Yuk, Keliling Jawa Tengah di Grand Maerakaca Semarang!

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Tertarik untuk berwisata ke kota-kota yang ada di Jawa Tengah tapi, kamu hanya punya waktu sebentar? Cobain deh berwisata ke Grand Maerakaca, salah satu tempat wisata yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Kalau di Jakarta ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII), nah kalau di Semarang ada Grand Maerakaca yang dikenal juga sebagai taman mininya Jawa Tengah.

Grand Maerakaca ini dulunya dikenal dengan nama ‘Puri Maerakaca’ atau ‘Puri Maerokoco’. Nama Grand Maerakaca ini konon diambil dari kisah pewayangan Mahabarata, dimana diceritakan salah seorang dewi yang menginginkan memiliki seribu bangunan dalam jangka waktu semalam saja. Diceritakan juga kalau di kayangan itu terdapat sebuah taman yang sangat indah, yang keindahan tersebut ada pada keindahan yang ada di permukaan bumi.

Grand Maerakaca ini sudah didirikan sejak tahun 1935. Kemudian Gubernur Ismail meresmikan Grand Maerakaca pada tahun 1980an. Tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi (PRPP) Jawa Tengah.

Disini kamu bisa melihat miniatur rumah adat yang terdiri dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Ada juga miniatur obyek wisata seperti Candi Borobudur, Masjid Kudus, Masjid Demak dan lain sebagainya. Meskipun awalnya tempat wisata ini sempat sepi pengunjung, tapi setelah adanya perbaikan tempat wisata ini pun mulai banyak pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah bahkan sampai pengunjung dari luar negeri.

Wahana dan Spot Populer

Wahana dan Spot Populer

Nuansa khas daerah Jawa akan mulai terasa semenjak kamu memasuki pintu masuk Grand Maerakaca. Disini kamu bisa berwisata edukasi, dimana kamu bisa berkeliling ke miniatur kota-kota yang ada di Jawa Tengah, mengenal rumah adat dan juga mengenal budayanya.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan kamera kamu ya, karena disini cukup banyak spot menarik yang tentunya instagramable. Kamu bisa mengunjungi beberapa spot populer seperti taman mini Jawa Tengah, trekking mangrove, wahana air dan masih banyak lagi.

  • Taman Mini Jawa Tengah
Taman Mini Jawa Tengah

Kalau mau berkeliling di Jawa Tengah dalam satu waktu, kamu bisa berkeliling ke wahana taman mini Jawa Tengah ini. Disini terdapat anjungan atau rumah adat khas yang berada di Jawa Tengah. Ada 35 anjungan yang terdiri dari kabupaten dan juga kota di Jawa Tengah.

Disini selain bisa menambah pengetahuan tentang rumah adat dan kebudayaan, kamu juga bisa sambil berfoto ria untuk mengabadikannya. Tidak hanya rumah adat, disini juga terdapat beberapa spot miniatur wisata seperti Candi Borobudur, Masjid Demak dan lain sebagainya.

  • Wahana Air
Wahana Air

Selain taman mini Jawa Tengah, kamu juga bisa menikmati wahana air lho. Wahana air ini merupakan wahana miniatur dari Laut Jawa. Untuk menikmati keindahannya kamu bisa menggunakan perahu atau sepeda air.

Tapi jika kamu ingin menaiki perahu atau sepeda air, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan yaitu sebesar Rp 10.000/orang. Terdapat dua wahana air yang bisa kamu nikmati keindahannya, yaitu wahana yang dekat dengan trekking mangrove dan wahana yang dekat ke sisi pantai Semarang.


  • Trekking Mangrove
Trekking Mangrove

Wahana trekking mangrove ini merupakan salah satu spot yang selalu ramai oleh pengunjung. Apalagi anak-anak muda yang sedang hunting foto pasti banyak yang mencari spot di trekking mangrove ini. Tidak hanya yang sedang berwisata ke Grand Maerakaca, tapi ada juga yang sengaja datang kesini untuk foto spot seperti prewedding atau foto wisuda.

Untuk menikmati keindahan trekking mangrove ini kamu bisa berjalan-jalan menyusuri rute yang sudah disediakan. Rutenya berada di atas wahana air atau danau yang ada di Grand Maerakaca. Jika tidak ingin berjalan kaki, kamu juga bisa melihat tracking mangrove ini dengan berkeliling menggunakan perahu atau sepeda air yang ada di wahana air.

  • Café Jembatan Harapan dan Wall of Hope
Café Jembatan Harapan dan Wall of Hope

Spot selanjutnya yang banyak dijadikan sebagai tempat kumpul atau hunting foto adalah zona Café Jembatan Harapan dan Wall of Hope. Disini memang tempatnya asik untuk duduk, istirahat sejenak setelah mengelilingi taman mininya sambil menikmati pemandangan sekitar.

Di ujung café jembatan ini terdapat pula ‘Wall of Hope’ dimana kamu bisa menuliskan harapan yang diinginkan. Kamu bisa menuliskannya di notes yang disediakan disana dan tinggal menempelkannya saja. Jika kamu datang kesini sore hari, maka kamu bisa melihat suguhan matahari terbenam yang indah di atas ini.

Fasilitas

Di tempat wisata, tentunya selain wahana wisatanya terdapat juga fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para pengunjungnya. Di Grand Maerakaca, Semarang ini terdapat beberapa fasilitas umum yang cukup komplit.

Untuk kamu yang harus beribadah tidak perlu khawatir karena disini terdapat mushola. Dan jika kamu ingin buang air pun disini terdapat toilet umum juga terdapat pos informasi dan pos keamanan. Selain fasilitas tadi masih banyak fasilitas lainnya yang bisa kamu gunakan.

  • Mushola

Mushola di Grand Maerakaca ini cukup unik menurut saya. Karena bangunan mushola disini tu bentuknya merupakan miniatur dari Masjid Agung Demak. Letaknya juga cukup mudah ditemukan di sekitar taman mini Jawa Tengah dan hampir dekat ke wahana air.

  • Pasar Apung

Jika kamu belum sempat membeli oleh-oleh khas Semarang, kamu bisa membelinya di salah satu fasilitas yang ada di Grand Maerakaca yaitu di pasar apung. Pasar apung ini cukup unik, karena tempatnya terlihat seperti mengapung di atas air. Kamu bisa melihat pasar apung ini di sekitaran wahana air.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram