Namsan Tower, Lokasi Gembok Cinta Paling Populer di Korea

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 13 April 2020

Fenomena demam budaya korea atau dikenal dengan Hallyu waves, menjadikan negara Korea Selatan sebagai salah satu destinasi wisata yang jadi incaran para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Khususnya di kota Seoul, terdapat banyak sekali objek wisata yang bisa kamu temukan. Dan salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menara iconic yang dikenal dengan nama Namsan Tower.

Ya, salah satu tempat wisata romantis di Korea Selatan ini tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan para penggemar drama korea. Deretan pagar yang dipenuhi dengan ribuan gembok cinta warna-warni, membuat lokasi ini menjadi spot foto favorit para turis. Atmosfer romantis bak di dalam drama juga dapat langsung kamu rasakan begitu pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini.

Selain mengabadikan foto, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tempat ini, yuk, simak informasi selengkapnya di sini.

Tentang Namsan Tower

Tentang Namsan Tower

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Menara setinggi 236.7 meter yang didirikan pada tahun 1969 ini, dulunya adalah sebuah menara pemancar yang difungsikan untuk kepentingan siaran TV dan radio di Korea Selatan.

Terletak di Gunung Namsan di tengah kota Seoul, Namsan Tower atau biasa disebut dengan N Seoul Tower, mulai dibuka untuk umum pada tahun 1980. Sejak saat itu, N Seoul Tower menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi baik oleh warga Korea Selatan itu sendiri maupun oleh turis mancanegara.

Dijadikan Lokasi Syuting Drama

Dijadikan Lokasi Syuting Drama

* sumber: koreandramaland.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa kepopuleran tempat ini tidak lepas dari maraknya drama korea yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi syutingnya. Jika kamu mengaku sebagai penggemar drama korea sejati, kamu tentu tidak lupa adegan dimana Gu Jun Pyo dan Geum Jan Di terjebak sepanjang malam di Cable Car Namsan dalam drama Boys Before Flowers.

Tak hanya sampai disitu, drama fenomenal seperti My Love From the Star,  Legend of The Blue Sea, dan Hwayugi semakin mempopulerkan tempat ini dan membuat N Seoul Tower menggoda untuk dikunjungi.

Cara Menuju Namsan Tower

Mengingat fakta kehidupan di Korea yang sangat cepat dan tepat waktu, sarana transportasi di negara ini dijamin akan memudahkan kamu yang first timer sekalipun. Ada beberapa alternatif transportasi umum di Korea Selatan yang bisa kamu pilih, diantaranya Shuttle Bus, Cable Car, atau Bus Seoul City Tour.

1. Shuttle Bus

Shuttle Bus

Shuttle Bus merupakan armada yang paling diminati oleh para wisatawan untuk menuju ke N Seoul Tower. Pertimbangannya tentu saja karena mudah dan juga murah.

Ada tiga rute bus menuju Namsan Tower. Dan ketiga rute bus ini akan berhenti tepat di depan jalan menuju Namsan Tower. Kamu bisa melanjutkan dengan 5 menit jalan kaki, dan kamu akan sampai di tempat tujuan.

  • Namsan Sunhwan Shuttle Bus No 02

Stasiun subway terdekat : Chungmuro Station (Line 3, 4) Exit 2 di depan gedung Daehan Cinema, Dongguk Univ Station (Line 3) Exit 6.

Interval : 15 menit
Jam operasional : 07.00-23.30 KST
Tarif : 1200 won (tunai) dan 1100 won dengan T-Money (sejenis kartu transportasi yang biasa digunakan di Korea Selatan) **

  • Namsan Sunhwan Shuttle Bus No 03

Stasiun subway terdekat : Seoul Station (Line 1 dan 4) Exit 9, Itaewon Station (line 6) Exit 4,  Hanganjing Station (line 6) di depan exit 2

Interval :  20 menit
Jam operasional : 07.30-23.30 KST
Tarif : 1200 won (tunai) dan 1100 won dengan T-Money **

  • Namsan Sunhwan Shuttle Bus No 05

Stasiun subway terdekat : Myeongdong Station (Line 4) Exit 3, Chungmuro Station (Line 3, 4) Exit 2 di depan gedung Daehan Cinema

Interval : 15 menit
Jam operasional : 07.30-23.30
Tarif 1200 dengan uang tunai dan 1100 dengan T-Money **

** Tarif berdasarkan data bulan  November tahun 2018

2. Cable Car

Cable Car

* sumber: www.flickr.com

Pengalaman berbeda menuju Namsan Tower bisa kamu dapatkan dengan menggunakan transportasi yang satu ini. Cable Car! Unik, bukan? melihat pemandangan sepanjang gunung Namsan tentunya tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini selagi kamu masih berada di Seoul.

Namsan Cable Car itu sendiri beralamat di 83, Sopa-ro, Jung-gu, Seoul (Hoehyeon Dong, 1-ga). Berada tidak jauh dari pintu keluar 3 Stasiun Myeongdong, kamu hanya perlu berjalan sekitar 7-8 menit menyusuri jalan (lebih mirip seperti gang) yang agak curam menanjak di sebelah Hotel Pacific.

Shuttle bus gratis menuju Namsan Cable Car juga disediakan, dan bisa kamu temui di pintu keluar 1 stasiun Myeongdong, atau di halte pemberhentian Seoul Square Bus yang berada di stasiun Seoul dengan interval per 30 menit.

Untuk tarifnya sendiri berkisar antara 7000 won untuk sekali jalan, dan 9500 won untuk pulang pergi. Untuk detail tarif dan informasi terbaru mengenai cable car kamu bisa mengunjungi website resminya di sini.

3. Seoul City Tour Bus

Seoul City Tour Bus

* sumber: www.kkday.com

Seperti halnya bus Hop On-Off di Singapura atau Kuala Lumpur, Seoul City Tour bus ini juga ditujukan untuk turis yang hendak berkeliling kota Seoul. Maka, jangan heran jika bus ini akan berhenti di beberapa titik objek wisata sebelum akhirnya sampai di Namsan Tower.

Untuk menaiki bus ini, ada beberapa paket tour yang bisa kamu pilih yang terdiri dari beberapa pilihan kunjungan objek wisata. Pastikan rute ke Namsan Tower sudah masuk ke dalam paket yang kamu pilih.

Loket untuk membeli tiket Seoul City Tour Bus ini berada di depan Donghwa Duty Free Shop tidak jauh dari pintu keluar 6 Stasiun Gwanghwamun. Untuk info lengkap mengenai tarif dan paket yang ditawarkan, kamu bisa cek di web resminya di sini.

Kenali alat pembayaran untuk sejumlah transportasi di Korea dengan mengunjungi artikel ragam kartu transportasi yang dipakai di Korea.

Ritual Gembok Cinta

Ritual Gembok Cinta

* sumber: www.eastasy.com

“Love Lock” atau ritual gembok cinta yang fenomenal, membuat Namsan Tower sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Konon katanya, jika sepasang kekasih menggantungkan gembok cinta di tempat ini, maka cinta mereka akan abadi selamanya.

Hingga kini, banyak orang yang percaya dan mengikuti ritual tersebut. Pihak pengelola pun kemudian menyediakan pohon-pohon buatan dari besi untuk menggantung ribuan gembok cinta yang sudah tidak tertampung lagi di deretan pagar sepanjang halaman Namsan Tower.

Tidak perlu khawatir jika kamu lupa membawa gembok. Tidak jauh dari lokasi gembok cinta, terdapat toko souvenir yang menjual gembok-gembok lucu dan beragam souvenir lainnya. Untuk harga yang ditawarkan disini memang sedikit lebih mahal sehingga kamu disarankan untuk membawa gembok sendiri.

  • Digital Observatory
Digital Observatory

* sumber: tripsandactivities.com

Menikmati suasana malam yang romantis di Namsan Tower, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi Digital Observatory yang berada di Tower 5 F.  Kerlap-kerlip pemandangan kota Seoul yang indah dapat kamu lihat dengan lebih jelas sejauh 360 derajat dengan menggunakan teleskop. Ditambah dengan adanya fasilitas audio guide, membuat biaya masuk sebesar 10.000 won terasa sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan.

  • Restoran n Grill
Restoran n Grill

* sumber: glaizasy.wordpress.com

Restoran Perancis yang terletak di lantai 7F Namsan Tower ini bisa dibilang mewah dan istimewa. Bukan hanya dari menu makanan yang disajikan, restoran ini tergolong unik karena bisa berputar perlahan hingga satu lingkaran penuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 40 menit. Luar biasa, bukan? Kamu bisa melihat pemandangan kota Seoul dari ketinggian, dan dari berbagai sudut.

Untuk dapat menikmati hidangan premium di restoran ini, kamu wajib melakukan reservasi terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk mengkonfirmasi reservasi kamu di Pusat Informasi di lantai 5F. Dan kabar gembiranya adalah, tiket Observatory diberikan secara cuma-cuma untuk tamu restoran N Grill ini.

Nah, dengan segala daya tarik yang ditawarkan, kamu tidak punya alasan lagi untuk tidak datang ke landmark kebanggaan kota Seoul ini. Segala serba-serbi tentang gembok cinta yang telah Keluyuran paparkan pasti membuat kamu semakin tidak sabar untuk membuktikan sendiri keindahannya.

Jadi, tunggu apalagi? segera rencanakan perjalananmu dan sampai jumpa di N Seoul Tower.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram