10 Fakta Suku Dayak yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 29 Juli 2021

Dayak adalah salah satu suku yang berasal dari Pulau Kalimantan. Suku yang dikenal identik dengan hal-hal mistis ini memang memiliki banyak hal unik yang jarang diketahui oleh masyarakat, khususnya yang ada di tanah air. Beberapa hal tersebut antara lain seperti tradisi, budaya dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakatnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Fakta menarik apa yang terdapat pada salah satu suku terkuat yang ada di tanah air ini? So, kali ini Keluyuran akan membahasnya khusus untuk kamu dalam artikel di bawah ini.

1. Dekat dengan Hal-Hal Mistik

Sudah bukan rahasia lagi bila masyarakat Dayak dikenal karena kemampuan supranatural mereka yang jauh di atas suku-suku lain yang ada di tanah air. Kemampuannya tersebut kerap dimanfaatkan suku Dayak saat melawan musuh-musuhnya. Karena kemampuannya tersebut pula, masyarakat Dayak sendiri disebut sebagai manusia gaib penjaga hutan Kalimantan.

Kesaktian suku Dayak memang tanah tersohor hingga ke pelosok tanah air. Sebagian besar masyarakat tanah air bahkan menyebut suku Dayak sebagai salah satu suku yang paling tangguh dan memiliki aura mistis yang kuat di tanah air.

2. Tradisi Merajah Tubuh

Merajah tubuh dengan tato memang umum ditemukan di beberapa suku yang ada di dunia. Suku Dayak sendiri menjadi satu dari sekian banyak suku yang memiliki tradisi tersebut. Masyarakat Dayak menyebut tradisi tato ini dengan sebutan “tutang”. Motif yang dibuat oleh masyarakat suku Dayak memiliki arti tersendiri dan hanya diketahui oleh masyarakat Dayak itu sendiri.

Jika umumnya posisi tato dibuat berdasarkan keinginan pribadi, maka pembuatan tato yang dilakukan oleh masyarakat suku Dayak memiliki aturan tersendiri. Mereka tidak bisa sembarangan melakukan atau menempatkan tato sesuai dengan keinginan pribadi.

3. Gadis Dayak yang Terkenal Sopan

10 Fakta Suku Dayak yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat 3Sumber: hops.id

Salah satu hal yang cukup menarik dari suku yang ada di Kalimantan ini adalah keberadaan wanita suku Dayak. Wanita Dayak dikenal memiliki paras menawan serta sikap sopan santun yang bisa memikat orang yang melihatnya. Kecantikan suku Dayak sendiri disebut memiliki perpaduan antara bangsa Tionghoa dan pribumi yang ada di Kalimantan.

Hal itu dapat dilihat dari ciri fisik wanita Dayak yang sebagian besar berkulit cerah dan mirip seperti orang Tionghoa. Nah, karena kecantikan alam yang dimiliki wanita Dayak, tak heran bila akhirnya banyak dari penduduk suku lain yang terpikat dengan mereka.

4. Tradisi Kuping Panjang

Selain memiliki tradisi merajah tubuh dengan tato, suku Dayak juga dikenal memiliki tradisi kuping panjang. Meskipun tidak semua suku Dayak melakukannya, namun beberapa suku diketahui masih melakukan tradisi ini. Tradisi kuping panjang sendiri merupakan simbol kecantikan dari suku perempuan Dayak. Masyarakat Dayak sendiri menyebut tradisi ini dengan sebuah Telingaan Aruu.

Proses pemanjangan daun telinga sendiri biasanya dibantu dengan logam pemberat berbentuk lingkaran yang terbuat dari tembaga. Masyarakat sendiri menyebut alat ini dengan nama "Belaong". Pemberat inilah yang akan membuat daun telinga akan terus memanjang.

5. Memiliki Pasukan Hantu

Setiap suku memang diketahui memiliki strategi perang tersendiri. Selain melengkapi diri dengan senjata mematikan. Suku Dayak sendiri diketahui memiliki pasukan yang cukup ditakuti oleh bangsa lain. Suku Dayak menyebutnya dengan pasukan hantu. Kolom, pasukan inilah yang membuat bangsa asing gemetar ketika hendak menjajah Kalimantan.

Pasukan tersebut diketahui dipimpin oleh seorang panglima burung, yaitu sosok makhluk gaib legendaris yang dipercayai sebagai pelindung bagi suku Dayak. Pasukan hantu inilah yang akan membantu masyarakat suku Dayak ketika dihadapkan pada setiap musuh yang hendak menyerang.

6. Memiliki Senjata Mematikan

Sama seperti suku lain yang ada di Indonesia, suku Dayak juga memiliki senjata tradisional yang biasa digunakan untuk keperluan berperang maupun menunjang aktivitas mereka sehari-hari. Senjata tersebut antara lain Mandau dan juga Sumpitan. Mandau adalah senjata tajam yang terbuat dari logam besi yang dipercaya memiliki kekuatan mistis.

Senjata ini biasa digunakan oleh masyarakat suku Dayak ketika bertarung dalam jarak dekat. Sementara sumpitan merupakan senjata sumpit beracun yang digunakan untuk melumpuhkan musuh  dari jarak jauh. Kedua jenis senjata ini dikenal cukup mematikan dan bisa menghilangkan nyawa dengan sekejap mata.

7. Suka Berhias dan Merawat Diri

Wanita Dayak memang dikenal karena memiliki paras cantik dan juga kepribadian menarik. Dalam urusan kecantikan, wanita Dayak biasanya menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari alam untuk merawat kecantikan alami mereka.

Sebagian besar masyarakat suku Dayak memang kerap memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia dari alam untuk sejumlah keperluan seperti pengobatan, keperluan rumah tangga, hingga untuk perawatan kecantikan.

Selain merawat kecantikan, suku Dayak juga dikenal sangat suka berhias. Mereka diketahui sangat suka memakai berbagai jenis aksesoris untuk menunjang penampilan mereka seperti gelang, kalung, dan juga anting.

8. Memiliki Dukun Sakti

10 Fakta Suku Dayak yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat 8Sumber: borneo24.com

Nah, hal lain yang cukup menarik di lingkungan Dayak adalah keberadaan dukun sakti yang mereka sebut dengan Sikerei. Sikerei merupakan seseorang yang biasa membantu masyarakat atau warga yang sekarat akibat terkena racun mematikan ketika bertarung atau berperang.

Sikerei dipercaya oleh masyarakat Dayak sebagai seseorang yang memiliki kekuatan untuk memberi kesembuhan bagi orang-orang yang terkena racun senjata tersebut. Meskipun keberadaan dukun ini cukup dibutuhkan, namun untuk menemui Sikerei bukanlah sesuatu hal yang mudah, bahkan sangat sulit untuk ditemui.

9. Penganut Kaharingan

Kaharingan merupakan aliran kepercayaan yang diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang suku Dayak. Sebagian besar masyarakat suku Dayak adalah penganut aliran kepercayaan Kaharingan. Pada dasarnya penganut aliran kepercayaan ini mempercayai adanya Tuhan Yang Maha Esa atau Ranying Hatalla Langit.

Kaharingan dimasukkan dalam salah satu cabang dalam agama Hindu. Mengingat di Indonesia sendiri hanya terdapat 5 agama yang diakui oleh negara. Sama seperti agama lain, Kaharingan sendiri memiliki tempat peribadatan tersendiri, yang dinamakan Balai Basarah. Sementara kitab sucinya bernama Panaturan.

10. Ditakuti Bangsa Belanda

Suku Dayak memang menjadi salah satu suku yang cukup ditakuti tidak hanya oleh suku lain dari tanah air tapi juga oleh bangsa asing, terutama oleh para penjajah pada masa kolonial Belanda. Selain dikenal memiliki kemampuan berperang yang luar biasa, kekuatan mistis yang menyelimuti suku ini pun menjadi salah satu alasan mereka sangat ditakuti.

Meskipun mereka tidak dibekali dengan persenjataan yang canggih dan modern seperti yang dimiliki oleh bangsa asing, namun untuk urusan berperang mereka adalah salah satu suku terbaik yang dimiliki oleh tanah air.

Nah, itulah 10 fakta Suku Dayak yang jarang diketahui orang yang berhasil Keluyuran bahas untuk kamu. Meskipun dikenal memiliki kemampuan mistis yang ditakuti, namun pada dasarnya mereka adalah suku yang mencintai kedamaian dan mencintai alam yang dianugerahkan Tuhan pada mereka.

Kamu tentu memiliki fakta menarik lain mengenai suku ini. Jika ada, maka kamu bisa memberitahu hal tersebut dengan menulis komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram