Grafika Cikole, Wisata Alam Lengkap dalam Satu Tempat

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lembang memiliki tempat wisata seru, alami tapi ditata lebih rapi sehingga pengunjung lebih nyaman mendatanginya. Apalagi kawasan Cikole atau dikenal juga jalur Tangkuban Perahu. Ada satu tempat di sini yang menyajikan wisata lengkap mulai dari alam, tempat makan, sampai penginapan. Grafika Cikole namanya.

Berada di kaki gunung dengan ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, terbayang kesejukan yang ditawarkan. Kawasan ini dikelilingi hutan pinus dengan area seluas 9 hektar. Nah, agar lebih maksimal informasi mengenai Grafika Cikole, simak ulasannya berikut ini.

Wahana atau Spot Populer di Grafika Cikole

Liburan bersama keluarga di Grafika Cikole memang pilihan yang tepat. Pasalnya, tempat ini menyediakan berbagai macam wahana dan spot popular yang wajib kamu kunjungi. Berikut beberapa spot terbaik di Grafika Cikole:

1. Spot Foto

Spot Foto di Grafika Cikole

Grafika Cikole membuat beberapa penginapan lebih instagramable dengan menghadirkan rumah hobit dan ditata sedemikian rupa. Ini membuat pengunjung tertarik mendatangi dan mengabadikan di sosial media. Bisa dikatakan, rumah hobbit sebagai magnet kawasan ini. Tak hanya itu, hutan pinusnya sendiri pun bisa dijadikan spot foto yang tak kalah menarik.

2. Penginapan

Penginapan

* sumber: grafikacikole.com

Grafika Cikole juga terkenal sebagai penginapan, selain sebagai tempat wisata. Bentuknya berupa pondok yang dibagi menjadi tiga jenis. Jenisnya ada Pinus, Damar, dan Cemara. Tiap jenisnya memiliki kapasitas sebesar 6 orang dengan fasilitas TV, sarapan untuk 6 pax, mineral water, api unggun, kamar mandi dalam, serta air panas.

Bila kamu memilih Pinus, akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti jungle tracking yang dimulai pukul 6 pagi. Untuk Damar ada fasilitas tambahan berupa balkon dan jungle tracking. Sedangkan Cemara hanya menyediakan balkon sebagai fasilitas tambahan.

Setiap jenis pondok yang ada di Grafika Cikole memiliki tarif mulai dari Rp1.100.000, belum termasuk tax sebesar 15% dan service charge. Kalau kamu memilih menginap di sini, hutan pinus ini akan menjadi taman depan sekaligus taman belakang yang bisa dinikmati kapanpun.

3. Camping

Camping

Ada dua jenis tipe camping yang digunakan di Grafika Cikole, yaitu camping pada umumnya dan Urban Camp. Camping pada umumnya sebenarnya adalah sebenar-benar camping yang sudah kamu kenal. Menggunakan tenda dan berdiri di atas lahan besar, Grafika Cikole tetap mengakomodasi toilet yang selalu ada di tiap lahan camping.

Camping umum ini dibagi menjadi camping keluarga dan camping massal. Lahan untuk camping keluarga berupa alas papan yang sudah dicor semen sehingga lebih stabil. Untuk camping di sini, kamu tak perlu membawa tenda. Grafika Cikole menyediakan tenda dome dengan harga sewa sebesar Rp460.000 per tenda.

Tenda dome ini memuat sampai 4 orang. Ini juga termasuk fasilitas listrik, 4 buah sleeping bag, satu ikat kayu bakar, empat jagung mentah yang bisa dibakar di api unggun, serta toilet bersih dan cukup nyaman.

Sedangkan camping massal diperuntukan untuk berkemah dari tim perusahaan atau lebih dari empat orang. Tenda yang diberikan sama seperti camping keluarga dan fasilitasnya, namun lahannya lebih luas untuk menampung lebih banyak orang. Selain itu, air mineral, mie instan, serta api unggun juga diberikan.

4. Outbound

Outbound

Bila ingin memacu adrenalin, kamu perlu mencoba outbound di sini. Cukup membeli tiket terusan dan memilih lima game outbond yang bisa dipilih, seperti flying fox, jembatan tali dua, jembatan Burma, jembatan elvis, turun tebing, sampai jaring laba-laba. Tak hanya itu, ada juga pilihan outbound untuk anak dengan pilihan jembatan gantung, jembatan goyang, jembatan oval, dan kebun strawberry.

5. Aktivitas Outdoor

Aktivitas Outdoor

Selain outbound, ada cara lain menikmati suasana Grafika Cikole, yaitu dengan aktivitas outdoor. Ada dua hal yang bisa kamu pilih, bermain ATV atau paintball. ATV di sini yaitu motor roda empat yang melalui jalur ATV. Sedangkan Paintball adalah simulasi perang dengan saling menembak antar tim menggunakan perlengkapan.

Nanti kamu akan mendapatkan 40 peluru, sewa perlengkapan google serta senjata. Bila datang bersama teman, wajib coba bermain paintball di sini. Dijamin seru!

Harga Tiket dan Jam Operasional Grafika Cikole

Harga Tiket dan Jam Operasional Grafika Cikole

* sumber: www.lunarv2.com

Memang Grafika Cikole terlihat hanya untuk menginap saja. Akan tetapi kamu tetap bisa datang sebagai pengunjung untuk menikmati semua hal di dalam Grafika Cikole selama seharian penuh tanpa menginap.

Kalau ingin menikmati outbond, ada tarif yang dikenakan yaitu sebesar Rp50.000 per orang dan untuk anak dikenakan tarif outbound sebesar Rp25.000. Berbeda dengan paintball. Kamu perlu membayar setidaknya Rp85.000 per orang. Sedangkan ATV perlu mengeluarkan uang sebesar Rp50.000 per orang.

  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000 per orang (setiap hari)
  • Jam Operasional: Senin-Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Akan tetapi bila kamu datang untuk menginap, Grafika Cikole buka selama 24 jam.

Fasilitas di Grafika Cikole

Fasilitas di Grafika Cikole

Bisa dikatakan, tempat ini sangat lengkap. Segala yang kamu butuhkan pun tersedia. Bahkan ia memiliki berbagai pilihan tempat makan untuk memanjakan pengunjung.

  • Mushola

Tak usah khawatir bingung mencari tempat sholat, tempat wisata ini menyediakannya di Restoran Sunda Buana.

  • Restoran

Untuk tempat makannya sendiri, Grafika Cikole memiliki empat restoran yang bisa dipilih. Pilihan pertama adalah Saung Lesehan. Saung Lesehan merupakan rumah makan yang memiliki konsep saung terbuka di area persawahan.

Ia menggunakan kayu sebagai material utama dengan kapasitas 4 orang tiap saung kecil dan berkapasitas 20 orang untuk saung besar. Masakan khas Sunda menjadi menu makanan di Saung Lesehan ini. Pilihan kedua adalah Restoran Sunda Buana. Restoran ini bisa menampung orang sampai 200 orang yang dilengkapi dengan toilet, mushola, sampai live music.

Menu yang disajikan masih seputar masakan Sunda. Lokasinya berada di paling dengan dari Grafika Cikole.  Kalau ingin yang lebih nyunda dengan bangunan balai desa di Jawa Barat, bisa memilih Aula Dayang Sumbi. Biasanya tempat ini digunakan untuk wisata rombongan dengan kapasitas 600 orang.

Kamu juga bisa melihat kolam ikan mas berukuran besar dihiasi bunga terompet dan rumpun bambu. Yang keempat ada Pendopo Hutan. Di sini kamu bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan dan menikmati suasana di hutan pinus. Sistem penyajiannya berupa buffet dengan kapasitas sekitar 100 orang.

  • Toko Souvenir

Di dekat pintu masuk Grafika Cikole, kamu bisa menemukan toko souvenir atau pernik Grafika Cikole. Beberapa juga tak ada kaitannya tapi bisa kamu lihat sejenak.

  • Fasilitas lain

Tempat ini menyediakan toilet di beberapa titik, lahan parkir yang luas, serta tempat membeli souvenir yang ingin membeli kenang-kenangan dari Grafika Cikole.

Alamat dan Akses Transportasi ke Grafika Cikole

Alamat dan Akses Transportasi ke Grafika Cikole

* sumber: grafikacikole.com

Grafika Cikole berada persis sebelum jalan masuk ke Orchid Forest Cikole. Jalanan menuju Grafika Cikole bisa dibilang cukup luas dan rapi. Ada stasiun pengisian bahan bakar dan juga beberapa tempat makan di jalurnya. Jadi bukan jalur yang sepi tapi bisa sangat ramai bila akhir pekan tiba.

Bila ingin mengunjungi Grafika Cikole menggunakan angkutan umum, pastikan dulu kamu sudah berada di kawasan Bandung. Bila dari St Hall atau Ledeng, kamu bisa mencari angkutan umum yang menuju Lembang. Dari terminal Lembang, silakan naik angkot kecil berwarna kuning. Angkot tersebut akan mengantarmu sampai ke depan pintu gerbang Grafika Cikole.

Hotel di Sekitar Grafika Cikole

Hotel di Sekitar Grafika Cikole

* sumber: www.yukpiknik.com

Bila tak ingin menginap di dalam Grafika Cikole pun tak masalah. Ada beberapa penginapan lain yang bisa kamu kunjungi misalnya saja Cikole Jayagiri Resort. Cikole Jayagiri Resort berjarak hanya 450 meter dari Grafika Cikole.

Cikole Jayagiri Resort menawarkan penginapan dengan konsep cottage. Jadi, kamu akan menginap dengan bentuk rumah. Nah, fasilitas yang diberikan ada restoran, area parkir, Wi-Fi, laundry, sampai meeting room. Cottage di sini bisa mengakomodasi sampai 4 orang. Rate nya dimulai dari Rp800.000an per malam per cottage.

Selain itu, ada Pondok Kulawarga yang bisa disewakan dengan jarak sekitar 950 meter dari Grafika Cikole. Pondok Kulawarga bisa kamu pilih bila akan datang bersama keluarga besar. Ini karena villa terbesarnya memiliki 6 double bed dengan kapasitas  sekitar 12 orang. Area parkirnya cukup luas dengan rate mulai dari Rp700.000an per malam.

  • Cikole Jayagiri Resort (Bintang 3), Jalan Tangkuban Perahu KM.28, Lembang, Jawa Barat – Jarak sekitar 450 meter.
  • Pondok Kulawarga (Bintang 2), Jalan Raya Tangkuban Perahu Nomor 2015, Lembang, Jawa Barat – Jarak sekitar 950 meter.

Tertarik mengunjungi Grafika Cikole? Jangan lupa untuk membawa baju hangat bila mengunjungi kawasan ini, ya. Ini karena suhunya saat siang sekitar 20-25oC. Bila sudah berkunjung, ceritakan pengalamanmu menikmati suhu dingin di tempat wisata segala ada ini di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *