Inilah 4 Tempat Wisata dengan Gembok Cinta di Bandung

Ditulis oleh Siti Hasanah

Mitos mengenai sebuah benda yang bisa membuat hubungan langgeng pasti lah selalu menarik perhatian orang-orang. Air keramat, pohon kesetiaan, batu jimat dan lain-lain selalu membuat orang penasaran ingin membuktikannya kebenarannya. Benda lain dengan mitos serupa adalah gembok cinta. Atraksi yang kini dihadirkan di beberapa tempat wisata ini tak pelak membikin orang tertarik.

Mau percaya atau tidak, faktanya gembok cinta kian populer di beberapa negara tak terkecuali di Indonesia. Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang punya atraksi gembok cinta yang kini jadi ikon romantis ini.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas tempat-tempat gembok cinta di Bandung yang konon bisa membuat pasangan langgeng. Simak ulasannya berikut ini yuk!

Tragedi di Balik Mitos Gembok Cinta 

Tragedi di Balik Mitos Gembok Cinta 
*

Kamu pasti pernah mendengar tentang mitos bahwa menulis nama pasanganmu dengan namanya pada sebuah gembok bisa membuat hubungan awet, bukan? 

Mitos yang berasal dari tradisi Cina kuno ini adalah sebuah simbol kesetiaan dan komitmen kepada pasangan. Kini mitos tersebut menjadi sebuah atraksi menarik yang ditanamkan pada sebuah tempat wisata oleh para pengelola.

Gembok cinta atau love lock adalah sebuah tradisi yang mana seorang kekasih mengikatkan sebuah gembok pada pagar, tiang, rantai atau jembatan sebagai perlambang sebuah cinta abadi mereka. Tradisi gembok cinta ini di dunia sudah ada cukup lama, meski sumbernya belum diketahui secara pasti. 

Di Eropa sendiri gembok cinta mulai muncul pada awal 2000-an. Alasan kemunculan gembok cinta di beberapa tempat bervariasi antara lokasi dan karena banyak hal, sumbernya tidak begitu jelas. 

Tetapi di Roma, tradisi mengikat gembok pada pagar berasal dari sebuah novel yang berjudul “I Want You” yang ditulis oleh seorang penulis berkebangsaan Italia, Frederica Moccia. Buku tersebut kemudian difilmkan dengan judul dalam bahasa Italia, Hovoglia Dite. 

Mitos gembok cinta paling tua datang dari sebuah kota di Serbia, Vrnjačka Banja di mana sebuah jembatan banyak dihiasi oleh ratusan gembok cinta. Kamu pasti berpikir bahwa gembok cinta merupakan sebuah hal romantis yang dilakukan oleh seorang pasangan. 

Sayangnya, sejarahnya tidak seindah anggapan orang-orang. Di dalam mitos dari kota di Serbia tersebut diceritakan bahwa dahulu kala sebelum perang dunia kedua berkecamuk, ada seorang anak remaja yang bernama Nada meninggal karena patah hati.


Dia sangat bersedih ditinggalkan tunangannya Relja yang memutuskan ikatan mereka untuk kemudian menikah gadis lain. Sejak Nada meninggal gadis-gadis Serbia sering mendatangi jembatan yang menjadi tempat mereka bertemu dan mengikatkan gembok yang bertuliskan nama orang yang amat mereka cintai. 

Tradisi mengikat gembok ini menyebar ke seluruh dunia. Seiring waktu perlambangan gembok cinta pun lebih meluas. Ia tidak hanya sebagai lambang yang berisi harapan akan hubungan abadi antara sepasang kekasih, namun ia melambangkan sebuah janji antar keluarga atau kelompok. 

Gembok Cinta di Bandung

Gembok Cinta di Bandung

Di Kota Kembang ini, kepopuleran gembok cinta sebagai ikon romantis tidak dilewatkan begitu saja.  taman dan objek wisata di kota Parisnya Pulau Jawa ini dipercantik dengan tumpukan gembok-gembok bertuliskan nama-nama pasangan. 

Di Bandung tercatat ada 4 tempat yang bisa kamu datangi untuk melihat gembok-gembok cinta. Di mana saja tempat-tempatnya? Berikut ini adalah ulasannya. 

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang
*
  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • HTM: Rp25.000
  • Jam buka: Setiap hari 08.00-6.000

Tempat pertama yang terdapat banyak gembok cinta adalah di Farmhouse Lembang. Ini merupakan tempat dengan gembok paling banyak di Kota Bandung. Deretan gembok-gembok dengan nama-nama ini dikaitkan pada sebuah pagar pembatas jembatan. 

Pagar jembatan yang dipenuhi gembok berwarna-warni ini terletak di bawah rimbunnya pepohonan tak jauh dari pintu Hobbiton. Di sini para pengunjung dapat mengikatkan gembok dan membuang kuncinya. Ada kursi-kursi yang disediakan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar. 

Spot gembok cinta di Farmhouse Lembang adalah spot favorit. Tak heran jika kamu berlibur ke tempat wisata yang terkenal sebagai daerah wisatanya Bandung sudah banyak gembok-gembok yang terpasang pada pagar. 

Kalau dilihat dari jauh, deretan gembok-gembok ini menjadi pemandangan yang bagus. oleh sebab itu banyak orang yang menjadikan gembok cinta di Farmhouse Lembang sebagai latar berfoto. 

2. Rabbit Town

YouTube video
  • Alamat: Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142
  • Jam buka: Sabtu Minggu 09.00-20.00 Senin-Jumat 10.00-20.00
  • HTM: Rp25.000

Rabbit Town merupakan tempat wisata yang terbilang baru di Bandung. Tempat wisata yang mengandalkan objek wisata berfoto ini menjadi tempat wisata hits yang punya banyak spot cantik yang bisa digunakan sebagai latar berfoto. 

Rabbit Town adalah surganya orang-orang yang hobi berfoto. Desain yang unik yang ditempatkan di sudut-sudut Rabbit Town mengakomodasi kebutuhan pengunjung yang ingin mendapatkan foto yang istimewa. 

Salah satu sudut menarik yang ditawarkan oleh Rabbit Town adalah gembok cinta. pengunjung bisa mengikatkan gembok yang dituliskan nama pasangannya masing-masing pada pagar yang tersedia di sana. 

Untuk mendapatkan gembok ini, pengunjung bisa membelinya di Pink House seharga Rp15.000 saja. Setelah mengikat gembok cinta kamu bisa mengabadikan momen tersebut dengan foto cantik berlatar gembokmu tersebut. Seru ya? 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram