12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 11 Juli 2021

Selain ratusan hotel yang tersebar di berbagai sudut kota, Bandung juga menawarkan fasilitas wisata berupa glamping atau glamour camping. Berkemah secara premium ini memungkinkan pengunjung untuk tidak membawa berbagai macam peralatan camping. Itu karena semua kebutuhan camping sudah disediakan secara lengkap oleh pengelola.

Glamping di Bandung umumnya terletak di kawasan pegunungan yang dingin dan sejuk seperti di Kawasan Bandung Barat dan Bandung Selatan. Berikut ini Keluyuran telah merangkum beberapa glamping yang paling populer.

1. Trizara Resort

  • Alamat: Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (022) 82780085
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.800.000 per malam

Di Kawasan Bandung Barat terdapat salah satu glamping terkenal bernama Trizara Resort. Tempat ini tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan ketiga glamping di Bandung yang sudah dibahas di atas. 

Selain tempat tidur dan toilet pribadi yang nyaman, kamu juga akan mendapatkan amenities lain seperti air mineral, teh, kopi, pemanas air, hingga wifi.

Pemandangan yang terdapat di Trizara Resort juga sangat indah dan menyegarkan. Dan jika kamu merasa lapar, kamu dapat mengisi perut di restoran yang ada di kawasan tersebut.

Selama menginap di sini, kamu juga bisa mencoba ragam aktivitas menarik seperti off road, flying fox, panahan, futsal, hiking dan masih banyak lagi.

2. Glamping Legok Kondang Lodge

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 1
  • Alamat: Jl. Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 s.d 23.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0821-2272-2705
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.100.000 per malam

Kali ini kita beranjak ke glamping populer lainnya di Bandung, yaitu Glamping Legok Kondang Lodge. Jika Glamping Lakeside Rancabali dikelilingi oleh hijaunya perkebunan teh, maka Glamping Legok Kondang Lodge dikelilingi oleh pohon-pohon pinus. Udara di sini terbilang sejuk dan menyegarkan, lho.

Secara umum, fasilitas menginap di tempat ini cukup baik. Kamu akan mendapatkan tenda dengan kasur yang besar dan nyaman, televisi, kamar mandi dan kolam renang pribadi, hingga balkon dengan tempat duduk untuk bersantai. 

3. Glamping Lakeside Rancabali

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 2
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0812-2414-6441
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.100.000 per malam

Glamping Lakeside Rancabali terletak di dekat danau atau situ terpopuler di Bandung, yaitu Situ Patengan. Glamping ini menawarkan beberapa tipe kamar dengan banyak fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dengan air hangat, balkon yang menghadap langsung ke Situ Patengan yang indah, dan masih banyak lagi.

Daya tarik utama dari Glamping Lakeside Rancabali ini adalah adanya restoran bernama Pinisi Resto. Tempat makan unik itu terkenal karena memiliki bangunan berbentuk kapal dan view yang sangat bagus.

Tempat camping mewah ini juga memiliki banyak spot foto yang Instagram-able. Dua di antaranya adalah Teras Bintang dan jembatan gantung.  Kamu yang nggak menginap juga tentu bisa main ke sini. Kalau kamu tidak menginap, kamu akan dikenakan tiket masuk Rp25.000 untuk bisa menjelajahi area Glamping Lakeside Rancabali.

4. Mulberry Hill

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 3
  • Alamat: Jl. Maribaya Timur No 1, RT.01/RW.10 Desa Cibodas Lembang, Kab Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (022) 27612351
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp500.000 per malam

Mau merasakan sejuknya udara pegunungan di pagi hari, serta indahnya pemandangan dari atas ketinggian? Datang dan menginap saja di Mulberry Hill Bandung. Tempat ini menawarkan banyak tipe kamar yang bisa kamu pilih.

Di sini juga ada tenda khusus glamping-nya, lho. Tenda glamping Mulberry Hill memiliki fasilitas satu tempat tidur, satu kamar mandi dengan shower dan juga televisi.

Nggak cuma bisa glamping saja. kalau kamu menginap di sini, kamu bisa mengikuti aktivitas trekking dan outbound yang seru. Gimana, kamu tertarik untuk mencoba pengalaman menginap yang mengesankan di Mulberry Hill?

5. Terminal Wisata Grafika Cikole

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 4
  • Alamat: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin, pukul 10.00 s.d 17.00 WIB, Selasa s.d Jumat, 09.00 s.d 17.00 WIB, Sabtu & Minggu, pukul 09.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 82782441
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.400.000 per malam

Ini adalah sebuah kawasan wisata lengkap yang tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal. Salah satu arena rekreasi di Terminal Wisata Grafika Cikole adalah glamping. Tempat camping tersebut terletak di sebuah bukit dengan pemandangan hijau rerumputan dan juga hutan pinus yang rindang.

Ya, tempat wisata ini menghadirkan Urban Camp yang menawarkan konsep glamping kekinian. Kalau kamu menginap di sini, kamu akan mendapatkan fasilitas berupa tempat tidur, kamar mandi, televisi dan sarapan gratis. Ada pula fasilitas tambahan lain berupa api unggun yang bisa kamu coba.

Di sini, kamu pun dapat menjajal beberapa aktivitas seru seperti flying fox, paint ball, rumah pohon dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencoba? Datang langsung ke alamat yang tertera di atas, ya.

6. Dusun Bambu Resort

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 5
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0815-6380-8021
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.800.000 per malam

Dusun Bambu juga menawarkan penginapan ala glamping yang benar-benar modern. Di  sini ada beberapa tipe glamping yang berbeda, dengan fasilitas yang berbeda pula. Satu di antaranya adalah glamping tipe single yang cocok untuk dua orang traveler

Glamping ini sudah termasuk dengan matras, kamar mandi dan toilet. Ada pula fasilitas WiFi gratis yang bisa kamu nikmati selama menginap di sini.

Karena terletak di kaki gunung yang belum begitu ramai, Dusun Bambu Resort memiliki pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan mata serta pikiran. 

Selain itu, di kawasan yang sama juga terdapat beberapa restoran yang menyajikan berbagai hidangan berkelas yang lezat. Glamping di tempat ini akan menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

7. Ciwidey Valley Resort

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 6
  • Alamat: Jl. Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (022) 85920222
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp650.000 per malam

Ciwidey Valley Resort adalah arena glamping yang terletak tidak jauh dari kawasan wisata Kawah Putih. Glamping ini menawarkan fasilitas camping mewah seperti pada umumnya. Di sana terdapat dua pilihan tenda yang didesain ala pemukiman suku Indian di Amerika, dan tenda standar.

Kawasan wisata Ciwidey Valley Resort dilengkapi dengan kolam renang air panas alami dengan tema water park yang memiliki beberapa wahana seperti seluncuran dan ember tumpah. Selain itu, di sini terdapat pula arena bermain anak-anak dan restoran besar yang siap memanjakan pengunjung dengan aneka hidangan yang lezat.

8. The Lodge Maribaya

tempat glamping di bandung the lodge maribaya
  • Alamat: Jl. Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 20454830
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp800.000 per malam

Secara fasilitas, apa yang dimiliki oleh glamping The Lodge Maribaya ini tidak begitu jauh berbeda dengan fasilitas semua glamping di atas. Akan tetapi, setiap glamping pasti mempunyai perbedaan dalam hal tipe dan bentuk tenda. Nah, kalau tenda menginap di The Lodge Maribaya ini berbentuk unik seperti bawang. 

Area di sekelilingnya yang hijau dengan hutan pinus membuat camping di sini sangat menyenangkan. Kamu juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang tersedia seperti trekking dan panahan. Dan jika merasa lapar, pengunjung bisa langsung mengunjungi restoran dan cafe yang ada di sekitar glamping.

9. Blackbird Hotel

  • Alamat: Jl. Terusan Sersan Bajuri No.9, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (022) 27611211
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp800.000 per malam

Selain punya tipe ruangan small, medium dan large, Blackbird Hotel Bandung juga memiliki satu jenis kamar unik, yakni The Drum Room. Ruangan ini berupa kamar tidur berbentuk drum besar.

Di dalamnya terdapat dua lantai dengan fasilitas kamar yang terbilang lengkap. Di lantai bawah ada kamar tidur, sementara di lantai atasnya adalah kamar mandi lengkap dengan bathtub, shower, toilet dan lain sebagainya.

Suasana di Blackbird Hotel ini begitu asri dan menyenangkan, lho. Oh iya, selain kamar, di hotel ini kamu juga bisa coba fasilitas umum berupa kolam renang. Di sini, ada pula restoran dan tempat parkir yang cukup luas. Silakan kunjungi alamat di atas, jika kamu tertarik untuk menginap di Blackbird Hotel Bandung.

10. Green Hill Park TWA Cimanggu

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 7
  • Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0812-9000-0915
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.000.000 per malam

Glamping Green Hill Park TWA Cimanggu berada di kawasan perhutanan yang tidak jauh dari Pemandian Air Panas Cimanggu dan Ranca Upas. Fasilitas glamping yang diberikan oleh Green Hill Park TWA Cimanggu antara lain seperti kamar mandi air panas, televisi, air mineral, alat-alat pemanggangan, dan lain-lain.

Pihak Green Hill Park TWA Cimanggu juga menawarkan pengunjungnya berbagai macam aktivitas outdoor, seperti fun games, outbound, trip ke Kawah Putih, trekking, belajar menanam buah strawberry dan pohon, bermain paint ball, dan masih banyak lagi.

11. Pine Forest Camp

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 8
  • Alamat: Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Jumat, pukul 08.00 s.d 16.00 WIB, Sabtu & Minggu, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0811-2237-065
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp600.000 per malam

Glamping Pine Forest Camp terletak di kawasan tertutup yang dikelilingi oleh hutan pinus. Terletak di pegunungan yang sejuk di kawasan Cibodas, Maribaya, Pine Forest Camp adalah salah satu glamping populer yang perlu kamu coba bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan.

Selain menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk kegiatan camping premium, Pine Forest Camp juga menawarkan fasilitas penunjang lain seperti program Adventure Kids Camp yang memadukan asyiknya perkemahan dengan tantangan petualangan dan outbound.

Selain itu, ada pula aktivitas lain seperti outbound training team building, off-road, flying fox, low and high rope, dan yang lainnya. Tertarik untuk menginap di sini? Datang langsung ke alamat di atas, ya.

12. Sari Ater Camping Park

12 Rekomendasi Glamping di Bandung Buat Berakhir Pekan 9
  • Alamat: Jl. Raya Ciater, Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: (0260) 471700
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp950.000 per malam

Walaupun berada di wilayah Kabupaten Subang, Sari Ater Camping Park tetap kami masukan ke dalam daftar ini karena masih dekat dengan Bandung. Glamping Sari Ater Camping Park terletak di lingkungan yang bersih yang dikelilingi oleh perbukitan dengan hutan pinus dan sungai.

Fasilitas glamping yang ditawarkan oleh Sari Ater Camping Park antara lain seperti tempat tidur yang nyaman, toilet pribadi yang bersih, dan tempat parkir pribadi. Kamu juga dapat melakukan kegiatan outdoor seperti horse riding, paint ball, fishing, naik ATV dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya yang bisa dicoba di Sari Ater Camping Park.

Itulah beberapa glamping di Bandung yang bisa menjadi saran liburan bersama keluarga atau kolega. Untuk rate harga silahkan untuk mengunjungi situs web glamping bersangkutan untuk mendapatkan update terbaru. Semoga artikel ini membantu ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram