10 Fakta Unik Korea Utara yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Korea Utara dikenal sebagai negara diktator. Meskipun masih serumpun dengan Korea Selatan, keadaan antara dua negara tersebut sangat jauh berbeda. Korea Utara jauh dari hingar bingar dan tidak memiliki banyak selebriti berwajah menarik seperti Korea Selatan. Sejumlah berita dari berbagai negara menggambarkan Korea Utara sebagai negara yang mengerikan. Benarkah Korea Utara semengerikan itu?

Saat ini Korea Utara dipimpin oleh seorang pemimpin yang masih terbilang muda, yakni Kim Jong-un. Pemimpin tertinggi Korea Utara ini dikenal sebagai pemimpin diktator yang menyukai gaya hidup mewah. Masih ada sejumlah fakta unik Korea Utara yang membuat Anda geleng-geleng kepala saat membacanya. Keluyuran sudah merangkum semuanya dalam tulisan berikut ini.

1. Punya Kalender dan Zona Waktu Sendiri

Punya Kalender dan Zona Waktu Sendiri Fakta Unik Korea Utara

Setiap negara memiliki zona waktu berbeda-beda berdasarkan standar waktu GMT, London. Namun, tidak dengan Korea Utara karena negara ini memilih untuk mengatur zona waktu sendiri. Seharusnya waktu Korea Utara 9 jam lebih cepat dari GMT. Namun, negara ini menetapkan bahwa zona waktunya lebih cepat 8,5 jam saja dari GMT.

Fakta unik Korea Utara lainnya adalah kalender dan penanggalan yang unik. Jika Indonesia dan sebagian besar negara di dunia menggunakan kalender masehi, kalender Korea Utara dihitung sejak tahun kelahiran pendiri Korea Utara, yakni Kim Il-sung, di tahun 1912.

2. Dilarang Merayakan Ulang Tahun

Dilarang Merayakan Ulang Tahun

Fakta terselubung lainnya mengenai Korea Utara adalah larangan merayakan ulang tahun. Namun, tidak semua rakyat dilarang untuk merayakan ulang tahunnya. Hanya rakyat yang lahir tanggal 17 Desember dan 8 Juli saja yang dilarang merayakan ulang tahun.

Mengapa? Pasalnya, tanggal 17 Desember adalah hari meninggalnya Kim Il-Sung, presiden abadi negara tersebut. Sementara tanggal 8 Juli adalah tanggal wafatnya Kim Jong-il, putra Kim Il-sung sekaligus pemimpin kedua Korea Utara setelah ayahnya meninggal.

3. Hanya Ada 3 Channel TV

Hanya Ada 3 Channel TV

Masyarakat Korea Utara tidak akan pernah mengetahui acara televisi internasional, seperti Game of Thrones, The Walking Dead, The Ellen Show, sampai dengan Keeping Up with The Kardashians. Semua channel TV di Korea Utara dikendalikan oleh pemerintah. Siaran televisinya berisi propaganda.

Beberapa masyarakat Korea Utara berusaha menonton program TV dari Korea Selatan yang lebih menghibur. Akan tetapi, jika ketahuan pemerintah tidak segan-segan untuk mengeksekusi mereka yang menonton channel TV dari negara lain.

4. Model Rambut Ditentukan

Model Rambut Ditentukan

Berbahagialah kita yang tinggal di Indonesia karena kita bisa mengecat, meluruskan, mengeriting, dan mengubah model rambut sesuka hati. Fakta unik Korea Utara yang satu ini pasti terdengar mengerikan bagi Anda yang sangat memperhatikan gaya rambut.

Potongan rambut rakyat Korea Utara ditentukan oleh pemerintah. Hanya ada 28 model rambut, 10 model untuk pria dan 18 untuk wanita. Belakangan malah terbit aturan baru bahwa mahasiswa harus mengikuti gaya rambut pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Nah, berminat untuk berkunjung ke salon di Korea Utara?

5. Pemilu Abal-abal

Pemilu Abal-abal

Di Indonesia pemilihan presiden harus melibatkan setidaknya dua pasangan calon. Pun begitu di sejumlah negara demokrasi lainnya. Namun, di Korea Utara hanya ada satu calon saja, yakni Kim Jong-un.

Suka tidak suka, masyarakat Korea Utara memang tidak memiliki pilihan lain. Jangan coba-coba untuk golput alias tidak memberikan suara saat pemilu. Karena ada hukuman tersendiri bagi rakyat tidak memberikan suaranya pada pemilu abal-abal ini.

6. Hukuman untuk Tiga Generasi

Hukuman untuk Tiga Generasi

Yang satu ini bukan fakta terbaru di Korea Utara karena sudah dilakukan sejak zaman pemerintahan Kim Il-sung di tahun 1950-an. Korea Utara memberikan hukuman yang cukup mengerikan untuk membuat rakyatnya jera. Hukuman tersebut meliputi tiga generasi.

Jadi, ketika seorang kakek melakukan tindakan yang dianggap melanggar hukum, maka anak dan cucunya pun turut menanggung hukuman yang sama. Tiga generasi tersebut akan ditahan atau dikirim ke camp kerja paksa. Hukuman tiga generasi ini cukup efektif untuk membuat rakyat Korea Utara taat hukum dan berusaha untuk tidak melanggar hukum di negara tersebut.

7. Batasan Menggunakan Internet

Batasan Menggunakan Internet

Dewasa ini, internet adalah hal yang sangat biasa. Bahkan, sebagian besar orang sudah tergantung dengan internet. Bagi Anda yang aktif di media sosial, fakta unik Korea Utara yang satu ini pasti membuat Anda berkata “tidak” saat diminta untuk tinggal di Korea Utara. Di negara tersebut ada peraturan dalam menggunakan internet.

Hanya 28 situs yang boleh diakses oleh masyarakat Korea Utara, seperti situs asuransi, pendidikan, berita, dan tips memasak. Jangankan menggunakan internet, untuk membeli komputer di Korea Utara saja harus ada izinnya. Wah, bisa jadi anti social social club nih kalau tinggal di Korut!

8. Penonton Bola dan Pengunjung Taman Hiburan Bayaran

Penonton Bola dan Pengunjung Taman Hiburan Bayaran

Mendapatkan cuti bekerja adalah sebuah hal yang mustahil dilakukan jika Anda menjadi rakyat Korea Utara. Apalagi jika cutinya digunakan untuk hiburan, seperti mendukung tim nasional saat berlaga di piala dunia.

Namun, saat kesebelasan Korea Utara bertanding di piala dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan, tampak bangku penonton dipenuhi oleh supporter yang energik. Usut punya usut ternyata penonton bola itu adalah warga Cina yang dibayar oleh Korea Utara.

Selain itu, ada juga taman hiburan yang sebagian besar pengunjungnya merupakan rakyat yang diberi bayaran untuk berpura-pura sebagai pengunjung taman hiburan tersebut. Wah, dibayar untuk jalan-jalan di taman hiburan? Kapan lagi tuh!

9. Larangan Mendengarkan Musik

Larangan Mendengarkan Musik

Jangan harap Anda bisa mendengar lagu dari Justin Bieber apalagi BTS saat berada di Korea Utara. Bukan karena kedua penyanyi tersebut berasal dari Amerika Serikat dan Korea Selatan yang notabene adalah musuh bebuyutan bagi Korea Utara, tapi negara diktator ini memang “mengharamkan” musik-musik dari luar negaranya.

Saluran musik Korea Utara dikuasai oleh pemerintah dan hanya berisi musik-musik yang memuliakan rezim Korea Utara.

10. “Ramah” Terhadap Wisatawan Asing

“Ramah” Terhadap Wisatawan Asing

Berminat untuk jalan-jalan ke Korea Utara? Tenang saja, negara tersebut dikenal ramah dengan wisatawan asing kok. Jumlah wisatawan asing yang boleh berkunjung ke Korea Utara adalah 1.000 orang saja setiap tahunnya.

Akan tetapi, ada sejumlah aturan yang harus ditaati oleh wisatawan asing, seperti harus pergi secara rombongan, harus menyewa pemandu, dilarang mengambil gambar warga dan tentara, dilarang berbicara dengan warga tanpa izin, dilarang keluar hotel tanpa izin pemandu, dan larangan membawa gadget yang ada akses internetnya. Wah, kalau aturannya sebanyak itu masih berminat datang ke Korea Utara?

Fakta unik Korea Utara ini boleh dibilang mengerikan bagi kita yang tinggal di Indonesia yang bukan negara diktator. Apalagi hiburan dan kemewahan yang ditawarkan oleh Korea Selatan tidak bisa Anda peroleh di Korea Utara. Nah, apakah kalian berminat menjadikan Korea Utara sebagai destinasi wisata selanjutnya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram