Menikmati Sisi Lain Pangalengan di Gunung Artapela Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung dikenal sebagai bekas danau purba yang sangat besar, dimana Bandung dikelilingi oleh gunung di sekitarnya. Salah satu gunung yang mengelilingi Bandung adalah Gunung Artapela. Sudah tahu tentang gunung ini?

Gunung Artapela merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Barat, dengan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Gunung Artapela memiliki ketinggian 2194 meter di atas permukaan laut. gunung ini tidak termasuk ke dalam kompleks perkebunan teh Malabar yang ada di Pangalengan.

Belum banyak yang mengetahui keberadaan gunung kecil di selatan kota Bandung ini. Padahal Gunung Artapela memiliki pesona yang tak kalah dengan gunung lain yang ada di sekitar kota dan kabupaten Bandung.

Gunung Artapela merupakan gunung tropis yang sudah tidak aktif. Puncak Gunung Artapela diberi nama Puncak Sulibra. Tempat dimana kamu bisa menikmati pemandangan Bandung dari ketinggian.

Ingin tahu apa saja spot menarik dan informasi lengkap soal Gunung Artapela? Yuk, simak artikel ini, siapa tahu bisa jadi referensi untuk liburanmu selanjutnya!

Spot Menarik di Gunung Artapela

Spot Menarik di Gunung Artapela

* sumber: backpackerjakarta.com

Gunung Artapela terletak di atas 2000 mdpl memberikan pengalaman yang menyenangkan menikmati Bandung dari ketinggian. Gunung ini bisa dijasikan dengan alternatif untuk liburan karena lokasinya belum banyak diketahui wisatawan, jadi kamu bisa menikmati quality time bersama teman-teman sembari menikmati keindahan Pangalengan.

1. Puncak Sulibra

Puncak Sulibra

* sumber: www.wikiloc.com

Setiap pendakian gunung, puncak menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Puncak Sulibra merupakan puncak tertinggi yang ada di Gunung Artapela. Di tempat inilah kamu berada di ketinggian 2194 meter di atas permukaan laut. Puncak Sulibra menjadi tempat camping yang direkomendasikan karena lahannya sangat luas dan ditumbuhi banyak pepohonan.

2. Situ Aul

Situ Aul

* sumber: journesia.com

Tak hanya Gunung Semeru dengan Ranu Kumbolo, atau Gunung Rinjani dengan Danau Segara anak saja. Di Gunung Artapela juga terdapat danau alami yang diberi nama Situ Aul. Danau ini bisa dilihat dari Puncak Sulibra. Jika ingin mendekat ke Situ Aul, harus hati-hati, ya. Karena di sekitar sini tidak ada penjaga, jadi tidak disarankan untuk berenang di danau.

3. Spot Sunset dan Sunrise

Spot Sunset dan Sunrise

* sumber: www.flickr.com

Gunung Artapela dikenal sebagai gunung yang memiliki spot sunrise dan sunset­ di tempat yang sama. Kamu bisa menikmati keduanya dari Puncak Sulibra dengan lahan seluas 40 hektar. Tidak perlu khawatir tidak memiliki spot yang menarik. Di atas puncak gunung ini, kamu bisa bebas berekspresi untuk memotret matahari terbit dan terbenam.

4. Area Camping

Area Camping

* sumber: gunungindonesia34.blogspot.com

Mendaki Gunung Artapela sangat disayangkan jika hanya tek-tok atau pulang pergi saja. sangat disarankan untuk menginap di sini. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Gunung Artapela memiliki Puncak Sulibra dengan luas 40 hektar. Cocok dijadikan sebagai tempat camping bersama teman-teman.

Fasilitas 

Fasilitas 

* sumber: www.wikiloc.com

Gunung Artapela terbilang baru dikenal sebagai tempat wisata, jadi gunung ini masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Meski begitu, Gunung Artapela sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang akan membantumu ketika akan atau selesai mendaki.

1. Jalur Pendakian

Gunung Artapela memiliki dua jalur, yaitu jalur Pacet Kertasari dan jalur Pangalengan. Pendakian via Pacet Kertasari dimulai dari Kampung Argasari, Kertasari, Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan jalur Pangalengan dimulai dari Margamukti, Pangalengan.

Bagi pendaki yang baru pertama kali dan mendaki pada sore atau malam hari, disarankan melalui jalur Pangalengan karena jalurnya relatif lebih mudah.

2. Warung

Sebelum dan setelah pendakian, wajib bagi pendaki untuk mengisi perut. Terutama bagi yang akan mendaki, agar fisik tetap sehat dan tidak kelaparan di jalur pendakian. Di dekat area parkir Gunung Artapela, sudah disediakan warung sederhana yang bisa disinggahi untuk sekadar ngopi atau makan berat.

3. Lahan Parkir

Sama halnya dengan tempat wisata pada umumnya, Gunung Artapela sudah dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas dan aman untuk menyimpan kendaraanmu. Area parkir ini bisa digunakan untuk menitipkan mobil maupun motor.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

*sumber: https://twitter.com/bangetbdg/status/936750565350092800

Pendakian ke Gunung Artapela bisa menjadi pilihan untuk menikmati sisi lain Bandung yang jarang diketahui orang. Menikmati gunung ini sangat murah, berbeda dengan pendakian ke gunung lainnya. Berikut informasi harga tiket masuk, jam operasional, dan kontak Gunung Artapela.

  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Parkir Motor : Rp5.000
  • Parkir Mobil :Rp15.000
  • Jam Operasional : 24 jam
  • Kontak : 0812-2380-2013

Alamat dan Akses Transportasi

  • Alamat : Sukapura, Kertasari, Pangauban, Pacet, Kabupaten Bandung

Gunung Artapela berada di Bandung selatan, tepatnya di Pangalengan. Pendakiannya yang paling mudah adalah lewat jalur Pangalengan. Namun sayang, menuju ke sini sangat sulit jika menggunakan transportasi umum. Jadi jika kamu datang dari luar Bandung, disarankan menyewa motor di Bandung kota. Berikut ini rute yang dapat dituju untuk sampai ke Gunung Artapela.

  • Mobil (via Tol)

Bagi pengguna kendaraan roda empat, akan lebih mudah jika melewati jalan tol. Keluar di Gerbang Tol Soreang, dilanjutkan ke Cangkuang, masuk ke Jalan Raya Pangalengan, sampai di persimpangan Kantor Kecamatan Pangalengan, dilanjutkan ke arah Kertamanah – Jalan Raya Rancamanyar. Agar lebih mudah, bisa gunakan GPS karena jalurnya cukup bercabang.

  • Motor

Pengguna kendaraan roda dua dari Bandung kota, mengarah ke Jalan Raya Bojongsoang, dilanjutkan ke Jalan Raya Banjaran, Jalan Raya Pangalengan, dan dari persimpangan Kantor Kecamatan Pangalengan mengarah ke Kertamanah dan Jalan Raya Rancamanyar.

Hotel Sekitar Gunung Artapela

Gunung Artapela sudah dilengkapi dengan area camping yang sangat luas, tetapi jika ingin menikmati udara Pangalengan lebih lama, bisa juga memilih menginap di penginapan sekitar Pangalengan.

Namun karena Gunung Artapela letaknya terpencil, maka tidak ada penginapan yang sangat dekat dari sini. Meski begitu, kamu tetap bisa memilih penginapan terdekat. Berikut diantaranya.

1. Boemi Aki Kamsoer

Margamukti, Rancamanyar, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0811-1991-773

2. Villa Cempaka

Jl. Raya Kertamanah, Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0811-7226-331

3. Villa Kertamanah

Jl. PTPN VIII Kertamanah, Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 08122-1536-901

4. Shinta Corner Ranch and Resort

Jl. Raya Sukamenak No.21, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0811-2197-001

5. Villa Mandala Wangi

Jl. Pintu Pangalengan, Sukamenak, Margaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : (022) 5979 423

6. Hotel Citere Pangalengan

Jl. Raya Pangalengan No.589, Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0821-2926-3997

7. Gandana Homestay

Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0853-2087-1992

8. Villa Hira Pangalengan

Jl. Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0812-2268-5527

Itulah informasi seputar Gunung Artapela yang terletak di selatan kota Bandung. Meskipun belum banyak dikenal wisatawan, tetap menarik, kan? Gunung ini berada di kaki Gunung Puntang, jadi jika ingin merasakan suasana yang baru, bisa mampir ke Gunung Artapela setelah mendaki Gunung Puntang. Yuk, ke Gunung Artapela!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *