasa empal gentongnya juga tidak berubah karena bumbu rahasianya sudah diturunkan ke anak cucu pendirinya.

5. Empal Gentong Hj. Dian

Empal Gentong Hj. Dian

Di sepanjang Jalan Ir. H. Juanda, Cirebon, memang banyak tempat makan empal gentong yang bertebaran. Salah satu tempat makan empal gentong yang recommended banget di Jalan Ir. H. Juanda adalah Empal Gentong Hj. Dian. Setiap jam makan siang, warung makan ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Sejak dulu hingga sekarang, Empal Gentong Hj. Dian menawarkan tempat yang bersih. Bahkan, Hj. Dian juga memiliki tempat pemotongan hewan sendiri sehingga kebersihan daging dan jeroan yang diolah juga lebih terjamin. Selain empal gentong, tempat makan yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 84 ini juga menjual empal asem yang tak kalah sedap.

6. Empal Dengkil Mang Kojek

Empal Dengkil Mang Kojek

* sumber: regional.liputan6.com

Berbeda dari tempat makan empal gentong pada umumnya, Empal Dengkil Mang Kojek ini menggunakan bagian dengkil dan sumsum tulang sapi sebagai lauk untuk empal gentongnya. Hal ini sangat kontras dengan tempat makan lain yang banyak menggunakan daging dan jeroan untuk hidangan empal gentong.

Jika Anda adalah orang yang gemar mengkonsumsi sumsum tulang sapi, kedai milik Mang Kojek ini adalah rekomendasi yang tepat. Gurihnya kuah empal gentong berpadu dengan sumsum sapi yang sedap. Anda bisa menemukan kedai Empal Dengkil Mang Kojek di Jalan Fatahilah, Desa Weru, Kecamatan Weru, Cirebon, tempatnya berada persis di samping Masjid Weru.

7. Empal Gentong H. Nas

Empal Gentong H. Nas

Kalau sedang jalan-jalan di Cirebon, Anda memang harus menyempatkan diri untuk mampir di Empal Gentong H. Nas. Tempat ini menawarkan empal gentong yang sedap dan lebih sehat. Mengapa lebih sehat? Karena tempat ini tidak menggunakan MSG untuk setiap masakannya. Bumbu empal gentong di sini akan digoreng dengan lemak sapi sehingga cita rasanya jadi lebih sedap.

Selain empal gentong, tempat makan ini turut menyediakan menu sate kambing. Kombinasi antara empal gentong dan sate kambing benar-benar lezat. Anda bisa mencoba kelezatan Empal Gentong H. Nas dengan mengunjungi tempatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 15B.

8. Empal Gentong Tulang Muda Pak Oman

Empal Gentong Tulang Muda Pak Oman

* sumber: cerita.picmix.it

Bosan makan daging terus menerus? Di tempat makan empal gentong enak di Cirebon ini Anda tidak hanya mendapatkan potongan daging, tapi ada juga potongan tulang muda sapi.

Daging dan tulang muda tadi akan disiram dengan kuah bersantan yang benar-benar gurih. Ketika dicicpi, tulang muda dan dagingnya sangat empuk. Apalagi kuahnya juga sedap sehingga membuat pengunjung selalu ingin datang terus kemari.

9. Empal Gentong Zambrud Mas Teguh

Empal Gentong Zambrud Mas Teguh

Siapa bilang empal gentong yang dijual di kaki lima memiliki rasa yang tidak enak? Empal Gentong Zambrud milik Mas Teguh ini membuktikan bahwa cita rasa empal gentong khas kaki lima juga nikmat kok.

Di sini, Anda bisa menyantap kuah empal gentong yang gurih, kita juga bisa menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus karena tempatnya terbuka. Alamat Empal Gentong Zambrud ada di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 46.

10. Empal Gentong Mang Darma

Empal Gentong Mang Darma

* sumber: www.posresep.com

Ingin kuliner empal gentong yang pasti enak dan tempatnya selalu dipadati oleh pengunjung? Datang saja ke Empal Gentong Mang Darma. Kuah empal gentongnya sangat gurih dan kaya rempah. Apalagi daging yang disiram kuah juga sangat empuk dan bumbunya meresap.

Bagi Anda yang tidak menyukai santan, tempat ini juga menyediakan empal asem. Jika Anda penasaran dengan kelezatan Empal Gentong Mang Darma, silakan datang ke warungnya di Jalan Pilang Raya, Sukapura.

Berminat untuk singgah ke 10 tempat makan empal gentong enak di Cirebon ini? Catat nama dan alamatnya agar Anda bisa wisata kuliner mengunjungi kedai atau restoran yang memang menjual empal gentong enak. Punya rekomendasi tempat makan empal gentong lainnya di Cirebon? Tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Empal gentong nya menggoda sekali yaaa πŸ˜€

    1. Terima kasih sudah mengunjungi Keluyuran.com πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *