10 Fakta Negara Brunei Darussalam yang Menarik Diketahui

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

8. Penduduknya Fasih Bahasa Inggris

Penduduknya fasih bahasa InggrisSumber: iexplore.com

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang secara resmi digunakan untuk berkomunikasi antar suku bangsa. Bila sebagian besar masyarakat yang ada Asia tidak terlalu fasih menggunakan bahasa Inggris. Di Brunei, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua yang mereka kuasai setelah bahasa Melayu.

Hampir 90% masyarakat yang ada di Brunei Darussalam diketahui menguasai bahasa Inggris. Penduduk Brunei sendiri terdiri dari suku Melayu dengan jumlah presentasi sekitar 66,3%, Tionghoa 11,2%, Dayak 3,4 % dan 19,1% berasal dari suku campuran.

9. Melepas Sepatu saat Bertamu

Melepas sepatu saat bertamu

Selain di Indonesia, di Brunei juga memiliki tradisi unik yang biasa dilakukan saat berkunjung atau bertamu ke rumah orang. Masyarakat Brunei ketahui kerap melepaskan sepatu yang mereka gunakan sebelum memasuki rumah orang lain. Kebiasaan membuka sepatu sendiri memang sudah menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan oleh masyarakat Melayu dan beberapa suku lain di Asia.

Selain untuk menjaga rumah tetap bersih dari berbagai kotoran, kebiasaan itu juga dilakukan sebagai bentuk tindakan sopan santun saat bertamu ke rumah orang lain. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat kebiasaan tersebut saat berada di Brunei Darussalam.

10. Rokok Haram di Brunei

Rokok haram di Brunei

Selain minuman beralkohol, merokok di tempat umum haram dilakukan di Brunei Darussalam. Beberapa orang yang tertangkap melanggar aturan, bahkan harus membayar denda dengan nominal yang cukup tinggi. Jika di beberapa negara kerap disediakan smoking area bagi para perokok, di Brunei sendiri hal tersebut tidak akan pernah ditemukan.

Di sana sendiri terdapat Satgas Penegakan Hukum Brunei Darussalam yang kerap berpatroli dan menangkap para pelanggar aturan yang merokok di ruang publik. Bagi mereka yang melanggar, denda yang dikenakan sebagai hukuman cukup beragam. Mulai dari 1,2 juta hingga 36 juta, atau mendapat hukuman berupa 3 bulan kurungan penjara.

Demikian 10 Fakta Negara Brunei Darussalam yang berhasil kami rangkum. Setiap negara memiliki fakta unik yang terkadang jarang diketahui orang lain. Informasi mana yang menurutmu paling menarik tentang negara Brunei? Tulis komentarmu di bawah, ya!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram