10 Festival Musim Gugur di Jepang yang Sarat Nilai Budaya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Tiap musim di Jepang memiliki keunikan tersendiri dan menawarkan pemandangan khas negeri tersebut. Tak hanya itu, festival-festival tersebut menawarkan peluang menarik untuk menemukan budaya Jepang yang otentik. Jepang tahu bagaimana merayakan festival dengan gaya spektakuler dan terdapat beragam festival musim gugur untuk semua pengunjung.

Musim gugur merupakan salah satu musim terbaik untuk mengunjungi Jepang karena pengunjung akan menyaksikan pemandangan perubahan warna. Warna hijau daun akan berubah menjadi warna merah, emas, oranye, dan kuning yang spektakuler. Selain itu, ada juga pertunjukan musik, tarian, kembang api, dan makanan lezat. Festival musim gugur apa saja yang ada di Jepang? Yuk, baca ulasannya di sini.

1. Festival Kishiwada Danjiri

Festival Kishiwada Danjiri

* sumber: osaka-info.jp%20

Pada dasarnya Danjiri matsuri merupakan festival yang bertujuan agar panen berlimpah pada saat musim gugur. Pada festival ini peserta festival akan menarik bangunan tradisional yang dibuat mirip dengan kuil atau candi yang dinamakan Danjiri. Danjiri memiliki ukiran dan hiasan ornamen yang rumit.

Festival Danjiri yang diselenggarakan di Osaka dianggap sebagai yang paling menarik dan dinamis di bandingkan dengan kota-kota lain. Danjiri dipasang di gerobak yang akan ditarik dengan tali dan diarak oleh banyak orang di sepanjang jalan kota. Pesertanya bisa mencapai seribu orang.

Di kota Kishiwada yang ada di wilayah Osaka, tim penarik Danjiri akan menarik gerobak danjiri mereka secepat mungkin. Seorang pemimpin tim berdiri di atap bangunan yang menyemangati tim saat gerobak itu menyusuri jalan-jalan dan sudut-sudutnya.

Festival ini setara dengan festival San Fermin di kota Pamplona, Barcelona yang menyebabkan banyak orang cedera per tahunnya dan bahkan sesekali menyebabkan korban jiwa. Danjiri pun sama karena peserta harus bisa menjaga keseimbangan Danjiri yang cukup berat tersebut.

  • Tanggal Penyelenggaraan: Pertengahan September (tentatif dikarenakan pandemik virus corona)
  • Waktu: (Hari pertama) 06:00 – 10:00 pagi, (Hari kedua) 09:00 – 10:00 pagi
  • Alamat: Kota Kishiwada, Osaka, yang terletak dekat dengan Stasiun Kishiwada
  • Website: https://www.city.kishiwada.osaka.jp/site/danjiri/
  • Biaya: gratis

2. Festival Kichijoji

Festival Kichijoji

* sumber: metropolisjapan.com%20

Festival Kichijoji merupakan Festival Musim Gugur tahunan. Acaranya diselenggarakan di dekat Stasiun Kichijoji, Tokyo. Penyelenggarakan festival ini dilakukan di minggu kedua September. Awal musim gugur disambut dengan parade yang meriah yang membawa kuil mikoshi melalui pusat kota.

Perayaan Festival Kichijoji dimulai pada tahun 1972 dan semenjak itu festival ini terus berkembang popularitas dan ukurannya. Sekarang ada 10 tim prosesi yang memiliki nyanyian, kostum, dan ritme mereka sendiri. Tim-tim tersebut saling bersaing untuk mendapatkan mahkota.

Di hari pertama festival, mikoshi yaitu miniatur kuil, dari berbagai lingkungan Kichijoji akan diarak  dan berdesak-desakan di jalanan. Acara akan berakhir di depan stasiun di Heiwa Dori. Pada hari berikutnya, fokus bergeser ke kuil Musashino Hachimangu untuk festival utama.

3. Festival Asakusa Tori no Ichi

Festival Asakusa Tori no Ichi

* sumber: www.tokyoweekender.com%20

Tori no Ichi merupakan festival untuk berdoa demi keberuntungan dan kesuksesan bisnis yang lebih baik. Festival ini diadakan di Kuil Ohtori juga Chokokuji dan keduanya berdiri berdampingan. Festival ini dimulai oleh suara Ichiban Daiko, drum yang dipukul sebagai tanda acara dimulai, pada pukul 12 pagi.


Festival ini diselenggarakan selama 24 jam. Orang-orang banyak yang ingin membeli engi-kumade, yaitu semacam penggaruk pembawa keberuntungan yang dihiasi dengan perhiasan emas dan perak untuk mengundang keberuntungan.

Puncak acara ini pada malam hari yaitu saat lentera menyala dan engi-kumade bersinar dalam gelap. Terdapat lebih dari 500 kios yang berjajar di acara tersebut, sementara jumlah pengunjung melebihi 800.000 orang tiap tahunnya. Datanglah pagi hari agar bisa menikmati festival sebelum dipenuhi orang.

  • Tanggal Penyelenggaraan: November awal.(tentatif dikarenakan pandemik virus corona)
  • Waktu: 24 jam
  • Alamat: 3-18-7 Senzoku, Taito-ku, Tokyo Asakusa Tori no Ichi
  • Website: http://www.torinoichi.jp/english/index.htm
  • Biaya: gratis

4. Festival Takayama

Festival Takayama

* sumber: blog.gaijinpot.com%20

Festival musim gugur Takayama diadakan di Kuil Sakurayama Hachiman di Gifu. Festival ini dikatakan sebagai salah satu festival paling indah dan menakjubkan di Jepang. Sebelas wahana pawai dihias secara teliti dengan Karakuri ningyo, boneka yang tampak hidup yang bisa bergerak dengan luar biasa.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram