14 Kuliner Es Krim di Bandung yang Enak dan Juga Unik 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Februari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Es Krim! Siapa yang tidak suka makanan manis dan dingin ini? Es krim merupakan dessert yang paling populer di seluruh dunia, terutama di daerah tropis seperti Indonesia ini. Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi masa kini, semakin banyak saja varian es krim. Tidak selalu terasa manis, ada juga es krim yang rasanya pedas, asin, dan asam.

Bahan dasar es krim pun ada berbagai macam, mulai dari buah-buahan, susu, hingga yogurt. Dan kabar baiknya, di Bandung kamu tidak akan kesulitan menemukan berbagai macam es krim! Ingin tahu tempat makan es krim di Bandung yang enak dan unik? Keluyuran punya 10 rekomendasinya untuk kamu:

1. Rasa Bakery & Cafe

Rasa Bakery & Cafe

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Mau makan es krim ala-ala Perancis? Tidak perlu naik pesawat dulu, kamu cukup pergi naik mobil atau naik motor untuk mencapai Rasa Bakery & Cafe yang ada di Jalan Tamblong no. 15, Braga, Sumur Bandung. Sebenarnya tempat ini tidak terkenal karena es krimnya, karena Rasa Bakery & Cafe menyediakan banyak sekali makanan.

Ada aneka roti, kue, pizza, pasta, yoghurt, dan tentunya es krim. Tapi, ternyata es krim milik Rasa Bakery & Cafe dinilai enak banget oleh banyak orang, sehingga setiap kali datang ke kafe ini menu es krim tidak pernah absen dipesan. Beberapa menu es krim diantaranya ada Banana Split dan Hawaiian Love Song (seperti pada gambar).

  • Alamat: Jl. Tamblong Dalam No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4205330
  • Jam Operasional: Senin-Minggu, 08.00-21.30 WIB Sabtu 08.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 15.000 s/d Rp 55.000 per porsi/gelas

2. Mangkok Manis

Mangkok Manis

* sumber: klikalamat.com

Ingin makan yang segar-segar? Nge-Mangkok Manis, yuk! Mangkok ini menjul semangkuk penuh makanan yang manis-manis yang terdiri dari puding, mochi, jelly, sereal, buah-buahan segar, dan tentunya es krim. Daya tarik dessert kekinian ini adalah, semua makanan tadi disajikan di atas batok kelapa yang sudah dikeruk. Jadi kamu bisa makan daging kelapanya juga.

Alamat Mangkok Manis adalah di Jalan Cihampelas no. 95. Tapi, kini kamu bisa menghampiri mobile store mereka di Jalan Citarum (depan Masjid Istiqomah, dekat SMAN 20 Bandung). Toko manisan ini bisa kamu kunjungi dari jam 10 pagi – 7 malam.

  • Alamat: Jl. Cihampelas No.95, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4205330
  • Jam Operasional: Senin-Minggu, 10.00-23.00 WIB Jumat-Sabtu 10.00-02.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 20.000 s/d Rp 155.000 per porsi/gelas

3. The Harvest Cakes

The Harvest

The Harvest Cakes sudah terkenal sebagai salah satu toko yang menawarkan aneka kue dengan citarasa yang enak. Nah, tidak hanya menjual kue saja, toko dengan suasana nyaman ini juga jual es krim, lho!

Tiga di antaranya adalah Chocolate Chuck Nutella Ice Cream, Cherry on Top serta Ice Cream Sandwich. Chocolate Chunk Nutella Ice Cream sendiri merupakan es krim cokelat lembut yang dilapisi sponge cake cokelat dan choco crumble serta dibubuhi dengan selai Nutella. Sementara Cherry on Top adalah es krim dengan cokelat, oreo, permen cokelat dan juga bubble buah yang enak.

Dan Ice Cream Sandwich sendiri adalah es krim vanila, cokelat dan strawberry yang dibalut dengan roti toast dan diberi tambahan chantily cream.

Bukan hanya es krim dan kue, The Harvest Cakes juga punya banyak pilihan cokelat dan menu makanan berat yang lezat. Harga makanan dan minuman serta kue di sini berkisar antara Rp 20 ribuan sampai Rp 600 ribuan.

  • Alamat: Dago, Jl. Ir. H. Juanda No.15, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4200756
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 20.000 s/d Rp 600.000 per porsi/gelas

4. Terminale Gelato

14 Kuliner Es Krim di Bandung yang Enak dan Juga Unik [year] 1

Kalau kamu nyari tempat makan gelato yang cocok buat nongkrong-nongkrong cantik, datang saja ke Terminale Gelato yang ada di Living Plaza Dago. Di sini, kamu bisa menikmati gelato dengan banyak pilihan rasa. Mulai dari greentea sampai cokelat. Gelatonya tersedia dalam ukuran kecil, sedang dan besar. Kamu bisa mix sampai dua rasa juga, lho.

Selain gelato yang enak dan lembut, Terminale juga menyajikan makanan berat dan dessert yang bisa kamu cicipi. Ada Terminale Fried Rice, Tom Yum Noodle, Aglio Olio Con Gamberi sampai pizza dan waffle/pancake dengan gelato.

Kamu yang suka kopi juga bisa memilih macam-macam minuman kopi yang enak. Ada cappuccino, vanilla latte, machiato sampai Vietnam drip. Harga makanan dan minuman di sini berkisar antara Rp 6.000 sampai dengan Rp 38.000 saja. Cukup murah, bukan?

  • Alamat: Living Plaza Dago, UG Floor, No.61-63, Jl. Ir. H. Juanda, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0822-130-78712
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 09.00-22.30 WIB, Minggu 11.00-22.30 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 6.000 s/d Rp 38.000 per porsi/gelas

5. Let’s Go Gelato

Let's Go Gelato

* sumber: myfunfoodiary.com

Let’s Go Gelato berlokasi di Jalan Bengawan no. 29, Cihapit, Bandung Wetan. Lebih tepatnya kedai es krim ini ada di samping studio foto Papyrus. Kurang lebih ada 12 rasa gelato yang dapat dipesan.

Cara memesannya adalah pilih wadah, mau di cup atau di cone. Lalu, pilih rasa gelato yang diinginkan. Nanti bayarnya di kasir Papyrus, kembali lagi ke counter es krim sambil memberikan bukti pembayaran, baru deh gelatonya bisa dinikmati.

  • Alamat: Jl. Bengawan No.29, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0811-1187-979
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 20.000 s/d Rp 85.000 per porsi/gelas

6. Cremeria di Dee Gelato Shop

Cremeria di Dee Gelato Shop 

* sumber: dosenkuliner.com

Siapa suka gelato? Mampir, yuk, ke Cremeria di Dee Gelato Shop. Kafe ini berkonsep open space yang lebih mengenalkan pengunjungnya pada alam. Konsep ini sangat cocok karena lokasinya berada di dataran tinggi, yaitu di Jalan Gn.Batu no. 2C, Ciumbuleuit, Cidadap.

Kami sarankan untuk membawa anak-anak kemari karena tempatnya sangat bagus untuk mengenalkan buah hati pada alam. Kamu yang ingin bersantai dengan suasana alam pun cocok banget datang ke sini. Lalu, siapa lagi kira-kira yang pas banget datang ke sini? Tentu saja kamu-kamu yang sedang diet, karena gelato di sini semuanya menggunakan buah-buahan alami. Yum!

  • Alamat: Jl. Gn. Batu No.2C, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0813-1141-2502
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 12.00-20.00 WIB, Sabtu-Minggu 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 13.000 s/d Rp 35.000 per porsi/gelas

7. Sumber Hidangan

sumber hidangan

Namanya unik banget, ya? Sumber Hidangan ini usianya sudah tua sekali karena mereka berdiri sejak tahun 1929. Waw! Sebenarnya, Sumber Hidangan merupakan toko roti, tapi mereka juga menyediakan es krim yang tidak kalah terkenalnya dengan roti-roti mereka. Letaknya ada di Jalan Braga No. 20-22. Tempatnya memang tidak terlalu mencolok karena di depannya selalu berjejer lukisan-lukisan yang di jual seniman Bandung.

Sumber Hidangan menyediakan es krim segar dengan rasa arben dan buah-buah lainnya. Mereka beroperasi setiap hari Senin-Sabtu, dari jam 9 pagi – setengah 4 sore. Oh, iya, kalau kamu pecinta film Indonesia pastinya sudah tahu dong kalau Sumber Hidangan merupakan tempat syuting film “Madre”?

  • Alamat: Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4236638
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 09.00-16.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 6.000,- s/d Rp. 300.000,- per porsi/gelas

8. Arromanis Corner Store

 Arromanis Corner Store 

* sumber: www.opensnap.com

Di Jalan Wira Angun Angun no. 14 ada kedai es krim yang masih ramai dibicarakan orang pada tahun ini, yaitu Arromanis Corner Store. Arromanis menjual aneka macam es krim dan kue. Range harga es krimnya antara 20 – 30 ribuan. Selain enak rasanya dan enak dipandang, es krim dari Arromanis itu Instagramable banget, lho!

  • Alamat: Jl. Wira Angun Angun No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0811-1187-979
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu, 12.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 20.000 s/d Rp 100.000 per porsi

9. Cats and Ice Cream

es krim di bandung

Cats and Ice Cream, dari namanya saja dapat ditebak kalau kedai es krim di Bandung yang satu ini menyediakan es krim yang berbentuk kucing. Tapi, tidak hanya itu, loh. Kamu juga akan ditemani oleh 10 kucing dan 2 anak kucing ketika menikmati es krimnya. Kucing dan es krim dalam satu tempat? Surga dunia untuk para penyuka kucing dan pecinta es krim!

Tiket masuk ke Cats and Ice Cream adalah Rp 50 ribu. Kamu akan mendapatkan 1 es krim dan 1 jam bermain dengan kucing. Iya, di sini ada waktu maksimumnya. Es krim di sini bisa kamu rangkai sendiri. Jadi, kamu pilih rasa es krimnya (vanila, taro, ogura, green tea, stroberi, atau cokelat), lalu pilih topping-nya (corn flakes, fruit loops, koko krunch, honey star, milo, oreo, dll).

  • Alamat: Jl. Kanayakan No.13, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0811-1187-979
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00-22.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 50.000 per orang

10. Ice Cream House (Say! Rumah Es Krim)

Ice Cream House (Say! Rumah Es Krim)

* sumber: www.google.com

Ice Cream House (Say! Rumah Es Krim) terletak di Jalan Purwakarta no. 135, Antapani Tengah. Beberapa orang yang pernah mencoba es krim di sini mengatakan kalau es krimnya hadir dalam banyak varian rasa. Lalu, rasa es krimnya juga enak banget. Kisaran harganya pun terjangkau. Waffle Ice Cream dihargai Rp 17 ribu dan Ice Cream Chocolate Rp 15 ribu saja.

Setiap menunya dihias cantik seperti kalau kamu pesan es krim di restoran, loh. Di sini juga tidak pelit, karena scoop es krimnya banyak untuk harga yang terbilang murah. Penasaran? Kamu bisa mengunjungi kedai ini setiap hari dari jam 11 siang.

  • Alamat: Jl. Purwakarta No.135, Antapani Tengah, Kec. Antapani, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0811-1187-979
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 11.00-22.00 WIB, Sabtu-Minggu 11.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 5.000 s/d Rp 28.000 per porsi

11. Lucio Luciano Patisserie

lucio luciano pattiserie

Lucio Luciano Patisserie yang berlokasi di Jalan Surya Kencana juga menyediakan ragam pilihan es krim yang lezat. Ada pilihan rasa es krim unik seperti unicorn, green tea dengan Kit Kat, ispahan (leci, rose dan raspberry) sampai dinomealow.

Kamu bisa memesan es krim cup, wafer cone, party cone dengan tambahan beberapa macam topping seperti marshmallow, meises dan rice crispy ball. Atau… kamu bisa pakai puff dengan rasa original, charcoal dan red velvet.

Karena ini Patisserie, jadi sudah tentu tempat ini tidak menawarkan es krim saja. Ada kue, croissant hingga roti panggang. Makanan berat seperti sop buntut dan soto ayam juga ada. Minumannya juga beragam, ada kopi, cokelat, jus, teh dan milkshake. Mau coba?

  • Alamat: Jl. Surya Kencana No.12, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0815-6195-555
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 09.00-20.30 WIB, Minggu 10.00-20.30 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 10.000 s/d Rp 48.000 per porsi/gelas

12. Yes Ice Please (YIP HAUZ)

Yes Ice Please (YIP HAUZ)

* sumber: www.instagram.com

Kalau kamu belum tahu bedanya sorbet dengan es krim.. Jadi, sorbet itu dulu dibuatnya dari salju. Kalau sekarang orang-orang sudah paham salju itu kotor dan tidak boleh di makan, jadinya dibuat lah dessert yang mirip seperti salju yang dibuat dari serbuk es. Sorbet dibuat dari air, buah, dan gula saja tanpa menggunakan susu, krim, dan kuning telur sama sekali.

Yes Ice Please (YIP HAUZ) merupakan kedai roll sorbet ice pertama di Indonesia, loh! Alamatnya ada di Jalan Lengkong Besar no. 37. Mereka beroperasi dari jam 10 pagi – habis. Di sini tidak hanya menyediakan sorbet rasa buah saja, tapi ada pula rasa yang nyeleneh dan tidak terpikirkan seperti Dodol Garut Gelato, Jamu Gelato (Beras Kentjur Gelato, dll), dan Choco Mint with Sweet and Sour Pringles.

  • Alamat: Jl. Lengkong Besar No.37, Cikawao, Kec. Lengkong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0821-1235-3058
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 20.000 s/d Rp 35.000 per porsi

13. Sweet Belly Dessert

 Sweet Belly Dessert 

* sumber: eastbaydish.com

Kamu yang suka es krim juga bisa datang ke Sweet Belly Desserts. Di sini ada es krim yang berbentuk unik dengan beragam varian pilihan rasa. Tidak hanya es krim, di sini tersedia juga aneka kue yang enak-enak.

Sweet Belly Desserts ada di Jalan Lombok No. 53. Sweet Belly beroperasi setiap hari, mulai dari jam 10 pagi – 10 malam, dan khusus weekend buka hingga jam 11 malam. Kisaran harga dessert di sini mulai dari Rp 30 – 50 ribuan saja.

  • Alamat: Jl. Lombok No.53, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4261338
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 10.00-22.00 WIB, Sabtu-Minggu 10.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 30.000 s/d Rp 50.000 per porsi

14. I Scream For Ice Cream

i scream for ice cream

I Scream For Ice Cream merupakan salah satu kedai es krim legendaris di Bandung. Lokasinya berada di Jalan Harian Banga No. 17 (dekat UNISBA).

Bentuk bangunan I Scream For Ice Cream ini persis seperti rumah Belanda zaman dulu, jadi mungkin kamu akan kesulitan menemukan tempatnya. Es krim di sini semuanya home made, loh, dan tersedia berbagai macam jenis seperti Casata (cake yang terbuat dari es krim) hingga es puter.

Oh iya, sebagian es krim di sini mengandung Rhum, tapi tidak semuanya, ya. Jadi sebaiknya kamu tanyakan dulu kepada pramusajinya es krim mana saja yang Halal. Jam operasionalnya buka setiap hari dari jam 10 pagi – 5 sore. Kisaran harganya mulai dari Rp 8 ribu – Rp 60 ribu.

  • Alamat: Jl. Hariangbanga No.17, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung,
  • Nomor Telepon: (022) 4231541
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-17.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp 8.000 s/d Rp 60.000 per porsi/scoop/liter

Ya, itulah 14 rekomendasi tempat makan es krim di Bandung ala Keluyuran. Unik-unik, bukan? Selain konsep dan bentuknya yang unik, rasanya juga lezat-lezat, loh! Kamu punya rekomendasi lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *