11 Fakta tentang Festival Oktoberfest Jerman yang Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah

Salah satu acara favorit dalam kalender festival di Eropa adalah Oktoberfest. Ini merupakan festival bir yang terbesar dan terkenal di dunia. Tempat penyelenggaraannya adalah di Kota Munich, Jerman dan dimulai pada bulan September.

Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, Oktoberfest tahun 2020 dan 2021 dibatalkan. Festival ini akan kembali diselenggarakan pada 17 September – 3 Oktober 2022.

Acara ini tak hanya berisi kegiatan minum bir tapi ada juga acara lainnya, seperti kuliner, wahana untuk anak, musik, dan pakaian tradisional Jerman. Untuk kamu yang belum terlalu familiar dengan festival ini, berikut fakta tentang Oktoberfest Jerman.

Baca juga: 10 Makanan Khas Jerman yang Enak dan Mesti Dicoba

1. Sejarah

Ternyata festival bir ini awalnya adalah acara perayaan pernikahan putra mahkota Bavaria, yang kemudian menjadi Raja Louis I, yang menikah dengan Putri Therese von Sachsen-Hildburghausen.

Festival pertama diselenggarakan pada 12 Oktober 1810 dan berlangsung selama lima hari kemudian diakhiri dengan acara pacuan kuda yang diadakan di area terbuka.

Acara pacuan kuda tersebut dinamakan Theresienwiese. Tahun selanjutnya perlombaan tersebut digabungkan dengan acara pameran pertanian negara bagian. Kemudian pada tahun 1818 mulai diperkenalkan stan yang menghidangkan makanan dan minuman.

Pada akhir abad ke-20, stan-stan tersebut kemudian berkembang menjadi aula bir yang besar yang terbuat dari kayu lapis. Ruangan tersebut dilengkapi dengan balkon di dalam ruangan dan panggung orkes. Tiap-tiap pembuat bir Munich mendirikan sebuah bangunan sementara yang memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 6.000.

Untuk membuka festival, Walikota Munich akan mengetuk tong pertama. Jumlah total konsumsi bir saat Oktoberfest sekitar 75.800 hektoliter atau sekitar 2 juta galon.

Pada festival tersebut diadakan parade dan pabrik bir diwakili dengan penampilan gerobak bir dan kendaraan hias lengkap bersama orang-orang yang memakai pakaian tradisional.

Hiburan lain yang ada dalam festival itu, di antaranya wahana hiburan, permainan, musik juga tarian. Tiap tahunnya Oktoberfest menarik sekitar dari enam juta orang lebih dan kebanyakan dari mereka adalah turis.


2. Pernah Dibatalkan Sebanyak 24 Kali

Pernah Dibatalkan Sebanyak 24 Kali

Dalam kurun waktu 209 tahun terakhir, Oktoberfest pernah sebanyak dibatalkan 24 kali. Alasannya karena wabah kolera atau perang. Pada tahun 1813 festival ini dibatalkan karena Pertempuran Leipzig antara beberapa negara Eropa melawan Napoleon. Kemudian dibatalkan kembali pada tahun 1854 dan 1873 karena terjadi epidemi kolera.

Selanjutnya pada tahun 1866 festival lagi-lagi dibatalkan karena Perang Prusia antara Prusia dengan negara-negara seperti Austria dan Bavaria. Pada tahun 1870 terjadi Perang Prancis-Prusia dan festival itu pun sekali lagi dibatalkan.

Perang Dunia I yang terjadi pada tahun 1914 – 1918 membuat festival tersebut batal diselenggarakan. Sementara pada tahun 1919 dan 1920, festival tersebut hanya disebut sebagai festival musim gugur. Festival kembali batal diselenggarakan karena terjadi inflasi pada tahun 1923 dan dan 1924.

Dari tahun 1939 sampai 1945 Oktoberfest kembali ditunda saat Perang Dunia II. Seperti halnya masa perang sebelumnya, festival tersebut hanya disebut festival musim gugur di tahun '46, '47, dan '48.

3. Disebut Oktoberfest tapi Dimulai Bulan September

Disebut Oktoberfest tapi Dimulai Bulan September

Meskipun namanya “Oktober” tapi ternyata acara ini sebagian besar dilaksanakan di bulan September. Festival yang dimulai tahun 1810 itu dulu diselenggarakan selama satu minggu pada bulan Oktober.

Namun di tahun-tahun berikutnya, acara ini diperpanjang dan tanggal mulai diubah jadi September karena cuaca lebih hangat juga lebih menyenangkan. Tentunya ini akan lebih mudah untuk menarik lebih banyak pengunjung untuk tinggal lebih lama dan nikmati bir sepanjang malam.

4. Baru Diperbolehkan Minum Sesudah Dibuka oleh Walikota

Baru Diperbolehkan Minum Sesudah Dibuka oleh WalikotaSumber: liga-zwei.de

Di festival ini orang tidak bisa sesukanya minum. Orang-orang baru diperbolehkan untuk minum setelah walikota membuka festival tersebut. Ketika dia mengatakan "O' zapft is" pada upacara pembukaan yang terjadi di hari pertama, barulah orang-orang boleh mulai minum birnya.

Untuk menyaksikan ini pengunjung harus berada di satu tempat, yaitu tenda Schottenhamel. Di sini pengunjung akan merasakan pengalaman tradisi Bavaria, yaitu Walikota Munich akan diberikan kehormatan untuk mengetuk tong pertama bir Oktoberfest di siang hari. Sesudah tong bir pertama dibuka, maka semua orang bisa mendapatkan bir dan Oktoberfest secara resmi dimulai.

5. Festival yang Ramah Anak

Meskipun festival ini berisi aktivitas minum bir dan tentunya bukan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, tapi acara ini selama beberapa tahun terakhir mengubah citranya. Penyelenggara festival sudah mencoba menjauhkan citra festival ini sebagai tempat minum-minuman beralkohol menjadi yang lebih ramah keluarga.

Oktoberfest kini dilengkapi dengan karnaval dan bahkan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Di festival ini bisa ditemui kincir ria, permainan, roller coaster, dan parade tradisional Bavaria yang terbuka untuk orang-orang dari segala usia.

6. Minum untuk Kesehatan

6. Minum untuk Kesehatan

Mengapa Oktoberfest jadi peristiwa penting dan populer untuk Kota Munich alasannya bukan semata karena hedonisme, tapi juga kebutuhan. Dulunya Bavaria Selatan dikenal memiliki pasokan air bersihnya yang buruk.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram