10 Hal Unik yang Biasa Ditemui Saat Mudik Lebaran

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 22 April 2021

Lebaran adalah momen bahagia bagi setiap umat muslim di dunia. Menjelang lebaran, masyarakat tanah air kerap melakukan banyak persiapan untuk pulang ke kampung halaman. Selama mudik akan banyak hal unik yang biasa ditemukan di jalan. Mudik sendiri menjadi sebuah tradisi yang masih dilakukan masyarakat tanah air dari waktu ke waktu.

Nah, bagi kamu yang ingin mudik, maka bersiaplah untuk melihat hal unik yang bisa ditemui saat mudik lebaran. Apa saja itu? Simak langsung ulasan berikut ini yuk!

1. Antrian Panjang SPBU

Antrian Panjang SPBU

Mengantri adalah kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini. Meskipun pekerjaan tersebut bisa sangat membosankan dan menjengkelkan, namun kebiasaan tertib memang harus dijalankan agar semua aktivitas berjalan lancar. Salah satu hal unik yang bisa ditemui saat mudik lebaran adalah adanya antrean panjang di SPBU.

Banyaknya pengendara yang tumpah ke jalanan memang menjadi berkah tersendiri bagi beberapa pelaku usaha, termasuk mereka yang menjalankan usaha pengisian bahan bakar atau SPBU. Berbeda dengan hari biasa, pada musim mudik lebaran biasanya  SPBU yang ada di setiap daerah akan dipenuhi oleh barisan para pengendara yang mengantri untuk mengisi bahan bakar.

2. Toilet Umum Dadakan

Toilet Umum Dadakan

Mudik memang identik dengan kemacetan. Banyaknya kendaraan yang turun ke jalanan secara bersamaan memang membuat jalanan semakin padat. Hal inilah yang kemudian membuat beberapa titik jalan mengalami kemacetan, bahkan hingga berjam-jam. Kemacetan sendiri kerap dimanfaatkan oleh warga sekitar yang berada dekat jalan dengan membuka toilet umum dadakan.

Uniknya, hampir setiap sudut  jalanan akan dipenuhi dengan plang-plang bertuliskan keberadaan toilet di sekitar lokasi. Keberadaan toilet-toilet umum dadakan tersebut memang sangat membantu bagi pengendara, terutama bagi mereka yang tidak bisa menahan diri untuk buang air besar dan kecil selama terjebak macet.

3. Rest Area Dipenuhi Pengunjung

Rest Area Dipenuhi Pengunjung

Pada musim mudik, rest area pun akan dipadati oleh pengunjung yang sedang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Rest Area sendiri memang menjadi pilihan favorit bagai para pengendara untuk beristirahat sejenak sebelum kembali melakukan perjalanan. Keberadaan rest area sendiri menjadi salah satu yang cukup penting.

Fasilitas yang ditawarkan di rest area pun biasanya cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan para pengendara seperti adanya mushola, restoran, kafe, mini market, toilet, serta terdapat banyak tempat duduk disediakan untuk para pengunjung yang ingin beristirahat ada di sana.

4. Motor Membawa Banyak Barang dan Penumpang

Motor Membawa Banyak Barang dan Penumpang

Saat mudik lebaran memang banyak kejadian menarik yang melibatkan para pemudik. Nah, salah satu kebiasaan yang sering kita lihat pada saat mudik lebaran adalah para pemudik yang membawa banyak barang dan penumpang menggunakan kendaraan roda dua. Membawa barang berlebihan saat mudik memang bisa sangat membahayakan pengendara, sehingga dilarang keras untuk dilakukan.

Meskipun demikian, setiap tahun masih saja ada orang-orang yang melakukannya. Umumnya barang yang dibawa merupakan oleh-oleh yang akan dibagikan pada sanak saudara yang ada di kampung halaman.

5. Banyak Posko dengan Berbagai Fasilitas Menarik

Banyak Posko dengan Berbagai Fasilitas Menarik

Hal unik lainnya yang sering kali muncul setiap tahunnya pada saat musim mudik lebaran adalah muncul posko-posko yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Umumnya posko tersebut merupakan bagian dari promosi maupun kegiatan yang dilakukan perusahaan atau pemerintah untuk membantu kelancaran mudik.

Keberadaan posko-posko tersebut dianggap sangat membantu. Selain digunakan sebagai tempat istirahat, posko biasanya diisi dengan berbagai hiburan yang menarik dan juga fasilitas seperti layanan kesehatan, toilet, makanan ringan gratis, hingga layanan pijat gratis bagi para pemudik.

6. Pedagang Asongan di Kemacetan

Pedagang Asongan di Kemacetan

Mudik lebaran memang membawa anugerah tersendiri bagi para pedagang. Kemacetan sendiri kerap dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mengais rezeki. Salah satu yang sering kita lihat saat mudik, yaitu banyaknya pedagang asongan di kemacetan. Meskipun keberadaannya mereka tampak sepele, tetapi hal tersebut cukup membantu pengendara untuk memenuhi perbekalan saat perjalanan.

Biasanya para pedagang asongan tersebut menjajakan barang dagangan pada setiap kendaraan yang melintas secara berkelompok atau masing-masing. Barang dagangan yang dijajakan pun biasanya cukup bervariasi, mulai dari makanan ringan, minuman, tisu pembersih, mainan anak, hingga peralatan rumah tangga yang sederhana.

7. Tulisan Lucu di Kendaraan

Tulisan Lucu di Kendaraan

Cerita mudik lebaran akan semakin menarik  dengan adanya tingkah unik dari para pemudik. Salah satu yang sering kita lihat dari para pemudik setiap tahunnya adalah kehadiran orang-orang kreatif yang kerap membuat tulisan lucu dan menghibur pengendara lain yang membacanya. Tulisan sendiri biasanya di tempel di bagian belakang kendaraan yang digunakannya.

Umumnya tulisan tersebut berisi kata-kata yang lucu dan cukup menghibur. Keberadaan tulisan-tulisan tersebut terkadang menjadi penyemangat, sekaligus penghibur di saat pengendara lain merasakan lelah akibat macet panjang saat aktivitas mudik.

8. Muncul Warung-Warung Dadakan

Muncul Warung-Warung Dadakan

Selain banyaknya toilet umum bermunculan di tengah kemacetan, ada pula masyarakat yang secara sengaja menyulap halaman atau pun pinggir jalan menjadi warung-warung tenda, lengkap dengan berbagai jenis dagangan yang dijajakan dan tikar sebagai alas duduk. Warung-warung dadakan tersebut biasa digunakan oleh para pengendara untuk beristirahat setelah menempuh jarak jauh.

Sama seperti para pedagang asongan, kehadiran warung dadakan tersebut memang cukup memberi manfaat bagi pemudik. Pemandangan seperti ini memang bisa kita lihat pada saat musim mudik lebaran hampir di setiap daerah yang ada di tanah air.

9. Lautan Sepeda Motor

Lautan Sepeda Motor

Jumlah pengendara roda dua di tanah air memang jauh lebih banyak dibanding dengan masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat. Setiap musim mudik lebaran tiba, ratusan bahkan jutaan motor akan memadati jalanan membentuk lautan sepeda motor. Motor sendiri memang menjadi salah satu alat transportasi yang biasa digunakan oleh masyarakat tanah air.

Selain lebih efektif menghindari kemacetan, para pengemudi pun bisa menekan biaya atau ongkos saat mudik ke kampung halaman. Meskipun menggunakan motor dinilai lebih efektif dan efisien, namun resiko yang mungkin dialami ketika berkendara sama besarnya seperti jenis kendaraan roda empat.

10. Banyaknya Liputan dari Berbagai Media

Banyaknya Liputan dari Berbagai Media

Bukan rahasia lagi bila setiap tahun banyak media televisi maupun radio yang berlomba-lomba untuk melakukan liputan saat mudik lebaran. Selain memberi laporan langsung mengenai kondisi terbaru yang terjadi di beberapa titik kemacetan, media tersebut juga kerap memberitakan beberapa kejadian menarik di lokasi tempat mereka melakukan liputan.

Keberadaan media yang meliput lokasi kemacetan tentu sangat membantu bagi masyarakat untuk memilih jalan alternatif yang tepat agar terhindar dari kemacetan. Banyaknya liputan dari berbagai media pun menjadi salah satu bagian yang biasa kita lihat saat mudik lebaran.

Demikian 10 Hal unik yang bisa ditemui saat mudik lebaran yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Mudik sendiri kerap membawa cerita menarik di masyarakat. Kamu tentu memiliki pengalaman menarik saat mudik bersama keluarga. Agar kita tahu, tulis ceritamu di kolom komentar yang ada di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram