10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota Bandung adalah kiblatnya fashion se-Indonesia. Makanya, ada banyak banget tempat belanja baju di kota ini, seperti di mall, pertokoan kecil, butik, pasar, Gedebage, dan juga FO alias factory outlet.

Buat yang belum familiar, FO adalah istilah untuk toko pakaian yang menjual aneka baju branded dan sisa ekspor dengan kualitas bervariatif (ada yang masih bagus tapi ada juga yang reject). Jadi, walaupun nama tokonya gaya banget ‘factory outlet’, terus barang-barangnya juga ada yang bermerk, tapi harga yang dipasarkan tergolong terjangkau.

Keberadaan FO dimulai pada tahun 1990-an, di mana krisis moneter dunia (terutama Asia) sedang berlangsung. Pada saat itu, untuk makan saja susah, apalagi beli baju. Nah, FO hadir untuk menjawab kegelisahan masyarakat. Karena, pada dasarnya, barang-barang FO adalah produk pabrik dan sisa ekspor, sehingga harganya pun sangat miring. Tapi, baju-baju ini masih sangat layak dan banyak yang bermerk juga.

Kini, banyak FO yang justru jadi punya pabrik sendiri, bukannya menyuplai barang sisa lagi. Karena itulah, setiap FO memiliki ciri khas masing-masing dan barangnya tidak ada yang sama lagi perihal hak cipta. Bahkan baju-baju FO cenderung unik karena tidak akan sama dengan baju-baju yang lagi ngehits di mall apalagi pasar grosir.

Sayangnya, sekarang harga pakaian FO jadinya lebih mahal daripada dulu. Kalau itu tidak menjadi masalah buat Anda, yuk, Keluyuran ke 10 FO terbaik di Bandung ini bersama keluarga!

1. Rumah Mode Factory Outlet

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 1

*Sumber: Instagram.com/nugraha2895

Jika berkunjung ke Bandung, tentu Rumah Mode Factory Outlet sudah tidak asing lagi Anda dengar. Tempat yang didesain dengan arsitektur tradisional khas Indonesia bernuansa Pulau Dewata ini hadir dengan konsep one stop shopping.

Itu berarti, tempat perbelanjaan ini menyediakan beragam barang dan kebutuhan, mulai dari barang branded seperti tas, sepatu, pakaian merk Gucci dan Ralph Lauren yang dijual dengan harga miring hingga aksesoris dan mainan anak-anak.

Menariknya lagi, tempat ini juga dilengkapi dengan taman yang cantik untuk bersantai dan berfoto, hingga cafe yang menyajikan kopi serta jajanan khas Bandung. Sehingga, FO ini tidak hanya menjadi tempat belanja fashion tapi cocok juga untuk dijadikan tempat berbincang santai, terlebih nuansanya yang asri dan homey.

  • Alamat: Jalan Setiabudhi no. 41F, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9.30 pagi–9 malam (mungkin akan berbeda selama pandemi)
  • Nomor Telepon: 0811 2186 898

2. Heritage Factory Outlet

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 2

*Sumber: Instagram.com/sevenholiday3883

Salah satu factory outlet yang sangat populer di Bandung adalah Heritage The Factory Outlet. Tempat ini bahkan dijuluki sebagai pelopor munculnya factory outlet yang lain. FO ini didukung dengan desain interior dan eksterior yang membuatnya semakin menarik, yaitu bangunan gedung tua zaman kolonial Belanda dengan pilar-pilar besar berarsitektur Art Deco.

Dan, memang, gedung ini dinobatkan sebagai bangunan bersejarah yang mempresentasikan warisan Bandoeng Tempoe Doloe, bahkan Heritage The Factory Outlet juga termasuk dalam Cagar Budaya.

Sejak didirikan pada tahun 1895 tempat ini tak pernah sepi pengunjung meskipun terlihat jadul, namun barang-barang yang ditawarkan berkualitas dan branded, mulai dari produk fashion hingga kerajinan tangan. Kisaran harganya mulai dari 30 ribu sampai yang paling tinggi 500 ribu rupiah.

  • Alamat: Jalan L.L.R.E. Martadinata (Riau) No. 63–65, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi–10 malam (mungkin akan berbeda selama pandemi)
  • Nomor Telepon: 022 4267707

3. Blossom Family

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 3

*Sumber: Instagram.com/oricca

Jika Anda sedang berada di kawasan Dago, factory outlet bernama Blossom Family ini sayang banget kalau dilewatkan. Selain lokasinya yang strategis dan dekat dengan kawasan wisata lain seperti Taman Patung NuArt, Bandung Science Center, Armor Coffee, hingga Cafe D’Pakar, FO ini juga menawarkan beragam produk fashion yang berkualitas dan kekinian.

Meskipun, barang-barang yang dijual di sini cenderung diperuntukkan untuk wanita, seperti tas, baju, sepatu, kacamata, hingga aksesoris. Tapi, FO ini tetap menjadi pilihan banyak orang, terutama ketika mencari baju lebaran untuk keluarga. Untuk mendapatkan produk-produk di FO Blossom Family, pengunjung harus merogoh kocek mulai dari 36 ribu sampai 500 ribu rupiah.

  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda (Dago) No. 112, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi–9.30 malam (mungkin akan berbeda selama pandemi)
  • Nomor Telepon: 022 2503822

4. Est Fashion Gallery

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 4

*

Factory outlet selanjutnya adalah Est Fashion Gallery atau yang dikenal juga dengan sebutan Est Plus & Exsport Station. Tak kalah menarik untuk didatangi, tempat ini kerap kali menyediakan barang-barang branded yang dapat dikatakan susah untuk didapatkan. Bahkan, barang yang jarang Anda temui di factory outlet yang lain ada di sini.

Salah satu produk fashion yang dimiliki FO ini adalah barang-barang branded dari Doc. Martens, Polo, hingga Fred Perry. Walaupun pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh salah satu produknya, namun kualitas yang diberikan sebanding dengan harga yang dipampang.

Selain menyediakan pakaian dan sepatu, tempat ini juga menjual kebutuhan home living. Jadi, selain bisa mendapatkan pakaian baru, Anda bisa sekalian menghias rumah juga! Lokasi FO ini mudah dicari, karena ia tepat berada di seberang restoran yang mengusung konsep bangunan Belanda bernama Indische Tafel.

  • Alamat: Jalan Sumatera No. 28–30, Kb Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9.30 pagi–9 malam (mungkin akan berbeda selama pandemi)
  • Nomor Telepon: 0812 4834 9334

5. The Secret

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 5

* sumber: www.marjayatrans.com

Memiliki konsep yang berbeda dari tempat perbelanjaan lain, FO yang nampak ‘misterius’ ini berhasil menarik rasa ingin tahu pembeli. The Secret Factory Outlet didesain dengan perpaduan warna merah dan hitam, meskipun akhirnya lebih didominasi oleh balutan hitam legam dari luar, meningkatkan rasa keingintahuan calon pengunjung.

Namun, setibanya di dalam bangunan, Anda akan melihat ruangan terang dengan berbagai warna-warni dari beragam produk yang dijual, mulai dari barang branded, tas, pakaian, hingga batik. Kisaran harga barang-barang tersebut dibanderol mulai dari 35 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Lalu, jika ingin mencari perhiasan dan aksesoris, pengunjung dapat menuju lantai dua. Tak hanya itu, di bagian belakang factory outlet tersebut juga terdapat Dunia Anak yang merupakan tempat bermain anak-anak, jadi mereka tidak bosan saat berbelanja (tapi tetap diawasi, ya).

Lokasi FO ini cukup strategis dan dekat dengan beberapa objek wisata seperti Masjid Salman ITB, Museum Geologi, hingga Katedral Santo Petrus. Pengunjung yang datang pun tak perlu bingung karena tempat ini menyediakan area parkir yang sangat luas.

  • Alamat: Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 47 Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi–9 malam (mungkin akan berbeda selama pandemi)
  • Nomor Telepon: 022 4260 818

6. Paberik Badjoe Factory Outlet

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 6

*Sumber: Instagram.com/explorebandung

Salah satu factory outlet di Bandung yang banyak dikunjungi adalah Paberik Badjoe. Di sini menjual beragam barang branded seperti Colorbox, Wrangler, Lee, Tira, Ladies and Men, Choya, Jockey, Et Cetera, dan The Executive yang dijual dengan harga murah. Selain itu, Paberik Badjoe juga menyediakan aneka busana muslim.

Konsep bangunan tempat ini juga bernuansa industrial Eropa, saat Anda masuk ke dalam tampak desain seperti pabrik baju zaman dulu. Ada juga desain interior lain diantaranya mesin jahit jadul, mobil VW tua, pompa bahan bakar minyak, hingga berbagai lukisan. Sehingga, Paberik Badjoe bukan hanya sekedar FO tapi sudah termasuk dalam tempat wisata Bandung yang Instagramable.

Factory outlet ini terbagi menjadi 2 lantai, lantai bawah men-display pakaian untuk wanita sedangkan lantai atas untuk keperluan pria. Tak hanya itu, terdapat pula Dapoernya Paberik yang menjual beragam makanan khas Indonesia ataupun Western Food dengan konsep open kitchen yang menarik untuk Anda coba.

  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta No. 573B, Gumuruh, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Hari Senin–Kamis, jam 9.30 pagi–9 malam, hari Jumat–Minggu jam 9.30 pagi–8.30 malam
  • Nomor Telepon: 022 7336979

7. SEXIMO Boutique Couture

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 7

* sumber: depositphotos.com

Jika Anda ingin mencari pakaian-pakaian semi formal hingga pesta, SEXIMO Boutique Couture adalah pilihan yang tepat. Itu karena, factory outlet di Bandung ini menawarkan beragam pilihan baju para executive muda, busana pernikahan, hingga gaun-gaun cantik untuk acara seperti prom night.

Ada pula tas bahkan aksesoris berkelas yang dapat ditemukan di sana. Meskipun terkesan mewah, tempat belanja di kawasan Dago ini menjual produk dan koleksi-koleksi keren mereka dengan harga yang relatif terjangkau.

  • Alamat: Jalan Ir. H. Djuanda No.106, Lebak Gede, Kec. Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi–10 malam
  • Nomor Telepon: 0812 2171 7171

8. Passion Factory Outlet

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 8

*Sumber: Instagram.com/passion_bdg

Tak jauh dari Jalan Braga dan Taman Balai Kota Bandung terdapat Passion Factory Outlet. Lokasinya tepat berada di Jalan L.L.R.E. Martadinata atau yang lebih dikenal sebagai Jalan Riau. Meskipun tempat belanja ini tidak terlalu luas, namun, banyak tersedia pilihan baju mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Harga yang dibanderol pun cukup murah dan dapat bersaing dengan factory outlet lainnya. Apalagi letaknya yang berada di jalan protokol dan dekat dengan banyak FO serta restoran lainnya, Passion Factory Outlet bisa banget Anda jambangi sebelum shopping di FO sekitarnya.

  • Alamat: Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 36, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi–9 malam
  • Nomor Telepon: 0857 1178 253

9. The Outfit Store

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 9

*Sumber: Instagram.com/theoutfitstore.bdg

Masih di kawasan yang sama, yakni Jalan Riau, terdapat factory outlet bernama The Outfit Store. Meskipun masih bisa dibilang baru karena mereka mulai beroperasi pada tahun 2011, barang-barang yang dipasarkan di tempat perbelanjaan ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Terlebih, mereka mengusung konsep the highest level of lifestyle. Beragam produk mulai dari kaos, sepatu, sweater, hingga jaket pun tersedia, lengkap dari produk fashion orang dewasa sampai anak-anak dengan harga yang masih terjangkau.

  • Alamat: Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 61, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi–9 malam
  • Nomor Telepon: 0813 8232 9724

10. Cargo Factory Outlet

10 Factory Outlet di Bandung untuk Shopping Bersama Keluarga 10

* sumber: www.google.com

Rekomendasi FO yang terakhir adalah Cargo Factory Outlet. Harga barang-barang di sini termasuk murah, apalagi jika Anda menggunakan kartu debit tertentu, suka ada diskon tambahannya. Walaupun harganya murah, model pakaian yang di-display ok.

Ada juga pakaian yang sedikit jadul, tapi jika Anda justru mencarinya, berarti Anda tahu harus ke mana. Di sini ada kantin kalau Anda mau pesan es kopi atau makan, dan ada kolam ikan untuk mendistraksi anak-anak ketika orang tuanya memilih baju, hihi.

  • Alamat: Jalan Diponegoro No. 30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
  • Jam Operasional: Setiap hari (mungkin akan berbeda selama pandemi)
  • Nomor Telepon: (022) 7200189

Karena adanya pandemi COVID-19, jam buka dan tutup factory outlet mungkin berbeda. Jadi, Anda bisa melakukan pengecekan jadwal secara online atau langsung telepon FO-nya sebelum datang ke sana. Dan, jangan lupa untuk mempraktikkan physical distancing juga menjaga tangan Anda tetap bersih, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *