10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 8 Juli 2021

Baduy adalah salah satu suku yang memiliki banyak keunikan. Suku yang terletak di provinsi Banten ini dikenal  masih menjaga adat dan budaya yang diwariskan nenek moyang secara turun temurun. Meskipun suku ini telah dikenal luas di tanah air, namun banyak hal menarik dari suku ini yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Nah, apa saja hal unik yang ada pada suku tersebut? Kali ini Keluyuran akan mencoba  membahasnya untuk khusus untuk kamu. Seperti apa kebiasaan salah satu  suku di tanah air ini dalam menjalani kehidupan? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Tinggal di Rumah Tradisional

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 1Sumber: seribulangkah.com

Salah satu hal yang menarik dari suku Banten adalah kehidupan mereka yang sangat dekat dengan alam. Sebagian besar masyarakat Baduy hidup berkelompok. Mereka biasa tinggal dalam sebuah rumah tradisional yang cukup unik. Rumah masyarakat Baduy umumnya terbuat dari bahan yang tersedia di alam.

Rumah tradisional Baduy pada dasarnya berbentuk rumah panggung dengan tiang sebagai penyangga. Mereka juga biasa menggunakan batu kali untuk penahan tanah agar terjadi longsor. Selain bentuk bangunannya yang khas, proses pembuatannya sendiri cukup menarik karena masyarakat Baduy biasa membangun rumah untuk warga secara gotong royong.

2. Dipimpin oleh Pu'un

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 2Sumber: ppid.bantenprov.go.id

Jika berbicara mengenai suku Baduy, maka tidak akan lepas dari salah satu tokoh yang cukup berpengaruh di desa. Masyarakat Baduy sendiri menyebut sosok tersebut sebagai Pu'un. Pu'un adalah orang atau tokoh dari masyarakat Baduy yang dianggap sebagai pemimpin desa. Untuk menentukan seorang Pu'un bukanlah hal yang sembarangan.

Pemilihan sendiri biasanya bersifat spiritual dan dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak ada pertentangan diantara masyarakat Baduy sendiri. Pu'un sendiri adalah sosok yang cukup dihormati dan jauh dari pengaruh dunia luar. Keberadaannya sendiri cukup penting bagi masyarakat Baduy.

3. Ayam Dianggap Mewah

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 3Sumber: paktanidigital.com

Salah satu hal yang cukup menarik dari suku Baduy adalah kehidupan mereka yang cukup bersahaja dan apa adanya. Salah satunya dapat terlihat dari cara mereka hidup. Masyarakat Baduy dikenal sangat sederhana termasuk dalam urusan makan. Ayam menjadi salah satu hidangan yang cukup langka dan mewah bagi masyarakat Baduy.

Masyarakat Baduy sendiri biasanya menyajikan daging ayam hanya pada saat diadakan upacara adat atau acara besar lainnya. Pada dasarnya, masyarakat Baduy sendiri hanya akan makan makanan tradisional yang dikonsumsi oleh nenek moyang mereka. Namun, seiring waktu hal tersebut mulai berubah karena banyaknya wisatawan yang membawa berbagai jenis makanan masuk ke desa.

4. Tradisi Kawalu

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 4Sumber: gurupendidikan.co.id

Salah satu tradisi yang kerap diadakan oleh masyarakat Baduy setiap tahunnya adalah tradisi Kawalu. Tradisi ini biasa dilaksanakan selama tiga bulan dalam setahun, yaitu pada bulan Kasa, Karo, dan Katiga. Bagi masyarakat Baduy dalam, Tradisi Kawalu dianggap sebagai bulan yang suci. Mereka biasa menjalankan puasa penuh pada bulan-bulan tersebut.

Selain itu, mereka juga biasa mengisinya dengan memanjatkan banyak doa untuk memohon keberkahan kehidupan, keselamatan alam, serta memanjatkan rasa syukur sebagai upaya untuk menyucikan diri. Salah satu kebiasaan unik yang dilakukan masyarakat Baduy saat berbuka puasa  adalah memakan daun sirih sebelum makan dan minum seperti biasa.

5. Melakukan Perjodohan

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 5Sumber: raja-wisata.com

Sama seperti masyarakat lain pada umumnya, masyarakat Baduy sendiri kerap melakukan perjodohan untuk putra dan putri mereka. Pada masa penjodohan biasanya orang tua dari laki-laki bebas menentukan siapa saja  wanita Baduy yang menjadi pilihannya. Jika saat perjodohan tidak ada calon yang cocok, maka putri dan putri mereka  harus menuruti pilihan orang tua mereka.

Proses perjodohan sendiri biasanya disaksikan oleh dukun atau ketua ada setempat. Bagi masyarakat Baduy dalam, perjodohan sudah seperti peraturan yang harus dilaksanakan oleh setiap warga desa yang hidup di sana.

Baca juga: Inilah Makanan Khas Suku Asmat yang Menarik untuk Dicoba

6. Pakaian Setiap Suku Berbeda

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 6Sumber: id.m.wikipedia.org

Seperti kita ketahui suku Baduy terdiri dari dua bagian, yaitu suku Baduy Dalam dan suku Baduy Luar. Masyarakat Baduy Dalam dikebal masih memegang teguh aturan adat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal inilah yang membuat suku Baduy dalam lebih banyak memiliki pantangan, dimana masyarakat Baduy Luar dikenal sebagai masyarakat yang jauh lebih terbuka dan banyak menyerap budaya luar atau modern.

Keduanya sendiri dapat dibedakan berdasarkan jenis pakaian yang dipakainya, dimana masyarakat suku Baduy dalam biasanya menggunakan baju dan ikat kepala berwarna putih. Sementara masyarakat suku Baduy luar biasa memakai pakaian serba hitam dan ikat kepala berwarna biru.

7. Tidak Memiliki Nisan

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 7Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Salah satu hal yang unik lainnya dari masyarakat Baduy adalah cara mereka menguburkan anggota keluarga atau bagian dari kelompok mereka yang telah meninggal. Jika umumnya makam seseorang diberi batu nisan yang berisi informasi identitas seseorang yang terkubur di sana, maka masyarakat Baduy sendiri tidak memberi nisan pada kuburan orang yang telah meninggal.

Suku Baduy biasa menguburkan jenazah. di lahan yang berada di hutan. Setelah mengubur jenazah, mereka biasanya  meratakan kembali lahan kuburan sama seperti semula, bahkan menggunakan kembali lahan tersebut untuk menanam tumbuhan setelah tujuh hari pemakaman.

8. Menggunakan Batang Bambu untuk Gelas

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 8Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Hal unik lainnya yang bisa kamu temukan di lingkungan masyarakat suku Baduy, terutama suku Baduy Dalam adalah cara mereka menyajikan makan dan minuman. Hampir sebagian besar makan atau minuman disajikan di atas bahan-bahan yang terbuat dari alam. Salah satu yang cukup unik adalah gelas yang terbuat batang bambu.

Masyarakat Baduy sendiri kerap menggunakannya untuk minum. Cara mereka minum memang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin mengetahui kehidupan sehari-hari mereka. Gelas bambu tersebut diketahui mampu menghasilkan aroma unik dan sangat berbeda dibanding gelas yang biasa dipakai oleh masyarakat pada umumnya.

9. Suka Bergotong Royong

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 9

Sama seperti beberapa daerah yang ada di tanah air. Masyarakat Baduy sendiri dikenal sangat suka bergotong royong dan saling membantu antara warganya. Hal itu dapat dilihat dalam setiap acara besar yang diadakan, dimana setiap anggota masyarakat biasanya saling bahu membahu dalam mengerjakan satu pekerjaan.

Salah satunya bisa kita lihat  ketika mereka akan mengadakan upacara adat atau saat membangun rumah untuk warganya. Mereka bisa membagi tugas dan saling gotong royong untuk membantu dan membagi pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka. Sifat gotong royong ini tentu menjadi sesuatu yang bagus untuk ditiru.

10. Suka Berjalan Kaki Tanpa Alas Kaki

10 Fakta Suku Baduy yang Bisa Membuat Kamu Terpesona 10Sumber: photo.sindonews.com

Nah, kebiasaan unik lainnya yang juga menarik adalah kebiasaan saat berjalan. Masyarakat Baduy dikenal sangat suka berjalan tanpa mengenakan alas kaki. Kebiasaan ini pun diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang hingga saat ini. Masyarakat Baduy sendiri kerap berjalan secara berkelompok dengan mengenakan pakaian adat lengkap yang biasa mereka kenakan.

Meskipun tanpa mengenakan alas kaki, namun mereka sendiri dikenal mampu menempuh jarak cukup jauh tanpa mengeluh atau merasa sakit. Tradisi unik ini pun menjadi salah satu ciri khas yang bisa masyarakat tanah air lihat ada pada suku Baduy Dalam. 

Demikianlah 10 Fakta orang Baduy yang bisa membuat kamu terpesona, yang telah Keluyuran rangkum untuk kamu. Keteguhan masyarakat suku Baduy dalam menjaga tradisi yang diwariskan oleh leluhur memang patut diacungi jempol. Meskipun kemajuan teknologi semakin canggih, namun mereka masih tetap berpegang teguh pada ada budaya tanah air.

Nah, kira-kira fakta menarik apa lagi yang ada pada suku ini? Jika kamu tahu, maka bisa menulis hal tersebut di kolom komentar di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram