Kulineran dengan Cara Unik di Floating Market Lembang

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pasar terapung biasa kita jumpai ketika berlibur ke Kalimantan Selatan. Kini, di Bandung ada juga pasar terapung di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Floating Market merupakan wisata pasar terapung satu-satunya di Bandung.

Berbeda dengan pasar terapung yang ada di Kalimantan, Floating Market tidak menjual kebutuhan pokok seperti selayaknya pasar tradisinal. Floating Market mengusung konsep pasar wisata dengan latar Gunung Tangkuban Perahu.

Di sini pengunjung bisa wisata kuliner dengan menghampiri perahu yang menjual jajanan yang diinginkan, dan menunggu di tepi danau. Floating Market menyediakan makanan ringan dan makanan berat yang beragam, seperti jagung bakar, sosis bakar, tahu lembang, siomay, otak-otak, surabi, hingga dimsum bisa ditemukan di sini.

Harga makanan dan minuman yang dijual di Floating Market Lembang cukup terjangkau. Berikut ini informasi lengkap seputar Floating Market Lembang yang bisa menjadi referensimu.

Wahana dan Spot Populer di Floating Market

Wahana dan Spot Populer di Floating Market

Floating Market sudah aktif menjadi tempat rekreasi terbaik di Kabupaten Bandung Barat sejak tahun 2012. Tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana, spot menarik, dan fasilitas yang lengkap. Berikut ini wahana yang bisa dicoba ketika berlibur ke Floating Market.

1. Wahana Air

Wahana Air

* sumber: travel.kompas.com

Tak hanya menikmati wisata kuliner di tepi danau, kamu pun bisa mencoba pengalaman berkeliling danau Floating Market menggunakan sepeda air, kano, sampan, paddle boat, trigo, ataupun kereta air. Wahana air bisa dilakukan maksimal 4 orang. Jadi jika kamu datang lebih dari 4 orang bisa menggunakan dua atau lebih kendaraan air.

2. Hijab Swimming Pool

Hijab Swimming Pool

* sumber: www.minews.id

Floating Market menyediakan kolam renang khusus wanita yang berhijab. Di sini pengunjung bebas berenang tanpa harus malu dilihat oleh laki-laki. Hijab Swimming Pool di Floating Market Lembang merupakan kolam renang indoor dimana kulitmu akan aman dari paparan sinar matahari.

3. Taman Kelinci

Taman Kelinci

* sumber: tempatwisataseru.com

Rekreasi bersama keluarga dan membawa anak kecil, bisa ajak anakmu untuk berinteraksi langsung dengan kelinci di Taman Kelinci Floating Market. Di sini pengunjung bebas interaksi dengan kelinci seperti memberi makan, dan melihat kelinci-kelinci bermain.

4. ATV

ATV

* sumber: wisatabarubandung.com

Senang menguji adrenalin? Ketika berkunjung ke Floating Market, kamu bisa mengajak anak mengendarai ATV dan berkeliling area Floating Market dengan cara yang menyenangkan. Floating Market menyediakan berbagai ukuran ATV, mulai dari yang kecil untuk anak-anak, hingga ukuran besar yang diperuntukkan untuk orang dewasa.

5. Kyotoku

Kyotoku

* sumber: fourstar-holiday.com

Tak perlu jauh-jauh ke Negara Jepang untuk mencoba pakai kimono dan berfoto ala Jepang. Di Floating Market, kamu bisa menyewa kimono dan foto dengan latar bangunan Jepang. Wahana baru ini menawarkan rumah-rumah dengan arsitektur bangunan dan suasana seperti di Jepang. Kimono Jepang ini bisa disewa maksimal selama 2 jam.

6. Becak Mini

Becak Mini

* sumber: marketingnuarthatours.wordpress.com

Floating Market tidak hanya menawarkan wisata pasa terapung untuk rekreasi saja, di sini juga ada wahana edukasi dimana anak bebas mengeksplorasi rasa penasaran terhadap profesi yang biasa dilihat sehari-hari, seperti pengayuh becak. Di sini anak-anak bisa menggunakan becak mini untuk berkeliling separuh area dari Floating Market.

7. Kota Mini

Kota Mini

* sumber: indonesia.tripcanvas.co

Jika Kota Bandung dikenal dengan julukan Parijs van Java, maka di Floating Market menyediakan wahana baru, yaitu menjelajah kota-kota setiap Negara benua Eropa di Kota Mini Lembang. Miniatur kota ini dilengkapi bangunan dan suasana khas Eropa, mulai dari rumah, sekolah, hingga rumah sakit.

8. Taman Fauna

Taman Fauna

* sumber: visitfloatingmarket.wordpress.com

Tak hanya di kebun binatang, kamu juga bisa mengajak anak mengenal binatang di Taman Fauna Floating Market Lembang. Meski tak selengkap satwa yang ada di kebun binatang, tetapi kamu tetap bisa memperkenalkan hewan yang ada di sini, mulai dari ayam hias, kuda poni, burung parkit, kura-kura, burung hantu, hingga musang.

9. Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api

* sumber: www.floating-market-bandung.com

Kereta api menjadi transportasi favorit di Pulau Jawa yang menghubungkan ujung barat dan ujung timur Pulau Jawa. Tak jarang, ketertarikan anak terhadap dunia kereta api sudah terlihat sejak dini. Di Floating Market Lembang, menyediakan wahana Taman Miniatur Kereta Api, dimana anak bisa melihat rel, kereta, hingga jembatan dalam ukuran kecil.

10. Kampung Leuit

Kampung Leuit

* sumber: adefitrianola.wordpress.com

Budaya Sunda sangat melekat di Kota Bandung. Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung terus berusaha untuk melestarikan budaya Sunda agar tidak hilang termakan jaman. Seperti halnya di Floating Market yang menyediakan area Kampung Leuit dimana area ini mengusung pelestarian budaya Sunda yang menarik untuk disinggahi.

Harga Tiket dan Jam Operasional Floating Market

Harga Tiket dan Jam Operasional Floating Market

Harga tiket masuk Floating Market Lembang dibagi menjadi beberapa bagian. Ada tiket masuk kawasan Floating Market, dan ada juga tiket masuk untuk mencoba wahana. Berikut ini daftar lengkap harga tiket untuk rekreasi di Floating Market Lembang.

  • Tiket Masuk Area Floating Market Lembang :Rp20.000 (weekday) & Rp30.000 (weekend)
  • Taman Kelinci :Rp20.000
  • Becak Mini :Rp20.000
  • Kota Mini :Rp25.000
  • ATV :Rp80.000
  • Taman Miniatur Kereta Api :Rp20.000

 Wahana Air

  • Sampan : Rp70.000/30 menit (maksimal 4 orang)
  • Paddle Boat : Rp30.000/15 menit/2 orang
  • Trigo :Rp70.000/3 orang
  • Sepeda Air : Rp50.000/30 menit (maksimal 2 orang)
  • Kano : Rp50.000/30 menit (maksimal 2 orang)
  • Kereta Air : Rp20.000/20 menit/orang

Parkir Motor : Rp5.000

Parkir Mobil : Rp10.000

  • Jam Operasional : 09.00 – 19.00 (Senin – Kamis) & 08.00 – 20.00 (Jumat – Minggu)

Fasilitas di Floating Market

Fasilitas di Floating Market

* sumber: travelbos.co.id

Floating Market Lembang menjadi salah satu pilihan keluarga untuk rekreasi pada libur akhir pekan. Pengunjungnya tak hanya dari Bandung saja, melainkan banyak dari luar kota seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, hingga luar Jawa Barat. Tempat rekreasi ini menyediakan beragam fasilitas yang lengkap dan berguna bagi pengunjung. berikut ini fasilitas yang bisa didapatkan.

  • Factory Outlet & Oleh-Oleh

Floating Market dilengkapi dengan factory outlet dimana pengunjung bisa berbelanja merchandise, hingga baju Bandung. Di sini juga menjual aneka oleh-oleh khas Bandung, khususnya Lembang.

  • Wisata Kuliner

Floating Market memberikan pengalaman wisata kuliner yang berbeda, dimana pengunjung bisa membeli makanan dan minuman dari penjual yang berada di atas perahu kayu, kemudian menikmatinya di pinggir danau dengan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu.

  • Hannah Scarves

Kerudung dengan kualitas kain yang sangat baik, menggunakan metode printing dalam pembuatannya. Di sini pengunjung bukan hanya bisa membeli kerudung yang sudah jadi, tetapi bisa juga mendesain sendiri dan mencetak motif tersebut untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

  • Joglo

Puas mengelilingi area wisata Floating Market, pengunjung bisa bersantai di joglo yang sudah disediakan di beberapa titik. Joglo ini bebas digunakan oleh pengunjung tanpa dipungut biaya tambahan.

  • Musholla
  • Toilet
  • Area Parkir

Alamat dan Akses Transportasi ke Floating Market

Alamat dan Akses Transportasi ke Floating Market

* sumber: tempatwisataseru.com

  • Alamat : Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Akses menuju Floating Market Lembang cukup mudah. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum. Berikut ini penjelasan akses transportasi menuju Floating Market Lembang.

  • Mobil / Motor

Pengguna kendaraan pribadi dari Bandung kota, bisa mengarah ke Jalan Setiabudhi, dilanjutkan ke Jalan Raya Lembang, setelah melewati Alun-Alun Lembang mengarah ke kanan yaitu Pasar Lembang, kemudian lanjut ke arah Bandung dan sampailah di Floating Market Lembang, Jl. Grand Hotel.

  • Transportasi Umum

Bagi pengguna transportasi umum, ada dua angkutan kota yang bisa dipilih, yaitu Stasiun Hall – Lembang, dan Ciroyom – Lembang. Angkutan ini akan mengantar penumpang sampai Pasar Lembang, kemudian kamu bisa lanjutkan dengan angkutan baru ke arah Bandung atau angkutan berwarna kuning tujuan Cikole, turun di depan Floating Market Lembang.

Hotel dan Penginapan Sekitar Floating Market Lembang

Hotel dan Penginapan Sekitar Floating Market Lembang

* sumber: www.pegipegi.com

1. Grand Hotel Lembang

Jl. Raya Lembang No. 272, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2786 670

2. Takashimaya Hotel Lembang

Jl. Grand Hotel No.35, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2784 552

3. Hotel Buah Sinuan

Jl. Grand Hotel No.34, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2786 532

4. Cemara Asri

Jl. Grand Hotel No.35A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2785 755

5. Hotel Pesona Bamboe

Jl. Raya Lembang No.227, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2786 204

6. Bumi Makmur Indah Hotel & Convention

Jl. Raya Lembang No.224, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2788 877

7. Villa De Rossa

Jl. Panorama 1 No.34 – 36, Lembang, Kayuambon, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2786 527

8. Villa Buah Sinuan

Jl. Baruajak No.200, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

(022) 2786 533

Jalan-jalan di pasar terapung akan menjadi pengalaman yang berbeda ketika berlibur ke Bandung. Ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor di Floating Market Lembang dan cocok untuk wisata keluarga.

Tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada libur akhir pekan. Yuk, ajak keluarga untuk liburan merasakan sensasi kuliner di Floating Market Lembang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *